15+ Tempat Wisata di Bitung (Sulawesi Utara) Yang Menarik Dikunjungi!!

Tempat wisata di Bitung berikut ini sangat rekomended dikunjungi oleh para wisatawan jika mereka sedang pergi berwisata di Sulawesi Utara. Pasalnya, Bitung adalah salah satu kota di Provinsi Sulawesi Utara.

Dan sejumlah tempat wisatanya banyak yang menarik dikunjungi, mulai dari tempat wisata alam seperti pantai, gunung, taman nasional, hingga tempat wisata buatan seperti tugu, dan lain sebagainya.

Bukan hanya itu saja, sejumlah kuliner khas Bitung juga cukup menarik untuk diburu. Lantas, dimana saja tempat wisata di Bitung (Sulawesi Utara) yang menarik dikunjungi tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Inilah Beberapa Tempat Wisata di Bitung (Sulawesi Utara) Yang Menarik Dikunjungi


#1. Pantai Serena

Tempat Wisata di Bitung
Pantai Serena
Tempat wisata di Bitung (Sulawesi Utara) yang menarik dikunjungi pertama yaitu Pantai Serena di Pulau Serena. Lokasinya tidak begitu jauh dari pusat Kota Bitung, yaitu hanya berjarak sekitar 30 menit, dan dilanjutkan dengan naik kapal dari Pelabuhan Bitung.

Dikarenakan lokasinya yang begitu dekat dengan pusat kota, sehingga tidak heran jika banyak wisatawan, terutama para wisatawan lokal, yang memilih menghabiskan waktu liburannya di tempat wisata ini.

Disamping itu, Pantai Serena di Pulau Serena ini juga merupakan salah satu tempat instagramable di Bitung. Biasanya, pantai dengan hamparan pasir putih bersih ini dibuka setiap hari, mulai dari pukul 09:00 hingga pukul 17:00.

BACA JUGA: 10+ Tempat Wisata di Kotamobagu (Sulawesi Utara) Yang Menarik Dikunjungi!!

#2. Tugu Trikora

Tempat Wisata di Bitung
Tugu Trikora
Tempat wisata di Bitung (Sulawesi Utara) yang menarik dikunjungi berikutnya yaitu Tugu Trikora. Lokasinya berada di Pulau Lembeh, dan bisa dicapai dengan waktu sekitar 15 menit dari Pelabuhan Bitung.

Tugu Trikora ini dibangun atas inisiatif pemerintahan pada tahun 80-an untuk mengenang salah satu peristiwa paling bersejarah bangsa Indonesia, yaitu perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut wilayah Irian Barat.

Bukan hanya bisa mengenal sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut wilayah Irian Barat saja, para wisatawan juga bisa menemukan beberapa spot foto yang instagramable di Tugu Trikora ini.

#3. Pantai Baturiri

Tempat Wisata di Bitung
Pantai Baturiri
Sedikit berbeda dengan Pantai Serena di Pulau Serena dengan batu karangnya, pantai yang juga berada di Pulau Lembeh ini hanya memiliki hamparan pasir putih yang bersih.

Walaupun begitu, Pantai Baturiri ini termasuk salah satu pantai yang masih sepi pengunjung di Bitung, sehingga berkunjung ke pantai ini, seperti seolah-olah sedang berkunjung ke pantai milik pribadi.

Disamping itu, pantai ini juga mempunyai ombak yang cukup tenang dengan pohon-pohon rimbun di bibir pantainya, sehingga cocok dijadikan sebagai tempat untuk bermain air seperti berenang dan lain sebagainya.

#4. Pantai Batu Angus

Pergi berwisata ke Bitung itu belum lengkap rasanya kalau belum mengunjungi Taman Nasional Tangkoko. Dan salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi di taman nasional ini yaitu Pantai Batu Angus.

Secara administratif, pantai ini berada di Kelurahan Kasawari, Kecamatan Aertembaga, Kota Bitung, Sulawesi Utara. Kalau dari pusat Kota Bitung bisa dicapai sekitar 40 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Keunikan utama dari pantai ini terletak pada pasirnya yang berwarna agak kehitam-hitaman dengan air laut yang begitu jernih. Karena saking jernihnya, bahkan bisa langsung melihat kebagian bawah lautnya.

#5. Patung Tuhan Yesus Memberkati

Tempat Wisata di Bitung
Patung Tuhan Yesus Memberkati
Selain Tugu Trikora, dan Pantai Baturiri, ada satu lagi tempat wisata yang menarik dikunjungi wisatawan di Pulau Lembeh, yaitu sebuah patung yesus setinggi 35 meter bernama " Patung Tuhan Yesus Memberkati ".

Patung yesus yang secara administratif berada di Desa Dorbolaang, Kecamatan Lembeh Selatan, Kota Bitung, Sulawesi Utara ini mirip sekali seperti patung yesus yang ada di Kota Rio de Janeiro (Brasil).

Bukan hanya itu saja, para wisatawan juga akan disuguhkan dengan pemandangan birunya lautan luas dari lokasi patung yesus ini. Disamping itu, dibagian kiri dan kanan patung yesus tersebut juga terhampar hutan kelapa yang rimbun.

#6. Hutan Mangrove Lirang

Tempat wisata di Bitung (Sulawesi Utara) yang menarik dikunjungi wisatawan selanjutnya yaitu Hutan Mangrove Lirang. Para wisatawan bisa menyusuri perairan di sela-sela hutan bakau yang rindang ini.

Lokasinya juga masih berada di Pulau Lembeh, atau lebih tepatnya berada di Desa Lirang, Kecamatan Lembeh Utara, Kota Bitung, Sulawesi Utara. Biasanya, tempat wisata ini dibuka 24 jam setiap harinya.

#7. Taman Marga Satwa Tandurusa

Kota Bitung di Provinsi Sulawesi Utara juga mempunyai sebuah kebun binatang mini, yang juga patut dipertimbangkan untuk segera dikunjungi para wisatawan, yaitu Taman Marga Satwa Tandurusa.

Walaupun kebun binatang yang berada di Desa Tandurusa, Kecamatan Aertembaga, Kota Bitung, Sulawesi Utara ini tidak begitu luas. Namun, koleksi hewan langka khas Pulau Sulawesi cukup lengkap.

Mulai dari Babirusa, Kuskus, Anoa, Elang, Kera Hitam, Kakak Tua Hitam, Rangrong, hingga Beruang, dan lainnya ada di kebun binatang ini. Biasanya, kebun binatang ini buka setiap hari kecuali hari minggu, dari pukul 08:00 hingga pukul 19:00.

#8. Pantai Batu Lobang Canada

Kenapa dinamakan " Pantai Batu Lobang Canada "? karena pantai yang berada di Desa Batu Putih, Kecamatan Ranowulu, Kota Bitung, Sulawesi Utara ini dulunya pernah dikelola oleh orang asing yang berasal dari Kanada.

Salah satu keunikan dari Pantai Batu Lobang Canada ini yaitu, di pantai ini terdapat sebuah dinding batu yang berlubang di tengah-tengahnya dengan hamparan batuan-batuan berwarna agak kehitam-hitaman.

#9. Pantai Batu Putih

Tempat Wisata di Bitung
Pantai Batu Putih
Kurang lebih sama dengan Pantai Batu Angus, pantai yang berada di Desa Batuputih Bawah, Kecamatan Ranowulu, Kota Bitung, Sulawesi Utara ini juga merupakan bagian dari Taman Nasional Tangkoko.

Salah satu daya tarik utama yang disuguhkan oleh pantai ini, yaitu hamparan pasir putih agak kecokelat-cokelatan. Disamping itu, para wisatawan juga bisa menemukan tempat penangkaran penyu disekitar pantai ini.

Untuk mencapai lokasi pantai ini membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan dengan jalan kaki dari pintu masuk Taman Nasional Tangkoko.

#10. Gunung Dua Saudara

Tempat wisata di Bitung (Sulawesi Utara) yang juga menarik dikunjungi wisatawan terakhir yaitu Gunung Dua Saudara. Dinamakan " Gunung Dua Saudara ", karena gunung ini mempunyai dua puncak.

Gunung setinggi 1.351 mdpl (meter diatas permukaan air laut) ini sangat bagus dijadikan sebagai tempat trekking bagi para wisatawan adventure. Pasalnya, disepanjang jalur trekking akan dijumpai pemandangan yang indah.

Bukan hanya itu saja, dari puncak gunung ini, para wisatawan juga bisa menikmati pemandangan indah Kota Bitung dan sekitarnya dari ketinggian. Secara administratif, gunung ini berada di Kecamatan Madidir, Kota Bitung, Sulawesi Utara.

#11. Pantai Tanjung Merah

Tempat Wisata di Bitung
Pantai Tanjung Merah
Karena jaraknya yang relatif cukup dekat dari pusat Kota Bitung, membuat pantai yang berada di Desa Tanjung Merah, Kecamatan Matuari, Kota Bitung, Sulawesi Utara ini sering dikunjungi wisatawan lokal.

Daya tarik utama dari pantai ini terletak pada panorama lautnya yang terbentang luas tanpa adanya batuan-batuan karang. Disamping itu, ombak di pantai ini juga cukup tenang, sehingga aman untuk berenang.

#12. Pantai Kahona

Tempat Wisata di Bitung
Pantai Kahona
Selain Pantai Baturiri, ada satu lagi tempat wisata pantai di Pulau Lembeh, yang juga patut dipertimbangkan untuk dikunjungi wisatawan, yaitu Pantai Kahona di Desa Pasirpanjang, Kecamatan Lembeh Selatan, Kota Bitung, Sulawesi Utara.

Berkunjung ke pantai ini sangat disarankan mengunakan alas kaki. Pasalnya, pasir pantai ini terdiri dari dari pecahan-pecahan batu karang, sedikit berbeda dengan pantai pada umumnya yang memiliki pasir halus.

#13. Selat Lembeh

Perlu kalian ketahui, Kota Bitung dan sekitarnya di Sulawesi Utara mempunyai sekitar 95 titik penyelaman dengan pemandangan bawah laut lengkap dengan terumbu karang dan biota laut, yang begitu eksotis.

Dan hampir semua ke-95 titik penyelaman di Kota Bitung tersebut berada di Selat Lembeh. Bisa dikatakan, Selat Lembeh adalah tempat terbaik melihat berbagai habitat laut di Sulawesi Utara selain di Bunaken.

Perlu diketahui juga, perairan di Selat Lembeh dan sekitarnya juga memiliki peran yang multifungsi, mulai dari sebagai pelabuhan, jalur transportasi, pariwisata, kegiatan industri, hingga sebagai basis keamanan laut, dan lainnya.

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan tentang beberapa tempat wisata di Bitung (Sulawesi Utara) yang menarik dikunjungi wisatawan. Baca juga ulasan tentang beberapa tempat wisata di Tondano (Kabupaten Minahasa)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel