15+ Tempat Wisata di Panyabungan (Mandailing Natal) Yang Menarik Dikunjungi!!

Beberapa tempat wisata di Panyabungan (Mandailing Natal) berikut ini wajib dipertimbangkan untuk dikunjungi, khususnya bagi kalian yang sekarang ini sedang berencana berkunjung ke Provinsi Sumatera Utara.

Perlu kalian ketahui, Panyabungan adalah ibukota Kabupaten Mandailing Natal di Sumatera Utara. Kota Panyabungan ini berjarak kurang lebih 500 kilometer dari pusat ibukota Provinsi Sumatera Utara, yaitu Medan.

Untuk mempercantik kota yang dijuluki sebagai " Bumi Gordang Sambilan " ini, beberapa objek wisata pun dibangun. Lantas, dimana saja tempat wisata di Panyabungan (Mandailing Natal) yang menarik dikunjungi tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Inilah Beberapa Tempat Wisata di Panyabungan (Mandailing Natal) Yang Menarik Dikunjungi


#1. Beranda Madina

Tempat wisata di Panyabungan (Mandailing Natal) yang menarik dikunjungi wisatawan pertama yaitu Beranda Madina. Para wisatawan bisa menikmati pemandangan yang indah dari tempat wisata ini.

Salah satu keunikan dari tempat wisata yang satu ini terletak pada bagian lantainya. Pasalnya, lantainya terbuat kaca tebal, dan tebus pandang mirip seperti Teras Kaca di Pantai Nguluran, dan Buntu Burake.

Jika kamu penasaran dengan Beranda Madina ini? Kamu bisa mengunjunginya di Desa Parbangunan, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara. Biasanya, tempat wisata ini dibuka 24 jam setiap harinya.

#2. Taman Raja Batu

Tempat Wisata di Panyabungan
Taman Raja Batu
Tempat wisata di Panyabungan (Mandailing Natal) yang menarik dikunjungi wisatawan berikutnya yaitu Taman Raja Batu. Taman seluas sekitar 5 hektar ini berada di tempat yang sama dengan Beranda Madina.

Biasanya, taman ini dibuka setiap hari, mulai dari pukul 06:15 hingga pukul 22:15. Lebih menariknya lagi, Taman Raja Batu ini bisa kamu kunjungi secara gratis, alias tanpa dipungut biaya masuk sepeserpun.

Disamping itu, taman ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung. Sehingga, tidak terlalu mengherankan apabila taman ini tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya, khususnya pada akhir pekan (weekend), dan hari libur lainnya.

#3. Tapian Siri-Siri Syariah

Tempat Wisata di Panyabungan
Tapian Siri-Siri Syariah
Dulunya, tempat wisata ini adalah sebuah rawa-rawa. Namun sekarang, sudah dikembangkan menjadi salah satu tempat wisata yang menarik dikunjungi wisatawan di Kabupaten Mandailing Natal.

Tapian Siri-Siri Syariah adalah sebuah tempat wisata yang lokasinya berada di pinggiran aliran Sungai Batang Gadis di Desa Parbangunan, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara.

Di tempat wisata ini, para wisatawan bisa menikmati indahnya alam khas Kabupaten Mandailing Natal sambil bermain air seperti mandi, dan berenang. Biasanya, tempat wisata ini buka setiap hari, mulai dari pukul 08:00 hingga pukul 18:00.

#4. Bukit Muhasabah

Tempat Wisata di Panyabungan
Bukit Muhasabah
Jika kamu sedang mencari tempat yang bagus untuk menikmati pemandangan indah Kota Panyabungan dari ketinggian dan kejauhan? Cobalah mendaki Bukit Muhasabah hingga ke puncaknya.

Disamping bisa melihat pemandangan indah Kota Panyabungan dari ketinggian dan kejauhan, para wisatawan juga akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang mengelilingi Kota Panyabungan tersebut.

Bukit yang secara administratif berada di Desa Sipaga - Paga, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara ini juga sering dijadikan tempat kemping oleh para pecinta alam disana.

#5. Gunung Sorik Marapi

Tempat Wisata di Panyabungan
Gunung Sorik Marapi
Gunung yang berada didalam kawasan Taman Nasional Batang Gadis ini hanya cocok didaki oleh wisatawan yang berjiwa petualang. Pasalnya, Gunung Sorik Marapi adalah sebuah gunung api yang masih aktif.

Gunung yang secara administratif berada di Desa Sibanggor Julu, Kecamatan Puncak Sorik Marapi, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara ini memiliki ketinggian sekitar 2.145 mdpl (meter diatas permukaan air laut).

Selain menawarkan pemandangan alam yang begitu indah, para wisatawan juga bisa menemukan sebuah danau vulkanik dengan air berwarna biru, yang menambah keeksotisan Gunung Sorik Marapi ini.

#6. Payabulan

Tempat Wisata di Panyabungan
Payabulan
Tempat wisata di Panyabungan (Mandailing Natal) yang menarik dikunjungi selanjutnya yaitu Payabulan. Payabulan adalah sebuah tempat wisata yang menawarkan pemandangan alam khas Kabupaten Mandailing Natal.

Mulai dari pemandangan pegunungan hingga area persawahan bisa dinikmati dari tempat wisata ini. Sehingga, tidak heran jika tempat yang pernah menjadi lokasi syuting film lokal berjudul " Biola Namabugang " ini tidak pernah sepi pengunjung.

Lokasinya berada di kaki Gunung Sorik Marapi, atau lebih tepatnya berada di Desa Maga Lombang, Kecamatan Lembah Sorik Marapi, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara. Biasanya, tempat wisata buka setiap hari, dari pukul 08:00 hingga pukul 18:00.

#7. Pantai Natal

Bukan hanya pegunungan saja, Kabupaten Mandailing Natal juga mempunyai beberapa tempat wisata alam berupa pantai yang menarik untuk dikunjungi wisatawan, salah satu di antaranya adalah Pantai Natal.

Pantai yang secara administratif berada di Desa Pasar V Natal, Kecamatan Natal, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara ini memang berjarak lumayan jauh dari pusat ibukota Kabupaten Mandailing Natal.

Namun, keindahan dan pesona yang ditawarkan oleh pantai ini, cukup membuat banyak wisatawan rela menempuh perjalanan darat selama kurang lebih tiga jam perjalanan dari pusat Kota Panyabungan.

#8. Air Panas Sibanggor

Air Panas Sibanggor adalah sebuah tempat pemandian air panas alami yang lokasinya berada di kaki Gunung Sorik Marapi, atau lebih tepatnya berada di Desa Sibanggor Tunga, Kecamatan Puncak Sorik Marapi, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara.

Lebih menariknya lagi, pemandian air panas alami ini banyak mengandung belerang, sehingga berendam dan mandi di pemandian air panas ini dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Selain kolam pemandian, di tempat wisata ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung lainnya, mulai dari kamar ganti, toilet, hingga musholla, dan lain sebagainya.

#9. Desa Tradisional Sibanggor

Selain tempat pemandian Air Panas Sibanggor, Desa Sibanggor Tunga di Kecamatan Puncak Sorik Marapi, Kabupaten Mandailing Natal, yang masih menerapkan gaya hidup tradisional juga menarik untuk dikunjungi.

Disamping itu, pemandangan alam di sekitar Desa Sibonggar Tunga juga sangat indah, dan sangat serasi dengan bangunan-bangunan desa seperti rumah, dan lainnya, yang masih sangat tradisional sekali.

#10. Sopotinjak

Tempat wisata di Panyabungan (Mandailing Natal) yang juga menarik dikunjungi berikutnya yaitu Sopotinjak. Sopotinjak adalah sebuah tempat wisata yang menawarkan pemandangan alam yang begitu memukau.

Mulai bukit hingga lembah bisa dilihat dari tempat wisata ini. Bukan hanya itu saja, dari tempat wisata ini, para wisatawan juga bisa melihat keindahan Taman Nasional Batang Gadis dari ketinggian.

Disamping itu, tempat wisata yang berada di Desa Sopotinjak, Kecamatan Batang Natal, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas menarik, mulai dari camping ground, hingga tempat makan, dan lainnya.

#11. Pemandian Air Panas Hutaraja

Selain tempat pemandian air panas alami di Desa Sibanggor Tunga, ada satu lagi tempat pemandian air panas alami yang juga menarik untuk dikunjungi di Kabupaten Mandailing Natal, yaitu Pemandian Air Panas Hutaraja.

Selain mempunyai tempat pemandian air panas alami, di tempat wisata ini juga banyak terdapat spot foto yang instagramable. Sehingga, tidak terlalu heran jika tempat ini banyak dikunjungi wisatawan muda.

Jika kamu penasaran dengan tempat wisata ini? Kamu bisa mengunjunginya di Desa Huta Raja, Kecamatan Panyabungan Selatan, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara. Biasanya, tempat wisata ini buka setiap hari, dari pukul 18:00 hingga pukul 18:00.

#12. Pantai Batu Rusa

Tempat Wisata di Panyabungan
Pantai Batu Rusa
Selain Pantai Natal, ada satu lagi pantai di Kabupaten Mandailing Natal, yang juga patut dipertimbangkan untuk dikunjungi, yaitu Pantai Batu Rusa. Biasanya, pantai ini buka setiap hari, mulai dari pukul 06:00 hingga pukul 18:00.

Lokasinya berada di Desa Tabuyung, Kecamatan Muara Batang Gadis, Kabupaten Mandailing Natal. Suasana romantis begitu terasa di pantai ini, terutama pada sore hari menjelang matahari terbenam.

Dinamakan " Pantai Batu Rusa ", karena di pantai ini banyak terdapat batu-batu berukuran cukup besar, dan dulunya, banyak rusa yang datang ke pantai ini akibat dampak dari penebangan hutan di Gunung Sikara-kara.

#13. Pulau Unggeh

Kabupaten Mandailing Natal juga mempunyai sebuah pulau cantik yang menarik untuk dikunjungi wisatawan, yaitu Pulau Unggeh. Pulau tidak berpenghuni ini dikenal memiliki pantai berpasir putih bersih.

Disamping itu, di pulau ini juga terdapat beberapa jenis burung cantik seperti burung bangau, dan lain sebagainya. Hal tersebut sangat sesuai dengan nama " Pulau Unggeh " yang berarti " Pulau Unggas ".

Lokasi pulau ini hanya berjarak kurang lebih 7 kilometer dari pusat Kota Panyabungan. Untuk menuju ke pulau ini, para wisatawan bisa meminta bantuan kepada para nelayan dengan tarif yang bisa ditawar.

#14. Air Terjun Sigala-gala

Tempat Wisata di Panyabungan
Air Terjun Sigala-gala
Tempat wisata di Panyabungan (Mandailing Natal) yang juga menarik untuk dikunjungi selanjutnya yaitu Air Terjun Sigala-gala. Lokasi air terjun ini berada didalam kawasan Taman Nasional Batang Gadis.

Atau lebih tepatnya berada di Desa Pagaran Sigala-Gala, Kecamatan Panyabungan Selatan, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara. Air terjun setinggi 40 meter ini menyuguhkan pemandangan yang begitu eksotis.

#15. Danau Marambe

Provinsi Sumatera Utara memang banyak mempunyai danau, selain Danau Toba, dan Danau Siais, ada satu lagi danau cantik yang wajib dipertimbangkan untuk dijadikan sebagai tujuan wisata, yaitu Danau Marambe.

Danau seluas sekitar 20 hektar ini berada di Desa Sirambes, Kecamatan Panyabungan Barat, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara. Keindahan alam di danau ini juga tidak kalah indah dengan keindahan alam di Danau Toba, dan Danau Siais.

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan tentang beberapa tempat wisata di Panyabungan (Mandailing Natal) yang menarik untuk dikunjungi wisatawan. Baca juga ulasan tentang beberapa tempat wisata di Sibolga (Sumatera Utara).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel