11+ Tempat Wisata di Tarutung (Tapanuli Utara - Sumut) Yang Menarik Dikunjungi!!

Inilah beberapa tempat wisata di Tarutung (Tapanuli Utara - Sumut) yang paling menarik dikunjungi oleh para wisatawan. Mungkin ada sebagian diantara kalian yang masih asing dengan nama kota " Tarutung ".

Namun perlu diketahui, Tarutung adalah ibukota Kabupaten Tapanuli Utara di Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Dan disekitar Kota Tarutung terdapat sejumlah tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Lantas, dimana saja lokasi tempat wisata di Tarutung (Kabupaten Tapanuli Utara - Provinsi Sumatera Utara) yang menarik untuk dikunjungi wisatawan tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Inilah Beberapa Tempat Wisata di Tarutung (Tapanuli Utara - Sumut) Yang Menarik Dikunjungi


#1. Pulau Sibandang

Rekomendasi tempat wisata di Tarutung (Tapanuli Utara - Sumut) yang menarik dikunjungi pertama yaitu Pulau Sibandang. Pulau Sibandang adalah salah satu pulau indah di Danau Toba selain Pulau Samosir.

Salah satu daya tarik utama dari Pulau Sibandang ini yaitu mempunyai lanskap yang menyejukan mata melalui hijaunya pohon-pohon, dan bebatuan di pulau tersebut, serta hamparan air di Danau Toba.

Pulau yang masuk kedalam kawasan Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara ini disebut juga dengan nama " Pulau Mangga ". Pasalnya, bentuk Pulau Sibandang ini mirip sekali seperti buah mangga.

#2. Kawah Sipoholon

Tempat Wisata di Tarutung
Kawah Sipoholon
Rekomendasi tempat wisata di Tarutung (Tapanuli Utara - Sumut) yang menarik dikunjungi berikutnya yaitu Kawah Sipoholon. Kawah Sipoholon adalah sebuah tempat wisata berupa pemandian air panas.

Salah satu daya tarik utama dari Kawah Sipoholon ini terletak pada dua sumber mata air panasnya yang lokasinya saling berdampingan, yang seolah-olah berlomba mengeluarkan air panas dari dalam tanah.

Jika kamu penasaran dengan pemandian air panas ini? Kamu bisa mengunjunginya di Jalan Tarutung, Desa Tapian Nauli, Kecamatan Sipoholon, Kabupaten Tapanuli Utara. Biasanya, tempat wisata ini dibuka 24 jam setiap harinya.

#3. Panatapan Huta Ginjang

Panatapan Huta Ginjang adalah sebuah tempat wisataa, dimana dari tempat ini, para pengunjung bisa melihat secara langsung keindahan Danau Toba, dan Pulau Sibandang atau Pulau Mangga dari kejauhan.

Tempat wisata yang satu ini berada di ketinggian sekitar 1.550 meter diatas permukaan air laut. Hal ini sesuai dengan nama tempat ini, yaitu Panatapan " Huta Ginjang " yang berarti " Kampung Tinggi ".

Biasanya, tempat wisata yang lokasinya berada di Kelurahan Huta Ginjang, Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara ini dibuka 24 jam setiap harinya.

#4. Pemandian Air Soda Alami

Tempat Wisata di Tarutung
Pemandian Air Soda Alami
Kalau tempat wisata yang satu ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi ketika sedang berwisata ke Kota Tarutung dan sekitarnya. Pasalnya, hanya ada dua pemandian air soda alami di dunia ini.

Yang pertama berada di negara Venezuela, dan yang kedua berada di Kota Tarutung, atau lebih tepatnya berada di Desa Parbubu, Kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

Sedikit berbeda dengan kolam pemandian pada umumnya, kolam pemandian ini mengeluarkan gas dari dasar kolamnya yang membentuk buih dan gelembung. Biasanya, tempat wisata ini buka setiap hari, dari pukul 06:00 - 21:00.

#5. Situs Hindu Hopong

Mungkin belum banyak orang yang mengetahui kalau penyebaran agama hindu di bumi nusantara itu juga sampai ke dataran Sumatera Utara, atau lebih tepatnya di lereng Bukit Jalur Taput, Kecamatan Simangumban, Kabupaten Tapanuli Utara.

Jejak peninggalan agama hindu berupa patung-patung, yang bentuknya mirip dengan patung-patung di Candi Simangambat, yang berada di Desa Simangambat, Kecamatan Siabu, Kabupaten Mandailing Natal.

Oleh karena itulah, Situs Hindu Hopong ini diperkirakan dibangun pada abad ke-9 masehi, yaitu pada masa pemerintahan kerajaan sriwijaya. Biasanya, tempat wisata sejarah ini dibuka 24 jam setiap harinya.

#6. Tugu Toga Aritonang

Tempat Wisata di Tarutung
Tugu Toga Aritonang
Rekomendasi tempat wisata di Tarutung (Tapanuli Utara - Sumut) yang juga menarik dikunjungi selanjutnya yaitu Tugu Toga Aritonang, yang diresmikan pada tanggal 11 - 12 bulan maret 2016 yang lalu.

Tugu setinggi 33 meter ini dibangun oleh keturunan Raja Lontung ke-6 dengan tujuan untuk mempersatukan semua marga Aritonang. Kabarnya, pembangunan tugu ini menghabiskan dana sebesar Rp 5 Miliar.

Jika kamu penasaran dengan tugu ini? Kamu bisa langsung mengunjunginya di Desa Dolok Martumbur, Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara. Biasanya, tugu ini dibuka setiap hari, dari pukul 08:00 hingga pukul 19:00.

#7. Pemandian Air Panas Tamaro

Kurang lebih sama dengan Kawah Sipoholon, tempat wisata yang berada di Desa Simamora, Kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara ini juga memanjakan para pengunjungnya dengan kolam pemandian air panas.

Lebih menariknya lagi, para pengunjung tidak perlu biaya mahal, cukup membayar tiket sebesar Rp 5.000/orang sudah bisa langsung menikmati kolam pemandian air panas yang banyak mengandung belerang ini.

#8. Sopo Partungkoan

Sopo Partungkoan adalah sebuah bangunan megah bergaya arsitektur khas Tapanuli Utara. Kemegahan bangunan ini cocok sekali dijadikan sebagai latarbelakang atau background untuk foto selfie.

Bangunan megah ini bisa dikunjungi di Jalan Sisingamangaraja, Desa Hutatoruan VI, Kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara. Biasanya, tempat wisata ini buka setiap hari, dari pukul 07:00 hingga pukul 17:00.

#9. Salib Kasih

Tempat Wisata di Tarutung
Salib Kasih
Tempat wisata yang satu ini juga tidak boleh dilewatkan begitu saja, terutama bagi wisatawan yang beragama kristen. Pasalnya, tempat wisata ini adalah sebuah monumen berbentuk salib berukuran besar.

Monumen ini dibangun pada bulan Oktober 1933 silam untuk menghormati dan mengenang jasa seorang misionaris kristen berkebangsaan jermar bernama " Ingwer Ludwig Nommensen " yang membawa masuk agama kristen ke Tapanuli.

Lokasinya berada di Desa Simorangkir Julu, Kecamatan Siatas Barita, Kabupaten Tapanuli Utara. Biasanya, tempat wisata religi ini dibuka setiap hari, mulai dari pukul 07:00 hingga pukul 18:00.

#10. Gereja HKBP Dame Saitnihuta

Rekomendasi tempat wisata di Tarutung (Tapanuli Utara - Sumut) yang menarik dikunjungi berikutnya yaitu Gereja HKBP Dame Saitnihuta. Gereja HKBP Dame Saitnihuta adalah salah satu gereja tertua di Kabupaten Tapanuli Utara.

Gereja ini dibangun oleh pendeta Ingwer Ludwig Nommensen dan resmi dibuka pada tangga 24 Mei 1964 silam. Sekarang, gereja ini dikelola dan dimiliki oleh dua lembaga gereja di Indonesia, yakni GKPI, dan HKBP.

Jika kamu penasaran dengan Gereja HKBP Dame Saitnihuta ini? Kamu bisa langsung mengunjunginya di Desa Hutatoruan V, Kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

#11. Bukit Doa

Rekomendasi tempat wisata di Tarutung (Tapanuli Utara - Sumut) yang juga menarik dikunjungi terakhir yaitu Bukit Doa. Bukit Doa adalah sebuah tempat wisata alam bernuansa religi (agama kristen).

Salah satu daya tarik utama dari Bukit Doa ini, yaitu di tempat ini terdapat sebuah jalan yang dinamakan " Jalan Salib Mahawu " yang menceritakan tentang kisah Yesus Kristus dengan 14 lokasi pemberhentian.

Sedangkan dibagian puncaknya terdapat sebuah Kapel Maria dengan bentuk yang " cukup " unik. Jika kamu penasaran dengan Bukit Doa ini? Kamu bisa mengunjunginya di Desa Huta Ginjang, Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Tarutung (Kabupaten Tapanuli Utara - Provinsi Sumatera Utara) yang menarik dikunjungi. Baca juga artikel menarik lainnya di blog Pikniktoday.com.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel