4+ Makanan Khas Pangkalan Bun (Kotawaringin Barat - Kalimantan Tengah/Kalteng)

Inilah beberapa makanan khas Pangkalan Bun (Kotawaringin Barat - Kalimantan Tengah/Kalteng) yang memiliki rasa " super " enak. Seperti diketahui, Pangkalan Bun merupakan ibukota Kabupaten Kotawaringin Barat.

Selain sejumlah tempat wisatanya, kota yang dijuluki sebagai " Kota Manis " ini juga memiliki beberapa kuliner atau makanan khas yang sangat sayang dilewatkan begitu saja ketika berkunjungi ke kota ini.

Lantas, apa saja kuliner atau makanan khas Pangkalan Bun (Kabupaten Kotawaringin Barat - Provinsi Kalimantan Tengah/Kalteng) yang memiliki rasa yang " super " enak tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Inilah Beberapa Makanan Khas Pangkalan Bun (Kotawaringin Barat - Kalimantan Tengah/Kalteng) Yang " Super " Enak


#1. Coto Manggala

Makanan Khas Pangkalan Bun
Coto Manggala
Soto khas Pangkalan Bun ini memang sedikit berbeda dengan soto pada umumnya. Pasalnya, Soto Manggala merupakan makanan berupa soto yang terbuat dari bahan dasar singkong atau ketela pohon.

Rasa soto ini tidak kalah enak dibandingkan dengan soto lainnya di Indonesia. Dinamakan " Soto Manggala " karena warga Kota Pangkalan Bun dan sekitarnya menyebut singkong atau ketela pohon dengan nama " Manggala ".

#2. Kerupuk Basah

Makanan khas Pangkalan Bun (Kotawaringin Barat - Kalimantan Tengah/Kalteng) berikutnya yaitu Kerupuk Basah. Kerupuk Basah adalah salah satu jajanan khas Pangkalan Bun yang terbuat dari Ikan Tenggiri.

Jajanan dengan ciri khas berwarna merah muda (pink) ini dimasak dengan cara dikukus, atau dibakar, dan disajikan dengan diolesi sambal. Biasanya, jajanan ini banyak dijual dipinggir jalan pada sore hari.

#3. Bingka

Bingka adalah salah satu kue khas Pangkalan Bun di Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah (Kalteng). Biasanya, kue bercitarasa manis ini banyak ditemukan pada bulan Ramadhan atau bulan Puasa.

Kue yang berbentuk seperti kembang atau bunga ini mempunyai tiga varian rasa, yaitu rasa bingka beras, rasa kelapa muda, dan rasa kentang, dengan tekstur yang lembut, lunak, dan manis.

#4. Amplang

Makanan Khas Pangkalan Bun
Amplang
Makanan khas Kota Pangkalan Bun (Kotawaringin Barat - Kalimantan Tengah/Kalteng) yang terakhir yaitu Amplang. Amplang merupakan salah satu makanan ringan (cemilan) khas Pulau Kalimantan.

Kurang lebih sama dengan Kerupuk Basah, Amplang khas Pangkalan Bun ini juga terbuat dari bahan dasar Ikan Tenggiri. Biasanya, cemilan yang satu ini sering dijadikan sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang oleh wisatawan.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa makanan khas Pangkalan Bun (Kotawaringin Barat - Kalimantan Tengah/Kalteng) yang memiliki rasa " super " enak. Baca juga ulasan tentang tempat wisata di Pangkalan Bun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel