15+ Tempat Wisata di Pringsewu (Lampung) Yang Menarik Dikunjungi!!

Beberapa tempat wisata di Pringsewu yang direkomendasikan berikut ini sangat wajib dipertimbangkan dikunjungi oleh para wisatawan yang saat ini sedang " stay " di Provinsi Lampung dan sekitarnya.

Seperti kalian ketahui, Pringsewu adalah salah satu kabupaten di Provinsi Lampung, yang cukup dikenal dengan sejumlah potensi pariwisatanya.

Mulai dari tempat wisata alam, hingga spot-spot foto yang instagramable, dan lainnya ada di kabupaten ini. Lantas, dimana saja tempat wisata di Pringsewu (Lampung) yang menarik dikunjungi tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Inilah Beberapa Tempat Wisata di Pringsewu (Lampung) Yang Menarik Dikunjungi


#1. Bukit BLT

Tempat Wisata di Pringsewu
Bukit BLT (Bukit Blitarejo)
Tempat wisata di Pringsewu (Lampung) yang menarik dikunjungi pertama yaitu Bukit Blitarejo, atau lebih populer dikenal dengan nama " Bukit BLT ". Lokasinya berada di Kelurahan Blitarejo, Kecamatan Gading Rejo, Kabupaten Pringsewu, Lampung.

Bukit BLT (Bukit Blitarejo) adalah sebuah bukit di Kabupaten Pringsewu, yang menawarkan pemandangan indah kombinasi antara perkebunan, persawahan, dan pemukiman penduduk setempat.

Waktu terbaik berkunjung ke bukit ini, yaitu pada sore hari menjelang malam. Pasalnya, pada waktu itu, bukit ini menawarkan pemandangan matahari terbenam (sunset) yang begitu eksotis. Biasanya, bukit ini dibuka 24 jam setiap harinya.

BACA JUGA: 14+ Tempat Wisata di Baturaja (Ogan Komering Ulu - Sumsel)

#2. Talang Indah Pajaresuk Pringsewu

Tempat Wisata di Pringsewu
Talang Indah Pajaresuk Pringsewu
Tempat wisata di Pringsewu (Lampung) yang menarik dikunjungi berikutnya yaitu Talang Indah Pajaresuk Pringsewu. Talang Indah Pajaresuk Pringsewu adalah sebuah talang air raksasa peninggalan belanda pada masa penjajahan.

Konon kabarnya, talang air raksasa yang lokasinya berada di Jalan Raya Sampang, Desa Fajar Esuk, Kecamatan Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, Lampung ini dibangun pada tahun 1927 silam.

Objek wisata yang paling ikonik di tempat wisata ini, yaitu sebuah jembatan yang menghubungkan dua bukit, dan dibagian bawahnya terdapat sebuah talang air raksasa. Biasanya, tempat wisata ini buka setiap hari, dari pukul 08:00 hingga pukul 17:30.

#3. Bukit Pangonan

Tempat Wisata di Pringsewu
Bukit Pangonan
Sebenarnya, tempat wisata yang satu ini masih berada dalam kawasan Talang Indah Pajaresuk Pringsewu di Jalan Raya Sampang, Desa Fajar Esuk, Kecamatan Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, Lampung.

Disamping menyuguhkan pemandangan indah khas perbukitan, para wisatawan juga bisa menemukan banyak wahana menarik di tempat wisata ini seperti rumah hobbit, jembatan love, ayunan, dan lain sebagainya.

#4. Bukit PJR

Tempat Wisata di Pringsewu
Bukit PJR (Bukit Panjarejo)
Tidak kalah indah dengan Bukit BLT, dan Bukit Pangonan, Bukit Panjarejo atau lebih populer dikenal dengan nama " Bukit PJR " ini juga menawarkan sesuatu yang patut dipertimbangkan untuk segera dikunjungi.

Pasalnya, para wisatawan bisa menikmati pemandangan alam khas Kabupaten Pringsewu lengkap dengan hamparan perkebunan dan persawahan yang hijau di puncak bukit ini.

Jika kamu penasaran dengan keindahan bukit ini? Kamu bisa mengunjunginya di Desa Panjerejo, Kecamatan Gading Rejo, Kabupaten Pringsewu, Lampung. Biasanya, bukit ini buka setiap hari, dari pukul 08:00 hingga pukul 18:00.

#5. Bukit Tursina

Selain Bukit BLT, Bukit Pangonan, dan Bukit PJR, ada satu lagi tempat wisata berupa bukit di Kabupaten Pringsewu, yang juga patut dipertimbangkan untuk dikunjungi wisatawan, yaitu Bukit Tursina.

Hanya saja, bukit ini sedikit berbeda dengan bukit-bukit sebelumnya, dan memiliki keunikan tersendiri. Dimana diketahui, diatas bukit ini terdapat sebuah danau dengan suasana sepi dan berudara sejuk.

Bukan hanya itu saja, bukit yang berada di Desa Bumi Ayu, Kecamatan Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, Lampung ini banyak terdapat pohon buah seperti pohon buah jeruk, pohon buah duku, dan lain sebagainya.

#6. Rest Area Pringsewu

Tempat wisata di Pringsewu
Rest Area Pringsewu
Tempat wisata di Pringsewu (Lampung) yang menarik dikunjungi wisatawan selanjutnya yaitu Rest Area Pringsewu. Sebenarnya, rest area ini tidak jauh berbeda dengan rest area pada umumnya di Indonesia.

Yang membuat Rest Area Pringsewu berbeda dengan rest area lainnya di Indonesia yaitu terdapat sebuah tugu ikonik khas Kabupaten Pringsewu, yang dibuat dari bambu, dan dicat dengan warna kuning.

Lebih asiknya lagi, warung-warung makan di rest area ini dibuka dari pagi hingga tengah malam. Sehingga, para wisatawan yang nongkrong di Rest Area Pringsewu ini tidak perlu khawatir kelaparan.

Jika kamu penasaran dengan tempat ini? Kamu bisa mengunjunginya di Jalan Raya Wates, Desa Wates, Kecamatan Gading Rejo, Kabupaten Pringsewu, Lampung. Biasanya, tempat ini dibuka 24 jam setiap harinya.

#7. Puncak Bendungan Way Sekampung

Sebenarnya, tempat yang satu ini belum dikelola sebagai tempat wisata. Namun, keindahan yang ditawarkannya, membuat banyak wisatawan, khususnya para wisatawan muda mengunjungi tempat ini.

Pasalnya, tempat yang berada di Desa Banjarejo, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Pringsewu, Lampung ini terdapat sejumlah spot foto yang cantik. Disamping itu, pemandangan matahari terbenam (sunset) dari tempat ini juga cukup eksotis.

#8. Air Terjun 7 Pagelaran Utara

Kabupaten Pringsewu di Provinsi Lampung juga mempunyai sejumlah tempat wisata alam berupa air terjun, yang juga menarik untuk dikunjungi wisatawan, salah satunya adalah Air Terjun 7 Pagelaran Utara.

Air terjun yang lokasinya berada di Desa Girimulyo, Kecamatan Pagelaran Utara, Kabupaten Pringsewu, Lampung ini masih jarang dikunjungi wisatawan, sehingga kealamiannya masih terjaga dengan baik.

#9. Air Terjun Pagasan

Tempat wisata di Pringsewu
Air Terjun Pagasan
Selain Air Terjun 7 Pagelaran Utara, ada satu lagi tempat wisata alam berupa air terjun di Kabupaten Pringsewu (Lampung), yang juga dipertimbangkan untuk dikunjungi para wisatawan, yaitu Air Terjun Pagasan.

Air terjun yang lokasinya berada di Desa Way Kunir, Kecamatan Pegelaran Utara, Kabupaten Pringsewu, Lampung ini juga tidak kalah indah jika dibandingkan dengan Air Terjun 7 Pagelaran Utara.

#10. Telaga Gupit Mataram

Tempat wisata di Pringsewu (Lampung) yang juga bagus dikunjungi wisatawan berikutnya yaitu Telaga Gupit Mataram. Lokasinya berada di Desa Mataram, Kecamatan Gading Rejo, Kabupaten Pringsewu, Lampung.

Keindahan telaga ini sering dibanding-bandingkan dengan keindahan Danau Ranu Kumbolo di Gunung Semeru (Jawa Timur). Bahkan, banyak wisatawan yang menyebut danau ini sebagai " Ranu Kumbolo "nya Pringsewu.

#11. Gua Maria Laverna

Tempat Wisata di Pringsewu
Gua Maria Laverna
Gua Maria Laverna adalah salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi para wisatawan yang beragama kristen, khususnya para wisatawan yang beragam kristen katolik di Kabupaten Pringsewu (Lampung).

Lokasinya berada diantara lembah dan perbukitan, di tengah-tengah hutan kecil, dan di pinggiran sungai, sehingga cocok sekali dijadikan sebagai tempat untuk berdoa dan bermeditasi secara khusyuk.

Disamping itu, goa yang berada di Desa Fajar Esuk, Kecamatan Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, Lampung ini juga sering dijuluki " Lourdes van Lampung ". Karena keindahannya tidak kalah indah dibandingkan dengan " Lourdes " di Prancis.

#12. Kolam Renang Paris

Kabupaten Pringsewu di Provinsi Lampung juga mempunyai sebuah kolam renang, yang juga menarik untuk dikunjungi, yaitu Kolam Renang Paris. Lokasinya berada di Desa Pringsewu Barat, Kecamatan Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, Lampung.

Karena lokasinya yang strategis, yaitu di Jalan Raya Pringsewu - Tanggamus. Sehingga , kolam renang ini tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya, khususnya pada hari libur seperti weekend (akhir pekan), dan lainnya

#13. Rumah Pohon Podorejo

Rumah Pohon Podorejo yang lokasinya berada di Desa Rejosari, Kecamatan Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, Lampung ini sedang hits dikunjungi wisatawan, khususnya para wisatawan muda yang suka berburu spot foto cantik.

Pasalnya, tempat wisata ini menawarkan pemandangan yang cukup cantik, dan sejauh mata memandang, para wisatawan akan disuguhkan dengan hamparan perkebunan dan persawahan yang hijau.

#14. Wisata Rumah Kalkun Mitra Alam

Jika kamu belum mengetahui seperti apa ayam kalkun? Maka kamu wajib mengunjungi Wisata Rumah Kalkun Mitra Alam di Desa Sukoharjo I, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Pringsewu, Lampung ini.

Selain bisa melihat langsung seperti apa ayam kalkun, para wisatawan juga akan diajak berwisata edukasi di Wisata Rumah Kalkun Mitra Alam ini, seperti belajar berternak ayam kalkun, dan lain sebagainya.

Bukan hanya itu saja, para wisatawan juga bisa berwisata kuliner di tempat wisata ini dengan ayam kalkun sebagai menu utamanya seperti ayam kalkun panggang, ayam kalkun guling, sate ayam kalkun, dan lainnya.

#15. Goa Selapan

Rekomendasi tempat wisata di Pringsewu (Lampung) yang menarik dikunjungi para wisatawan terakhir yaitu Goa Selapan, atau sering juga disebut sebagai " Goa Harimau " oleh penduduk setempat.

Goa Selapan atau Goa Harimau adalah sebuah goa alam, yang lokasinya berada di puncak sebuah gunung di tengah-tengah hutan di Desa Selapan, Kecamatan Pardasuka, Kabupaten Pringsewu, Lampung.

Lebih menariknya lagi, tidak begitu jauh dari lokasi Goa Selapan atau Goa Harimau, terdapat juga sebuah air terjun, yang juga menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan, yaitu Air Terjun Selapan.

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan tentang sejumlah tempat wisata di Pringsewu (Lampung) yang menarik dikunjungi wisatawan. Baca juga ulasan tentang beberapa tempat wisata di Prabumulih (Sumatera Selatan).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel