14+ Tempat Wisata di Sambas (Kalbar) Yang Menarik Dikunjungi!!

Beberapa tempat wisata di Sambas yang direkomendasikan berikut ini patut dipertimbangkan untuk dikunjungi wisatawan, khususnya para wisatawan yang saat ini sedang menghabiskan waktunya liburannya di Provinsi Kalimantan Barat.

Perlu diketahui, Sambas adalah salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Barat, yang mempunyai banyak sekali tempat wisata alam, mulai dari pantai, air terjun, danau, hingga goa, dan lain sebagainya.

Lebih menariknya lagi, beberapa tempat wisata di Sambas (Kalbar) yang direkomendasikan berikut ini memiliki sejumlah spot foto yang instagramable. Berikut ulasan lengkapnya.

Inilah Beberapa Tempat Wisata di Sambas (Kalbar) Yang Menarik Dikunjungi


#1. Pantai Tanjung Kemuning

Tempat wisata di Sambas (Kalbar) yang menarik dikunjungi pertama yaitu Pantai Tanjung Kemuning. Pantai yang berhadapan langsung dengan laut natuna ini memiliki panjang sekitar 18 kilometer.

Pantai yang berada di Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat ini memiliki suasana yang sejuk, dan nyaman. Sehingga, tidak heran jika banyak wisatawan yang betah berlama-lama di pantai ini

Disamping itu, Pantai Tanjung Kemuning juga merupakan salah satu tempat penangkaran penyu di Kabupaten Sambas. Berdasarkan informasinya, sekitar 8 - ekor penyu berkunjung ke pantai ini untuk bertelur.

BACA JUGA: 12+ Tempat Wisata di Sintang (Kalbar) Yang Lagi Hits Dikunjungi!!

#2. Pantai Tanjung Batu

Tempat Wisata di Sambas
Pantai Tanjung Batu
Tempat wisata di Sambas (Kalbar) yang menarik dikunjungi wisatawan berikutnya yaitu Pantai Tanjung Batu. Pantai Tanjung Batu adalah salah satu tempat terbaik menikmati matahari terbenam (sunset) di Kabupaten Sambas.

Pantai ini berjarak kurang lebih 47 kilometer dari pusat ibukota Kabupaten Sambas, atau secara administratif berada di Desa Pemangkat Kota, Kecamatan Pemangkat, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.

Lebih menariknya lagi, fasilitas di pantai ini juga sudah cukup lengkap, mulai dari restoran, cafe, hingga tempat menginap, dan beberapa fasilitas pendukung lainnya ada disekitar Pantai Tanjung Batu ini.

#3. Pantai Bukit Raya Putri Serayi

Tempat Wisata di Sambas
Pantai Bukit Raya Putri Serayi
Sesuai dengan namanya, pantai yang berada di Desa Jawai Laut, Kecamatan Jawai Selatan, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat ini dilatarbelangi oleh cerita legenda tentang seorang putri bernama " Serai ".

Pantai Bukit Raya Putri Serayi ini sedikit berbeda dengan beberapa pantai lainnya di Kabupaten Sambas. Pasalnya, pantai ini dipenuhi hamparan batuan dengan latarbelakang sebuah bukit bernama " Bukit Raya ".

Namun justru itulah yang menjadi daya tarik utama bagi Pantai Bukit Raya Putri Serayi ini. Disamping itu, pantai ini juga banyak ditumbuhi pohon-pohon kelapa, sehingga suasananya lebih rindang.

#4. Pantai Selimpai

Tempat Wisata di Sambas
Pantai Selimpai
Kurang lebih sama dengan Pantai Tanjung Kemuning, pantai yang berada didalam kawasan Taman Wisata Alam Tanjung Belimbing ini juga merupakan sebuah tempat penangkaran penyu di Kabupaten Sambas.

Ada beberapa jenis penyu langka yang dikembangbiakan di pantai yang berada di Desa Sebubus, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat ini, di antaranya adalah Penyu Sisik, Penyu Belimbing, Penyu Hijau, dan Penyu Lekang.

Selain berkesempatan bertemu dengan beberapa jenis penyu langka, para wisatawan juga akan disuguhkan dengan pemandangan pantai berpasir putih bersih, yang dikelilingi sederet pohon-pohon pinus.

#5. Pantai Tanjung Datu

Tempat wisata pantai di Kabupaten Sambas itu ada memang banyak sekali. Dimana, setiap tempat wisata pantainya tersebut memiliki kelebihan tersendiri, salah satu contohnya adalah Pantai Tanjung Datu.

Salah satu kelebihan pantai yang berada di Desa Tamajo, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat ini yaitu bisa menikmati pemandangan matahari terbit (sunrise) dan matahari terbenam (sunset).

Bukan hanya itu saja, Pantai Tanjung Datu juga merupakan sebuah tanjung dengan garis pantai terpanjang di Kalimantan Barat. Selain itu, deburan ombak di pantai ini juga cukup menarik untuk dilihat.

#6. Pantai Camar Wulan

Tempat wisata di Sambas (Kalbar) yang menarik dikunjungi oleh para wisatawan selanjutnya yaitu Pantai Camar Wulan. Lokasinya berjarak kurang lebih 60 kilometer dari pusat ibukota Kabupaten Sambas.

Atau secara administratif terletak di Desa Sebubus, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Dan salah satu keunikan dari pantai ini terletak pada pasirnya yang berwarna kuning dan putih.

#7. Air Terjun Riam Caggat

Bukan hanya tempat wisata pantai saja, Kabupaten Sambas juga mempunyai beberapa tempat wisata alam lainnya yang patut dipertimbangkan untuk dikunjungi, salah satunya adalah Air Terjun Riam Caggat.

Lokasi air terjun ini berjarak kurang lebih 85 kilometer dari ibukota Kabupaten Sambas, atau lebih tepatnya berada di Desa Batang Air, Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.

Air terjun setinggi kurang lebih 67 meter ini sangat terkenal, khususnya dikalangan para wisatawan lokal di Kalimantan Barat, dengan keindahan alamnya yang luar biasa.

#8. Danau Sebedang

Tempat Wisata di Sambas
Danau Sebedang
Danau seluas 1 kilometer persegi ini berjarak sekitar 12 kilometer dari pusat ibukota Kabupaten Sambas, atau lebih tepatnya berada di Desa Sebedang, Kecamatan Sebawi, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.

Sejak jaman dahulu, danau ini banyak dikunjungi wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan dari luar daerah Kabupaten Sambas, karena danau yang satu ini bisa dikatakan " istimewa ".

Dikatakan " istimewa ", karena kondisi air di danau ini sangat bening, dan pemandangan alam di sekitarnya juga sangat indah dengan gunung-gunung setinggi sekitar 400 mdpl (meter diatas permukaan air laut).

#9. Goa Alam Santok

Tempat Wisata di Sambas
Goa Alam Santok
Goa Alam Santok adalah salah satu tempat wisata religi bagi wisatawan beragama kristen di Kabupaten Sambas. Karena didalam goa tersebut terdapat patung bunda maria, yang biasa digunakan untuk bersembahyang atau bermeditasi.

Lokasinya berjarak sekitar 85 kilometer dari pusat Kota Sambas, dan bisa ditempuh sekitar 1 jam perjalanan untuk menuju ke Goa Alam Santok di Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.

Selain bisa bersembahyang atau bermeditasi, para wisatawan juga akan disuguhkan dengan pemandangan yang cukup indah didalam Goa Alam Santok ini.

#10. Pantai Dungun Laut

Tempat wisata di Sambas (Kalbar) yang juga cukup menarik dikunjungi wisatawan berikutnya yaitu Pantai Dungun Laut. Lokasinya berjarak kurang lebih 35 kilometer dari pusat ibukota Kabupaten Sambas.

Atau lebih tepatnya berada di Desa Dungun Laut, Kecamatan Jawai, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Kelebihan dari pantai ini terletak pada air lautnya yang berwarna hijau tosca, dan hamparan pasir putih yang bersih.

#11. Pantai Temajuk

Tempat Wisata di Sambas
Pantai Temajuk
Pantai Temajuk adalah salah satu pantai di Kabupaten Sambas, yang juga patut dipertimbangkan dikunjungi wisatawan. Pasalnya, pantai ini berada di sebelah barat Kabupaten Sambas, itu artinya pantai ini berbatasan langsung dengan negara Malaysia.

Nama " Pantai Temajuk " sendiri merupakan sebuah kata akronim yang diberikan oleh penduduk setempat disekiar pantai. Dimana kata " Temajuk " berasal dari singkatan " tempat masuk jalur komunis ".

Namun, dibalik itu semua, pantai seluas kurang lebih 60 kilometer ini, mempunyai pemandangan yang tidak kalah eksotis dibandingkan dengan beberapa pantai lainnya yang ada di Kabupaten Sambas.

Pantai yang lokasinya berada di Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat ini juga sudah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas seperti homestay, resort, dan lain sebagainya.

#12. Pantai Polaria

Ada satu lagi pantai di Kabupaten Sambas, yang juga patut dipertimbangkan untuk dikunjungi wisatawan, yaitu Pantai Polaria. Lokasinya berada di Desa Sungai Rusa, Kecamatan Selakau, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.

Salah satu keunikan dari pantai ini terletak pada hamparan pasirnya yang banyak terdapat batu granit berukuran besar disepanjang bibir pantainya. Saking indahnya, pantai ini juga sering dijadikan lokasi syuting film lokal.

Seiring berjalannya waktu, dan semakin mudahnya akses jalan menuju ke lokasi tempat wisata ini, membuat Pantai Polaria semakin dikenal luas dikalangan wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

#13. Gunung Selindung

Tempat Wisata di Sambas
Gunung Selindung
Bukan hanya tempat wisata pantai, air terjun, danau, dan goa saja, Kabupaten Sambas juga mempunyai sebuah tempat wisata alam berupa gunung yang menarik untuk didaki, yaitu Gunung Selindung.

Gunung yang lokasinya berada di Kecamatan Salatiga, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat ini menyimpan kekayaan alam yang begitu melimpah, mulai dari flora hingga fauna khas Pulau Kalimantan ada di gunung ini.

Bukan hanya itu saja, dikawasan Gunung Selindung juga terdapat sebuah air terjun, yang mempunyai pemadangan alam yang tidak kalah mempesona apabila dibandingkan dengan Air Terjun Riam Caggat.

#14. Kebun Raya Sambas

Tempat wisata di Sambas (Kalbar) yang menarik dikunjungi terakhir yaitu Kebun Raya Sambas. Kebun Raya Sambas ini didesain sebagai pusat konservasi, dan pusat pengembangan tumbuh-tumbuhan.

Didalam kebun raya seluas 300 hektar ini terdapat sekitar 500 jenis pohon. Jika kamu penasaran dengan tempat wisata ini? Kamu bisa mengunjunginya di Desa Sabong, Kecamatan Subah, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan tentang beberapa tempat wisata di Sambas (Kalbar) yang menarik dikunjungi wisatawan. Baca juga ulasan tentang sejumlah tempat wisata di Mempawah (Kalimantan Barat).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel