5+ Makanan Khas Sampit (Kalimantan Tengah) Yang Menarik Dicicipi!!

Makanan khas Sampit yang direkomendasikan berikut ini sangat menarik untuk dicicipi oleh para wisatawan, yang sekarang ini sedang jalan-jalan untuk menjelajahi sejumlah tempat wisata di Sampit, dan sekitarnya.

Perlu diketahui, Sampit adalah ibukota Kabupaten Kotawaringin Timur di Provinsi Kalimantan Tengah, yang " cukup " dikenal dengan sejumlah tempat wisatanya, mulai dari tempat wisata alam hingga tempat wisata buatan.

Selain sejumlah tempat wisata, Kota Sampit juga memiliki daya tarik dari segi kuliner. Lantas, apa saja makanan khas Sampit (Kalimantan Tengah) yang menarik dicicipi tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Inilah Beberapa Makanan Khas Sampit (Kalimantan Tengah) Yang Menarik Dicicipi


#1. Bongko

Makanan khas Sampit
Bongko
Makanan khas Sampit (Kalimantan Tengah) yang menarik dicicipi pertama yaitu Bongko, atau Babongko. Bongko (Babongko) dibuat dari tepung beras, santan, pandan, gula merah, dan dibungkus dengan danu pisang.

Teksturnya kenyal-kenyal di mulut, dan keharuman tepung beras terpadu dengan daun pisang sebagai pembungkusnya. Lebih menariknya lagi, makanan yang satu ini sangat mudah didapatkan di pasar tradisional.

BACA JUGA: 13+ Tempat Wisata di Pangkalan Bun (Kotawaringin Barat - Kalteng) Yang Menarik Dikunjungi!!

#2. Dami

Mungkin, sebagian diantara kalian ada yang masih asing dengan nama makanan yang satu ini. Walaupun tidak begitu terkenal, namun makanan ini sangat difavoritkan oleh masyarakat Kota Sampit dan sekitarnya.

Dami dibuat dari kulit Buah Tiwadak, atau Buah Cempedak, yang dibersihkan, kemudian diberi bumbu seperti garam, dan digoreng hingga matang. Biasanya, Makanan ini disajikan sebagai pendamping nasi.

#3. Bingka

Sebenarnya, Bingka adalah kue yang berasal dari Kalimantan Selatan. Namun, dalam perkembangannya, kue ini juga bisa ditemukan di beberapa daerah lainnya di Indonesia, salah satunya adalah Kota Sampit.

Uniknya, kue berbentuk bunga dengan warna agak kecokelat-cokelatan ini hanya bisa ditemukan pada bulan Ramadhan saja. Selain pada bulan Ramadhan, kue ini sangat sulit ditemukan di Kota Sampit.

#4. Nasi Kuning

Makanan khas Sampit
Nasi Kuning
Mungkin, dari semua makanan khas Sampit di Kalimantan Tengah, yang namanya sering kalian dengar, adalah Nasi Kuning. Pasalnya, makanan ini bisa ditemukan di beberapa daerah lainnya di Indonesia.

Walaupun begitu, citasara nasi kuning khas Kota Sampit ini sangat berbeda beberapa nasi kuning khas dari daerah lainnya di Indonesia, dan dijamin hanya bisa ditemukan di Kota Sampit dan sekitarnya.

Biasanya, nasi kuning khas Kota Sampit dicampur dengan beberapa jenis makanan lainnya, mulai dari mie goreng, tempe kering, hingga irisan telur dadar, dan lain sebagainya.

#5. Mata Gajah

Makanan khas Sampit
Mata Gajah
Mata Gajah merupakan salah satu makanan ringan khas Kota Sampit, yang dibuat dari adonan tepung, yang dicampur dengan telur burung puyuh, wortel, daun bawang, dan beberapa bumbu lainnya.

Dinamakan " Mata Gajah " karena makanan yang satu ini berbentuk bulat seukuran mata gajah. Biasanya, makanan ini sangat mudah sekali ditemukan di sejumlah tempat di Kota Sampit dan sekitarnya.

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan tentang beberapa makanan khas Sampit (Kalimantan Tengah) yang menarik untuk dicicipi. Sebelum pergi dari blog ini, baca juga ulasan mengenai sejumlah makanan khas Pangkalan Bun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel