10+ Camilan Khas India Yang Harus Dicicipi Ketika Berwisata Kesana!!

Camilan Khas India yang direkomendasikan berikut ini harus dipertimbangkan untuk dicicipi oleh wisatawan, khususnya para wisatawan yang sedang berencana menghabiskan waktu liburannya di India.

Negara India terkenal dengan masak-masakan yang kaya akan rasa, karena ada banyak rempah-rempah yang digunakan dalam masakan khas India. Penggunaan rempah-rempah tersebut tidak hanya ditemukan pada makanan, tapi juga pada camilannya.

Sehingga, tidak terlalu mengherankan apabila beberapa camilan dan jajanan di India terkenal enak dan lezat. Lantas, apa saja camilan khas India yang harus dicicipi tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Inilah Beberapa Camilan Khas India Yang Harus Dicicipi Ketika Berwisata Disana


#1. Samosa

Camilan Khas India
Samosa
Samosa adalah camilan khas India yang mempunyai rasa mirip seperti Pastel di Indonesia. Perbedaannya hanya terletak pada bentuknya, dimana Samosa berbentuk segitiga sedang Pastel berbentuk setengah lingkaran.

Samosa memiliki tekstur yang renyah, dan citarasa yang gurih. Namun dalam perkembangannya, citarasa camilan inipun mengalami perkembangan, dan mempunyai banyak pilihan seperti rasa cokelat, susu, dan lainnya.

Biasanya, camilan yang satu ini disantap sebagai menu pembuka dengan Chutney, yaitu salah satu saus khas India yang berbumbu dari beberapa rempah-rempah, sayuran-sayuran segar, dan buah-buahan.

#2. Momo

Camilan Khas India
Momo
Camilan khas India yang harus dicicipi ketika pergi berwisata ke negeri berjuluk " Anak Benua " berikutnya yaitu Momo. Dilihat secara sekilas, camilan yang satu ini mirip sekali dengan dimsum asal China.

Momo adalah sebuah camilan yang dibuat dari adonan tepung beras, yang diisi dengan beragam jenis sayuran, kemudian dibentuk seperti dimsum, dan dikukus sampai matang. Kurang lebih sama dengan Samosa, camilan ini juga lebih nikmati disantap dengan Chutney.

#3. Jagung Masala

Jagung Masala merupakan salah satu makanan kesukaan anak-anak di negara India. Citasaranya sendiri terdiri dari kombinasi antara rasa pedas, rasa asam, dan rasa manis, yang bercampur menjadi satu.

Dan sesuai dengan namanya, Jagung Masala dibuat dari bahan dasar Jagung Pipil, yang direbus hingga matang, kemudian diberi bumbu seperti mentega, bubuk cabai, bubuk masala, daun ketumbar, dan lain sebagainya.

#4. Pakora

Camilan Khas India
Pakora
Kurang lebih sama dengan di Indonesia, negara India juga mempunyai sejumlah camilan berupa gorengan, salah satu di antaranya adalah Pakora, atau terkadang juga disebut " pakoda " atau " pakodi, ".

Pakora (Pakoda/Pakodi) dibuat dari terong, bawang, cabai, dan kembang kol yang dicampur dengan adonan tepung, kemudian digoreng hingga matang dan garing. Biasanya, camilan sering disantap pada sore hari.

#5. Dosa

Camilan Khas India
Dosa
Nama camilan yang satu ini " cukup " unik didengar di telinga orang Indonesia. Walaupun begitu, camilan yang mirip seperti creepes atau leker ini memiliki citarasa yang enak, dan tekstur yang kering, serta gurih.

Dosa dimasak dengan cara menuangkan adonan tepung beras diatas loyang, kemudian di tunggu sampai adonannya mengering, dan di gulung selagi masih panas untuk mendapatkan hasil gulungan yang bagus.

Biasanya, Dosa disajikan dengan berbagai saus khas India, dan disantap pada pagi hari sebagai teman sarapan. Selain itu, camilan ini memiliki kandungan kabohidrat yang tinggi, rendah lemak, dan juga memiliki kandungan kalori.

#6. Jalebi

Camilan Khas India
Jalebi
Jalebi merupakan salah satu makanan manis khas India, yang dibuat dari adonan tepung gandum yang digoreng, dan dibentuk melingkar seperti obat nyamuk, kemudian disiram dengan pemanis sirup gula.

Biasanya, makanan manis ini digunakan sebagai makanan penutup, dan banyak dihidangkan pada acara-acara khusus seperti acara ulang tahun, acara pernikahan, acara festival, dan acara-acara lainnya.

#7. Gulab Jamun

Camilan Khas India
Gulab Jamun
Gulab Jamun adalah salah satu camilan khas India yang sudah dikenal di berbagai negara lain seperti Pakistan, Nepal, Bangladesh, Jamaika, dan Trinidad. Makanan ini bisa mendunia karena citarasanya yang pas di lidah banyak orang.

Makanan berbentuk seperti biji salak ini dibuat dari beberapa bahan seperti biskuit, susu bubuk, susu cair, dan mentega cair, yang dicampur secara merata, dan dibentuk bulat-bulat kecil, kemudian digoreng hingga matang.

Setelah digoreng hingga matang dan berwarna agak kecokelat-cokelatan, camilan bercitarasa manis ini harus direndam didalam sirup air mawar terlebih dahulu selama kurang lebih satu satu hari penuh (24 jam).

#8. Naan

Camilan Khas India
Naan
Camilan khas India yang harus dicicipi oleh para wisatawan ketika berkunjung ke India berikutnya yaitu Naan. Naan sendiri merupakan salah satu roti khas India yang dibuat dari bahan dasar tepung ragi.

Keunikan utama dari roti ini terletak pada proses pembuatannya yang masih mengunakan cara tradisional, yakni masih mengunakan oven dari tanah liat yang biasanya disebut dengan nama " Tandoor ".

Walaupun begitu, roti khas India yang satu ini sudah banyak diperjualbelikan di beberapa negara lainnya, termasuk juga di Indonesia. Hanya saja, di Indonesia roti ini lebih dikenal dengan nama " Roti India ".

#9. Laddu

Camilan Khas India
Laddu
Selain Jalebi, dan Gulab Jamun, ada satu lagi makanan manis yang juga harus dicicipi ketika berkunjung ke India, yaitu Laddu. Bedanya, Laddu adalah sebuah roti yang dibuat dari adonan tepung dan gula.

Biasanya, roti bercitarasa manis dan berbentuk bulat mirip seperti Gulab Jamun ini disajikan sebagai hidangan penutup pada acara-acara perayaan, atau dalam acara keagamaan seperti perayaan hari raya Idul Fitri di India, dan lain sebagainya.

#10. Chapati

Camilan Khas India
Chapati
Jika kamu adalah seorang penggemar film India, kamu pasti pernah mendengar kata " Chapati " untuk nama tokohnya. Namun tahukah kamu kalau di India sana, Chapati adalah nama sebuah makanan.

Chapati sendiri dibuat dari bahan dasar adonan roti gandum, dan biasanya dibuat dengan citarasa hambar. Namun, terkadang juga ditambahkan beberapa jenis sayuran seperti lobak, paneer, dan lainnya.

Umumnya, masyarakat di India sana menyantap makanan yang satu ini sebagai pendamping lauk untuk makanan. Namun terkadang juga disantap sebagai cemilan dengan beberapa jenis saus khas India.

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan tentang beberapa camilan khas India yang harus dicicipi ketika sedang pergi berwisata kesana. Semoga artikel blog Pikniktoday.com ini bisa memberikan banyak mamfaat bagi pembacanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel