12+ Tempat Wisata di Sintang (Kalbar) Yang Lagi Hits Dikunjungi!!

Inilah beberapa tempat wisata di Sintang (Kalbar) yang lagi hits dikunjungi oleh para wisatawan, baik wisatawan lokal, maupun wisatawan dari luar daerah. Perlu diketahui, Sintang adalah salah satu kabupaten Kota di Kalimantan Barat.

Kabupaten Sintang di Provinsi Kalimantan Barat ini cukup dikenal dengan sejumlah tempat wisatanya, mulai dari tempat wisata alam, tempat wisata sejarah, hingga tempat wisata budaya, dan lain sebagainya.

Lantas, dimana saja tempat wisata di Sintang (Kalbar) yang lagi hits dikunjungi wisatawan tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Inilah Beberapa Tempat Wisata di Sintang (Kalbar) Yang Lagi Hits Dikunjungi


#1. Museum Dara Juanti

Tempat wisata di Sintang (Kalbar) yang lagi hits dikunjungi pertama yaitu Museum Dara Juanti. Museum ini banyak menyimpan berbagai bukti sejarah peradaban di kawasan Kabupaten Sintang dan sekitarnya.

Museum ini menjadi salah satu bukti keberadaan kerajaan sintang. Dimana didalam museum ini terdapat juga beberapa peninggalan kerajaan sintang seperti meriam raja suka, batu kudu, dan lain sebagainya.

Biasanya, museum ini buka setiap hari, mulai dari pukul 08:00 hingga pukul 15:00. Lokasinya berada di Jalan Dara Juanti RT/RW: 05/02, Kelurahan Kapuas Kiri Hulu, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang.

#2. Istana Al Mukarramah

Tempat Wisata di Sintang
Istana Al Mukarramah
Tempat wisata di Sintang (Kalbar) yang lagi hits dikunjungi berikutnya yaitu Istana Al Mukarramah. Istana Al Mukarramah juga merupakan salah satu bukti keberadaan kerajaan sintang di Kabupaten Sintang.

Dulunya, istana ini merupakan pusat pemerintahan kerajaan sintang. Sampai sekarang, istana yang berada di pertemuan Sungai Kapuas dan Sungai Melawi ini masih menjadi tempat tinggal sultan kerajaan sintang.

Jika kamu penasaran dengan istana ini? Kamu bisa melihatnya di Desa Nanga Sakai, Kecamatan Ambalau, Kabupaten Sintang. Biasanya, istana ini buka setiap hari, mulai dari pukul 07:00 hingga pukul 18:00.

#3. Masjid Jamik Sultan Nata

Masjid Jamik Sultan Nata adalah masjid tertua di Kabupaten Sintang. Lokasinya tidak begitu jauh dari Museum Dara Juanti, atau lebih tepatnya berada di Kelurahan Kapuas Kiri Hilir, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang.

Kurang lebih sama dengan Istana Al Mukarramah, masjid yang dibangun mengunakan kayu belian atau lebih dikenal dengan julukan " kayu besi " ini juga merupakan salah satu bukti sejarah peradaban di Kabupaten Sintang.

#4. Gunung Kelam

Tempat Wisata di Sintang
Gunung Kelam
Kabupaten Sintang di Provinsi Kalimantan Barat juga memiliki tempat wisata gunung yang menarik dikunjungi wisatawan, khususnya bagi wisatawan yang senang mendaki gunung, yaitu Gunung Kelam.

Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.002 mdpl (meter diatas permukaan air laut). Biasanya, para pendaki membutuhkan waktu antara 4 - 5 jam untuk mencapai puncaknya, dan 3 - 4 jam untuk menuruninya.

Salah satu keunikan dari gunung yang lokasinya berada dikawasan Hutan wisata Bukit Kelam di Kecamatan Kelam Permai, Kabupaten Sintang ini, yaitu terdapat tanaman endemik, yaitu kantong semar.

#5. Hutan Wisata Baning

Hutan Wisata Baning adalah satu-satunya hutan tropis alami di Indonesia, yang lokasinya berada di tengah-tengah kota. Lokasinya berada di Kelurahan Tanjung Puri, dan Kelurahan Baning, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang.

Disamping itu, hutan ini juga merupakan sebuah hutan rawa gambut yang sepanjang tahun digenangi air, sehingga banyak terdapat berbagai jenis tumbuhan endemik yang tumbuh subur di dalam hutan ini.

Bukan hanya itu saja, di dalam hutan ini juga terdapat beberapa jenis hewan langka, dan juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung untuk memberikan kenyamanan kepada para pengunjungnya.

#6. Taman Nasional Bukit Baka - Bukit Raya

Tempat Wisata di Sintang
Taman Nasional Bukit Baka - Bukit Raya
Tempat wisata di Sintang (Kalbar) yang lagi hits dikunjungi wisatawan selanjutnya yaitu Taman Nasional Bukit Baka -Bukit Raya. Taman Nasional Bukit Baka - Bukit Raya merupakan sebuah kawasan konservasi.

Lokasinya berada di perbatasan antara Provinsi Kalimantan Barat dan Provinsi Kalimantan Tengah, atau lebih tepatnya berada di Desa Rantau Malam, Kecamatan Serawai, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.

#7. Serantung Water Park

Serantung Water Park adalah salah satu tempat wisata yang cocok dikunjungi bersama keluarga di Sintang. Pasalnya, di dalam tempat wisata ini terdapat berbagai jenis wahana permainan anak seperti Waterboom, Water Play, Indoor Playground, dan lainnya.

Biasanya, tempat wisata ini buka setiap hari, dari pukul 13:00 - 18:00 untuk hari biasa, dan 07:00 - 18:00 untuk akhir pekan. Lokasinya berada di Kelurahan Kapuas Kanan Hulu, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang.

#8. Taman Bungur Sungai Kapuas

Taman Bungur Sungai Kapuas adalah salah satu tempat wisata favorit bagi warga Kota Sintang dan sekitarnya. Pasalnya, taman ini berada di pusat Kota Sintang, dan didepan Rumah Bupati Kabupaten Sintang.

Biasanya, taman yang berada di Kelurahan Tanjung Puri, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat ini sering dijadikan sebagai tempat nongkrong oleh warga Kota Sintang dan sekitarnya.

#9. Museum Kapuas Raya

Museum yang dibuka secara resmi pada tanggal 11 oktober 2008 lalu ini dibangun atas inisiatif Trofen Museum di Kota Amsterdam, yang mendirikan pusat kebudayaan sintang pada tahun 1822 silam.

Museum yang berada di Kelurahan Tanjung Puri, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat ini memiliki tiga ruangan utama, yaitu ruang sejarah, ruang kebudayaan, dan ruang tenun.

#10. Goa Maria Bukit Kelam

Tempat wisata yang satu ini berada di dalam komplek wisata Rohani Bukit Kelam, atau lebih tepatnya berada di Kelurahan Merpak, Kecamatan Kelam Permai, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.

Di dalam kawasan wisata ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan sarana pendukung lainnya, mulai dari sebuah kapel, rute jalan salib, aula, rumah retreat, hingga penginapan, dan lain sebagainya.

#11. Air Terjun Lepung Iring

Kabupaten Sintang di Kalimantan Barat juga mempunyai beberapa tempat wisata alam berupa air terjun yang menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Salah satunya adalah Air Terjun Lepung Iring.

Lokasi Air Terjun Lepung Iring ini berada di Desa Mangat Baru, Kecamatan Dedai, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. Jaraknya hanya kurang lebih 1,5 jam perjalanan dari pusat Kota Sintang.

#12. Rumah Kapal

Tempat Wisata di Sintang
Rumah Kapal
Tempat wisata di Sintang (Kalbar) yang lagi hits dikunjungi oleh wisatawan terakhir yaitu Rumah Kapal. Rumah Kapal adalah sebuah kapal besar yang lokasinya berada di darat (bukan kapal terdampar).

Lokasinya masih berada didalam kawasan Bukit Kelam, dan jaraknya hanya sekitar 30 menit perjalanan dari pusat Kota Sintang. Didalam Rumah Kapal ini terdapat berbagai jenis benda-benda antik.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Sintang (Kalbar) yang lagi hits dikunjungi wisatawan, baik wisatawan lokal, maupun wisatawan dari luar daerah. Baca juga ulasan tentang beberapa tempat wisata di Mempawah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel