10+ Tempat Wisata di Sangatta (Kutai Timur - Kalimantan Timur)

Beberapa tempat wisata di Sangatta (Kutai Timur - Kalimantan Timur ) berikut ini, bisa dijadikan sebagai rekomendasi tujuan wisata, buat kalian yang berencana menghabiskan waktu liburannya di Kalimantan Timur.

Memang dulunya wilayah Pulau Kalimantan itu hanya dipenuhi dengan hutan lebat saja. Namun, seiring berjalan waktu, sejumlah objek wisata pun bermunculan untuk menarik wisatawan dari luar daerah.

Contohnya adalah di Kota Sangatta, dimana disekitar kota ini terdapat sejumlah tempat wisata yang bagus untuk dikunjungi. Lantas, dimana saja tempat wisata di Sangatta (Kutai Timur - Kalimantan Timur) yang bagus dikunjungi tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Inilah Beberapa Tempat Wisata di Sangatta (Kutai Timur - Kalimantan Timur) Yang Bagus Dikunjungi


#1. Pantai Teluk Lombok

Tempat Wisata di Sangatta
Pantai Teluk Lombok
Tempat wisata di Sangatta (Kutai Timur - Kalimantan Timur) yang bagus dikunjungi pertama yaitu Pantai Teluk Lombok. Pemandangan pantai dan laut yang indah adalah daya tarik utama dari tempat wisata ini.

Bukan hanya itu saja, di pantai yang lokasinya berada di Desa Sangkima, Kecamatan Sangatta Selatan, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur ini juga tersedia beberapa gazebo yang bisa disewa oleh wisatawan.

Karena lokasinya yang cukup dari pusat Kota Sangatta yaitu hanya berjarak sekitar 15 kilometer saja, sehingga pantai ini tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya, terutama pada akhir pekan (weekend) dan hari libur lainnya.

#2. Pantai Teluk Kaba

Tempat wisata di Sangatta (Kutai Timur - Kalimantan Timur) yang bagus dikunjungi berikutnya yaitu Pantai Teluk Kaba. Pantai yang berada didalam kawasan Taman Nasional Kutai (TNK) sedikit berbeda dengan pantai pada umumnya.

Pasalnya, pantai yang secara administratif berada di Desa Sangkima Lama, Kecamatan Sangatta Selatan, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur ini dikelilingi vegetasi bakau yang masih alami. Biasanya, pantai ini buka setiap hari, dari pukul 09:00 - 17:00.

Dulunya, hutan disekitar pantai ini adalah sebuah tempat penangkaran hewan liar seperti orang utan, rusa, banteng, dan lainnya. Namun sekarang, jumlah populasi hewan di hutan tersebut sudah berkurang akibat kebakaran hutan.

#3. Goa Ampanas Pangadan

Tempat Wisata di Sangatta
Goa Ampanas Pangadan
Goa Ampanas Pangadan adalah sebuah tempat wisata alam berupa gua, yang menyuguhkan pemandangan formasi batuan Stalagtit dan Stalagmit, yang sudah mengalami proses geologi beratus-ratus tahun lalu.

Uniknya lagi, ada beberapa formasi batuan Stalagtit dan Stalagmit didalam goa ini yang berbentuk seperti sedotan limun, kristal bercahaya, mangkuk, lempengan transparan tipis, taji ayam, dan lain sebagainya.

Bukan hanya itu saja, disekitar lokasi goa juga terdapat sumber mata air panas, dan disepanjang perjalanan, para wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan hutan khas Pulau Kalimantan (Borneo).

Goa ini berada di Desa Pengadaan, Kecamatan Karangan, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur. Biasanya, membutuhkan waktu sekitar 4 - 5 jam perjalanan dari Kota Sangatta, atau sekitar 1 jam perjalanan dari Kecamatan Karangan.

#4. Goa Gunung Kombeng

Tempat Wisata di Sangatta
Gunung Kombeng
Selain Goa Ampanas Pangadan, ada satu lagi tempat wisata berupa goa di Kabupaten Kutai Timur (Kutim), yang juga cukup menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan, yaitu Goa Gunung Kombeng.

Di dalam goa yang lokasinya berada di Desa Pantun, Kecamatan Muara Wahau, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur ini terdapat sebuah patung peninggalan kerajaan kutai, yaitu kerajaan hindu tertua di Indonesia.

Dulunya, goa ini pernah digunakan sebagai tempat pemujaan raja mulawarman dari kerajaan kutai. Disamping itu, didalam gua ini juga terdapat sejumlah formasi batuan Stalagtit dan Stalagmit yang cukup indah.

#5. Air Terjun Batu Lapis

Bukan hanya pantai, dan goa saja, Kabupaten Kutai Timur juga mempunyai tempat wisata alam berupa air terjun, yang juga patut dipertimbangkan untuk dikunjungi wisatawan, yaitu Air Terjun Batu Lapis.

Sesuai dengan namanya, air terjun setinggi kurang lebih 7 meter ini mengalir di dinding batu yang berlapis-lapis. Lokasinya berada di Desa Kaliorang, Kecamatan Kaliorang, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur.

#6. Pantai Tanjung Bara

Tempat Wisata di Sangatta
Pantai Tanjung Bara
Rekomendasi tempat wisata di Sangatta (Kutai Timur - Kalimantan Timur) yang bagus dikunjungi wisatawan selanjutnya yaitu Pantai Tanjung Bara, atau sering juga disebut dengan nama " Pantai Aquatic ".

Pantai Tanjung Bara, atau Pantai Aquatic ini berada didalam wilayah pertambangan milik PT.KPC, atau lebih tepatnya berada di Desa Singa Gembara, Kecamatan Sangatta Utara, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantar Timur.

Selain mempunyai pemandangan indah ke laut makassar, pantai ini juga menawarkan pemandangan hutan bakau yang mengelilinginya. Para wisatawan bisa menikmatinya dari dermaganya, atau sambil berperahu.

#7. Pulau Miang

Tempat Wisata di Sangatta
Pulau Miang
Pulau kecil yang secara administratif berada di Kecamatan Sangkulirang, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur ini mempunyai keindahan laut, yang sangat sayang dilewatkan begitu saja.

Untuk menuju ke pulau yang dihuni oleh penduduk sekitar 500 jiwa ini, biasanya membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit perjalanan dari Kecamatan Sangkulirang, dengan mengunakan kapal longboat.

Disamping bisa menikmati keindahan laut yang begitu indah, para wisatawan juga bisa menemukan salah satu jenis ikan hiu cantik di pulau ini, yaitu Ikan Hiu Tutul, yang keberadaannya sudah sangat langka saat ini.

#8. Pulau Birah-birahan

Tempat Wisata di Sangatta
Pulau Birah-birahan
Selain Pulau Miang, ada satu lagi pulau di Kabupaten Kutai Timur, yang juga menarik dikunjungi wisatawan, yaitu Pulau Birah-birahan. Lokasinya juga berada di Kecamatan Sangkulirang, dan bisa dicapai dengan mengunakan kapal motor.

Kurang lebih sama dengan Pulau Miang, pulau ini juga mempunyai pemandangan laut yang begitu indah. Disamping itu, pemandangan bawah lautnya juga eksotis seperti taman laut lengkap dengan karang dan biota laut khas perairan Pulau Kalimantan.

#9. Mata Air Sekerat

Lokasi sumber Mata Air Sekerat ini berada didalam wilayah  PT.API di kaki Gunung Sekerat, atau lebih tepatnya berada di Desa Sekerat, Kecamatan Bengalon, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur.

Beberapa daya tarik dari tempat wisata ini, di antaranya adalah mempunyai panorama alam khas hutan Pulau Kalimantan, pemandangan indah Gunung Sekerat, air sungai yang begitu jernih, dan lain sebagainya.

#10. Pantai Kenyamukan

Tempat Wisata di Sangatta
Pantai Kenyamukan
Tempat wisata di Sangatta (Kutai Timur - Kalimantan Timur) yang bagus dikunjungi terakhir yaitu Pantai Kenyamukan. Garis pantai di pantai ini memang tidak terlalu panjang, yaitu hanya sekitar 50 meter saja.

Namun, dikarenakan lokasinya yang cukup dekat dengan pusat Kota Sangatta, sehingga pantai ini tidak pernah sepi pengunjung, khususnya pada akhir pekan (weekend) dan hari libur lainnya seperti hari raya.

Jika kamu penasaran dengan pantai ini? Kamu bisa mengunjunginya di Jalan Kenyamukan, Kecamatan Sangatta Utara, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur. Biasanya, pantai ini buka setiap hari, dari pukul 07:00 hingga pukul 22:00.

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan tentang beberapa tempat wisata di Sanggata (Kutai Timur - Kalimantan Timur) yang bagus untuk dikunjungi wisatawan. Baca juga ulasan tentang tempat wisata di Sampit (Kalimantan Tengah).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel