18+ Tempat Wisata di Painan (Pesisir Selatan - Sumatera Barat) Yang Menarik Dikunjungi!!

Inilah beberapa tempat wisata di Painan (Pesisir Selatan - Sumatera Barat) yang menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan. Seperti diketahui, Painan adalah sebuah kota kecil yang menjadi ibukota Kabupaten Pesisir Selatan di Sumatera Barat.

Walaupun statusnya merupakan salah satu kota kecil di Indonesia, namun di Kota Painan dan sekitarnya terdapat sejumlah tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan.

Mulai dari tempat wisata alam hingga tempat wisata buatan, dan lainnya. Lantas, dimana saja tempat wisata di Painan (Pesisir Selatan - Sumatera Barat) yang menarik dikunjungi tersebut? Berikut ulasannya.

Inilah Beberapa Tempat Wisata di Painan ( Pesisir Selatan - Sumatera Barat) Yang Menarik Dikunjungi


#1. Pantai Carocok

Tempat Wisata di Painan
Pantai Carocok
Tempat wisata di Painan (Pesisir Selatan - Sumatera Barat) yang menarik dikunjungi pertama yaitu Pantai Carocok. Lokasinya hanya berjarak kurang lebih 10 menitan perjalanan dari pusat Kota Painan.

Di pantai ini terdapat sebuah jembatan yang menghubungkannya dengan beberapa pulau di sekitarnya. Disamping itu, tersedia juga beberapa gazebo yang bisa digunakan oleh para pengunjung untuk bersantai.

#2. Bukit Langkisau

Tempat Wisata di Painan
Bukit Langkisau
Tempat wisata di Painan (Pesisir Selatan - Sumatera Barat) yang menarik dikunjungi berikutnya yaitu Bukit Langkisau. Bukit Langkisau adalah salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan keindahan Kota Painan dari ketinggian.

Disamping itu, para pengunjung juga bisa menyaksikan keindahan sunset (matahari tenggelam) dari Bukit Langkisau ini. Lokasi bukit ini hanya berjarak kurang lebih 10 menitan perjalanan dari Pantai Carocok.

#3. Puncak Mandeh

Puncak Mandeh merupakan sebuah tempat wisata yang menyuguhkan pemandangan laut dan pulau-pulau kecil yang mirip sekali seperti gugusan pulau-pulau kecil yang terdapat di Kepulauan Raja Ampat.

Jika kamu penasaran dengan keindahan tempat wisata ini? Kamu bisa mengunjunginya di Desa Ampang Pulai, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan. Biasanya, tempat wisata ini dibuka 24 jam setiap harinya.

#4. Jembatan Akar Bayang

Sesuai dengan namanya, Jembatan Akar Bayang merupakan sebuah jembatan yang terbentuk secara alami dari dua akar pohon " cukup " besar, yang tumbuh berseberangan diatas aliran Sungai Batang Bayang.

Lokasi jembatan yang terbilang " cukup " unik ini berjarak kurang lebih 24 km dari pusat Kota Painan, atau lebih tepatnya berada di Desa Pulut-Pulut, Kecamatan Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan.

#5. Air Terjun Bayang Sani

Tidak begitu jauh dari lokasi Jembatan Akar Bayang, atau lebih tepatnya berjarak kurang lebih 3 km, terdapat sebuah air terjun yang juga menarik untuk dikunjungi para wisatawan, yaitu Air Terjun Bayang Sani.

Biasanya, air terjun ini dibuka setiap hari, mulai dari pukul 08:00 hingga pukul 18:00. Lokasi tepatnya berada di Desa Koto Berapak, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

#6. Pantai Batu Kalang

Dilihat secara sekilas, Pantai Batu Kalang di Kabupaten Pesisir Selatan ini terlihat mirip dengan gugusan batu di Provinsi Bangka Belitung yang populer melalui film layar lebar berjudul " Laskar Pelangi ".

Jika kamu tidak mempercayainya? Silahkan membuktikan sendiri dengan mengunjungi Pantai Batu Kalang yang lokasinya berada di Desa Ampang Pulai, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan.

#7. Pantai Salido

Tempat Wisata di Painan
Pantai Salido
Pantai yang secara administratif masuk ke dalam kawasan Kecamatan IV Jurai Pessel ini juga tidak kalah indah apabila dibandingkan dengan beberapa pantai lainnya yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan.

Beberapa fasilitas pendukung seperti beberapa tempat menginap, restoran, rumah makan, dan lainnya juga sudah tersedia di pantai ini. Disamping itu, akses jalan menuju ke lokasi pantai ini juga sangat bagus.

#8. Bangkai Kapal MV Boelongan Nederland

Kalau tempat wisata yang satu ini hanya bisa dikunjungi bagi mereka yang suka menyelam. Pasalnya, bangkai kapai ini berada di perairan Teluk Mandeh di Kabupaten Pesisir Selatan pada kedalaman 17 - 28 meter.

Perlu diingat, para wisatawan yang ingin menyelam di tempat ini harus memperhatikan kondisi cuaca dan jarak pandang di dalam air. Pasalnya, jarak pandang di perairan Teluk Mandeh tidak menentu setiap waktu.

#9. Bukit Bendera Bayang

Tempat wisata di Painan (Pesisir Selatan - Sumatera Utara) yang menarik dikunjungi selanjutnya yaitu Bukit Berdera Bayang. Dulunya, bukit ini merupakan tempat untuk meninjau pasukan penjajah yang ingin masuk ke kawasan Bayang.

Namun sekarang, bukit yang berada di Jalan Lubuk Pasing, Desa Gurun Panjang, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan ini dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata di Kabupaten Pesisir Selatan.

#10. Pulau Cubadak

Tempat Wisata di Painan
Pulau Cubadak
Pulau ini berada di tengah Samudera Hindia, atau secara administratif masuk kedalam Kawasan Wisata Mandeh di Kabupaten Pesisir Selatan, dan salah satu pintu masuk utamanya adalah Pantai Carocok.

Pulau Cubadak mengusung konsep resort, sehingga para wisatawan bisa menginap di pulau ini. Disamping itu, ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan di pulau ini, mulai dari diving, snorkeling, dan lainnya.

#11. Pulau Pamutusan

Secara administratif, pulau ini berada di Desa Sungai Pinang, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan. Dan akses menuju ke pulau ini, yaitu mengunakan perahu motor dengan jarak tempuh kurang lebih 1 jam perjalanan.

Ada beberapa kegiatan seru yang bisa dilakukan di Pulau Pamutusan, mulai dari memancing, berenang, hingga snorkeling, dan lain sebagainya. Selain itu, tersedia juga penginapan bagi wisatawan yang ingin bermalam di pulau ini.

#12. Pulau Setan

Tempat Wisata di Painan
Pulau Setan
Pulau ini juga masuk ke dalam kawasan Wisata Mandeh, atau secara administratif berada di Desa Ampang Pulai, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, dan biasanya dibuka 24 jam setiap harinya kecuali hari rabu.

Pulau yang memiliki nama asli " Pulau Sultan " ini menawarkan suasana pulau dan laut yang masih alami dan asri. Sehingga tidak heran jika pulau ini tidak pernah sepi pengunjung, terutama pada hari libur.

#13. Pulau Cingkuak

Sebenarnya, Pulau Cingkuak ini hanya berjarak kurang lebih 200 meter dari Pantai Carocok, dan untuk menuju ke pulau ini, para pengunjung bisa berjalan kaki lewat jembatan yang menghubungkan Pulau Cingkuak dan Pantai Carocok.

Ada banyak sekali kegiatan seru yang bisa dilakukan di pulau ini, mulai dari berenang, snorkeling, jetski, banana boat, donat boat, hiking, hingga kemping untuk menyatu dengan alam, dan lain sebagainya.

#14. Benteng Portugis

Selain melakukan berbagai kegiatan seru, para wisatawan juga bisa mengunjungi beberapa objek wisata lainnya di Pulau Cingkuak. Dan salah satu objek wisata yang menarik dikunjungi di Pulau Cingkuak adalah Benteng Portugis.

Sesuai dengan namanya, Benteng Portugis adalah salah satu situs bersejarah peninggalan bangsa portugis di Indonesia. Benteng ini dulunya difungsikan sebagai gudang untuk menyimpan lada pada masa itu.

#15. Puncak Paku

Tempat Wisata di Painan
Puncak Paku
Rekomendasi tempat wisata di Painan (Pesisir Selatan - Sumatera Barat) yang juga menarik dikunjungi berikutnya yaitu Puncak Paku. Tempat wisata ini masih masuk ke dalam kawasan Wisata Mandeh.

Tempat wisata yang lokasinya berada di Desa Ampang Pulai, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan ini menawarkan pemandangan indah dari gugusan pulau-pulau kecil yang terhampar dibawahnya.

#16. Air Terjun Timbulun

Selain Air Terjun Bayang Sani, ada satu lagi tempat wisata alam berupa air terjun yang juga menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan di Kabupaten Pesisir Selatan yaitu Air Terjun Timbulun.

Air terjun 7 tingkat ini hanya berjarak kurang lebih 3 km saja dari pusat Kota Painan, atau lebih lebih tepatnya berada di Kampung Painan Timur, Desa Painan, Kecamatan Iv Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan.

#17. Pulau Keong

Pulau yang berada di Desa Taluak Sungai Bungin, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan ini sangat unik sekali. Pasalnya, bentuk pulau ini seperti rumah keong jika dilihat dari sudut tertentu.

Selain bisa menikmati pantai dengan pasir putih bersih, para pengunjung juga bisa melakukan beberapa kegiatan seru di pulau ini, mulai dari berenang, hingga snorkeling, dan lain sebagainya.

#18. Rest Area Perbatasan Antara Kota Padang - Kabupaten Pesisir Selatan

Rekomendasi tempat wisata di Painan (Pesisir Selatan - Sumatera Barat) yang paling menarik dikunjungi terakhir yaitu sebuah rest area perbatasan antara Kota Padang dengan Kabupan Pesisir Selatan.

Tempat wisata yang berada di Jalan Padang - Painan km 48 ini semakin sore semakin ramai dikunjungi. Selain itu, fasilitas pendukung cukup lengkap, mulai dari tempat parkir, musholla, toilet, hingga warung makan sudah tersedia.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Painan (Pesisir Selatan - Sumatera Barat) yang menarik dikunjungi untuk wisatawan. Baca juga ulasan tentang rekomendasi tempat wisata di Payakumbuh.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel