Air Terjun Coban Canggu di Mojokerto (Lokasi, Tiket Masuk, Rute, Dan Fasilitas)

Air Terjun Coban Canggu merupakan salah satu tempat wisata alam berupa air terjun di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Air Terjun Coban Canggu
Air Terjun Coban Canggu
Seperti diketahui, kebanyakan orang mengenal Jawa Timur sebagai salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki segudang tempat wisata alam berupa pantai seperti Pantai Kedung Tumpang, Pantai Papuma, dan lainnya.

Padalah, kalau ditelusuri lebih dalam lagi, Jawa Timur juga memiliki beberapa tempat wisata alam menarik lainnya selain pantai seperti pegunungan, bukit, danau, telaga, air terjun, dan lain sebagainya.

Dan salah satu contoh tempat wisata alam selain pantai di Jawa Timur yang menarik dikunjungi adalah Air Terjun Coban Canggu yang secara administratif berada di Kabupaten Mojokerto. Berikut ulasan lengkapnya.

Inilah Ulasan Tentang Air Terjun Coban Canggu di Mojokerto (Lengkap Dengan Lokasi, Harga Tiket Masuk, Rute, dan Fasilitas)


#1. Lokasi Air Terjun Coban Canggu

Air Terjun Coban Canggu

Air terjun ini bisa dikunjungi langsung dari Bandar Udara Internasional Juanda di Surabaya dan Bandar Udara Abdulrachman Saleh di Malang dengan jarak masing-masing kurang lebih 60 kilometer, atau sekitar 2 jam perjalanan.

Air terjun dengan ketinggian kurang lebih 70 meter ini berada di kaki Gunung Welirang. Posisinya berada di bawah sebuah bukit, dan diapit oleh beberapa pohon besar, sehingga menghasilkan suasana yang sangat sejuk di sekitar air terjun.

Untuk lokasinya tepatnya, Air Terjun Coban Canggu ini berada di Desa Padusan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

#2. Harga Tiket Masuk Ke Air Terjun Coban Canggu

Kawasan wisata air terjun ini tergolong tempat wisata yang murah meriah, dimana harga tiket masuk ke lokasi air terjun ini hanya sekitar Rp 7.000/orang untuk hari biasa, dan Rp 10.000/orang untuk akhir pekan atau hari libur lainnya.

Sedangkan untuk biaya parkir kendaraan di tempat wisata ini, yaitu sebesar Rp 5.000/kendaraan untuk kendaraan roda dua (sepeda motor), dan Rp 10.000/kendaraan untuk kendaraan roda empat (mobil).

#3. Rute Menuju Ke Air Terjun Coban Canggu

Air Terjun Coban Canggu

Untuk menuju ke lokasi air terjun ini, tinggal mengarah langsung ke Desa Padusan. Kalau dari pusat Kota Mojokerto bisa melewati rute Mojokerto - Dlanggu - Pacet dengan jarak tempuh kurang lebih 35 kilometer.

Atau bisa juga melewati rute Mojokerto - Mojosari - Pacet dengan jarak tempuh kurang lebih 42 kilometer. Namun jika berangkat dari Kota Surabaya bisa melewati rute Surabaya - Krian - Prambon - Mojosari - Pacet.

Dari Kota Sidoarjo juga bisa yaitu melewati rute Gempol - Mojosari - Pacet. Namun bisa berangkat dari Pasuruan, Probolinggo, Bondowoso, Jember, Lumajang, Banyuwangi bisa melewati rute Gempol - Pandaan - Prigen - Trawas - Pacet.

Nanum jika kamu berangkat dari Kota Malang, kamu bisa melewati rute Pandaan - Prigen - Pacet, atau bisa juga melewati rute Batu - Cangar - Pacet untuk menuju ke lokasi air terjun ini.

Ketika sudah sampai ke lokasi parkiran kendaraan, para pengunjung harus menuruni anak tangga sejauh 600 meter untuk menuju ke lokasi air terjun ini. Dimana, disepanjang anak tangga tersebut, para pengunjung akan disuguhkan pemandangan alam pegunungan dan pertanian.

#4. Fasilitas Pendukung di Air Terjun Coban Canggu

Untuk lebih memberikan kenyamanan kepada para pengunjungnya ketika berlibur di tempat wisata ini, pihak pengelola pun menyediakan beberapa fasilitas pendukung yang bisa digunakan, di antaranya adalah:

Tempat Parkir Kendaraan

Tempat parkir kendaraan di tempat wisata ini sebenarnya cukup luas. Hanya saja, ketika musim liburan tiba, biasanya tempat parkirnya penuh, dan membludak sampai ke area jalan masuk ke lokasi air terjun.

Musholla

Di kawasan air terjun ini juga sudah tersedia sebuah musholla, yang bisa digunakan oleh para pengunjung muslim untuk sholat. Musholla ini berada diantara dideretan warung-warung di jalan turunan ke lokasi air terjun.

Warung Makan

Di sepanjang jalan, mulai dari tempat parkir kendaraan hingga ke lokasi air terjun, banyak terdapat warung makan yang menjual berbagai jenis makanan berat, makanan ringan, minuman, dan lain sebagainya.

Gazebo

Di kawasan wisata air terjun ini juga terdapat beberapa gazebo. Dimana, gazebo-gazebo tersebut bisa dipergunakan oleh para pengunjung untuk beristiharat sejenak ketika sedang menuju ke lokasi air terjun.

Wahana Permainan Anak

Di dekat musholla terdapat beberapa wahana permainan anak-anak, mulai dari ayunan, jungkit-jungkitan, hingga prosotan. Jika sedang membawa anak-anak liburan di air terjun ini, bisa mengajaknya disini.

Kamar Ganti (Kamar Mandi)

Dan yang terpenting ketika berlibur ke air terjun ini, para pengunjung bisa leluasa bermain air hingga basah-basahan. Setelah puas bermain air hingga basah-basahan, bisa langsung ganti pakaian di kamar ganti yang sudah disediakan.

#5. Kegiatan Wisata Yang Bisa Dilakukan

Air Terjun Coban Canggu

Selain dimanjakan dengan beragam fasilitas pendukungnya, para pengunjung juga bisa melakukan beberapa kegiatan keren supaya liburan semakin bertambah menarik di air terjun ini, di antaranya adalah:

Bermain Air

Sungai yang mengalir di air terjun ini memiliki air yang begitu jernih dan bersih, sehingga cocok dijadikan sebagai tempat untuk bermain air.

Foto-Foto

Pemandangan alam disekitar air terjun ini tidak diragukan lagi keindahannya, sehingga sangat sayang jika mengabadikannya dengan kamera, baik untuk berfoto selfie, maupun berswafoto bersama teman-teman.

Mandi di Bawah Air Terjun

Jika sedang memungkinkan seperti pada saat musim kemarau, dimana debit air di air terjun ini sedang menurun, para pengunjung bisa mandi dibawah guyuran air terjun yang memiliki air begitu segar ini.

Apalagi lagi, menurut mitos penduduk disekitar lokasi air terjun tersebut mengatakan bahwa mandi dibawah air terjun ini bisa membuat orang yang mandi tersebut awet muda.

#6. Objek Wisata Lainnya

Selain menyuguhkan sebuah air terjun sebagai salah satu objek wisata utamanya, di sekitar lokasi air terjun ini juga terdapat beberapa objek wisata lain yang juga menarik untuk dikunjungi, di antaranya adalah:

Kolam Air Panas Padusan

Lokasi air terjun ini masih satu komplek dengan Kolam Air Panas Padusan. Sehingga, apabila sedang pergi berwisata ke air terjun ini, para pengunjung juga bisa langsung mampir ke Kolam Air Panas Padusan ini.

Air Terjun Grenjengan

Selain Air Terjun Coban Canggu, para pengunjung di tempat wisata ini juga bisa mengunjungi Air Terjun Grenjengan yang lokasinya tidak begitu berjauhan. Lokasi kedua air terjun hanya berjarak kurang lebih 700 meter.

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan tentang Air Terjun Coban Canggu di Mojokerto, Jawa Timur (lengkap dengan lokasi, harga tiket masuknya, rute yang harus dilewati, dan beberapa fasilitas pendukungnya). Baca juga ulasan tentang air terjun atau curug di Bogor yang mudah dijangkau.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel