Pemandian Air Panas Bayanan di Sragen (Lokasi, Tiket Masuk, Fasilitas, dan Sejarah)

Pemandian Air Panas Bayanan adalah salah satu tempat wisata pemandian air panas di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Pemandian Air Panas Bayanan

Biasanya, tempat wisata pemandian air panas itu dekat dengan pegunungan berapi. Uniknya, Kabupaten Sragen di Jawa Tengah cukup jauh dari pegunungan berapi, namun mempunyai beberapa sumber air panas.

Air yang keluar dari sumber air panas ini biasanya dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Kemudian, sumber air panas tersebut dikelola menjadi sebuah tempat wisata pemandian air panas.

Dan salah satu tempat wisata pemandian air panas yang cukup populer dikalangan para wisatawan di Kabupaten Sragen (Provinsi Jawa Tengah) adalah Pemandian Air Panas Bayanan. Berikut ulasan lengkapnya.

Inilah Ulasan Tentang Pemandian Air Panas Bayanan di Sragen (Lengkap Dengan Lokasi, Harga Tiket Masuk, Fasilitas, dan Sejarah)


#1. Lokasi Pemandian Air Panas Bayanan

Lokasi tempat wisata pemandian air panas ini berjarak sekitar 17 kilometer ke arah tenggara dari ibukota Kabupaten Sragen, atau lebih tepatnya berada di Desa Jambeyan, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Disamping itu, akses jalan menuju ke tempat wisata pemandian air panas ini juga cukup mudah. Para wisatawan bisa mengunakan kendaraan dengan melewati jalur Sragen - Ngarum - Blimbing - lokasi tempat wisata.

#2. Harga Tiket Masuk di Pemandian Air Panas Bayanan

Salah satu kelebihan dari tempat wisata pemandian air panas ini dibandingkan dengan beberapa tempat wisata pemandian air lainnya di Indonesia, yaitu harga tiket masuknya cukup murah, yaitu hanya sebesar Rp 10.000/orang.

Sedangkan untuk biaya parkir kendaraan hanya sebesar Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat, dan Rp 3.000 untuk kendaraan roda dua. Biasanya, tempat wisata pemandian air panas ini buka setiap hari, mulai dari pukul 07:00 hingga pukul 17:00.

#3, Fasilitas Pendukung di Pemandian Air Panas Bayanan

Demi lebih memberikan kenyamanan kepada para pengunjungnya, pihak pengelola tempat wisata ini pun menyediakan sejumlah fasilitas pendukung disekitar lokasi tempat wisata pemandian air panas ini.

Beberapa fasilitas pendukung di tempat wisata pemandian air panas ini di antaranya adalah tempat parkir kendaraan, tempat bermain anak-anak, musholla, warung makan, ruang informasi, dan hutan wisata.

#4. Sejarah Pemandian Air Panas Bayanan

Dulunya, tempat wisata pemandian air panas ini merupakan sebuah tempat tetirah bagi orang kaya belanda, yang dibangun oleh seorang saudagar belanda kaya bernama Tan Praul pada tahun 1808 masehi.

Dulunya, tempat wisata pemandian air panas ini lebih dikenal dengan nama " Hyang Tirto Nirmolo ". Namun pada tahun 1978 silam, Pemerintah Indonesia merenovasi tempat ini menjadi tempat wisata pemandian air panas.

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan tentang Pemandian Air Panas Bayanan di Sragen (lengkap dengan lokasinya, harga tiket masuknya, beberapa fasilitas pendukungnya, dan sejarahnya). Baca juga ulasan tentang Air Terjun Sekar Langit di Magelang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel