20+ Tempat Wisata di Sibolga (Sumut) Yang Menarik Dikunjungi!!

Tempat wisata di Sibolga (Sumut) yang direkomendasikan berikut ini sangat wajib dikunjungi oleh para wisatawan. Seperti kalian ketahui, Sibolga merupakan salah satu kota di Provinsi Sumatera Utara.

Kota Sibolga terletak di pantai barat Pulau Sumatera, membujur disepanjang pantai, dari selatan ke utara. Sehingga, tidak terlalu mengherankan jika banyak terdapat tempat wisata pulau dan pantai di kota ini.

Selain pulau dan pantai, Kota Sibolga juga memiliki beberapa tempat wisata menarik lainnya. Lantas, dimana saja tempat wisata di Sibolga (Sumut) yang menarik dikunjungi tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Inilah Beberapa Tempat Wisata di Sibolga (Sumut) Yang Menarik Dikunjungi


#1. Pulau Putri

Tempat Wisata di Sibolga
Pulau Putri
Tempat wisata di Sibolga (Sumut) yang menarik dikunjungi wisatawan pertama yaitu Pulau Putri. Pulau dengan luas setengah hektar ini hanya berjarak kurang lebih 12 kilometer dari pusat Kota Sibolga.

Pulau ini mempunyai keistimewaan tersendiri dengan pemandangan pantai dan bawah lautnya. Keeksotisannya pasti bisa membuat yang melihatnya langsung terkagum-kagum dengan keindahannya.

Untuk menuju ke pulau ini, para wisatawan bisa menyewa perahu dengan harga yang cukup mahal, yaitu antara Rp 1.000.000 - Rp 1.500.000. Kalau ingin lebih hemat, berkunjunglah secara beramai-ramai.

#2. Pulau Poncan Gadang

Tempat wisata di Sibolga (Sumut) yang menarik dikunjungi oleh wisatawan berikutnya yaitu Pulau Poncan Gadang. Lokasi pulau ini tidak begitu jauh dari dermaga Kota Sibolga, dan lumayan dekat dengan Pulau Putri.

Keindahan pantai ditambah dengan keeksotisan gua-gua jepang, membuat pulau ini memiliki daya tarik yang kuat untuk mendatangkan wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan yang berasal dari luar kota.

Bukan hanya itu saja, di pulau ini juga sudah tersedia beberapa tempat untuk beristirahat berupa resort. Apabila kamu terlalu lelah untuk kembali pulang, kami bisa bermalam di resort-resort di pulau ini.

#3. Pulau Poncan Ketek

Tempat Wisata di Sibolga
Pulau Poncan Ketek
Lokasi Pulau Poncan Ketek ini sangat dekat sekali dengan Pulau Poncan Gadang. Bahkan, karena saking dekatnya, membuat banyak wisatawan yang menganggap bahwa kedua pulau ini adalah pulau kembar.

Walaupun saling berdekatan dan dianggap pulau kembar, bukan berarti fasilitas pendukung di kedua pulau ini sama, dari ukurannya saja jauh berbeda, dimana Pulau Poncan Ketek berukuran lebih kecil dibandingkan Pulau Poncan Gadang.

Namun jangan dulu dianggap remeh. Pasalnya, panorama alam yang dimiliki oleh Pulau Poncan Ketek tidak ini kalah indah dengan panorama alam yang dimiliki oleh Pulau Poncan Gadang.

#4. Pantai Ujung

Tempat Wisata di Sibolga
Pantai Ujung
Kota Sibolga berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, sehingga tidak terlalu mengherankan jika kota ini memiliki beberapa tempat wisata pantai yang begitu cantik, salah satunya adalah Pantai Ujung.

Perpaduan antara pasir berwarna kecokelatan dengan hamparan laut biru, sehingga pantai ini terlihat lebih eksotis. Disamping itu, pantai ini juga merupakan salah satu tempat terbaik untuk menikmati matahari terbenam (sunset) di Sibolga.

Jika kamu penasaran dengan pantai ini? Kamu bisa mengunjunginya di Desa Simare-Mare, Kecamatan Sibolga Utara, Kota Sibolga. Biasanya, pantai ini buka setiap hari, dari pukul 08:00 hingga pukul 00:00.

#5. Benteng Simare-mare

Selain Pantai Ujung, ada satu lagi tempat wisata yang menarik dikunjungi di Desa Simare-mare, yaitu Benteng Simare-mare. Benteng Simare-mare adalah sebuah benteng bersejarah peninggalan penjajahan jepang.

Lokasi benteng ini hanya berjarak kurang lebih 300 meter dari pusat kota Sibolga. Disamping itu, lokasi benteng ini juga tidak begitu jauh dari laut, sehingga bisa juga menikmati pemandangan laut dari tempat ini.

#6. Pulau Sarudik

Tempat wisata di Sibolga (Sumut) yang menarik dikunjungi wisatawan selanjutnya yaitu Pulau Sarudik. Pulau yang dikenal juga dengan nama " Sarudut " ini terkenal dengan pantainya yang berpasir putih.

Pulau Sarudik adalah salah satu tempat terbaik untuk melakukan snorkeling di Sibolga. Pasalnya, ombaknya di pulau ini sedikit lebih tenang. Disamping itu, pemandangan matahari terbenam (sunset) dari pulau ini juga cukup eksotis.

Pulau ini berada di Teluk Sibolga, dan hanya berjarak kurang lebih 3 kilometer dari pusat Kota Sibolga, atau lebih tepatnya berada di Desa Pancuran Pinang, Kecamatan Sibolga Sambas, Kota Sibolga.

#7. Pulau Mursala

Tempat Wisata di Sibolga
Pulau Mursala
Secara administratif, Pulau Mursala ini tidak berada di wilayah Kota Sibolga, melainkan berada di Wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah, atau lebih tepatnya berada di Wilayah Kecamatan Tapian Nauli.

Namun, karena lokasinya yang cukup dekat dengan Kota Sibolga, sehingga pulau ini patut dipertimbangkan untuk dikunjungi wisatawan. Apalagi, keindahan alam yang ditawarkannya sangat mempesona.

Salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi wisatawan di Pulau Mursala ini adalah sebuah air terjun yang langsung ke jatuh ke laut. Disamping itu. pulau ini juga pernah menjadi lokasi pembuat film hollywood berjudul " Kingkong ".

#8. Pulau Pasir Putih

Sesuai dengan namanya, pulau seluas sekitar 2,5 hektar ini memiliki hamparan pasir yang putih bersih. Bukan hanya itu saja, terumbu karang, dan biota lautnya juga mempunyai daya tarik tersendiri.

Disamping itu, pulau yang hanya berjarak beberapa kilometer dari dermaga Kota Sibolga ini juga memiliki hutan yang menambah keeksotisan pulau ini. untuk menuju ke pulau ini bisa mengunakan perahu dengan biaya Rp 100.000.

 #9. Pantai Pandan

Pantai ini terletak di pesisir wilayah Kota Sibolga, namun secara administratif, pantai ini berada di wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah, atau lebih tepatnya lagi berada di Desa Pandan, Kecamatan Pandan.

Namun, karena lokasinya cukup dekat dengan Kota Sibolga, sehingga patut dipertimbangkan untuk dikunjungi. Apalagi, pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang siap memanjakan para pengunjungnya.

Bukan hanya itu saja, sejumlah fasilitas, mulai dari tempat makan hingga penginapan sudah tersedia disekitar pantai. Disamping itu, pemandangan matahari terbenam (sunset) di pantai ini juga cukup eksotis.

#10. Pantai Indah Kalangan

Tempat Wisata di Sibolga
Pantai Indah Kalangan
Tempat wisata di Sibolga (Sumut) yang juga menarik dikunjungi wisatawan berikutnya yaitu Pantai Indah Kalangan. Pantai yang satu ini sedikit berbeda dengan beberapa pantai lainnya di Sibolga, dan sekitarnya.

Pasalnya, selain menyajikan pemandangan pantai dengan pasir putih bersih, pantai yang berada di Desa Kalangan, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah ini juga menyuguhkan pemandangan perbukitan.

Disamping itu, fasilitas pendukung di pantai ini juga sudah lengkap, mulai dari gazebo untuk bersantai, toilet, tempat parkir, penyewaan ban, banana boat, hingga tempat menginap ada disekitar pantai ini.

#11. Tangga Seratus

Tempat Wisata di Sibolga
Tangga Seratus
Bukan hanya pulau yang eksotis dan pantai yang cantik saja, Kota Sibolga dan sekitarnya juga mempunyai sejumlah tempat wisata alam yang tidak kalah indah, salah satunya adalah Tangga Seratus.

Tangga Seratus adalah sebuah tangga dengan anak tangga lebih dari seratus. Tangga ini menuju ke puncak bukit, sehingga pemandangan yang ditawarkannya adalah pemandangan dari puncak bukit yang indah.

Jika kamu penasaran seperti apa Tangga Seratus ini? Kamu bisa mengunjunginya di Jalan Sisingamangaraja, Desa Sibolga Ilir, Kecamatan Sibolga Utara, Kota Sibolga. Biasanya, tempat ini dibuka 24 jam setiap harinya.

#12. Bukit Tor Simarbarimbing

Tempat Wisata di Sibolga
Bukit Tor Simarbarimbing
Jika kamu ingin melihat pemandangan indah Kota Sibolga dan Teluk Tapian Nauli dari ketinggian? Maka kunjungilah Bukit Tor Simarbarimbing di Desa Angin Nauli, Kecamatan Sibolga Utara, Kota Sibolga.

Dalam perjalanan menuju ke puncaknya, para pengunjung juga akan menemukan beberapa hal menarik, salah satunya adalah perkampungan suku nias, lengkap dengan replika lompat batu, atau hombo batu.

Lebih menariknya lagi, di Bukit Tor Simarbarimbing sudah dilengkapi dengan beberapa gazebo, yang bisa dimamfaatkan oleh para pengunjung untuk sekedar melepas lelah sejenak.

#13. Pantai Bosur

Tempat Wisata di Sibolga
Pantai Bosur
Selain Pulau Mursula, Pantai Pandan, dan Pantai Indah Kalangan, ada satu lagi tempat wisata yang lokasinya bukan di wilayah Kota Sibolga, namun cukup dekat dengan Kota Sibolga, sehingga patut dipertimbangkan untuk dikunjungi, yaitu Pantai Bosur.

Pantai yang secara administratif berada di Desa Kalangan, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah ini menawarkan pemandangan pantai yang tidak kalah jauh dengan pantai lainnya di Kota Sibolga.

#14. Bukit Ketapang

Tempat wisata di Sibolga (Sumut) yang juga menarik dikunjungi wisatawan selanjutnya yaitu Bukit Ketapang. Bukit Ketapang adalah salah satu tempat wisata sejarah yang bisa ditemukan di Kota Sibolga dan sekitarnya.

Di bukit yang berada Desa Sibolga Ilir, Kecamatan Sibolga Utara, Kota Sibolga di ini terdapat beberapa objek wisata sejarah peninggalan penjajahan jepang, salah satu yang terkenal adalah Benteng Jepang.

Disamping itu, dari puncak bukit ini, para pengunjung juga bisa melihat pemandangan indah Kota Sibolga dan Teluk Tapian Nauli dari ketinggian.

#15. Pulau Bangke

Walaupun namanya terdengar sedikit unik, namun keindahan alam di Pulau Bangke ini tidak kalah jauh jika dibandingkan dengan keindahan alam di beberapa pulau lainnya di Kota Sibolga, dan sekitarnya.

Lokasi pulau ini sangat dekat dengan Pulau Poncan (Pulau Poncan Gadang, dan Pulau Poncan Ketek). Bahkan, pulau ini bisa langsung dikunjungi dari kedua pulau tersebut jika air laut sedang surut.

#16. Batu Lobang

Tempat Wisata di Sibolga
Batu Lobang
Batu Lobang merupakan sebuah terowongan sepanjang 20 meter, yang berada di sebuah jalan raya, yang menghubungkan antara Kabupaten Tapanuli Utara dengan Kota Sibolga di Provinsi Sumatera Utara.

Banyak pengendara yang sengaja berhenti di lokasi terowongan ini untuk sekedar berfoto. Batu Lobang ini disebut juga dengan nama " Goa Belanda " karena terowongan ini dibangun pada masa penjajahan belanda.

#17. Pantai Pelabuhan Lama

Tempat Wisata di Sibolga
Pantai Pelabuhan Lama
Garis pantai di pantai yang berada di Jalan Yos Sudarso, Kota Beringin, Sibolga Kota, Kota Sibolga ini cukup luas, sehingga cocok dijadikan sebagai tempat nongkrong di Sibolga, khususnya pada sore hari.

Pasalnya, pemandangan matahari terbenam (sunset) di Pantai Pelabuhan Lama ini cukup eksotis, apalagi ketika musim kemarau. Biasanya, tempat wisata ini dibuka 24 jam setiap harinya, sehingga bisa dikunjungi kapanpun.

#18. Pantai Wisata Indah

Tempat wisata di Sibolga (Sumut) yang juga cukup menarik dikunjungi berikutnya yaitu Pantai Wisata Indah. Pantai Wisata Indah adalah salah satu tempat nongkrong favorit warga Sibolga pada sore hari.

Dinamakan " Pantai Wisata Indah " karena lokasi pantai ini tepat berada didepan Hotel Wisata Indah, yang berada di Jalan Brigjen Katamso No.51, Desa Pasar Baru, Kecamatan Sibolga Kota, Kota Sibolga.

#19. Sibolga Square

Tempat Wisata di Sibolga
Sibolga Square
Kalau tempat yang satu ini hanya buka pada malam hari, dan banyak menjual berbagai jenis kuliner, mulai dari nasi goreng, sate, mie tek-tek, soto ayam, pempek, mie sop, dan masih banyak lagi lainnya.

Bukan hanya itu saja, di tempat ini juga ada menjual Mie Gomak, yaitu salah satu makanan khas Sumatera Utara. Lokasinya bisa dikunjungi di Jalan Ahmad Yani, Pasar Baru, Sibolga Kota, Kota Sibolga.

#20. Jembatan Kuning

Tempat Wisata di Sibolga
Jembatan Kuning
Tempat wisata di Sibolga (Sumut) yang menarik dikunjungi terakhir yaitu Jembatan Kuning. Jembatan yang membentang diatas laut sepanjang 100 meter ini adalah salah satu objek wisata baru di Kota Sibolga.

Biasanya, jembatan yang berada di Desa Pasar Belakang, Kecamatan Sibolga Kota, Kota Sibolga banyak dikunjungi wisatawan pada sore hari. Pasalnya, pada sore hari, pemandangan matahari terbenam (sunset) dari jembatan ini sangat eksotis.

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan beberapa tempat wisata di Sibolga (Sumut) yang menarik dikunjungi oleh para wisatawan. Baca juga ulasan tentang beberapa tempat wisata di Tanjung Morawa (Kabupaten Deli Serdang).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel