14+ Tempat Wisata di Muara Bungo (Jambi) Yang Direkomendasikan Dikunjungi!!

Beberapa tempat wisata di Muara Bungo (Jambi) berikut ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi wisatawan. Pasalnya, sejumlah tempat wisata alamnya pasti bisa membuat siapa saja kagum.

Beberapa tempat wisata sejarah, dan beberapa taman kota di kota yang menjadi ibukota Kabupaten Bungo di Provinsi Jambi ini juga mempunyai daya tarik tersendiri dikalangan para wisatawan.

Selain itu, di beberapa tempat wisatanya juga terdapat spot foto yang instagramable. Lantas, dimana saja tempat wisata di Muara Bungo (Jambi) yang direkomendasikan dikunjungi tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Inilah Beberapa Tempat Wisata di Muara Bungo (Jambi) Yang Direkomendasikan Dikunjungi


#1. Lubuk Beringin

Tempat Wisata di Muara Bungo
Lubuk Beringin
Tempat wisata di Muara Bungo (Jambi) yang direkomendasikan dikunjungi pertama yaitu Lubuk Beringin. Sebenarnya, Lubuk Beringin itu nama sebuah kampung di Kecamatan Bathin III Ulu, Kabupaten Bungo.

Di kampung yang lokasinya berjarak kurang lebih 50 kilometer dari pusat Kota Muara Bungo ini terdapat sebuah tempat pemandian alami, yang kebersihan dan kelestariannya di jaga dengan baik oleh penduduk setempat.

Tempat pemandian alami ini tidak pernah sepi pengunjung, terutama pada akhir pekan (weekend) dan hari libur lainnya. Disamping itu, disekitar lokasi tempat pemandian alami tersebut juga terdapat beberapa fasilitas seperti gapura, homestay, dan lainnya.

#2. Semagi Water Park

Tempat Wisata di Muara Bungo
Semagi Water Park
Tempat wisata di Muara Bungo (Jambi) yang direkomendasikan dikunjungi berikutnya yaitu Semagi Water Park. Semagi Water Park merupakan salah satu kolam renang paling terkenal di Kabupaten Bungo.

Bukan hanya kolam renang saja, di tempat wisata ini juga terdapat sejumlah wahana lainnya seperti Air Tumpah, Papan Seluncuran, Sepeda Air, Gokart, Flying Fox, dan beberapa wahana menarik lainnya.

Jika kamu penasaran dengan tempat wisata ini? Kamu bisa mengunjunginya di Desa Sungai Mengkuang, Kecamatan Rimbo Tengah, Kota Muaro Bungo. Biasanya, tempat wisata buka setiap hari, dari pukul 08:00 hingga pukul 17:00.

#3. Air Terjun Tegan Kiri

Air terjun setinggi sekitar 26 meter ini berjarak kurang lebih 31 kilometer dari pusat Kota Muara Bungo, atau lebih tepatnya berada di Desa Rantau Pandan, Kecamatan Rantau Pandan, Kabupaten Bungo.

Air terjun ini masih sangat alami dan jarang dikunjungi wisatawan. Selain itu, disekitar lokasi air terjun juga sangat bersih. Hal ini dikarenakan para penduduk setempat selalu menjaga kebersihan di air terjun ini.

#4. Taman Kota Muara Bungo

Kabupaten Bungo juga mempunyai beberapa taman kota yang menarik untuk dikunjungi wisatawan, salah satunya adalah Taman Kota Muara Bungo, yang lokasinya berada di jantung Kota Muara Bungo.

Taman Kota Muara Bungo ini mempunyai suasana yang sejuk dengan pemandangan pohon dan kebun bunga disekitarnya, sehingga para pengunjungnya betah berlama-lama berada di taman kota ini.

Bukan hanya itu saja, taman kota ini juga sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas pendukung yang menarik. Biasanya, taman kota ini selalu ramai dikunjungi pada sore hari hingga menjelang malam hari.

#5. Air Terjun Telago Jando

Tempat Wisata di Muara Bungo
Air Terjun Telago Jando
Kurang lebih sama dengan Air Terjun Tegan Kiri, air terjun yang lokasinya berada di Desa Buat, Kecamatan Bathin III Ulu, Kabupaten Bungo ini juga masih sangat alami dengan suasana yang begitu asri.

Disamping itu, disekitar lokasi air terjun juga sangat bersih dari sampah apapun. Hal ini dikarenakan pihak pengelola dan penduduk setempat selalu menjaga kebersihan lokasi air terjun ini agar selalu eksotis.

#6. Taman Pusparagam

Tempat Wisata di Muara Bungo
Taman Pusparagam
Tempat wisata di Muara Bungo (Jambi) yang direkomendasikan dikunjungi wisatawan selanjutnya yaitu Taman Pusparagam. Hampir setiap hari, taman ini tidak pernah sepi pengunjung yang ingin bersantai.

Pasalnya, selain bisa dikunjungi secara gratis, alias tidak dipungut biaya masuk sepesarpun, Taman Pusparagam juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung yang menarik bagi wisatawan.

Jika kamu penasaran dengan taman ini? Kamu bisa mengunjunginya di Jalan Baharudin, Desa Jaya Setia, Kecamatan Pasar Muara Bungo, Kabupaten Bungo. Biasanya, taman ini dibuka 24 jam setiap harinya.

#7. Dam Semagi

Tempat Wisata di Muara Bungo
Dam Semagi
Dam Semagi adalah sebuah tempat wisata di Kabupaten Bungo, dimana para wisatawan bisa menikmati indahnya sebuah hutan dengan aliran air diantara batuan-batuan sungai yang berukuran " cukup " besar.

Tempat wisata yang dikelilingi oleh perbukitan ini berjarak kurang lebih 40 kilometer dari pusat Kota Muara Bungo, atau lebih tepatnya berada di Desa Pelayang, Kecamatan Bathin II Pelayang, Kabupaten Bungo.

#8. Taman Hijau

Sesuai dengan namanya, taman kota yang berada di Desa Bungo Barat, Kecamatan Pasar Muara Bungo, Kabupaten Bungo ini difungsikan sebagai salah satu ruang terbuka hijau di Kabupaten Bungo.

Kurang lebih sama dengan beberapa taman kota lainnya di Kabupaten Bungo seperti Taman Kota Muara Bungo, dan Taman Pusparagam, taman kota ini juga cocok dijadikan sebagai tempat nongkrong.

Biasanya, taman kota ini dibuka 24 jam setiap harinya, dan lebih menariknya lagi, taman kota ini bisa dikunjungi secara gratis, alias tanpa dipungut biaya masuk sepeserpun.

#9. Air Terjun Pujung Empat

Selain Air Terjun Tegan Kiri, dan Air Terjun Telago Jando, ada satu lagi objek wisata berupa air terjun yang menarik untuk dikunjungi wisatawan di Kabupaten Bungo, yaitu Air Terjun Pujung Empat.

Air terjun ini bisa dikunjungi di Desa Rantau Keloyang, Kecamatan Pelepat, Kabupaten Bungo. Selain bisa menikmati air terjun yang masih alami, para wisatawan juga bisa mengunjungi sebuah gua alami dibagian hulu air terjun.

Jika beruntung, para wisatawan bisa menemukan sarang burung walet yang berharga mahal di dalam gua alami tersebut (kalau belum dipanen oleh para penduduk setempat).

#10. Batu Tapak Sembilan

Tempat wisata di Muara Bungo (Jambi) yang juga direkomendasikan dikunjungi wisatawan berikutnya yaitu Batu Tapak Sembilan. Batu Tapak Sembilan adalah sebuah situs peninggalan purbakala.

Batu Tapak Sembilan adalah sebuah batu menhir, dimana di batu tersebut terdapat beberapa tapak manusia dan hewan purbakala yang diperkirakan berasal dari jaman Megalitikum, dan jaman Neolitikum.

Dengan adanya batu yang berada di Desa Senamat Ulu, Kecamatan Bathin III Ulu, Kabupaten Bungo ini, membuktikan bahwa kawasan Kabupaten Bungo dan sekitarnya sudah ditinggali oleh manusia yang sudah berbudaya sejak jaman prasejarah.

#11. Masjid Al Falah Desa Empelu

Kabupaten Bungo di Provinsi Jambi juga memiliki sebuah masjid megah yang juga bagus dijadikan sebagai tujuan wisata, khususnya bagi wisatawan yang beragam islam, yaitu Masjid Al Falah Desa Empelu.

Konon kabarnya, masjid ini mulai dibangun pada tahun 1812 masehi, dan proses pengerjaannya dilakukan secara bertahap, sehingga bisa menghasilkan sebuah masjid yang megah seperti sekarang ini.

Jika kamu penasaran seperti apa kemegahan masjid kuno ini? Kamu bisa mengunjunginya di Desa Empelu, Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas, Kabupaten Bungo.

#12. Taman Tampoenek

Tempat Wisata di Muara Bungo
Taman Tampoenek
Selain Taman Kota Muara Bungo, Taman Pusparagam, dan Taman Hijau, ada satu lagi taman kota yang juga patut dipertimbangkan untuk dikunjungi wisatawan di Kabupaten Bungo, yaitu Taman Tampoenek.

Taman kota yang berada di Desa Cadika, Kecamatan Rimbo Tengah, Kabupaten Bungo ini baru dibuka secara resmi pada tahun 2018 lalu. Lokasinya persis di depan gedung DPRD Kabupaten Bungo.

Lebih menariknya lagi, di taman kota seluas sekitar 1,5 hektar ini terdapat beberapa spot foto yang instagramable. Biasanya, taman kota ini dibuka setiap hari, mulai dari pukul 08:00 hingga pukul 22:00.

#13. Bunga Bangkai

Para wisatawan juga bisa menemukan Bunga Bangkai di Kabupaten Bungo, atau lebih tepatnya di Desa Rantau Pandan, Kecamatan Rantau Pandan (sekitar 34 kilometer dari pusat Kota Muara Bungo).

Ada dua jenis Bunga Bangkai yang ditemukan di tempat ini, yaitu Amorphopallus Titanum, dan Rafflesia Arnoldi. Kedua jenis Bunga Bangkai ini masih satu rumpun yaitu Areceal Vegetation (keladi).

Pada umumnya, Bunga Bangkai ini memiliki tinggi sekitar 1 - 3 meter, dan pada saat bunganya mekar, Bunga Bangkai akan menyebarkan aroma amis, dan bau bangkai yang menjadi ciri khas bunga ini.

#14. Dam Tapus Tanah Tumbuh

Tempat wisata di Muara Bungo (Jambi) yang direkomendasikan dikunjungi wisatawan terakhir yaitu Dam Tapus Tanah Tumbuh. Dam Tapus Tanah Tumbuh adalah sebuah situs bersejarah bagi Kabupaten Bungo.

Menurut cerita penduduk setempat, Dam yang berangkakan tahun 1787 masehi di Desa Tebing Tinggi Uleh, Kecamatan Tanah Tumbuh, Kabupaten Bungo ini dibangun pada jaman penjajahan belanada.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Muara Bungo (Jambi) yang direkomendasikan untuk dikunjungi. Baca juga ulasan tentang beberapa tempat wisata di Curup (Rejang Lebong - Bengkulu).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel