10+ Tempat Wisata di Mempawah (Kalbar) Yang Lagi Hits!!

Inilah beberapa tempat wisata di Mempawah (Kalbar) yang lagi hits dikunjungi oleh para wisatawan. Perlu kalian ketahui, Mempawah adalah salah satu kabupaten kota yang ada di Provinsi Kalimantan Barat.

Kabupaten Mempawah ini dikenal kaya dengan potensi pariwisatanya, mulai wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah, hingga wisata religi, ada di kabupaten  yang dijuluki sebagai " Bumi Galaherang " ini.

Lantas, dimana saja tempat wisata di Mempawah (Kalbar) yang lagi hits dikunjungi oleh para wisatawan tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Inilah Beberapa Tempat Wisata di Mempawah (Kalbar) Yang Lagi Hits


#1. Pulau Temajo

Tempat Wisata di Mempawah
Pulau Temajo
Tempat wisata di Mempawah (Kalbar) yang lagi hits pertama yaitu Pulau Temajo. Secara administratif, pulau ini berada di Desa Sungai Kunyit Laut, Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah.

Pulau ini bisa dikunjungi melalui Dermaga Sungai Kunyit dengan jarak tempuh sekitar 45 menit perjalanan. Ketika sampai disana, para pengunjung akan langsung disuguhkan pemandangan yang indah, air laut yang jernih, dan pasir putih yang lembut.

Disamping itu, jika cuaca sedang bagus, para pengunjung juga bisa menikmati matahari terbenam (sunset) yang indah di pulau ini.

#2. Pantai Kijing

Tempat Wisata di Mempawah
Pantai Kijing
Tempat wisata di Mempawah (Kalbar) yang lagi hits dikunjungi berikutnya yaitu Pantai Kijing. Pantai ini juga masih berada di Desa Sungai Kunyit Laut, Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah.

Pantai Kijing terkenal banyak memiliki pohon kelapa yang berbaris rapi dipinggiran pantainya, sehingga menciptakan suasana yang begitu teduh dengan pemandangan pantai dan laut yang menakjubkan.

Para pengunjung juga bisa menikmati keindahan pantai ini dari atas bukit yang berada di sebelah kiri pantai ini. Bukan hanya itu saja, Pantai Kijing juga sering dijadikan sebagai spot mancing di Mempawah.

#3. Wisata Nusantara

Wisata Nusantara merupakan salah satu tempat wisata yang mudah dijangkau di Kabupaten Mempawah. Pasalnya, tempat wisata ini berada di pusat ibukota Kabupaten Mempawah, yaitu Kota Mempawah.

Atau lebih tepatnya berada di Jalan Gusti Sulung Lelanang, Kelurahan Pasir, Kecamatan Mempawah Hilir, Kota Mempawah. Biasanya, tempat wisata ini buka setiap hari, dari pukul 08:00 hingga pukul 22:00.

Terdapat sejumlah wahana menarik yang ditawarkan oleh tempat wisata ini, di antaranya adalah kolam renang, tempat pemancingan, perahu bebek, boogey jumping, motor roda empat, dan lain sebagainya.

Bukan hanya itu saja, disekitar tempat wisata ini juga sudah tersedia beberapa hotel untuk para pengunjung yang ingin bermalam, dan metting room untuk mereka yang ingin mengadakan pertemuan.

#4. Sebukit Rama

Sebukit Rama adalah sebuah kawasan perbukitan yang memiliki udara segar, dan jauh dari kebisingan kota. Bukit ini berada di Desa Terusan, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah.

Keberadaan bukit ini tidak lepas dari sejarah kerajaan mempawah yang berdiri pada tahun 1740 masehi. Sehingga tidak terlalu mengherankan apabila di bukit ini terdapat sejumlah situs bersejarah seperti Makam Opu Daeng Manambon.

Untuk sampai ke Makam Opu Daeng Manambon ini, para pengunjung harus menaiki sejumlah anak tangga. Konon katanya, setiap pengunjung yang menghitung anak tangga tersebut secara bersama-sama, hasilnya selalu berbeda.

#5. Istana Amantubillah

Istana Amantubillah adalah sebuah istana peninggalan pada masa kerajaan mempawah. Nama " Istana Amantubillah " sendiri diambil dari bahasa arab yang memiliki makna " Aku beriman kepada Allah ".

Di dalam istana ini juga terdapat sejumlah benda-benda peninggalan kerajaan mempawah, mulai dari singgasana kerajaan, keris, busana kebesaran kerajaan, payung raja, hingga foto-foto raja, dan keluarganya.

Istana yang di identikan dengan warna biru muda ini bisa kamu kunjungi di Jalan Adiwijaya RT/RW:04/12, Desa Pulau Pedalaman, Kecamatan Mempawah Timur, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat.

#6. Mempawah Mangrove Park

Tempat Wisata di Mempawah
Mempawah Mangrove Park
Tempat wisata di Mempawah (Kalbar) yang juga lagi hits dikunjungi wisatawan selanjutnya yaitu Mempawah Mangrove Park. Mempawah Mangrove Park adalah sebuah tempat wisata alam dengan nuansa pohon mangrove.

Ada dua hal yang didapatkan ketika berkunjung ke tempat wisata ini, pertama bisa menikmati kesegaran alam, dan yang kedua bisa mendapatkan informasi tentang tanaman mangrove di rumah mangrove.

Jika kamu penasaran dengan tempat wisata ini? Kamu bisa mengunjunginya di Desa Pasir, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah. Biasanya, tempat wisata ini buka setiap hari, dari pukul 08:00 hingga pukul 18:00.

#7. Jungkat Beach

Jungkat Beach atau dikenal juga dengan nama " Pantai Bedenyut " ini berada di Desa Jungkat, Kecamatan Siantan, Kabupaten Mempawah. Biasanya, tempat wisata ini buka setiap hari, dari pukul 09:00 hingga pukul 19:00.

Orang yang berkunjung ke tempat wisata ini kebanyakan ingin menikmati pemandangan matahari terbenam (sunset). Disamping itu, para pengunjung juga bisa menaiki perahu, dan memancing di tempat wisata ini.

#8. Air Terjun Sambora

Kabupaten Mempawah juga mempunyai tempat wisata air terjun yang juga menarik dikunjungi, yaitu Air Terjun Sambora. Hanya saja, air terjun ini cukup jauh dari Kota Mempawah, yaitu sekitar 57 km.

Untuk menuju ke lokasi air terjun yang keasriannya masih terjaga dengan baik ini bisa mengunakan kendaraan roda dua (sepeda motor) untuk sampai ke kaki bukit dimana Air Terjun Sambora ini berada.

Selama perjalanan menuju ke lokasi air terjun yang berada di Desa Sambora, Kecamatan Toho Kabupaten Mempawah ini, para pengunjung juga akan disuguhkan dengan pemandangan hamparan sawah dan pohon yang rindang.

#9. Pantai Ancol

Ternyata, bukan hanya Kota Jakarta saja yang mempunyai pantai bernama " Pantai Ancol ", Kabupaten Mempawah di Kalimantan Barat juga mempunyai sebuah pantai bernama " Pantai Ancol ".

Pantai yang secara administratif berada di Desa Sengkubang, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah ini menawarkan pemandangan matahari terbenam (sunset) yang begitu mempesona.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Mempawah (Kalbar) yang lagi hits dikunjungi oleh para wisatawan. Baca juga ulasan tentang beberapa tempat wisata di Sampit (Kotawaringin Timur - Kalimantan Tengah).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel