15+ Tempat Wisata di Curup (Rejang Lebong) Yang Direkomendasikan Dikunjungi!!

Inilah beberapa tempat wisata di Curup (Rejang Lebong) yang direkomendasikan untuk segera dikunjungi wisatawan. Seperti diketahui, Curup adalah ibukota bagi Kabupaten Rejang Lebong di Pronvinsi Bengkulu.

Walaupun namanya masih kalah populer jika dibandingkan dengan Kota Bengkulu, namun Kota Curup mempunyai beberapa tempat wisata yang membuat banyak wisatawan tertarik mengunjunginya.

Mulai dari tempat wisata alam hingga tempat wisata sejarah, dan lain sebagainya ada di kota ini. Lantas, dimana saja tempat wisata di Curup (Rejang Lebong) yang direkomendasikan dikunjungi tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Inilah Beberapa Tempat Wisata di Curup (Rejang Lebong) Yang Direkomendasikan Dikunjungi


#1. Air Terjun Tangga Seribu

Tempat Wisata di Curup
Air Terjun Tangga Seribu
Tempat wisata di Curup (Rejang Lebong) yang direkomendasikan dikunjungi pertama yaitu Air Terjun Tangga Seribu. Lokasi air terjun ini berjarak kurang lebih 30 kilometer dari pusat Kota Curup.

Atau lebih tepatnya berada di Desa Kepala Curup, Kecamatan Binduriang, Kabupaten Rejang Lebong. Lokasinya bisa dicapai dengan mengunakan kendaraan roda dua dengan jarak tempuh sekitar 50 menit perjalanan.

Selain bisa melihat pemandangan air terjun yang menyejukan mata, para wisatawan juga berkesempatan melihat beberapa flora dan fauna disekitar lokasi air terjun, salah satunya adalah Bunga Rafflesia.

#2. Bukit Kaba

Tempat Wisata di Curup
Bukit Kaba
Tempat wisata di Curup (Rejang Lebong) yang direkomendasikan dikunjungi berikutnya yaitu Bukit Kaba. Bukit Kaba adalah sebuah gunung api kembar, yang banyak ditumbuhi pepohonan dan tanaman hijau.

Lokasinya berjarak kurang lebih 91 kilometer dari pusat Kota Bengkulu, dan sekitar 14 kilometer dari pusat Kota Curup, atau lebih tepatnya berada di Desa Sumber Urip, Kecamatan Selupuh Rejang, Kabupaten Rejang Lebong.

Selain menyajikan panorama alam yang begitu menggagumkan mata, di bukit ini juga terdapat sebuah kawah unik yang sangat instagramable. Pasalnya, kawah ini memiliki air berwarna hijau tosca.

#3. Kebun Binatang Diobagitte

Kebun Binatang Diobagitte adalah salah satu kebun binatang terpopuler di Kabupaten Rejang Lebong. Lokasi kebun binatang ini cukup dekat dari pusat Kota Curup, yaitu hanya sekitar 4 kilometer saja.

Kebun binatang yang lokasinya berada di Desa Talang Ulu, Kecamatan Curup Timur, Kabupaten Rejang Lebong ini sedikit berbeda dengan kebun binatang-kebun binatang pada umumnya di Indonesia.

Pasalnya, kebun binatang yang satu ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas menarik seperti pemandian air panas, kolam pemancingan, kolam renang, warung makan, dan beberapa fasilitas pendukung lainnya.

#4. Telaga Puteri Tujuh Warna

Tempat Wisata di Curup
Telaga Puteri Tujuh Warna
Kalau tempat wisata di Curup yang satu ini jarang sekali ditemukan di daerah lainnya di Indonesia. Pasalnya, telaga-telaga di tempat wisata ini memiliki warna air yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya.

Di kawasan wisata seluas 50 hektar ini terdapat empat telaga berukuran cukup besar dengan air berwarna abu-abu, putih, merah, dan biru. Sedangkan tiga telaga lainnya berwarna hitam, cokelat, dan kuning.

Lokasi Telaga Puteri Tujuh Warna ini berjarak kurang lebih 70 kilometer dari ibukota Provinsi Bengkulu, atau lebih tepatnya berada di Desa Rimbo Pengadang, Kecamatan Air Dingin, Kabupaten Lebong.

#5. Suban Air Panas

Tempat Wisata di Curup
Suban Air Panas
Suban Air Panas adalah sebuah tempat pemandian air panas. Lokasinya berjarak kurang lebih 6 kilometer dari pusat Kota Curup, atau lebih tepatnya berada di Desa Cawang Baru, Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong.

Setiap akhir pekan (weekend) dan hari libur lainnya, tempat pemandian air panas ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan yang berasal dari daerah lainnya.

Kurang lebih sama dengan tempat pemandian air panas lainnya di Indonesia, mandi di tempat pemandian air ini dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit seperti panu, kadas, dan lainnya.

Bukan hanya pemandian air panas saja, disekitar tempat wisata ini juga terdapat beberapa objek wisata lainnya yang sayang dilewatkan begitu saja, di antaranya adalah sebuah air terjun setinggi 90 meter, batu menangis, dan lainnya.

#6. Lubuk Beso

Tempat wisata di Curup (Rejang Lebong) yang direkomendasikan dikunjungi wisatawan selanjutnya yaitu Lubuk Beso. Dimana diketahui, kata " lubuk " dalam bahasa Indonesia berarti " bagian sungai yang dalam ".

Jadi, Lubuk Beso adalah sebuah bagian sungai yang dalam, dan tenang yang cocok dijadikan sebagai tempat memancing ikan. Disamping itu, pemandangan alam di sekitarnya juga asri dengan suasana yang sejuk. 

Tempat wisata ini bisa kamu kunjungi di Desa Apur, Kecamatan Ulak Tanding, Kabupaten Rejang Lebong (sekitar 3 kilometer dari Desa Kepala Curup, Kecamatan Binduriang, Kabupaten Rejang Lebong).

#7. Air Terjun Sindang Kelingi

Walaupun lokasi air terjun ini berada tidak begitu jauh dari jalan di Desa Sindang Jati, Kecamatan Sindang Kelingi, Kabupaten Rejang Lebong, namun untuk mencapai lokasinya bisa dikatakan gampang-gampang susah.

Dikatakan gampang! Karena lokasi air terjun ini tidak begitu jauh dari jalan. Dan dikatakan susah! Karena untuk menuju ke lokasi air terjun ini harus melewati tebing-tebing tinggi, batuan besar, dan bangunan peninggalan belanda.

Namun, semua kesulitan-kesulitan tersebut akan terbayar jika sudah sampai ke lokasi air terjun tersebut. Dimana, keindahannya akan membuatmu langsung lupa dengan kesulitan-kesulitan yang harus dilewati untuk mencapainya.

#8. Danau Mas Harun Bastari

Tempat Wisata di Curup
Danau Mas Harun Bastari
Danau yang berada di Desa Karang Jaya, Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong ini menawarkan pemandangan alam yang begitu menggagumkan mata dengan pulau kecil dibagian tengahnya.

Disamping itu, danau ini juga memiliki beragam fasilitas pendukung untuk memanjakan para pengunjungnya. Biasanya, danau seluas 3.600 hektar ini buka setiap hari, mulai dari pukul 06:00 hingga pukul 18:00.

Danau ini hanya berjarak kurang lebih 19 kilometer dari pusat Kota Curup, sekitar 25 kilometer kalau dari Kota Lubuk Linggau, dan sekitar 91 kilometer kalau dari ibukota Provinsi Bengkulu, yaitu Kota Bengkulu.

#9. Kebun Teh Bukit Daun

Tempat Wisata di Curup
Kebun Teh Bukit Daun
Kabupaten Rejang Lebong juga mempunyai perkebunan teh yang juga menarik dikunjungi wisatawan, yaitu Kebun Teh Bukit Daun. Lokasinya berjarak kurang lebih 25 kilometer dari pusat Kota Curup.

Perkebunan teh yang secara administratif berada di Desa Sentral Baru, Kecamatan Bermani Ulu, Kabupaten Rejang Lebong ini menawarkan hamparan perkebunan teh yang hijau dengan suasana yang asri dan sejuk.

#10. Air Terjun Batu Betiang

Tempat Wisata di Curup
Air Terjun Batu Betiang
Tempat wisata di Curup (Rejang Lebong) yang juga direkomendasikan untuk dikunjungi wisatawan berikutnya yaitu Air Terjun Batu Betiang, atau terkadang juga disebut dengan nama " Air Terjun Bertingkat ".

Salah satu keunikan yang dimiliki oleh Air Terjun Batu Betiang atau Air Terjun Bertingkat ini, yaitu terletak pada dinding-dinding batunya, yang berbentuk seperti balok persegi panjang, yang tersusun secara rapi. 

Jika kamu penasaran dengan Air Terjun Batu Betiang/Air Terjun Bertingkat ini? Kamu bisa mengunjunginya langsung di Dusun Merasi, Desa Babakan Baru, Kecamatan Bermani Ulu Raya, Kabupaten Rejang Lebong.

#11. Air Panas Desa Tempel Rejo

Sesuai dengan namanya, pemandian air panas ini berada di Desa Tempel Rejo, Kecamatan Curup Selatan, Kabupaten Rejang Lebong. Pemandangan alam disekitar pemandian air panasnya juga cukup eksotis.

Selain itu, tempat wisata yang memiliki luas sekitar 1.000 meter persegi ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung seperti toilet, pedagang makanan, pedagang minuman, dan lain sebagainya.

#12. Danau Telapak Kaki

Danau Telapak Kaki ini berada di lereng Bukit Daun dengan ketinggian sekitar 200 mdpl (meter diatas permukaan air laut), atau secara administratif berada di Desa Talang Rendah, Kecamatan Nasal, Kabupaten Rejang Lebong.

Dinamakan " Danau Telapak Kaki " karena penampakan danau yang masih jarang dikunjungi wisatawan ini sekilas terlihat seperti telapak kaki manusia jika dilihat dari ketinggian, atau dilihat melalui Google Earth. 

Untuk mengunjunginya harus membelah hutan yang cukup lebat. Biasanya, danau ini dikunjungi oleh para pecinta alam, dan tidak jarang mereka kemping dengan mendirikan tenda disekitar danau ini untuk bermalam.

#13. Air Terjun Panas Pacoa Seribeu

Air Terjun Panas Gerojogan Sewu atau dalam bahasa masyarakat setempat lebih populer dikenal dengan nama " Air Terjun Panas Pacoa Seribeu " ini berada tidak begitu jauh dari kaki gunung api kembar Bukit Kaba.

Air terjun yang secara administratif berada Di Desa Sumber Urip, Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong ini dikelilingi oleh pemandangan alam yang masih alami, sehingga suasananya lebih sejuk.

#14. Tugu Pahlawan Tabarenah

Tempat Wisata di Curup
Tugu Pahlawan Tabarenah
Tempat wisata di Curup (Rejang Lebong) yang juga direkomendasikan untuk dikunjungi selanjutnya yaitu Tugu Pahlawan Tabarenah. Tugu Pahlawan Tabarenah adalah sebuah monumen perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Sesuai dengan namanya, monumen yang menjadi bukti perjuangan masyarakat Kabupaten Rejang Lebong dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia ini bisa ditemukan di Desa Tabarenah, Kecamatan Curup Utara, Kabupaten Rejang Lebong. 

Bukan hanya Tugu Pahlawan Tabarenah, di Desa Tabarenah juga terdapat Taman Makam Pahlawan Tabarenah, dan Jembatan Tabarenah yang juga menjadi saksi bisu bukti perjuangan masyarakat Kabupaten Rejang Lebong dalam melawan penjajah.

#15. Pemandian Air Panas Sindang Jati

Selain Suban Air Panas, dan Air Panas Desa Tempel Rejo, ada satu lagi pemandian air panas di Kabupaten Rejang Lebong yang juga patut dipertimbangkan untuk dikunjungi, yaitu Pemandian Air Panas Sindang Jati.

Konon kabarnya, tempat pemandian air panas yang lokasinya berada di Desa Sindang Jadi, Kecamatan Sindang Kelingi, Kabupaten Rejang Lebong ini merupakan bagian dari peninggalan bekas bangunan belanda.

Lebih asiknya lagi, air di tempat pemandian air panas ini tidak sepanas seperti pada tempat pemandian air panas di Suban Air Panas.

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan beberapa tempat wisata di Curup (Rejang Lebong) yang direkomendasikan dikunjungi wisatawan. Baca juga ulasan tentang tempat wisata di tempat wisata di Prabumulih (Sumatera Selatan).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel