10+ (Air Terjun) Curug di Bogor Yang Bisa Berenang Dengan Bebas!!

Inilah beberapa (air terjun) curug di Bogor yang bisa berenang bebas dengan kolam alami yang cukup luas dan dalam. Seperti diketahui, Bogor merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat, yang dikenal banyak memiliki tempat wisata alam air terjun.

Dan dari banyaknya tempat wisata air terjun atau curug yang ada di Kabupaten Bogor tersebut, terdapat beberapa di antaranya yang bisa buat berenang, dan bermain air dengan bebas.

Pasalnya, air terjun-air terjun tersebut mempunyai kolam jatuhan air yang cukup dalam. Lantas, apa saja (air terjun) curug di Bogor yang bisa berenang dengan bebas tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Inilah Beberapa (Air Terjun) Curug di Bogor Yang Bisa Berenang Dengan Bebas


#1. Curug Leuwi Lieuk

Curug di Bogor Yang Bisa Berenang
Curug Leuwi Lieuk
Air terjun atau curug di Bogor yang bisa berenang dengan bebas pertama yaitu Curug Leuwi Lieuk. Curug Leuwi Lieuk ini terkenal dengan panorama alamnya yang indah dengan air berwarna hijau tosca.

Selain memiliki panorama alam yang begitu menggagumkan, Curug Leuwi Lieuk juga mempunyai kolam alami yang cukup luas dan dalam. Dimana, kolam alaminya tersebut bisa digunakan untuk berenang.

Jika kamu penasaran dengan Curug Leuwi Lieuk ini? Kamu bisa mengunjunginya langsung di Desa Pabuaran, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Biasanya, air terjun atau curug ini dibuka setiap hari, dari pukul 09:00 hingga pukul 17:00.

#2. Curug Panjang

Curug di Bogor Yang Bisa Berenang
Curug Panjang
Air terjun atau curug di Bogor yang bisa berenang dengan bebas berikutnya yaitu Curug Panjang. Curug Panjang ini sedikit berbeda dengan air terjun pada umumnya yang berbentuk vertikal.

Curug Panjang ini bersumber dari aliran Sungai Cirangrang yang memanjang sejauh 20 meter di tanah yang miring. Dan dibagian ujung aliran air di air terjun ini bisa digunakan oleh para pengunjung untuk berenang.

Namun perlu diingat, para pengunjung harus lebih berhati-hati ketika berenang di aliran air di air terjun ini. Karena kabarnya, kedalaman aliran air di air terjun ini mencapai kurang lebih 7 meteran.

Untuk lokasi tempatnya, air terjun ini bisa dikunjungi di Desa Citaminang, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor. Biasanya, tempat wisata ini dibuka 24 jam setiap harinya dengan tiket masuk Rp 10.000/orang.

#3. Curug Pangeran

Curug di Bogor Yang Bisa Berenang
Curug Pangeran
Air terjun yang berada di kawasan Gunung Salak di Taman Nasional Gunung Halimun Salak ini tidak terlalu tinggi, yaitu hanya sekitar 6 meter saja. Walaupun begitu, pesona yang ditawarkannya tidak kalah dengan air terjun lainnya di Bogor.

Khususnya dilihat dari kondisi airnya yang begitu jernih, dan memiliki kolam alami sedalam kurang lebih 2 meter. Di kolam alami inilah para pengunjung sering bermain air, dan berenang dengan bebas.

Biasanya, tempat wisata ini buka setiap hari, mulai dari pukul 07:00 hingga pukul 17:00. Lokasinya terletak di Desa Gunung Picung, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor.

#4. Curug Bidadari

Curug di Bogor Yang Bisa Berenang
Curug Bidadari
Kalau kamu sedang mencari air terjun di Bogor yang aman bagi anak-anak untuk bermain air dan berenang? Maka, salah satu air terjun yang sangat direkomendasikan untuk kamu kunjungi adalah Curug Bidadari.

Pasalnya, Curug Bidadari ini berada di sebuah kawasan wisata yang sudah dikelola dengan baik. Dimana, dibagian bawah air terjun ini sudah disediakan sebuah kolam buatan yang aman bagi anak-anak bermain air dan berenang.

Biasanya, tempat wisata ini buka setiap hari, dari pukul 06:00 hingga pukul 17:00. Lokasinya berada di Jalan Sentul Paradise Park, Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

#5. Curug Ngumpet

Curug di Bogor Yang Bisa Berenang
Curug Ngumpet
Kurang lebih sama dengan Curug Pangeran, Curug Ngumpet juga berada di kawasan Gunung Salak (Taman Nasional Gunung Halimun Salak), atau lebih tepatnya di Desa Gunung Picung, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor.

Air terjun setinggi kurang lebih 45 meter ini juga memiliki kolam alami yang bisa digunakan oleh para pengunjungnya untuk bermain air dan berenang dengan bebas. Biasanya, air terjun ini buka setiap hari, dari pukul 08:00 hingga pukul 16:00.

#6. Curug Cigamea

Curug di Bogor Yang Bisa Berenang
Curug Cigamea
Air terjun atau curug di Bogor yang bisa berenang dengan bebas berikutnya yaitu Curug Cigamea. Curug Cigamea merupakan salah satu air terjun yang mudah diakses dengan jarak kurang lebih 700 meter dari pintu masuknya.

Kurang lebih sama dengan Curug Pangeran, dan Curug Ngumpet, air terjun ini juga berada di kawasan aman Nasional Gunung Halimun Salak, atau lebih tepatnya di Desa Gunung Picung, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor.

#7. Curug Naga

Kurang lebih sama dengan Curug Panjang, air terjun ini juga merupakan bagian dari Sungai Cirangrang, dan air terjun ini dikenal sebagai salah satu tempat untuk body rafting di Kabupaten Bogor.

Jika ingin melakukan kegiatan body rafting di tempat wisata ini harus melakukan banyak persiapan, dan para pengunjung juga tidak bisa melakukan kegiatan body rafting sebelum meminta ijin ke pihak pengelola.

Untuk lokasi tempatnya, air terjun ini berada di Desa Citamiang, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor. Biasanya, tempat wisata ini buka setiap hari, mulai dari pukul 08:00 hingga pukul 17:00.

#8. Curug Jaksa

Curug di Bogor Yang Bisa Berenang
Curug Jaksa
Curug Jaksa merupakan salah satu objek wisata di kawasan wisata Taman Safari Indonesia yang berada di Jalan Syaikh Muhammad Al-Khidhir, Desa Cibeureum, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.

Air terjun dengan ketinggian kurang lebih 20 meter ini memiliki kolam jatuhan air alami yang bisa digunakan oleh para pengunjung untuk bermain air, beremdam, dan berenang.

#9. Curug Cibulao

Curug di Bogor Yang Bisa Berenang
Curug Cibulao
Curug Cibulao atau Curug Bulao ini sebenarnya bernama asli Curug Hulu. Dinamakan " Curug Cibulao " atau " Curug Bulao " karena air di kolam alaminya berwarna kebiru-biruan hingga kedasarnya.

Lebih menariknya lagi, air terjun ini mempunyai 2 kolam alami dengan kedalaman masing-masing 5 meter, dan 8 meter, yang biasanya sering digunakan oleh para pengunjung untuk bermain air, dan berenang.

Biasanya, tempat wisata ini buka setiap hari, mulai dari pukul 08:00 hingga pukul 17:00, dan lokasinya berada di Desa Megamendung, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor.

#10. Curug Kembar Ciburial

Air terjun atau curug di Bogor yang bisa berenang dengan bebas terakhir yaitu Curug Kembar Ciburial. Sesuai dengan namanya, di tempat wisata ini para pengunjung bisa melihat dua buah air terjun yang jatuh di kolam alami yang sama.

Namun perlu diingat, bagi para pengunjung yang ingin berenang di kolam alaminya tersebut, agar selalu berhati-hati, mengingat aliran air di Curug Kembar Ciburial ini lumayan deras.

Jika kamu penasaran dengan Curug Kembar Ciburial ini? Kamu bisa mengunjunginya di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Biasanya, air terjun buka setiap hari, dari pukul 06:00 hingga pukul 18:00.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa air terjun atau curug di Bogor yang bisa berenang bebas dengan kolam alami yang cukup luas dan dalam. Baca juga 10+ (Coffee Shop) Tempat Ngopi di Karawang Yang Asik Buat Nongkrong!!.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel