10+ Tempat Wisata di Kotamobagu (Sulawesi Utara) Yang Menarik Dikunjungi!!

Beberapa tempat wisata di Kotamobagu berikut ini sangat menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Pasalnya, kota kecil yang berada di Provinsi Sulawesi Utara ini menyimpan sejuta keindahan.

Mulai dari keindahan alam yang tiada bandingannya hingga sejumlah spot instagramable ada di kota yang merupakan hasil dari pemekaran wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow pada tahun 2007 silam.

Dan keindahan-keindahan di Kota Kotamobagu tersebut bisa dinikmati dengan mengunjungi beberapa tempat wisatanya. Lantas, dimana saja tempat wisata di Kotamobagu (Sulawesi Utara) yang menarik dikunjungi tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Inilah Beberapa Tempat Wisata di Kotamobagu (Sulawesi Utara) Yang Menarik Dikunjungi


#1. Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW)

Tempat Wisata di Kotamobagu
Taman Nasional Bogani Nani Wartabone
Tempat wisata di Kotamobagu (Sulawesi Utara) yang menarik dikunjungi pertama yaitu Taman Nasional Bogani Nani Wartabone, atau sering disingkat " TNBNW ".  TNBNW adalah sebuah hutan lindung.

Didalam hutan lindung seluas kurang lebih 287.115 hektar ini terdapat beragam jenis spesies khas Pulau Sulawesi seperti mamalia, reptil, serangga, ikan, unggas, dan masih banyak lagi spesies lainnya.

Dan salah satu spesies yang wajib dilihat di hutan lindung ini, yaitu Burung Maleo. Dimana diketahui, Burung Maleo merupakan salah satu hewan asli Indonesia yang keberadaannya terancam punah.

#2. Air Terjun Molipungan

Tempat wisata di Kotamobagu (Sulawesi Utara) yang menarik dikunjungi selanjutnya yaitu Air Terjun Molipungan. Air Terjun Molipungan ini berjarak kurang lebih 7 km dari pusat Kota Kotamobagu.

Salah satu kelebihan dari air terjun yang lokasinya berada di Desa Kobo Kecil, Kecamatan Kotamobagu Timur, Kota Kotamobagu ini, yaitu memiliki 5 air terjun dengan ketinggian antara 6 - 20 meter.

Hanya saja, akses jalan menuju ke lokasi air terjun ini terbilang cukup sulit. Untuk menemukan lokasi air terjun ini dengan mudah dan cepat, para pengunjung harus meminta bantuan kepada warga setempat.

#3. Gunung Ambang

Tempat Wisata di Kotamobagu
Pemandangan di Puncak Gunung Ambang
Secara administratif, Gunung Ambang masuk kedalam tiga kabupaten sekaligus, yaitu Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, dan Kabupaten Minahasa Selatan.

Namun, lokasi Gunung Ampang berada tidak begitu jauh dari Kota Kotamobagu, dan bisa dicapai sekitar 30 menit perjalanan dari pusat Kota Kotamobagu. Biasanya, tiket masuknya sebesar Rp 2.500 perorang.

Keindahan yang ditawarkan oleh gunung ini, yaitu pemandangan alam khas Pulau Sulawesi lengkap dengan hewan-hewan khasnya seperti berbagai jenis burung, anoa, dan masih banyak lagi hewan lainnya.

#4. Situs Budaya Makam Kuno

Selain tempat wisata alam, Kota Kotamobagu juga memiliki sejumlah tempat wisata sejarah, salah satunya adalah Situs Budaya Makam Kuno di Kelurahan Upai, Kecamatan Kotamobagu Utara, Kota Kotamobagu.

Sesuai dengan namanya, di Situs Budaya Makam Kuno ini, para pengunjung bisa melihat makam-makam kuno seperti makam Raja Loloda Mokoagow, makam Raja Datoe Binangkang, dan lain sebagainya.

#5. Pemandian Air Panas Banyu Anget

Kota Kotamobagu juga mempunyai tempat wisata pemandian air panas, yaitu Pemandian Air Panas Banyu Anget yang lokasinya berada di Kelurahan Matali, Kecamatan Kotamobagu Timur, Kota Kotamobagu.

Sumber air panas di pemandian air panas ini berasal dari Gunung Ampang. Biasanya, pemandian air panas ini buka setiap hari, mulai dari pukul 06:00 hingga pukul 18:00 dengan tiket masuk sebesar Rp 10.000/orang.

#6. Hutan Kota Bonawang

tempat wisata di Kotamobagu
Hutan Kota Bonawang
Beberapa tempat wisata di Kotamobagu (Sulawesi Utara) belakangan ini memang sering menjadi buruan wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisata dari luar daerah, salah satunya adalah Hutan Kota Bonawang.

Hai ini dikarenakan, didalam hutan yang lokasinya berada di Kelurahan Mongkonai, Kecamatan Kotamobagu Barat, Kota Kotamobagu ini, banyak sekali terdapat spot-spot yang sangat instagramable.

Bukan hanya itu saja, didalam hutan seluas 4,3 hektar ini juga terdapat sekitar 100 jenis vegetasi, yang sudah dilengkapi dengan papan nama, sehingga tidak perlu bingung untuk mengindentifikasi jenis tanamannya.

#7. Air Terjun Mongkonai

Air terjun ini berada di Kelurahan Mongkonai Barat, Kecamatan Kotamobagu Barat, Kota Kotamobagu. Jaraknya hanya sekitar 500 meter dari pemukiman penduduk, dan bisa dicapai sekitar 30 menit dengan berjalan kaki.

Air terjun setinggi 16 meter ini mempunyai dinding batu yang sangat besar, dan disekelilingnya banyak ditumbuhi berbagai jenis rumput air dan semak belukar, yang menambah keeksotisan Air Terjun Mongkonai ini.

#8. Air Terjun Boliangonan

Air terjun yang lokasinya berada di Kelurahan Poyowa Besar II, Kecamatan Kotamobagu Selatan, Kota Kotamobagu, Sulawesi Utara ini juga wajib dipertimbangkan untuk dikunjungi oleh para wisatawan.

Pasalnya, air terjun setinggi 7 meter ini mempunyai pemandangan alam yang cukup menjanjikan. Disamping itu, jaraknya juga cukup dekat dari pemukiman penduduk setempat, yaitu hanya sekitar 700 meter.

#9. Air Terjun Mobuya

Selain Air Terjun Molipungan, Air Terjun Mongkonai, dan Air Terjun Boliangonan, ada satu tempat wisata air terjun disekitar Kota Kotamobagu yang menarik dikunjungi wisatawan, yaitu Air Terjun Mobuya.

Air terjun yang lokasinya berada di Kelurahan Poyowa Besar II, Kecamatan Kotamobagu Selatan, Kota Kotamobagu ini juga tidak kalah jauh dengan beberapa tempat wisata air terjun lainnya di Kotamobagu.

#10. Rumah Adat Bobakidan

Tempat wisata di Kotamobagu (Sulawesi Utara) yang juga menarik untuk dikunjungi terakhir yaitu Rumah Adat Bobakidan. Rumah Adat Bobakidan adalah salah satu ikon budaya bagi Kota Kotamobagu.

Rumah adat yang juga difungsikan sebagai tempat bermusyawarah ini bisa kamu dikunjungi di Jalan Brigjen Katamso, Kelurahan Kotobangon, Kecamatan Kotamobagu Barat, Kota Kotamobagu, Sulawesi Utara.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Kotamobagu (Sulawesi Utara) yang menarik dikunjungi. Bagaimana? Sudah tertarik berkunjung ke Kotamobagu! Baca juga ulasan tentang tempat wisata di Sampit.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel