11+ Tempat Wisata di Atambua (Belu) Yang Bagus Dikunjungi!!

Beberapa tempat wisata di Atambua berikut ini sangat wajib dipertimbangkan untuk dikunjungi oleh wisatawan, khususnya para wisatawan yang sedang berencana mengisi liburannya dengan pergi berwisata ke Kabupaten Belu di Nusa Tenggara Timur.

Perlu diketahui, Atambua adalah sebuah kota kecil, yang menjadi ibukota bagi Kabupaten Belu di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kota ini mempunyai sejumlah tempat wisata yang bagus dikunjungi wisatawan.

Khususnya, tempat wisata alam seperti pantai, teluk, bukit, air terjun, dan lain sebagainya. Lantas, dimana saja tempat wisata di Atambua (Belu) yang bagus dikunjungi tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Inilah Beberapa Tempat Wisata di Atambua (Belu) Yang Bagus Dikunjungi


#1. Pantai Atapupu

Tempat Wisata di Atambua
Pantai Atapupu
Tempat wisata di Atambua (Belu) yang bagus dikunjungi wisatawan pertama yaitu Pantai Atapupu, atau dikenal juga dengan nama " Pantai Sukaerlaran " dan dijuluki juga sebagai " Pantai Pasir Putih ".

Sesuai dengan julukannya, pantai yang berada di Desa Kenebibi, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur ini meyuguhkan hamparan pasir putih dan pohon-pohon bakau yang rindang.

Pantai Atapupu adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati matahari terbenam (sunset) di Kabupaten Belu dan sekitarnya. Biasanya, pantai buka setiap hari, dari pukul 07:00 hingga pukul 19:00.

#2. Kolam Susuk

Tempat Wisata di Atambua
Kolam Susuk
Tempat wisata di Atambua (Belu) yang bagus dikunjungi wisatawan berikutnya yaitu Kolam Susuk. Lokasinya berada di Desa Dualaus, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur.

Sesuai dengan namanya, kolam ini memiliki air yang berwarna putih, akibat dari pantulan cahaya matahari, langit yang berawan, dan tanah dibagian dasarnya yang juga berwarna agak keputih-putihan.

Disamping itu, panorama hijau di sekitarnya juga menambah daya tarik tersendiri kolam ini. Kabarnya, lagu legendaris berjudul " Kolam Susu " karya Koes Plus terinspirasi dari keindahan tempat ini.

#3. Teluk Gurita

Tempat Wisata di Atambua
Teluk Gurita
Dinamakan " Teluk Gurita " karena kabarnya ada sebuah kapal pada jaman dulu yang tenggelam karena dililit oleh gurita. Bahkan, bangkai kapalnya masih ada sampai sekarang di dasar air di teluk ini.

Terlepas dari ceritanya yang cukup menyeramkan tersebut, teluk yang dulunya difungsikan sebagai pelabuhan ini mempunyai daya tarik tersendiri, yang membuat banyak para wisatawan mengunjunginya.

Lokasi teluk ini hanya berjarak kurang lebih 18 kilometer dari pusat Kota Atambua, atau lebih tepatnya lagi berada di Desa Dualaus, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur.

#4. Air Terjun Mauhalek

Tempat Wisata di Atambua
Air Terjun Mauhalek
Kabupaten Belu di Provinsi Nusa Tenggara Timur juga mempunyai sebuah tempat wisata alam berupa air terjun, yang juga wajib dipertimbangkan untuk dikunjungi wisatawan, yaitu Air Terjun Mauhalek.

Hanya saja, untuk mencapai lokasi air terjun yang berada di Desa Raiulun, Kecamatan Lasiolat, Kabupaten Belu ini harus menempuh perjalanan yang cukup menantang dengan kondisi jalan berkelok dan menanjak.

Namun, di sepanjang perjalanan tersebut, para wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan yang cukup indah. Dan perjalanan yang cukup melelahkan tersebut, akan terbayar dengan keindahan air terjun yang masih alami.

#5. Pantai Berluli

Pantai yang berada di Jalan Ki Hajar Dewantara, Desa Umanen, Kecamatan Atambua Barat, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur ini tidak kalah indah dibandingkan beberapa pantai lainnya di Kota Atambua.

Pantai Berluli dikenal mempunyai tebing karang dibagian pinggirnya yang begitu eksotis dan mempesona. Bukan hanya itu saja, pantai ini juga memiliki beberapa lokasi untuk berswafoto atau berfoto selfie.

#6. Lembah Fulan Fehan

Tempat Wisata di Atambua
Lembah Fulan Fehan
Tempat wisata di Atambua (Belu) yang bagus dikunjungi wisatawan selanjutnya yaitu Lembah Fulan Fehan. Lembah ini menyajikan hamparan padang sabana yang sangat luas dengan kontur sedikit bergelombang.

Lebih menariknya lagi, para wisatawan bisa bertemu dengan beberapa kawanan kuda yang bebas berkeliaran di lembah ini. Disamping itu, beberapa jenis kaktus juga bisa ditemukan di lembah hijau ini.

Jika kamu penasaran dengan keindahan lembah ini? Kamu bisa mengunjungi di kaki Gunung Lakaan, atau lebih tepatnya berada di Desa Dirun, Kecamatan Lamaknen, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur.

#7. Bukit Kakeu Mantenu

Kabupaten Belu di Provinsi Nusa Tenggara Timur juga mempunyai beberapa tempat wisata alam berupa perbukitan yang bagus untuk dikunjungi wisatawan, salah satunya adalah Bukit Kakeu Mantenu.

Bukit yang berada di Desa Faturika, Kecamatan Raimanuk, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur ini mempunyai sejumlah spot foto yang keren dengan pemandangan puncak bukit yang begitu eksotis.

#8. Bukit Batu Maudemu

Selain Bukit Kakeu Mantenu, ada satu lagi tempat wisata alam berupa puncak bukit di Kabupaten Belu, yang juga patut dipertimbangkan untuk dikunjungi oleh para wisatawan, yaitu Bukit Batu Maudemu.

Bukit yang lokasinya berada di Desa Maudemu, Kecamatan Lamaknen, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur ini menawarkan pemandangan batu karang laut yang berada dibagian puncak bukitnya.

Bukan hanya itu saja, para wisatawan juga bisa melihat dari kejauhan keindahan Lautan Atapupu, dan beberapa wilayah di Negara Timor Leste.

#9. Benteng Ranu Hitu

Benteng Ranu Hitu adalah sebuah benteng bersejarah yang mempunyai beberapa lapisan pertahanan. Di benteng ini terdapat sebuah batu berukuran besar, yang dipercaya sebagai singgasana Raja Suku Uma Metan.

Masyarakat setempat percaya bahwa menduduki singgasana tersebut bisa membawa petaka. Dibelakang singgasana juga terdapat batu memanjang yang diyakini sebagai makam raja pertama Kerajaan Dirun, yakni Raja Dasi Manu Leoq.

Masyarakat setempat juga percaya bahwa arwah para leluhur masih bersemayam disini, sehingga tidak heran jika benteng yang berada di Desa Dirun, Kecamatan Lamaknen, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur ini masih kental dengan nuansa mistis.

#10. Taman Kota Atambua

Tempat wisata di Atambua (Belu) yang juga bagus dikunjungi wisatawan berikutnya yaitu Taman Kota Atambua. Lokasinya berada di Jalan Basuki Rahmat, Kota Atambua, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur.

Biasanya, taman ini dijadikan sebagai tempat nongkrong pada malam hari oleh anak muda di Kota Atambua, sebagai tempat jongging pada pagi harinya, dan sebagai tempat bermain bola pada sore harinya.

#11. PLBN Indonesia - Timor Leste

Tempat Wisata di Atambua
PLBN Indonesia - Timor Leste
Pos Lintas Batas Negara atau lebih sering disingkat menjadi " PLBN " antara Negara Indonesia dengan Negara Timor Leste adalah salah satu tempat wisata yang juga wajib dikunjungi di Kabupaten Belu.

Pasalnya, tanda batas antara Negara Indonesia dengan Negara Timor Leste ini " cukup " instagramable. Sehingga, tidak terlalu mengherankan jika banyak wisatawan yang berswafoto atau berfoto selfie di tempat ini.

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan tentang beberapa tempat wisata di Atambua (Belu) yang bagus dikunjungi oleh para wisatawan. Baca juga ulasan tentang beberapa tempat wisata di Maumere (Nusa Tenggara Timur).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel