12+ Tempat Wisata di Dharmasraya (Sumbar) Yang Sedang Hits!!

Beberapa tempat wisata di Dharmasraya (Sumbar) berikut ini sedang hits dikunjungi oleh wisatawan, khususnya para wisatawan lokal, yang berasal dari Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dan sekitarnya.

Perlu kalian ketahui, Dharmasraya merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Kabupaten Dharmasraya mempunyai sejumlah tempat wisata yang pasti menarik untuk dikunjungi.

Mulai dari tempat wisata budaya hingga tempat wisata alam, dan lain sebagainya. Lantas, dimana saja tempat wisata di Dharmasraya (Sumbar) yang sedang hits dikunjungi tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Inilah Beberapa Tempat Wisata di (Sumbar) Yang Sedang Hits Dikunjungi Wisatawan


#1. Bukit Tambun

Tempat Wisata di Dharmasraya
Bukit Tambun
Tempat wisata di Dharmasraya (Sumbar) yang sedang hits dikunjungi pertama yaitu Bukit Tambun. Bukit ini benar-benar menyuguhkan pemandangan alam yang begitu indah khas Kabupaten Dharmasraya.

Lokasinya hanya berjarak sekitar 3 kilometer dari pusat ibukota Kabupaten Dharmasraya, atau secara administratif berada di Desa Sungai Kambut, Kecamatan Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat.

Selain bisa menikmati pemandangan yang indah, para wisatawan juga bisa mencoba beberapa olahraga ekstrem di tempat wisata ini seperti paralayang.

BACA JUGA: 22+ Tempat Wisata di Payakumbuh (Sumatera Barat) Yang Bagus Dikunjungi!!

#2. Danau Hijau

Tempat Wisata di Dharmasraya
Danau Hijau
Tempat wisata di Dharmasraya (Sumbar) yang sedang hits dikunjungi wisatawan berikutnya yaitu Danau Hijau. Sesuai dengan namanya, keunikan dari danau ini terletak pada airnya yang berwarna hijau.

Sebenarnya, danau ini bukanlah danau alami, melainkan bekas galian tambang batu bara yang ditinggalkan begitu saja. Seiring berjalannya waktu, bekas galian tambang tersebut menjelma menjadi danau yang begitu eksotis.

Jika kamu penasaran dengan danau ini? Kamu bisa mengunjunginya di Jalan Sitiung 4, Kecamatan Sungai Rumbai, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat. Lokasi danau ini tepat berada di depan  Kantor Tambang Batu Bara Pengean.

#3. Bendungan Batu Bakawik

Tempat Wisata di Dharmasraya
Bendungan Batu Bakawik
Bendungan Batu Bakawik adalah bendungan terbesar di Kabupaten Dharmasraya. Bendungan yang dibangun dengan mengunakan teknologi modern ini difungsikan sebagai irigasi untuk mengaliri sawah penduduk setempat.

Disamping itu, bendungan yang lokasinya berada di Desa Koto Nan IV Dibawuah, Kecamatan Ix Koto, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat ini juga didesain sebagai tempat wisata.

Sehingga, tidak terlalu mengherankan jika bendungan ini tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya. Terlebih lagi, pemandangan yang disuguhkan dari atas jembatan bendungan sangat indah sekali.

#4. Embung Kotoranah

Tempat Wisata di Dharmasraya
Embung Kotoranah
Pada awalnya, tempat wisata ini hanyalah sebuah rawa yang terbengkalai. Karena minimnya tempat wisata keluarga di Kabupaten Dharmasraya, kawasan rawa terbengkalai ini pun dijadikan sebagai tempat wisata.

Sekarang, Embung Kotoranah sudah menjadi salah satu tempat wisata andalan di Kabupaten Dharmasraya dengan beberapa fasilitas dan wahana yang menarik, salah satunya adalah wahana balon udara.

Jika kamu penasaran dengan tempat wisata ini? Silahkan kunjungi di Desa Koto Ranah, Kecamatan Koto Besar, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat. Biasanya, tempat wisata buka pada hari jum'at hingga hari minggu, dari pukul 10:00 hingga pukul 17:00.

#5. Goa Cigak

Kabupaten Dharmasraya di Provinsi Sumatera Barat juga mempunyai sebuah tempat wisata alam berupa goa, yang juga patut dipertimbangkan untuk dikunjungi oleh wisatawan, yaitu Goa Cigak.

Goa yang lokasinya berada di Kampung Surau, Kecamatan Pulau Pujung, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat ini menawarkan pemandangan berupa formasi batuan Stalaktit dan Stalagmit yang eksotis.

#6. Puncak Gunung Medan

Tempat wisata di Dharmasraya (Sumbar) yang sedang hits dikunjungi wisatawan selanjutnya yaitu Puncak Gunung Medan. Lokasinya berjarak kurang lebih 15 kilometer dari pusat ibukota Kabupaten Dharmasraya.

Walaupun namanya ada embel-embel kata " medan " namun lokasi tempat wisata ini masih berada di wilayah Kabupaten Dharmasraya, atau lebih tepatnya berada di Gunung Medan, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat.

Kurang lebih sama dengan puncak gunung lainnya di Indonesia, Puncak Gunung Medan ini juga menawarkan pemandangan alam yang terhampar hijau dan luas.

#7. Rumah Gadang Siguntur

Kabupaten Dharmasraya di Provinsi Sumatera Barat juga mempunyai sejumlah peninggalan kerajaan dari masa lalu, salah satunya adalah Rumah Gadang Siguntur.

Rumah Gadang Siguntur adalah salah satu peninggalaan kerajaan islam, yang dulunya pernah berkuasa di wilayah Kabupaten Dharmasraya. Didalam rumah tersebut tersimpan beberapa peninggalan kerajaan.

Jika kamu penasaran dengan Rumah Gadang Siguntur ini? Kamu bisa mengunjungi langsung di Desa Siguntur, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat.

#8. Candi Pulau Sawah

Tempat Wisata di Dharmasraya
Candi Pulau Sawah
Berdasarkan informasinya, Candi Pulau Sawah adalah salah satu peninggalan kerajaan Swarnabhumi, yaitu salah satu kerajaan melayu, yang dulunya juga pernah berkuasa di wilayah Kabupaten Dharmasraya.

Lokasinya juga masih berada di Desa Siguntur, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat. Untuk mencapai lokasi candi ini, para wisatawan harus mengunakan alat transportasi air.

#9. Candi Padang Roco

Tempat Wisata di Dharmasraya
Candi Padang Roco
Selain Candi Pulau Sawah, ada satu lagi candi peninggalan kerajaan melayu yang patut dipertimbangkan untuk dikunjungi oleh wisatawan di Kabupaten Dharmasraya, yaitu Candi Padang Roco.

Candi yang secara administratif masih berada didalam wilayah Desa Siguntur, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat ini dulunya difungsikan sebagai tempat ibadah bagi para raja-raja.

#10. Danau Cinta

Selain Danau Hijau, ada satu lagi danau di Kabupaten Dharmasraya, yang juga patut dipertimbangkan untuk dikunjungi yaitu Danau Cinta. Lokasinya berada Kecamatan Koto Baru, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat.

Dulunya, danau ini hanyalah sebuah kolam ikan, namun dikarenakan memiliki pemandangan alam yang begitu indah, sehingga danau ini dialihfungsikan menjadi sebuah tempat wisata keluarga yang menarik.

#11. Rumah Gadang Rajo Sungai Dareh

Dari gaya arsitektur bangunannya yang begitu megah, sehingga banyak yang memperkirakan kalau Rumah Gadang Rajo Sungai Dareh ini dulunya ditinggali atau ditempati oleh keturunan raja, dan keluarganya.

Jika kamu penasaran dengan kemegahan Rumah Gadang Rajo Sungai Dareh ini? Silahkan lihat langsung di Desa Sungai Dareh, Kecamatan Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat.

#12. Rumah Gadang Rajo Pulau Punjung

Tempat wisata di Dharmasraya (Sumbar) yang sedang hits dikunjungi terakhir yaitu Rumah Gadang Rajo Pulau Punjung. Berdasarkan ceritanya, rumah ini masih mempunyai hubungan dengan Rumah Gadang Rajo Singai Dareh.

Di dalam rumah yang berada di Desa IV Koto, Kecamatan Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat ini terdapat beberapa benda peninggalan kerajaan, yang masih terawat dengan baik hingga sekarang.

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan tentang beberapa tempat wisata di Dharmasraya (Sumbar) yang sedang hits dikunjungi wisatawan. Baca juga ulasan tentang tempat wisata di Painan (Pesisir Selatan - Sumatera Barat).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel