12+ Tempat Wisata di Prabumulih (Sumsel) Yang Sedang Hits!!

Tempat wisata di Prabumulih (Sumsel) yang direkomendasikan berikut ini wajib diketahui oleh para wisatawan. Pasalnya, beberapa tempat wisata tersebut sedang hits dikunjungi oleh wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan dari luar daerah.

Perlu kalian ketahui, Prabumulih adalah salah satu kota di Provinsi Sumatera Selatan. Dan di Kota Prabumulih dan sekitarnya terdapat sejumlah tempat wisata, seperti tempat wisata alam, sejarah, dan budaya.

Lantas, dimana saja tempat wisata Prabumulih (Sumsel) yang sedang hits dikunjungi wisatawan tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Inilah Beberapa Tempat Wisata di Prabumulih (Sumsel) Yang Sedang Hits Dikunjungi


#1. Taman Kota Prabumulih

Tempat Wisata di Prabumulih
Taman Kota Prabumulih
Tempat wisata di Prabumulih (Sumsel) yang sedang hits dikunjungi pertama yaitu Taman Kota Prabumuih. Awalnya, taman kota ini adalah sebuah lapangan sepakbola yang disulap menjadi taman kota.

Taman kota ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung yang menarik, mulai dari tempat bersantai, jonging track, tempat bermain, hingga sejumlah tempat kuliner, dan lain sebagainya.

Taman kota ini berada di Jalan Jend. A. Yani, Kelurahan Gunung Ibul, Kecamatan Prabumulih Timur, Kota Prabumulih, Sumatera Selatan. Biasanya, taman kota ini dibuka 24 jam setiap hari, dan bisa dikunjungi secara gratis.

#2. Desa Sindur

Tempat wisata di Prabumulih (Sumsel) yang sedang hits dikunjungi berikutnya yaitu Desa Sindur. Desa ini digadang-gadang sebagai salah satu tempat wisata budaya dan alam kebanggaan Kota Prabumulih.

Desa ini berada tidak begitu jauh dari pusat Kota Prabumulih, dan lokasinya mudah sekali ditemukan oleh wisatawan, atau secara administratif berada di Kecamatan Cambai, Kota Prabumulih, Sumatera Selatan.

Para wisatawan bisa melihat secara langsung para penduduk setempat yang masih menerapkan kebudayaan tradisional di desa ini. Disamping itu, keindahan alam di desa ini juga cukup menakjubkan.

#3. Desa Muara Sungai

Selain Desa Sindur, ada satu lagi desa di Kota Prabumulih yang juga menarik dikunjungi wisatawan, yaitu Desa Muara Sungai. Secara administratif, desa ini juga berada di Kecamatan Cambai, Kota Prabumulih, Sumatera Selatan.

Salah satu keunikan dari desa ini, yaitu terdapat sebuah kolam cantik berukuran 10x20 meter. Kalau melihat dari fotonya saja, pasti banyak orang yang mengira kalau kolam cantik ini adalah sebuah danau asli.

Padahal, kolam cantik ini hanyalah sebuah kolam penyaringan yang banyak ditumbuhi oleh tanaman-tanaman air. Selain itu, para wisatawan juga bisa menikmati rimbunnya perkebunan karet disekitar kolam tersebut.

#4. Islamic Center Prabumulih

Kota Prabumulih juga memiliki beberapa masjid yang megah, salah satunya adalah Islamic Center Prabumulih. Bahkan, Islamic Center Prabumulih ini dianggap sebagai salah satu masjid termegah di Sumatera Selatan.

Masjid yang berada di Jalan Lingkar, Desa Gunung Ibul, Kecamatan Prabumulih Timur, Kota Prabumulih, Sumatera Selatan ini mulai dibangun pada tahun 2010 lalu, dan selesai dibangun pada tahun 2014 dengan biaya yang besar.

Kebanyakan orang yang berkunjung ke masjid ini pasti menggagumi gaya arsitektur bangunannya yang sangat indah, khususnya dibagian kubah dan menaranya, yang kalau dipandang begitu adem dimata.

#5. Masjid Darussalam

Tempat Wisata di Prabumulih
Masjid Darussalam
Selain Islamic Center Prabumulih, ada satu lagi masjid yang bisa dijadikan sebagai tujuan wisata religi di Kota Prabumulih, yaitu Masjid Darussalam. Masjid ini berada di Desa Muntang Tapus, Kecamatan Prabumulih Barat, Kota Prabumulih.

Masjid yang didominasi oleh warna putih ini juga sangat megah dengan nuansa islami. Selain bangunan masjidnya yang begitu megah, disekitar lingkungan Masjid Darussalam juga sangat luas dan bersih.

#6. Caroline Island

Tempat wisata di Prabumulih (Sumsel) yang sedang hits dikunjungi wisatawan selanjutnya yaitu Caroline Island. Caroline Island adalah satu-satunya tempat wisata air di kota berjuluk " Kota Nanas " ini.

Tempat wisata yang satu ini cukup ikonik di Kota Prabumulih dan sekitarnya, serta cukup banyak menarik perhatian para wisatawan, khususnya para wisatawan yang berasal dari luar Kota Prabumulih.

Biasanya, tempat wisata buka setiap hari, dari pukul 08:00 - 17:00. Lokasinya berada di Jalan Raya Prabumulih - Baturaja, Tanjung Raman, Kecamatan Prabumulih Selatan, Kota Prabumulih, Sumatera Selatan.

#7. Kampoeng Wisata Prabumulih

Kampoeng Wisata Prabumulih adalah sebuah tempat yang menyediakan beberapa objek wisata di dalamnya. Namun, objek wisata yang terkenal di tempat wisata ini yaitu wisata air seperti sepeda air, kolam renang, dan lainnya.

Bukan hanya itu saja, di tempat wisata ini juga sudah tersedia beberapa saung makan. Disamping itu, lokasinya juga tidak begitu jauh dari pusat Kota Prabumulih, sehingga tempat wisata tidak pernah sepi pengunjung.

Jika kamu penasaran dengan tempat wisata ini? Kamu bisa mengunjunginya di Desa Muara Dua, Kecamatan Prabumulih Timur, Kota Prabumulih, Sumatera Selatan. Biasanya, tempat wisata ini buka setiap hari, dari pukul 07:00 - 23:00.

#8. Monumen Patung Kuda

Monumen Patung Kuda adalah salah satu ikon Kota Prabumulih, dan Monumen Patung Kuda ini sering dijadikan sebagai salah satu tempat nongkrong favorit oleh penduduk Kota Prabumulih dan sekitarnya.

Waktu terbaik berkunjungi ke monumen ini, yaitu pada sore hari hingga malam hari. Pasalnya, pada sore hari hingga malam hari tersebut, monumen ini akan menyuguhkan pemandangan yang begitu cantik.

Biasanya, Monumen Patung Kuda ini bisa dikunjungi oleh wisatawan 24 jam setiap harinya. Lokasinya berada di Desa Muara Dua, Kecamatan Prabumulih Timur, Kota Prabumulih, Sumatera Selatan.

#9. Pantai Pasir Payuputat

Kota Prabumulih juga memiliki sebuah tempat wisata pantai, yaitu Pantai Pasir Payuputat. Hanya saja, pantai ini tidak berada dipinggir laut, melainkan berada dipinggir sungai, yaitu Sungai Lematang.

Walaupun begitu, keindahan pantai ini tidak kalah dengan keindahan pantai yang ada dipingir laut. Disamping itu, pantai ini juga sering dijadikan sebagai tempat untuk menyelenggarakan berbagai event seperti event balap perahu tradisional.

Waktu terbaik berkunjung ke pantai yang berada di Desa Payuputat, Kecamatan Prabumulih Barat, Kota Prabumulih, Sumatera Selatan ini, yaitu pada sore hari untuk menikmati suasana senja yang indah.

#10. Taman Wonosari

Walaupun taman ini tidak seluas Taman Kota Prabumulih, namun dari sisi arsitektur, taman yang berada di Desa Wonosari, Kecamatan Prabumulih Utara, Kota Prabumulih, Sumatera Selatan ini cukup menarik dikunjungi.

Disamping itu, taman ini juga mempunyai sejumlah fasilitas pendukung yang menarik, mulai dari beberapa gazebo untuk tempat wisatawan nongkrong, hingga area bermain anak-anak, dan lain sebagainya.

#11. Danau Bujoan

Tempat Wisata di Prabumulih
Danau Bujoan
Tempat wisata di Prabumulih (Sumsel) yang juga sedang hits dikunjungi oleh wisatawan selanjutnya yaitu Danau Bujo'an. Danau ini berada di Jalan Raya Prabumulih - Baturaja, Desa Karang Bindu, Kecamatan Rambang Kapak Tengah, Kota Prabumulih.

Biasanya, tempat wisata ini buka setiap hari, mulai dari pukul 07:00 hingga pukul 18:00 untuk hari senin hingga hari sabtu, sedangkan pada hari minggu, tempat wisata ini dibuka 24 jam dengan tiket masuk gratis.

Danau yang beberapa waktu lalu sempat viral di beberapa media sosial seperti Instagram ini memiliki sejumlah fasilitas pendukung yang menarik seperti  perahu bebek, water ball, dan lainnya dengan tarif sebesar Rp 20.000.


#12. Taman Gunung Ibul

Tempat wisata di Prabumulih (Sumsel) yang sedang hits dikunjungi wisatawan terakhir yaitu Taman Gunung Ibul. Sesuai dengan namanya, taman ini berada di Desa Gunung Ibul, Kecamatan Prabumulih Timur, Kota Prabumulih, Sumatera Selatan.

Taman ini sudah tertata dengan rapi, sehingga bagus dijadikan tempat nongkrong. Selain itu, fasilitas pendukungnya juga cukup menarik, mulai dari kolam cinta hingga area bermain ada di Taman Gunung Ibul ini.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Prabumulih (Sumsel) yang sedang hits dikunjungi oleh wisatawan. Baca juga ulasan tentang sejumlah tempat wisata di tempat wisata di Painan (Sumatera Barat).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel