10+ Tempat Wisata di Sampit (Kotawaringin Timur - Kalteng) Yang Menarik Dikunjungi!!

Tempat wisata di Sampit berikut ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi oleh para wisatawan jika sedang pergi berwisata ke Kabupaten Kotawaringin Timur di Provinsi Kalimantan Tengah.

Seperti kalian ketahui, Sampit merupakan ibukota Kabupaten Kotawaringin Timur di Provinsi Kalimantan Tengah. Dan disekitar Kota Sampit terdapat sejumlah tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Mulai dari tempat wisata alam hingga tempat wisata buatan, dan tempat wisata lainnya. Lantas, dimana saja lokasi tempat wisata di Sampit (Kotawiringin Timur - Kalteng) yang menarik dikunjungi tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Inilah Beberapa Tempat Wisata di Sampit (Kotawaringin Timur - Kalteng) Yang Menarik Dikunjungi


#1. Taman Jelawat

Tempat Wisata di Sampit
Taman Jelawat
Rekomendasi tempat wisata di Sampit (Kotawiringin Timur - Kalteng) yang menarik dikunjungi pertama yaitu Taman Jelawat. Taman Jelawat adalah salah satu ikon pariwisata baru bagi Kota Sampit.

Perlu diketahui, Jelawat adalah salah satu jenis ikan khas di Sungai Mentaya, yaitu sungai yang mengelilingi Kota Sampit. Dan di taman ini terdapat patung Ikan Jelawat yang sering dijadikan sebagai objek foto.

Biasanya, tempat wisata ini dibuka setiap hari, mulai dari pukul 06:00 hingga pukul 00:00. Lokasinya berada di Desa Mentawa Baru Hulu, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur.

#2. Tugu Perdamaian Dayak - Madura

Tempat wisata di Sampit (Kotawaringin Timur - Kalteng) yang menarik dikunjungi berikutnya yaitu Tugu Perdamainan Dayak - Madura. Seperti diketahui, pada tahun 2001 silam terjadi konflik antara Suku Dayak dengan Suku Madura di Sampit.

Dan tugu yang berada di Jalan Jend.Sudirman km 3, Desa Mentawa Baru Hulu, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin ini menjadi simbol perdamaian antara Suku Dayak dengan Suku Madura di Sampit.

#3. Taman Kota Sampit

Tempat Wisata di Sampit
Taman Kota Sampit
Sebagai salah satu kota yang dulunya pernah meraih penghargaan adipura sebagai kota paling bersih di Indonesia, sehingga tidak terlalu mengherankan apabila di Kota Sampit terdapat sejumlah taman kota.

Dan salah satu taman kota yang menarik dikunjungi di Sampit adalah Taman Kota Sampit yang lokasinya berada di Desa Mentawa Baru Hulu, Kecamatan Mentawa Baru Ketapan, Kabupaten Kotawaringin Timur.

Taman Kota Sampit adalah sebuah taman yang difungsikan sebagai ruangan terbuka bagi warga Kota Sampit dan sekitarnya. Dibagian tengah taman terdapat sebuah tugu berbentuk perpaduan antara budaya Suku Dayak dan agama.

#4. Museum Kayu

Karena Pulau Kalimantan itu selalu di identikan dengan hutan belantara yang luas, maka Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur membangun sebuah museum unik yang diberi nama " Museum Kayu ".

Di museum ini menyimpan koleksi dari berbagai jenis kayu khas Pulau Kalimantan. Disamping itu, para pengunjung juga bisa mengetahui proses sampai hasil dari pengolahan kayu tersebut di museum ini.

Biasanya, museum ini buka dari pukul 10:00 - 15:30 setiap hari senin hingga hari kamis. Lokasinya berada di Jalan Jend. S. Parman No.1, Desa Mentawa Baru Hulu, Kecamatan Ketapan, Kabupaten Kotawaringin Timur.

#5. Danau Salju

Kabupaten Kotawiringin Timur juga memiliki beberapa tempat wisata alam, dan salah satu tempat wisata alam di Kabupaten Kotawaringin yang menarik untuk dikunjungi wisatawan adalah Danau Salju.

Dinamakan " Danau Salju " karena hampir semua kawasannya ditutupi dengan pasir putih halus yang mirip seperti salju. Disamping itu, terdapat juga beberapa wahana di danau ini seperti bebek air, perahu karet, dan lainnya.

Jika kamu penasaran dengan tempat wisata ini? Kamu bisa mengunjunginya di Desa Pasir Putih, Kecamatan Mentawa Baru Ketapan, Kabupaten Kotawaringin Timur. Biasanya, tempat wisata ini buka setiap hari, dari pukul 08:00 - 18:00.

#6. Sampit Water Park

Rekomendasi tempat wisata di Sampit (Kotawaringin Timur - Kalteng) yang menarik dikunjungi selanjutnya yaitu Sampit Water Park. Sesuai dengan namanya, Sampit Water Park adalah sebuah taman air.

Ada sejumlah wahana air yang bisa dicoba di Sampit Water Park ini. Disamping itu, terdapat juga Kampung Kuliner, Bukit Teletubies, dan Area Lampion yang sangat instagramable di tempat wisata ini.

Biasanya, tempat wisata ini buka setiap hari, dari pukul 13:00 - 21:00 untuk hari biasa, dan 09:00 - 21:00 untuk akhir pekan. Lokasinya berada di Desa Baamang Tengah, Kecamatan Baamang, Kabupaten Kotawaringin Timur.

#7. Pantai Satiruk

Pantai Satiruk merupakan salah satu pantai yang bisa dikatakan masih " perawan " di Kabupaten Kotawaringin dan sekitarnya. Pasalnya, Pantai Satiruk ini masih sangat alami dengan suasana yang masih asri.

Untuk menuju ke pantai ini, para pengunjung harus menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam perjalanan menuju ke Kecamatan Teluk Sampit. Kemudian perjalanan dilanjutkan mengunakan klotok atau speed boat.

Semua lelah dan biaya yang dikeluarkan tersebut akan terbayar lunas ketika sudah sampai ke pantai sepanjang 25 km, yang secara administratif berada di Desa Satiruk, Kecamatan Pulau Hanaut, Kabupaten Kotawaringin.

#8. Pantai Ujung Pandaran

Tempat Wisata di Sampit
Pantai Ujung Pandaran
Pantai ini berada di Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur. Untuk mencapainya, para pengunjung harus menempuh perjalanan kurang lebih 2 jam perjalanan dari Kota Sampit.

Sesampainya disana, para pengunjung akan langsung disambut dengan pemandangan pantai yang begitu menggagumkan. Para pengunjung juga akan dibuat takjub dengan aktivitas para nelayan di pantai ini.

Bagi para pengunjung yang ingin bermalam juga sudah tersedia beberapa penginapan di sekitar pantai ini. Selain itu, tidak begitu jauh dari pantai ini juga terdapat objek wisata religi yaitu sebuah makam seorang ulama bernama Syekh Abu Hamid.

#9. Wisata Aqui

Tempat wisata di Sampit (Kotawaringin Timur - Kalteng) yang juga menarik dikunjungi berikutnya yaitu Wisata Aqui. Wisata Aqui adalah sebuah tempat rekreasi berkonsep unik dengan fasilitas cukup lengkap.

Kabarnya, tempat wisata ini bisa menampung kurang lebih 5.000 pengunjung. Dan salah satu keunggulan dari tempat wisata ini, yaitu tersedia live musik, dan akses internet gratis bagi pengunjungnya.

Biasanya, tempat wisata ini buka setiap hari, dari pukul 08:00 hingga pukul 21:00. Lokasinya berada di Jalan Pramuka, Desa Sawahan, Kecamatan Mentawa Baru Ketapan, Kabupaten Kotawaringin Timur.

#10. Rumah Adat Sampit

Tempat wisata di Sampit (Kotawaringin Timur - Kalteng) yang menarik dikunjungi terakhir yaitu Rumah Adat Sampit. Rumah ini hampir mirip dengan rumah adat dari kota dan kabupaten lainnya di Kalimantan Tengah.

Rumah adat yang menjadi tempat tinggal warga asli Kabupaten Kotawaringin ini berada tidak begitu jauh dari Tugu Perdamaian Dayak - Madura, atau tepat berada di depan Kawasan Islamic Center Kota Sampit.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Sampit (Kotawaringin Timur - Kalteng) yang menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Baca juga ulasan tentang rekomendasi tempat wisata di Barabai.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel