11+ Daftar Tempat Wisata di Malino (Gowa) Yang Lagi Hits!!

Daftar tempat wisata di Malino yang direkomendasikan berikut ini sangat wajib diketahui oleh wisatawan, khususnya wisatawan yang sedang ingin pergi berwisata ke Kabupaten Gowa di Provinsi Sumatera Selatan.

Perlu kalian ketahui, Malino adalah sebuah kawasan di Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, yang dikenal mempunyai pemandangan alam yang alami, sejuk, dan menenangkan.

Sehingga, tidak heran jika di kawasan ini banyak terdapat sejumlah tempat wisata yang lagi hits dikunjungi wisatawan. Lantas, apa saja daftar tempat wisata di Malino (Gowa) yang lagi hits dikunjungi tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Inilah Daftar Tempat Wisata di Malino (Gowa) Yang Lagi Hits Dikunjungi


#1. Malino Highland

Tempat Wisata di Malino
Malino Highland
Daftar tempat wisata di Malino (Gowa) yang lagi hits dikunjungi pertama yaitu Malino Highland. Malino Highland adalah sebuah perkebunan teh yang memiliki luas sekitar 900 hektar diketinggian 1.200 mdpl.

Ada banyak spot foto yang instagramable dengan latarbelakang perkebunan teh di tempat wisata ini. Bahkan tidak jarang, tempat wisata ini dijadikan sebagai lokasi pengambilan foto prewedding oleh sejumlah pasangan di Kabupaten Gowa.

Lokasinya berada di Desa Pattapang, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Biasanya, tempat wisata ini buka setiap hari, dari pukul 09:00 hingga pukul 17:00 dengan tiket masuk sebesar Rp 50.000/orang.

#2. Hutan Pinus Malino

Tempat Wisata di Malino
Hutan Pinus Malino
Daftar tempat wisata di Malino (Gowa) yang lagi hits dikunjungi wisatawan berikutnya yaitu Hutan Pinus Malino. Sesuai dengan namanya, hutan ini banyak ditumbuhi oleh ratusan pohon pinus yang menjulang tinggi.

Lebih asiknya lagi, para wisatawan bisa menyewa kuda untuk mengelilingi hutan pinus ini. Biasanya, biaya sewa kuda di tempat wisata ini yaitu antara Rp 10.000 hingga Rp 20.000 untuk satu kali putaran.

Jika kamu penasaran dengan tempat wisata ini? Kamu bisa mengunjunginya di Desa Malino, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Biasanya, tempat wisata buka setiap hari, dari pukul 06:00 hingga pukul 00:00.

#3. Lembah Hijau

Bagi wisatawan yang suka berkemah, bisa mengunjungi Lembah Hijau yang berada di Jalan Pa'tene Malino, Desa Malino, Kecamatan Tinggimoncong, Malino, Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Pasalnya, tempat wisata ini menyediakan sejumlah tenda yang bisa digunakan oleh para wisatawan untuk bermalam atau menginap sambil menikmati dinginnya udara dikawasan Malino dan sekitarnya.

Bukan hanya itu saja, di tempat wisata ini juga tersedia wahana sky bike yang bisa dicoba oleh para wisatawan. Disamping itu, disetiap sudutnya juga bagus dijadikan sebagai tempat untuk berfoto selfie.

#4. Air Terjun Takapala

Tempat Wisata di Malino
Air Terjun Takapala
Bukan hanya hutan dan lembah saja, kawasan Malino di Kabupaten Gowa juga terdapat sejumlah tempat wisata alam berupa air terjun, yang juga menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Air Terjun Takapala.

Air terjun setinggi kurang lebih 109 meter ini berada di kaki Gunung Bawakaraeng, atau lebih tepatnya berada di Desa Bonto Lerung, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Aliran air di air terjun ini cukup deras, sehingga menciptakan kabut di sekitarnya, dan tidak jarang tercipta juga pelangi di air terjun ini. Uniknya lagi, dibalik air terjun ini terdapat sebuah goa yang bisa dimasuki wisatawan.

#5. Taman Anggrek Malino

Seperti diketahui, kawasan Malino di Kabupaten Gowa itu berada di dataran tinggi, sehingga tidak heran jika kawasan ini banyak ditumbuhi oleh berbagai jenis bunga, salah satunya adalah bunga anggrek.

Dan salah satu tempat untuk melihat berbagai jenis bunga anggrek di kawasan Malino adalah di Taman Anggrek Malino yang berada di Desa Malino, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Ada beberapa jenis bunga anggrek langka yang bisa ditemukan di tempat wisata ini, mulai dari Coelegyne Celebensis, Vanda Celebica, hingga Grammatophyllum Stafefeliforum, dan lain sebagainya.

#6. Gua Jepang

Tempat Wisata di Malino
Gua Jepang
Daftar tempat wisata di Malino (Gowa) yang lagi hits dikunjungi wisatawan selanjutnya yaitu Gua Jepang. Sesuai dengan namanya, Gua ini merupakan salah satu gua peninggalan masa penjajahan jepang di Indonesia.

Dari luar gua ini hanya terlihat seperti sebuah lubang berbentuk horizontal yang dikelilingi oleh tanah. Namun didalam gua, para wisatawan akan melihat banyak sekali formasi batuan Stalaktit dan Stalakmit.

Untuk menuju ke gua ini memang dibutuhkan sedikit perjuangan. Pasalnya, gua yang berada dikawasan Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa ini memang berada di tempat yang terbilang pelosok.

#7. Museum Balla Lompoa

Tempat Wisata di Malino
Museum Balla Lompoa
Bukan hanya tempat wisata alam saja, disekitar kawasan Malino di Kabupaten Gowa juga mempunyai beberapa tempat wisata sejarah yang menarik dikunjungi, salah satu adalah Museum Balla Lompoa.

Bangunan museum ini merupakan rekonstruksi dari istana kerajaan gowa. Di dalamnya terdapat beberapa ruangan seperti ruang penyimpanan benda bersejarah, ruang pribadi raja, dan lain sebagainya.

Jika kamu penasaran dengan museum ini? Kamu bisa mengunjunginya di Jl. K. H. Wahid Hasyim No.39, Desa Sungguminasa, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa. Biasanya, museum ini buka setiap hari, dari pukul 08:00 hingga pukul 16:00.

#8. Air Terjun Ketemu Jodoh

Tempat Wisata di Malino
Air Terjun Ketemu Jodoh
Selain Air Terjun Takapala, di Desa Bonto Lerung, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan terdapat satu air terjun yang juga menarik dikunjungi, yaitu Air Terjun Ketemu Jodoh.

Salah satu kelebihan air terjun setinggi sekitar 30 meter ini, yaitu mempunyai kolam alami yang begitu cantik. Para wisatawan juga bisa bermain air di kolam alaminya tersebut seperti berenang, dan lain sebagainya.

Disamping itu, tiket masuk ke Air Terjun Ketemu Jodoh ini cukup murah, yaitu hanya sebesar Rp 3.000/orang. Bukan hanya itu saja, para wisatawan juga bisa menyewa pondok seharga Rp 150.000/hari.

#9. Air Terjun Salewangan

Tempat Wisata di Malino
Air Terjun Salewangan
Selain Air Terjun Takapala, dan Air Terjun Ketemu Jodoh, ada satu lagi tempat wisata alam berupa air terjun dikawasan Malino, yang juga patut di pertimbangkan untuk dikunjungi wisatawan, yaitu Air Terjun Salewangan.

Hanya saja, untuk mencapai lokasi air terjun yang secara administratif berada di Desa Malino, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan ini harus berani menuruni ratusan anak tangga.

Namun, semua itu akan terbayar dengan keeksotisan air terjun ini. Saking indahnya, bahkan sudah ada beberapa pasangan yang menjadikan Air Terjun Salewangan ini sebagai lokasi foto preweddingnya.

#10. Butta Toa Bulutana

Daftar tempat wisata di Malino (Gowa) yang juga sedang hits dikunjungi wisatawan berikutnya yaitu Butta Toa Bulutana. Lokasinya berada di Desa Bulutana, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Kurang lebih sama dengan Museum Balla Lompoa, Butta Toa Bulutana juga merupakan sebuah tempat wisata sejarah, yang banyak menyimpan peninggalan-peninggalan dari kerajaan gowa di masa lalu.

#11. Kebun Stroberi

Tempat Wisata di Malino
Kebun Stroberi
Seperti diketahui, kawasan Malino di Kabupaten Gowa berada di dataran tinggi, dan suhu udara di kawasan ini cenderung lebih adem dan dingin, sehingga cocok untuk budidaya tanaman seperti stroberi.

Salah satu contohnya adalah Kebun Stroberi yang berada di Desa Pattapang, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Selain bisa memetik buah stroberi langsung dari pohonnya, di kebun ini juga terdapat sejumlah spot yang bagus untuk foto selfie.

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan tentang beberapa daftar tempat wisata di Malino (Gowa) yang lagi hits dikunjungi wisatawan sekarang ini. Baca juga ulasan tentang sejumlah tempat wisata di Kotambagu (Sulawesi Utara).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel