Air Terjun Sekar Langit di Magelang (Lokasi, Tiket Masuk, Rute, Fasilitas, dan Legenda)

Air Terjun Sekar Langit merupakan salah satu tempat wisata alam berupa air terjun di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Air Terjun Sekar Langit

Selama ini, tempat wisata di kawasan Jawa Tengah dan sekitarnya itu selalu di identikan dengan Candi Borobudur, yang dulunya sempat menyandang predikat sebagai salah satu tujuh keajaiban dunia.

Padahal, selain Candi Borobudur, dan candi lainnya, Jawa Tengah juga memiliki segudang tempat wisata alam yang menarik dikunjungi, mulai dari pegunungan, bukit, telaga, hingga air terjun, dan lain sebagainya.

Dan salah satu tempat wisata alam di Jawa Tengah yang menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan adalah Air Terjun Sekar Langit, yang lokasinya berada di Kabupaten Magelang. Berikut ulasan lengkapnya.

Inilah Ulasan Tentang Air Terjun Sekar Langit di Magelang (Lengkap Dengan Lokasi, Harga Tiket Masuk, Rute, Fasilitas, dan Legenda)


#1. Lokasi Air Terjun Sekar Langit

Air Terjun Sekar Langit

Air terjun ini terletak diantara kaki Gunung Andong, dan Gunung Telomoyo, dengan debit air yang cukup besar, dan airnya selalu mengalir disepanjang musim, termasuk juga pada saat musim kemarau.

Ketika pada musim hujan, dan sedang terjadi hujan lebat, biasanya pihak pengelola tempat wisata ini menghimbau para pengunjung untuk segera menjauhi lokasi air terjun, karena ditakutkan terjadinya banjir kiriman dari Gunung Merbabu.

Untuk lokasi tepatnya, air terjun setinggi 25 meter ini berada di berada di Desa Telogorejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

#2. Harga Tiket Masuk di Air Terjun Sekar Langit

Salah satu kelebihan air terjun ini jika dibandingkan dengan tempat wisata alam lainnya di Jawa Tengah dan sekitarnya, yaitu harga tiket masuknya cukup ramah dikantong, yaitu hanya Rp 3.000 perorang.

Sedangkan untuk biaya parkir kendaraan hanya Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua, dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat. Dengan harga tiket masuk, dan biaya parkir yang murah tersebut, sehingga tidak heran jika air terjun ini tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya.

#3. Rute Menuju Ke Air Terjun Sekar Langit

Air Terjun Sekar Langit

Menuju ke lokasi air terjun ini cukup mudah, tinggal langsung menuju ke Desa Telogorejo. Kalau dari pusat Kota Magelang berjarak kurang lebih 24 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 40 menitan.

Untuk rutenya sendiri bisa melewati pusat Kecamatan Grabag, kemudian dilanjutkan ke arah timur melewati jalan Sunan Geseng sampai menemukan area parkir tempat wisata air terjun ini dipinggir jalannya.

Setelah sampai ke area parkiran kendaraan, para pengunjung harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh 400 meter dengan waktu tempuh 5 menit hingga 10 menit, tergantung kecepatan dalam berjalan.

Disamping itu, rute jalan sejauh 400 meter tersebut sangat nyaman untuk dilewati. Pasalnya, tidak ada tanjakan terjal, dan kemiringan curam yang harus ditapaki oleh para pengunjung menuju ke lokasi air terjun.

#4. Fasilitas Pendukung di Air Terjun Sekar Langit

Untuk memberikan kenyamanan kepada para pengunjungnya, pihak pengelola pun menyediakan beberapa fasilitas pendukung di sekitar lokasi air terjun ini, seperti area parkir kendaraan, toilet, dan lain sebagainya.

#5. Cerita Legenda di Air Terjun Sekar Langit

Air Terjun Sekar Langit

Disamping panorama yang ditawarkannya memang indah, cerita legenda tentang Jaka Tarup di air terjun ini juga cukup menjadi magnet atau daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk mengunjungi air terjun ini.

Seperti yang kalian ketahui, Jaka Tarup pernah diceritakan mengintip dan mencuri sebuah selendang milik salah satu bidadari cantik bernama Nawang Wulan, yang pada saat itu sedang mandi di sebuah telaga.

Konon katanya, telaga di air terjun inilah yang menjadi tempat dimana Jaka Tarup mengintip dan mencuri selendang milik bidadari cantik bernama Nawang Wulan, sehingga dia tidak bisa kembali ke khayangan.

Sedikit banyak, cerita legenda tentang Jaka Tarup yang mengintip dan mencuri selendang milik seorang bidadari cantik inilah yang membuat orang penasaran, dan ingin melihat secara langsung telaga legendaris ini.

Apalagi, orang-orang yang mandi di air terjun ini dipercaya bisa enteng jodoh atau mudah mendapatkan jodoh, sehingga banyak orang, khususnya para jomblo yang tertarik berkunjung ke air terjun ini.

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan tentang Air Terjun Sekar Langit di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (lengkap dengan lokasinya, harga tiket masuknya, rute yang harus dilewati, fasilitas pendukungnya, dan cerita legenda tentang air terjun ini).

Terlepas benar atau tidaknya tentang cerita legenda Jaka Tarup di air terjun ini, namun air terjun ini menyuguhkan sebuah panorama alam yang wajib dipertimbangkan untuk segera dikunjungi. Baca juga ulasan tentang tempat nongkrong di Ungaran.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel