12+ Tempat Wisata di Pasir Pengaraian (Rokan Hulu) Yang Menarik Dikunjungi

Beberapa tempat wisata di Pasir Pengaraian (Rokan Hulu) berikut ini sangat direkomendasikan untuk segera dikunjungi wisatawan. Pasalnya, kota ini menyimpan sejuta pesona dan panorama alam yang begitu menakjubkan.

Mulai dari tempat wisata sejarah, tempat wisata budaya, hingga beberapa spot foto yang sangat instagramable ada di kota yang menjadi ibukota bagi Kabupaten Rokan Hulu di Provinsi Riau ini.

Bukan hanya itu saja, kota ini juga memiliki beberapa tempat wisata alam yang begitu indah. Lantas, dimana saja tempat wisata di Pasir Pengaraian (Rokan Hulu) yang menarik dikunjungi tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Inilah Beberapa Tempat Wisata di Pasir Pengaraian (Rokan Hulu) Yang Menarik Dikunjungi


#1. Air Terjun Aek Martua

Tempat Wisata di Pasir Pengaraian
Air Terjun Aek Martua
Tempat wisata di Pasir Pengaraian (Rokan Hulu) yang menarik dikunjungi pertama yaitu Air Terjun Aek Martua. Lokasi air terjun ini berjarak kurang lebih 12 kilometer dari pusat Kota Pasir Pengaraian.

Atau lebih tepatnya berada di Desa Bangun Purba Timur Jaya, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Rokan Hulu. Biasanya, tempat wisata ini dibuka 24 jam setiap harinya, sehingga bisa dikunjungi kapanpun.

Lebih menariknya lagi, tempat wisata ini tidak hanya mempunyai satu objek wisata air terjun saja, melainkan ada tiga objek wisata air terjun, yang lokasinya saling berdekatan antara satu sama lainnya.

#2. Huta Sikafir

Tempat wisata di Pasir Pengaraian (Rokan Hulu) yang menarik dikunjungi berikutnya yaitu Huta Sikafir. Lokasi tempat wisata yang satu ini berjarak kurang lebih 9 kilometer dari pusat Kota Pasir Pengaraian.

Huta Sikafir adalah sebuah kawasan wisata seluas 4 hektar di Kabupaten Rokan Hulu. Di dalam kawasan wisata ini, terdapat beberapa goa yang menjadi salah satu daya tarik utama dari kawasan wisata ini.

Dari banyaknya goa yang ada di kawasan wisata ini, ada beberapa di antaranya yang terkenal dikalangan wisatawan, yaitu Goa Mata Dewa, Goa Leppong, Goa Kulam, Goa Marmut, dan Goa Landak.

#3. Makam Raja-Raja Rambah

Tempat Wisata di Pasir Pengaraian
Makam Raja-Raja Rambah
Makam Raja-Raja Rambah adalah sebuah kawasan bekas komplek kerajaan rambah. Sesuai dengan namanya, di dalam kawasan ini terdapat beberapa makam raja dari kerajaan rambah yang terkenal pada masanya.

Lokasi komplek pemakaman raja ini hanya berjarak kurang lebih 9 kilometer dari pusat Kota Pasir Pengaraian, atau lebih tepatnya berada di Desa Rambah, Kecamatan Rambah Hilir, Kabupaten Rokan Hulu.

Suasana di dalam kawasan komplek pemakaman raja ini terkesan sangat angker. Pasalnya, makam-makamnya sudah ditumbuhi kayu-kayu berukuran cukup besar, bahkan ada satu makam yang sudah dililit urat-urat kayu.

#4. Benteng Tujuh Lapis

Benteng Tujuh Lapis adalah sebuah benteng pertahanan yang dibangun pada jaman penjajahan belanda, atau lebih tepatnya pada tahun 1835. Benteng pertahanan ini dibangun oleh Tuanku Tambusai.

Awalnya, benteng ini dinamakan " Kubu Aur Duri ", karena parit dan tanggul di benteng ini ditanami aur berduri, yaitu salah satu jenis bambu berduri. Lokasinya berada di Desa Dalu-dalu, Kecamatan Tambusai, Kabupaten Rokan Hulu.

#5. Sumber Air Panas Pawan

Tempat Wisata di Pasir Pengaraian
Sumber Air Panas Pawan
Kabupaten Rokan Hulu mempunyai beberapa sumber air panas, salah satunya adalah Sumber Air Panas Pawan. Lokasi sumber air panas ini berjarak kurang lebih 9 kilometer dari pusat Kota Pasir Pengaraian.

Atau lebih tepatnya berada di Kelurahan Pawan, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu. Salah satu kelebihan sumber air panas ini, yaitu mempunyai dua sumber air panas dengan suhu yang berbeda-beda.

Sumber air panas disisi kiri memiliki suhu sekitar 600 derajat celsius, dan sumber air panas disisi kanan memiliki suhu sekitar 480 derajat celcius, yang disalurkan ke beberapa pancuran air ke kolam pemandian.

#6. Danau Cipogas

Tempat Wisata di Pasir Pengaraian
Danau Cipogas
Tempat wisata di Pasir Pengaraian (Rokan Hulu) yang menarik dikunjungi berikutnya yaitu Danau Cipogas. Di danau ini juga terdapat Bendungan Kaiti yang memiliki batuan-batuan besar dengan aliran air sungai dari kaki Bukit Haorpit.

Danau Cipogas dan Bendungan Kaiti ini hanya berjarak kurang lebih 4 kilometer saja dari pusat Kota Pasir Pengaraian, atau lebih tepatnya di Desa Sialang Jaya, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu.

#7. Sungai Bungo

Sungai Bungo adalah salah satu dusun di Desa Sialang, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu. Pintu masuk ke dusun ini terletak di Danau Cipogas, dan biasanya memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan dari Danau Cipogas.

Dusun Sungai Bungo merupakan sebuah kawasan yang masih asli perkampungan dan belum dipengaruhi oleh kebudayaan modern. Sehingga, dusun ini cocok sekali dijadikan sebagai tempat ekowisata.

#8. Air Panas Hapanasan

Tempat Wisata di Pasir Pengaraian
Air Panas Hapanasan
Selain Sumber Air Panas Pawan, ada satu lagi sumber air panas yang juga menarik dikunjungi di Kabupaten Rokan Hulu, yaitu Air Panas Hapanasan. Lokasinya berjarak sekitar 9 kilometer dari pusat Kota Pengaraian.

Atau lebih tepatnya berada di Desa Rambah Tengah Barat, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu. Biasanya, sumber air panas ini dibuka setiap hari, mulai dari pukul 08:00 hingga pukul 18:00.

Sejumlah fasilitas pendukung pun sudah disediakan oleh pihak pengelola demi memberikan kenyamanan bagi pengunjungnya seperti tempat parkir, toilet, musholla, tempat bermain anak-anak, dan lain sebagainya.

#9. Museum Kupu-Kupu

Museum Kupu-Kupu merupakan sebuah tempat wisata edukasi berupa pusat penangkaran kupu-kupu. Museum ini diklaim sebagai satu-satunya pusat penangkaran kupu-kupu yang ada di Pulau Sumatera.

Lokasi Museum Kupu-Kupu ini tidak begitu jauh dari Sumber Air Panas Hapanasan, atau lebih tepatnya berada di Desa Pematang Berangan, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu.

#10. Taman Nasional Bukit Suligi

Tempat Wisata di Pasir Pengaraian
Taman Nasional Bukit Suligi
Tempat wisata di Pasir Pengaraian (Rokan Hulu) yang juga menarik untuk dikunjungi berikutnya yaitu Taman Nasional Bukit Suligi. Taman Nasional Bukit Suligi adalah sebuah hutan lindung seluas kurang lebih 3.000 hektar.

Di dalam taman nasional ini, terdapat berbagai jenis flora dan fauna yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia. Disamping itu, di dalam taman nasional ini juga terdapat sejumlah objek wisata yang menarik.

Mulai dari danau, gua, hingga sungai-sungai kecil yang masih alami ada di dalam kawasan taman nasional yang secara administratif berada di Desa Dayo, Kecamatan Tandun, Kabupaten Rokan Hulu ini.

#11. Istana Kerajaan Rokan

Tempat Wisata di Pasir Pengaraian
Istana Kerajaan Rokan
Istana Kerajaan Rokan adalah salah satu peninggalan kesultanan Nagari Tuo yang usianya sudah mencapai lebih dari 200 tahun. Lokasinya berjarak kurang lebih 46 km dari pusat Kota Pasir Pengaraian.

Atau lebih tepatnya berada di Desa Rokan Koto Ruang, Kecamatan Rokan IV Koto, Kabupaten Rokan Hulu, Riau. Biasanya, tempat wisata dibuka setiap hari, mulai dari pukul 08:00 hingga pukul 16:00.

Salah satu keunikan dari Istana Kerajaan Rokan ini terletak pada arsitektur gaya bangunannya yang mengusung konsep rumah khas melayu, yaitu rumah tinggi.

#12. Rumah Batu Serombou

Tempat wisata di Pasir Pengaraian (Rokan Hulu) yang menarik dikunjungi terakhir yaitu Rumah Batu Serombou. Lokasinya berada di Desa Karya Mulya, Kecamatan Rambah Samo, Kabupaten Rokan Hulu.

Rumah Batu Serombou adalah sebuah tempat wisata alam berupa batu-batuan yang sekilas mirip seperti payung berukuran besar. Ada tiga buah batu-batuan yang bentuknya mirip seperti payung berukuran besar di tempat wisata ini.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Pasir Pengaraian (Rokan Hulu) yang menarik dikunjungi wisatawan. Baca juga ulasan tentang beberapa rekomendasi tempat wisata di payakumbuh (Sumatera Barat).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel