13+ Tempat Wisata di Pangkalan Bun (Kotawaringin Barat - Kalteng) Yang Menarik Dikunjungi!!

Tempat wisata di Pangkalan Bun berikut ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi wisatawan jika mereka sedang pergi berwisata ke Kabupaten Kotawaringin Barat di Provinsi Kalimantan Tengah.

Perlu kalian ketahui, Pangkalan Bun adalah ibukota Kabupaten Kotawaringin Barat di Provinsi Kalimantan Tengah. Sebagai ibukota kabupaten, tentunya terdapat beberapa tempat wisata yang menarik dikunjungi di Kota Pangkalan Bun.

Mulai dari tempat wisata buatan hingga tempat wisata alam, dan lain sebagainya. Lantas, dimana saja tempat wisata di Pangkalan Bun (Kotawaringin Barat - Kalteng) yang menarik dikunjungi tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Inilah Beberapa Tempat Wisata di Pangkalan Bun (Kotawaringin Barat - Kalteng) Yang Menarik Dikunjungi


#1. Taman Nasional Tanjung Puting

Tempat Wisata di Pangkalan Bun
Taman Nasional Tanjung Puting
Tempat wisata di Pangkalan Bun (Kotawaringin Barat - Kalteng) yang menarik dikunjungi pertama yaitu Taman Nasional Tanjung Puting. Taman Nasional Tanjung Puting adalah salah satu tempat konservasi orang utan.

Bukan hanya orang utan saja, di taman nasional seluas kurang lebih 400.000 hektar ini juga terdapat sejumlah primata lainnya seperti monyet ekor panjang, bekantan, dan beberapa jenis burung khas Pulau Kalimantan.

Ada dua cara menuju ke taman nasioanal ini, pertama dengan mengunakan klotok (kapal) khusus wisata yang menyusuri Sungai Sekonyer, dan kedua dengan mengikuti open trip yang disediakan oleh sejumlah penyedia jasa tour.

#2. Tanjung Keluang

Tempat wisata di Pangkalan Bun (Kotawaringin Barat - Kalteng) yang menarik dikunjungi berikutnya yaitu Tanjung Keluang. Tanjung Keluang adalah sebuah tempat konservasi penyu, khususnya jenis penyu sisik.

Disamping itu, para pengunjung juga bisa menikmati sebuah pantai dengan pasir putih di Tanjung Keluang ini. Lokasinya tepat diseberang Desa Kubu, Kecamatan Kumai, Pangkalan Bun, Kotawaringin.

Untuk menuju ke tempat wisata ini, para pengunjung bisa mengunakan Klotok (Kapal) dengan tarif sekitar Rp 10.000 untuk sekali perjalanan. Sedangkan tiket masuknya antara Rp 5.000 - Rp 10.000 perorang.

#3. Pantai Kubu

Sesuai dengan namanya, Pantai Kubu ini berada di Desa Kubu, Kecamatan Kumai, Kota Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin, dan merupakan salah satu pintu gerbang utama menuju ke Tanjung Keluang.

Jadi, sebelum pergi, atau sesudah pergi ke Tanjung Keluang, tidak ada salahnya singgah dulu ke Pantai Kubu ini. Ada beberapa hal menarik yang bisa ditemukan di tempat wisata ini selain pemandangan pantainya yang " cukup " indah.

Dan salah satu hal menarik yang bisa ditemukan di pantai ini yaitu banyak terdapat olahan-olahan menu seafood. Disamping itu, pemandangan sunset (matahari terbenam) di pantai ini juga sangat indah.

#4. Taman Bundaran Pancasila

Taman Bundaran Pancasila adalah sebuah alun alun kota di Kota Pangkalan Bun. Dinamakan Taman Bundaran " Pancasila " karena dibagian puncak tugunya terdapat burung garuda yang merupakan lambang negara Republik Indonesia.

Taman Bundaran Pancasila merupakan salah satu pusat kuliner di Kota Pangkalan Bun, mulai dari cemilan khas sekelas tempe bakar hingga makanan modern sekelas pizza ada disekitar alun-alun kota ini.

Jika kamu penasaran dengan alun-alun kota ini? Kamu bisa mengunjungi di Desa Madurejo, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat. Biasanya, alun-alun kota ini dibuka 24 jam setiap harinya.

#5. Istana Kuning

Tempat Wisata di Pangkalan Bun
Istana Kuning
Walaupun namanya adalah " Istana Kuning ", namun bangunan yang merupakan salah satu peninggalan Kesultanan Kutaringin yang dibangun mengunakan kayu ulin ini sebenarnya tidak berwarna kuning.

Nama " Istana Kuning " diambil dari salah satu pintu masuk ruangannya yang bernama " Dalam Kuning ". Konon katanya, kayu yang dijadikan sebagai bahan pembuatan pintunya tersebut dulunya memang berwarna kuning.

Biasanya, tempat wisata ini buka setiap hari kecuali pada hari jum'at, mulai dari pukul 10:00 hingga pukul 17:00. Lokasinya berada di Desa Raja, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat.

#6. Air Terjun Suayap

Tempat wisata di Pangkalan Bun (Kotawaringin Barat - Kalteng) yang menarik dikunjungi selanjutnya yaitu Air Terjun Suayap. Air terjun ini masih alami dan belum banyak dikunjungi wisatawan.

Lokasinya berada didalam kawasan perkebunan kelapa sawit, atau lebih tepatnya di Desa Runtu, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat. Biasanya, air terjun ini buka setiap hari, dari pukul 06:30 hingga pukul 17:00.

Untuk menikmati keindahan air terjun ini, para pengunjung harus meminta izin terlebih dahulu kepada pihak keamanan yang bertugas di perusahaan yang mengelola perkebunan kelapa sawit tersebut.

#7. Pantai Teluk Bogam

Tempat Wisata di Pangkalan Bun
Pantai Teluk Bogam
Selain di Tanjung Keluang, dan Pantai Kubu, ada satu tempat wisata alam berupa pantai yang juga menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan di Kabupaten Kotawaringin Barat, yaitu Pantai Teluk Bogam.

Salah satu keunikan dari pantai yang lokasinya berada di Desa Teluk Bogam, Keacamatan Kumal, Kabupaten Kotawaringin Barat ini, yaitu para pengunjungnya bisa menikmati sunrise dan sunset yang indah.

Untuk menuju ke Pantai Teluk Bogam ini, para pengunjung harus menempuh perjalanan kurang lebih 2 jam perjalanan dari pusat ibukota Kabupaten Kotawaringin. Biasanya, tempat wisata ini dibuka 24 jam setiap harinya.

#8. Pasar Indra Kencana

Jika kamu ingin berburu berbagai oleh oleh khas Kota Pangkalan Bun, dan beberapa oleh oleh khas Kalimantan Tengah? Silahkan berkunjung ke Pasar Indra Kencana, atau dikenal dengan nama " Pasar Baru ".

Pasar ini bisa dikunjungi di Jalan PRA. Kesumayudha, Desa Mendawai, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin. Biasanya, pasar ini buka setiap hari, mulai dari pukul 08:00 hingga pukul 20:00.

#9. Pasar Indrasari

Selain Pasar Indra Kencana, ada satu lagi tempat yang bisa dikunjungi untuk berburu berbagai oleh oleh khas Kota Pangkalan Bun, dan beberapa oleh oleh khas Kalimantan Tengah, yaitu Pasar Indrasari.

Pasalnya, disepanjang jalan menuju ke pasar ini berjejer sejumlah toko yang menjual berbagai oleh oleh khas seperti batu kecubung, mandau khas kalimantan, miniatur kapal, dan berbagai aksesoris lainnya.

Biasanya, pasar ini buka 24 jam setiap harinya, dan lokasinya berada di Desa Baru, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat.

#10. Desa Dayak di Lamandau

Tempat wisata di Pangkalan Bun (Kotawaringin Barat - Kalteng) yang juga menarik dikunjungi berikutnya yaitu Desa Dayak di Lamandau. Sebenarnya, Lamandau adalah salah satu kabupaten di Kalimantan Tengah.

Dan salah satu pintu masuk utama ke Kabupaten Lamandau adalah Kota Pangkalan Bun. Dan jaraknya hanya kurang lebih 2 jam perjalanan dari Kota Pangkalan Bun, sehingga desa dayak ini wajib dipertimbangkan untuk dikunjungi.

Ada 3 desa dayak yang menarik dikunjungi di Kabupaten Lamandau, yaitu Kota Riam Tapin Bini, Riam Panahan, dan Lopus. Ketiga desa dayak tersebut hanya berjaka sekitar 1 - 2 jam perjalanan dari ibukota Kabupaten Lamandau.

#11. Riam Tapin Bini

Riam Tapin Bini merupakan sebuah sungai berarus " cukup " deras yang lokasinya berada di Desa Kota Tapin Bini, yaitu salah satu desa dayak yang menarik untuk dikunjungi wisatawan di Kabupanten Lamandau.

Riam di sungai ini memang tidak terlalu besar, namun dengan medan sungai yang berbatu, sehingga sungai ini cukup menantang dijadikan sebagai tempat untuk melakukan olahraga rafting atau arum jeram.

#12. Bukit Bolau

Bukit Bolau ini juga terletak di Desa Kota Tapin Bini, yaitu salah satu desa dayak yang menarik untuk dikunjungi wisatawan di Kabupaten Lamandau. Lokasinya tepat berada diseberang Riam Tapin Bini.

Bukit ini sangat direkomendasikan bagi mereka yang hobi trekking dengan medan yang menantang. Pasalnya, jalur yang harus dilewati untuk mencapai bagian puncaknya memiliki kemiringan antara 60 - 80 derajat.

#13. Sungai Arut

Tempat Wisata di Pangkalan Bun
Sungai Arut
Tempat wisata di Pangkalan Bun (Kotawaringin Barat -Kalteng) yang menarik dikunjungi terakhir yaitu Sungai Arut. Kegiatan seru yang bisa dilakukan di tempat wisata ini, yaitu menyusuri sungai tersebut dengan getek.

Ada beberapa hal menarik yang bisa dilihat selama menyusuri Sungai Arut, di antaranya adalah melihat aktivitas warga disekitar sungai, melihat bekantan dipinggiran sungai, dan menyaksikan sunset dari atas Sungai Arut.

Biasanya, biaya yang harus dikeluarkan adalah sekitar Rp 50.000 untuk sekali perjalanan. Dan jangan lupa juga mampir ke beberapa warung makan di pinggir sungai untuk mencicipi beberapa makanan khas Kota Pangkalan Bun.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Pangkalan Bun (Kotawaringin Barat - Kalteng) yang menarik dikunjungi oleh wisatawan. Baca juga ulasan tentang rekomendasi tempat wisata di Sampit.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel