9+ Tempat wisata di Barabai (Hulu Sungai Tengah) Yang Menarik Dikunjungi!!

Inilah beberapa tempat wisata di Barabai (Hulu Sungai Tengah - Kalimantan Selatan) yang menarik dikunjungi. Perlu diketahui, Barabai adalah ibukota Kabupaten Hulu Sungai Tengah di Kalimantan Selatan.

Kota yang memiliki moto " Mufakat, Rakat, dan Seiya-sekata " atau lebih sering disingkat menjadi " Murakata " ini memiliki beberapa tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan..

Mulai dari tempat wisata alam hingga tempat wisata kekinian. Lantas, apa saja tempat wisata di Barabai (Hulu Sungai Tengah - Kalimantan Selatan) yang menarik dikunjungi tersebut? Berikut ulasannya.


Inilah Beberapa Tempat Wisata di Barabai (Hulu Sungai Tengah - Kalimantan Selatan) Yang Menarik Dikunjungi


#1. Pagat Batu Benawa

Tempat wisata di Barabai (Hulu Sungai Tengah) yang menarik dikunjungi pertama yaitu Pagat Batu Benawa. Nama tempat wisata ini diambil dari nama lokasi objek wisata tersebut, yakni di Desa Pagat, Kecamatan Batu Benawa, Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Pagat Batu Benawa ini menyuguhkan pemandangan alam berupa perbukitan-perbukitan dengan sungai yang indah. Kalau dari Kota Barabai, Jaraknya cukup dekat, yaitu kurang lebih 7 kilometer saja.

#2. Birayang

Tempat wisata di Barabai
Birayang
Tempat wisata di Barabai (Hulu Sungai Tengah) yang menarik dikunjungi berikutnya yaitu Birayang. Sebenarnya, Birayang adalah salah satu nama kelurahan di Kecamatan Batang Alai Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Nah, di kelurahan ini banyak terdapat sungai dengan pohon-pohon rindang yang cocok untuk dijadikan sebagai tempat foto selfie. Selain itu, di Desa Birayang juga ada sebuah jembatan tua berusia lebih dari 100 tahun yang sangat antik bila difoto.

#3. Banyu Panas Hantakan

Kabupaten Hulu Sungai Tengah mempunyai beberapa sungai yang dibagian ujungnya terdapat pemandian air panas, salah satunya adalah Banyu Panas Hantakan di Desa Haruyan Dayak, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Tempat pemandian air panas ini cocok dikunjungi untuk mengendurkan sendi-sendi yang pegal. Selain itu, tempat pemandian air panas ini juga memiliki kandung belerang yang cukup tinggi, sehingga airnya dipercaya bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit.

#4. Lok Laga

Lok Laga adalah salah satu tempat wisata berupa aliran sungai di Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Dinama, nama Lok Laga, berasal dari " Lok " yang berarti " Sungai " dan " Laga " yang berarti " Naga ".

Di tempat wisata yang lokasinya berada di Kelurahan Sei Harang, Kecamatan Haruyan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah ini, para pengunjung bisa menikmati kesegaran air sungai yang mengalir cukup deras.

Lebih menariknya lagi, tempat wisata ini cenderung sepi pengunjung setiap harinya, sehingga cocok dikunjungi bagi mereka yang sedang mencari tempat dengan suasana yang tenang, nyaman, dan aman.

#5. Bukit Rindang

Bukan hanya sungai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah juga banyak terdapat bukit-bukit dengan pemandangan yang menakjubkan, salah satunya adalah Bukit Rindang di Desa Nateh, Kecamatan Batang Alai Timur.

Sesuai dengan namanya, Bukit Rindang ini memiliki pemandangan perbukitan yang mempesona. Dimana, sejauh mata memandang akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang masih asri dan hijau.

#6. Gunung Halau-Halau

Tempat wisata di Barabai
Gunung Halau-Halau
Bagi wisatawan yang hobi mendaki gunung, wajib mendaki Gunung Halau-Halau ini. Pasalnya, Gunung Halau-Halau adalah salah satu gunung tertinggi di Kalimantan Selatan dengan ketinggian sekitar 1.901 meter diatas permukaan air laut.

Disamping itu, pemandangan alam yang ditawarkan oleh Gunung Halau-Halau ini pasti bisa membuat mata siapa saja takjub, mulai dari sepanjang jalur pendakiannya hingga ke puncak gunungnya.

Namun perlu diingat, kawasan disekitar Gunung Halau-Halau ini masih ditinggali oleh masyarakat dayak. Oleh karena itu, ketika berkunjung kesana, pastikan mematuhi peraturan yang ada, dan selalu menjaga kesopanan.

#7. Goa Batu Sawar

Gua yang berada di Kampung Salak, Desa Nateh, Kecamatan Batang Alai Timur, Kabupaten Hulu Sungai Tengah ini terlihat sangat eksotis sekali dengan dinding dari batuan yang terbentuk secara alami.

Hanya saja, untuk mencapai lokasi gua ini cukup menguras tenaga. Namun semua itu terbayar lunas jika sudah melihat langsung keindahan gua ini. Dari luar terlihat sempit, namun didalam gua tersebut seperti sebuah tempat teater yang megah.

#8. Gua Limbuhang

Tempat wisata di Barabai
Gua Limbuhang
Gua yang berada di Desa Haliau, Kecamatan Batu Benawa, Kabupaten Hulu Sungai Tengah ini cukup unik. Pasalnya, gua yang berada dibawah bukit ini memiliki air yang bisa berubah-rubah warna.

Perubahan warna air di Gua Limbuhang ini bisa dilihat ketika cuaca disekitar lokasi gua sedang berubah dari terang menjadi teduh. Jika cuaca sedang terang, maka warna airnya menjadi biru laut, sedangkan bila cuaca sedang teduh, maka warna airnya menjadi biru kehijauan.

#9. Tugu Burung Sulangking

Tempat wisata di Barabai (Hulu Sungai Tengah) yang menarik dikunjungi wisatawan terakhir yaitu Tugu Burung Sulangking. Tugu Burung Sulangking merupakan salah satu ikon Kota Barabai (Hulu Sungai Tengah).

Jadi, jika kalian ingin menjelajahi tempat wisata yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, maka wajib hukumnya mengunjung tugu yang berada di Kelurahan Bukat, Kecamatan Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah ini.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Barabai (Hulu Sungai Tengah - Kalimantan Selatan) yang menarik dikunjungi wisatan. Semoga artikel ini bermamfaat, dan baca juga artikel menarik lainnya di blog Pikniktoday.com.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel