14+ Fasilitas Kebun Binatang Ragunan di Jakarta dan Harga Tiket Masuknya!!

Fasilitas Kebun Binatang Ragunan di Jakarta berikut ini sangat wajib diketahui oleh para wisatawan, khususnya bagi para wisatawan yang berencana pergi jalan-jalan ke kebun binatang yang terkenal di Kota Jakarta ini.

Kebun binatang yang lokasinya berada di Jalan Harsono RM No.1, Kelurahan Ragunan, Kecamatan Pasar Minggu, Kota Jakarta Selatan ini mempunyai wilayah yang cukup luas, yaitu sekitar 140 hektar.

Dan di dalamnya terdapat sejumlah fasilitas yang bertujuan untuk memanjakan para pengunjungnya. Lantas, seperti apa saja fasilitas Kebun Binatang Ragunan di Jakarta tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Inilah Beberapa Fasilitas Kebun Binatang Ragunan di Jakarta dan Harga Tiket Masuknya


#1. Taman Marga Satwa

Fasilitas Kebun Binatang Ragunan
Taman Marga Satwa
Taman Marga Satwa adalah salah satu fasilitas Kebun Binatang Ragunan yang cocok sekali dikunjungi setelah puas menjelajahi kebun binatang yang memiliki koleksi kurang lebih 2.000 ekor hewan ini.

Pasalnya, para pengunjung bisa berjalan-jalan atau duduk santai sambil menikmati suasana taman yang dihiasi dengan berbagai patung hewan seperti patung gajah, patung komodo, dan patung orang utan.

Disamping itu, di taman ini juga tersedia batu refleksi yang bisa digunakan oleh siapapun secara gratis. Dan lebih menariknya lagi, masuk ke dalam taman ini tidak dikenakan biaya tambahan alias gratis.

#2. Pusat Primata Schmutzer

Fasilitas Kebun Binatang Ragunan
Pusat Primata Schmutzer
Para hewan primata seperti gorilla, orang utan, simpase, dan lainnya di Kebun Binatang Ragunan ini dibuatkan tempat dengan konsep open zoo, yaitu sebuah tempat yang dibuat mirip dengan habitat aslinya.

Sehingga, para pengunjung bisa melihat langsung, mempelajari, dan ikut merasakan bagaimana rasanya berada di habitat asli hewan primata. Selain itu, disini juga tersedia tempat untuk menonton teater film tentang satwa.

Untuk menikmati fasilitas Kebun Binatang Ragunan yang satu ini, para pengunjung harus membayar tiket masuk tambahan sebesar Rp 6.000/orang untuk hari biasa, Rp 7.500/orang untuk akhir pekan, dan teater Rp 150.000.

#3. Taman Satwa Anak

Sesuai dengan namanya, fasilitas yang satu ini khusus ditujukan bagi pengunjung anak-anak. Hewan yang ada di taman ini adalah hewan-hewan yang disukai oleh anak-anak seperti burung kakatua, ikan arapaima, dan lain sebagainya.

Bukan hanya itu saja, di taman ini juga tersedia beberapa wahana yang pasti disukai oleh anak-anak, mulai dari ayunan, perosotan, hingga jaring laba-laba, dan lainnya. Harga tiket masuknya sebesar Rp 2.500/orang.

#4. Gajah Tunggang

Walaupun gajah termasuk salah satu hewan liar, namun para pengunjung bisa menunggangi gajah di Kebun Binatang Ragunan ini. Pasalnya, gajah-gajah di kebun binatang ini sudah jinak, dan tidak berbahaya.

Perlu dicatat, menunggangi gajah di Kebun Binatang Ragunan ini hanya bisa dilakukan pada akhir pekan (weekend), atau pada hari libur lainnya dengan membayar biaya tambahan sebesar Rp 7.500/orang.

#5. Onta Tunggang

Bukan hanya gajah saja, hewan lain yang juga bisa ditunggangi di Kebun Binatang Ragunan ini, yaitu onta. Untuk bisa menunggangi onta di kebun binatang ini, para pengunjung harus membayar biaya tambahan sebesar Rp 7.500/orang.

#6. Kuda Tunggang

Selain gajah, dan onta, ada satu lagi hewan di Kebun Binatang Ragunan yang juga bisa ditunggangi, yaitu kuda. Untuk bisa menunggangi kuda di kebun binatang ini, para pengunjung harus membayar biaya tambahan sebesar Rp 5.000/orang.

Namun perlu diingat, dalam menunggangi hewan di kebun binatang ini, baik itu gajah, onta, maupun kuda, harus tetap berhati-hati, dan selalu ikuti instruksi dari pawangnya agar tidak terjadi sesuatu yang membahayakan.

#7. Kereta Keliling

Fasilitas Kebun Binatang Ragunan
Kereta Keliling
Kalau kamu tidak ingin terlalu capek untuk mengelilingi kebun binatang yang luas ini? Kamu bisa mengunakan fasilitas kereta keliling yang siap mengantarkanmu ke mana saja tanpa harus berjalan kaki.

Untuk bisa menikmati fasilitas kereta keliling di kebun binatang ini, para pengunjung harus membayar biaya tambahan sebesar Rp 7.500/orang.

#8. Tempat Penyewaan Sepeda

Kalau kamu ingin mengelilingi kebun binatang ini dengan " sedikit " berolahraga santai? Kamu bisa mengunakan sepeda, yang bisa kamu sewa di tempat penyewaan sepeda di Kebun Binatang Ragunan ini.

Biasanya, sepeda-sepeda di Kebun Binatang Ragunan ini disewakan dengan harga sebesar Rp 10.000 untuk sepeda tunggal, dan Rp 15.000 untuk sepeda ganda.

#9. Taman Perahu Angsa

Kalau kamu ingin merasakan suasana yang sejuk sambil menaiki dan mengayuh perahu angsa di sebuah danau buatan di Kebun Binatang Ragunan ini? Kamu bisa mencobanya di Taman Perahu Angsa.

Pasalnya, di Taman Perahu Angsa ini sudah tersedia wahana perahu angsa. Untuk menikmati fasilitas Kebun Binatang Ragunan yang satu ini, para pengunjung harus membayar biaya tambahan sebesar Rp 15.000/orang.

#10. Pentas Satwa

Sejumlah aktraksi hewan lucu juga ada di Kebun Binatang Ragunan ini, mulai dari aktraksi burung kakaktua bermain gelang berwarna-warni, hingga beruang bersepeda, dan aktraksi hewan lucu lainnya.

Aktraksi-aktraksi hewan lucu ini bisa kamu saksikan di pentas satwa, dengan tiket masuk sebesar Rp 4.000/orang. Biasanya, pentas satwa ini dibuka setiap hari, mulai dari pukul 10:00 hingga pukul 15:00.

#11. Kuda Bendi

Selain kereta keliling, ada satu lagi fasilitas di Kebun Binatang Ragunan yang bisa membawa para pengunjung mengelilingi kebun binatang yang cukup luas tanpa harus berjalan kaki, yaitu kuda bendi.

Kuda bendi ini sangat mirip sekali dengan kendaraan tradisional bertenaga kuda bernama kereta kuda atau andong. Untuk menikmati fasilitas ini, para pengunjung harus membayar sebesar Rp 15.000/orang.

#12. Taman Anggrek Ragunan

Sesuai dengan namanya, para pengunjung bisa melihat berbagai jenis tanaman bunga anggrek di Taman Anggrek Ragunan ini. Biasanya, tempat ini dibuka 24 jam setiap harinya dengan tiket masuk Rp 1.000/orang.

#13. Menyaksi Binatang Makan

Manyaksikan hewan-hewan makan adalah salah satu kegiatan paling seru yang bisa dilakukan di kebun binatang. Untuk mengetahui jadwal makan hewan, silahkan cari tahu informasinya dibagian pengelola.

Misalnya, untuk jadwal makan gajah di Kebun Binatang Ragunan dilakukan pada pukul 14:30 - 14:45 dan 15:00 - 15:15, jadwal makan komodo dilakukan pada pukul 15:00 - 15:15, dan lain sebagainya.

#14. Harga Tiket Masuk Kebun Binatang Ragunan

Untuk menikmati semua fasilitas Kebun Binatang Ragunan diatas, para pengunjung harus membayar tiket masuk terlebih dahulu sebesar Rp 4.000 untuk pengunjung dewasa, dan Rp 3.000 untuk pengunjung anak-anak.

Sedangkan biaya parkir kendaraan adalah Rp 1.000 untuk sepeda biasa, Rp 3.000 untuk sepeda motor, dan kendaraan roda tiga, Rp 6.000 untuk mobil, Rp 12.500 untuk truk kecil, dan Rp 15.000 untuk truk besar.

Perlu dicatat, biaya tiket masuk, dan biaya parkir kendaraan tersebut belum termasuk biaya untuk menikmati sejumlah fasilitas didalam kebun binatang seperti Onta Tunggang, Kuda Tunggang, dan lain sebagainya.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa fasilitas Kebun Binatang Ragunan di Jakarta, lengkap dengan harga tiket masuknya. Baca juga ulasan tentang rekomendasi coffee shop atau tempat ngopi di Cipete (Jakarta Selatan).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel