15+ Tempat Wisata di Tenggarong (Kutai Kartanegara - Kaltim)

Beberapa tempat wisata di Tenggarong (Kutai Kartanegara - Kaltim) berikut ini sangat wajib dipertimbangkan untuk segera dikunjungi oleh para wisatawan. Pasalnya, Tenggarong menyimpan sejuta pesona dan panorama alam yang menggagumkan.

Mulai dari tempat wisata sejarah, tempat wisata budaya, spot-spot foto yang instagramable, hingga tempat wisata alam ada di kota yang menjadi ibukota Kabupaten Kutai Kartanegara di Provinsi Kalimantan Timur ini.

Bukan hanya itu saja, sejumlah kulinernya juga menjadi daya tarik tersendiri di Kota Tenggarong. Lantas, dimana saja tempat wisata di Tenggarong (Kutai Kartanegara - Kaltim) yang menarik dikunjungi tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Inilah Beberapa Tempat Wisata di Tenggarong (Kutai Kartanegara - Kaltim) Yang Menarik Dikunjungi


#1. Pulau Kumala

Tempat Wisata di Tenggarong
Jembatan Repo-Repo menuju ke Pulau Kumala
Tempat wisata di Tenggarong (Kutai Kartanegara - Kaltim) yang menarik dikunjungi pertama yaitu Pulau Kumala. Pulau ini terletak di Sungai Mahakam, atau lebih tepatnya berada di tengah-tengah Kota Tenggarong.

Awalnya, pulau ini hanya berupa lahan tidur yang banyak ditumbuhi semak belukar, namun sejak tahun 2000 silam, pulau ini disulap menjadi salah satu tempat wisata dengan beragam fasilitas di dalamnya.

Untuk menuju ke pulau ini, para wisatawan bisa melewati Jembatan Repo-Repo yang berada di Kelurahan Timbau, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

BACA JUGA: 10+ Tempat Wisata di Sangatta (Kutai Timur - Kalimantan Timur)

#2. Jembatan Kutai Kartanegara

Tempat Wisata di Tenggarong
Jembatan Kutai Kartanegara
Tempat wisata di Tenggarong (Kutai Kartanegara - Kaltim) yang menarik dikunjungi berikutnya yaitu Jembatan Kutai Kartanegara. Jembatan Kutai Kartanegara merupakan salah satu ikon Kota Tenggarong.

Jembatan Kutai Kartanegara ini berfungsi sebagai jalur utama yang menghubungkan antara Kota Tenggarong dengan kecamatan Tenggarong Seberang menuju ke Kota Samarinda, yaitu ibukota Kalimantan Timur.

Waktu terbaik berkunjung ke jembatan ini, yaitu pada sore hari menjelang malam hari. Pasalnya, pada waktu tersebut, jembatan ini akan menunjukan keindahannya dengan lampu-lampunya yang kelap-kelip.

#3. Museum Mulawarman

Tempat Wisata di Tenggarong
Museum Mulawarman
Museum Mulawarman adalah sebuah istana kesultanan kutai kartanegara, yang sekarang difungsikan sebagai museum untuk menyimpan berbagai benda-benda sejarah peninggalan kesultanan kutai kartanegara.

Jika kamu penasaran dengan Museum Mulawarman ini? Kamu bisa langsung mengunjunginya di Jalan Tepian Pandan, Kelurahan Panji, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Biasanya, istana yang dibangun pada tahun 1963 silam untuk mengantikan istana sebelumnya yang sudah terbakar ini dibuka setiap hari, mulai dari pukul 08:30 hingga pukul 16:30.

#4. Museum Kayu Tuah Himba

Selain Museum Mulawarman, ada satu lagi tempat wisata berupa museum di Kabupaten Kutai Kartanegara, yang juga wajib dipertimbangkan untuk dikunjungi wisatawan, yaitu Museum Kayu Tuah Himba.

Museum yang berada di Jalan Museum Kayu, Kelurahan Panji, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur ini sedikit berbeda dengan museum-museum pada umumnya di Indonesia.

Pasalnya, para wisatawan akan disuguhkan dengan berbagai koleksi berupa kekayaan-kekayaan alam di Kabupaten Kutai Kartanegara, mulai dari beberapa jenis kayu, biji-bijian, kerajinan khas, hingga hewan khas yang diawetkan dan lainnya.

#5. Waduk Panji Sukarame

Tempat Wisata di Tenggarong
Waduk Panji Sukarame
Waduk Panji Sukarame adalah sebuah danau buatan, yang awalnya hanya untuk keperluan irigasi bagi persawahan disekitarnya. Namun, karena panorama yang disuguhkannya cukup indah, sehingga danau ini disulap menjadi tempat rekreasi yang menarik.

Lokasinya tidak begitu jauh dari Museum Kayu Tuah Himba, yaitu hanya berjarak sekitar 600 meter saja, atau lebih tepatnya berada di Jalan Selimpat, Kelurahan Panji, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Biasanya, danau buatan seluas kurang lebih 32 hektar ini buka setiap hari kecuali pada hari senin dan hari kamis, mulai dari pukul 08:00 hingga pukul 00:00.

#6. Ladaya

Tempat Wisata di Tenggarong
Ladaya
Tempat wisata di Tenggarong (Kutai Kartanegara - Kaltim) yang menarik dikunjungi wisatawan selanjutnya yaitu Taman Ladang Budaya Tenggarong, atau lebih populer disebut dengan nama " Ladaya ".

Ada banyak wahana permainan yang bisa dicoba di tempat wisata ini, mulai dari Mini Zoo, Flying Fox, Out Boud, Paint Ball, hingga beberapa wahana permainan anak-anak seperti perosotan, dan lain sebagainya.

Bukan hanya itu saja, para wisatawan juga bisa menyewa lamin, yaitu sebuah rumah kayu yang unik, dan bisa digunakan sebagai tempat untuk beristirahat sejenak di Taman Ladang Budaya Tenggarong ini.

Jika kamu penasaran dengan Taman Ladang Budaya Tenggarong ini? Kamu bisa mengunjungi di Kelurahan Mangkurawang, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

#7. Planetarium Jagat Raya

Tempat Wisata di Tenggarong
Planetarium Jagat Raya
Kota Tenggarong di Kabupaten Kutai Kartanegara juga mempunyai sebuah planetarium, yang juga menarik untuk dikunjungi wisatawan yaitu Planetarium Jagat Raya, atau kadang disebut juga dengan nama " Rumah Alam Semesta Tenggarong ".

Planetarium Jagat Raya adalah planetarium ke-3 di Indonesia, yang sudah dilengkapi dengan 6 buah proyektor slide, dan sebuah teleskop setinggi 2.750 milimeter. Sehingga, para wisatawan bisa menikmati indahnya bintang-bintang yang jarang ditemui.

Biasanya, tempat wisata ini buka setiap hari, dari pukul 10:00 hingga pukul 16:00. Lokasinya berada di Jalan Diponegoro, Panji, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

#8. Batu Dinding

Tempat Wisata di Tenggarong
Batu Dinding
Batu Dinding adalah sebuah bukit batu setinggi kurang lebih 125 meter, yang membentang sejauh 150 meter di Desa Karya Merdeka, Kecamatan Semboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Lokasi Batu Dinding ini memang lumayan jauh dari ibukota Kabupaten Kutai Kartanegara. Namun, panorama yang ditawarkannya sangat indah, sehingga wajib dipertimbangkan untuk segera dikunjungi wisatawan.

Bahkan, karena saking indahnya bukit batu yang berada didalam kawasan Taman Hutan Raya Soeharto ini, oleh sebagian wisatawan disebut-sebut sebagai versi mini " Tembok China " buatan alam.

#9. Masjid Agung Sultan Sulaiman

Kota Tenggarong di Kabupaten Kutai Kartanegara juga mempunyai beberapa masjid, yang cukup menarik dikunjungi wisatawan, khususnya para wisatawan muslim, salah satunya adalah Masjid Agung Sultan Sulaiman.

Masjid terbesar di Kutai Kartanegara ini berada di tengah-tengah Kota Tenggarong, atau lebih tepatnya berada di Jalan KH Dewantara, Kelurahan Panji, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

#10. Taman Kota Raja

Tempat Wisata di Tenggarong
Taman Kota Raja
Tempat wisata di Tenggarong (Kutai Kartanegara - Kaltim) yang juga menarik dikunjungi para wisatawan selanjutnyaitu Taman Kota Raja. Lokasinya berada disamping Jembatan Kutai Kartanegara.

Atau lebih tepatnya berada di Jalan Wolter Monginsidi No.16, Kelurahan Timbau, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Dan waktu terbaik berkunjung kesini, yaitu pada malam hari.

Pasalnya, pada malam hari, taman kota yang mirip dengan " Gardens by The Bay " di Singapura ini akan menunjukan keindahannya yang luar biasa, dengan cahaya lampu-lampunya yang berwarna-warni.

#11. CreativePark Tenggarong

Tempat Wisata di Tenggarong
CreativePark Tenggarong
Kota Tenggarong adalah salah satu kota kecil di Kalimantan Timur, yang banyak sekali mempunyai spot menarik untuk dijadikan sebagai tempat nongkrong, salah satunya adalah CreativePark Tenggarong.

Sesuai dengan namanya, CreativePark Tenggarong adalah sebuah taman, yang menonjolkan sisi kreatifitas. Hampir setip hari pada sore harinya, taman ini selalu dipadati oleh warga Kota Tenggarong dan sekitarnya.

Hal ini wajar, karena taman yang berada di Kelurahan Timbau, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur ini mempunyai sejumlah spot foto yang instagramable.

#12. Masjid Jami’ Adji Amir Hasanoeddin

Selain Masjid Agung Sultan Sulaiman, ada satu lagi masjid di Kota Tenggarong, yang juga patut dipertimbangkan untuk dikunjungi para wisatawan yang beragama Islam, yaitu Masjid Jami’ Adji Amir Hasanoeddin.

Pasalnya, Masjid Jami’ Adji Amir Hasanoeddin adalah salah satu masjid tertua di Kabupaten Kutai Kartanegara. Berdasarkan informasinya, masjid ini dibangun pada tahun 1930 pada masa pemerintahan Sultan Adji Mohammad Parikesit.

Lokasinya tepat bersebelahan dengan Museum Mulawarman, atau lebih tepatnya lagi berada di Kelurahan Panji, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

#13. Jam Bentong

Jam Bentong adalah salah satu ikon Kota Tenggarong, yang difungsikan sebagai salah satu pusat untuk mendapatkan informasi-informasi pariwisata, dan event kebudayaan di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Lokasinya berada di Jalan Wolter Monginsidi No.16, Kelurahan Timbau, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Biasanya, tempat ini buka dari hari senin hingga jum'at, mulai pukul 08:00 hingga pukul 16:00.

Disamping itu, Jam Bentong yang lokasinya tidak begitu jauh dari Taman Kota Raja ini juga sering dijadikan sebagai tempat nongkrong, dan tempat berolahraga oleh warga Kota Tenggarong dan sekitarnya.

#14. Danau Semayang

Danau Semayang yang lokasinya tidak begitu jauh dari Kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur ini juga menarik untuk dijadikan sebagai salah satu tujuan destinasi wisata.

Pasalnya, danau dengan luas kurang lebih 13.000 hektar di aliran Sungai Mahakam (salah satu sungai terpanjang di Pulau Kalimantan) ini mempunyai pesona dan keindahan khas Kalimantan Timur yang begitu eksotis.

#15. Bukit Biru

Tempat wisata di Tenggarong (Kutai Kartanegara - Kaltim) yang menarik dikunjungi wisatawan terakhir yaitu Bukit Biru. Lokasinya berada di Kelurahan Bukit Biru, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Bukit Biru adalah salah satu tempat wisata yang cukup populer di Kota Tenggarong dan sekitarnya. Pasalnya, selain mudah diakses, para wisatawan juga bisa menikmati pemandangan indah dari bukit ini.

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan tentang sejumlah tempat wisata di Tenggarong (Kutai Kartanegara - Kaltim) yang menarik dikunjungi wisatawan. Baca juga ulasan tentang beberapa tempat wisata di Sambas (Kalimantan Barat).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel