17+ Pantai Terindah di Kebumen (Jawa Tengah) Yang Lagi Hits!!

Daftar pantai terindah di Kebumen berikut ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi oleh para wisatawan, khususnya para wisatawan yang saat ini sedang berencana menghabiskan waktu liburannya di Jawa Tengah.

Walaupun nama Kebumen belum sepopuler seperti Semarang, Magelang, dan Solo. Namun, sejumlah tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi wisatawan ada di Kabupaten Kebumen, terutama pantai.

Pasalnya, Kebumen adalah sebuah kabupaten yang sebagian wilayahnya berada di pesisir Pulau Jawa. Sehingga, ada banyak pantai di kabupaten ini. Lantas, apa saja pantai terindah di Kebumen tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Inilah Beberapa Pantai Terindah di Kebumen (Jawa Tengah) Yang Lagi Hits Dikunjungi!!


#1. Pantai Menganti

Pantai Terindah di Kebumen
Pantai Menganti
Pantai Menganti adalah salah satu pantai terindah di Kebumen (Jawa Tengah) yang lagi hits dikunjungi. Saking indahnya, sehingga banyak wisatawan yang menjulukinya sebagai " New Zealand"-nya Indonesia.

Lebih menariknya lagi, di pantai ini juga terdapat sebuah mercusuar, yang bisa dinaiki oleh para wisatawan, khususnya para wisatawan yang ingin menikmati pemandangan Pantai Menganti dari ketinggian.

Jika kamu penasaran dengan keindahan Pantai Menganti ini? Kamu bisa mengunjunginya langsung di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

BACA JUGA: Pemandian Air Panas Bayanan di Sragen (Lokasi, Tiket Masuk, Fasilitas, dan Sejarah)

#2. Pantai Karang Bolong

Pantai Terindah di Kebumen
Pantai Karang Bolong
Pantai terindah di Kebumen berikutnya yaitu Pantai Karang Bolong. Pantai ini cukup terkenal, dan sesuai dengan namanya, di pantai ini memang ada sebuah karang berlubang (bolong) yang sangat ikonik.

Pantai Karang Bolong adalah salah satu tempat terbaik buat mereka yang ingin menyaksikan keganasan ombak-ombak di kawasan pantai selatan. Lokasinya berada Desa Karang Bolong, Kecamatan Buayan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

#3. Pantai Lampon

Pantai Terindah di Kebumen
Pantai Lampon
Pantai yang berada di Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah ini sangat cocok sekali dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin mencari ketenangan, dan untuk melepas lelah.

Pasalnya, Pantai Lampon adalah salah satu pantai yang sepi pengunjung di Kebumen. Saking sepinya, para wisatawan bisa merasakan sensasi seolah-olah memiliki pantai pribadi sendiri ketika berada di pantai ini.

#4. Pantai Gebyuran

Pantai Terindah di Kebumen
Pantai Gebyuran
Pantai Gebyuran adalah salah satu pantai tersembunyi di Kebumen. Sehingga, akses menuju ke pantai ini cukup sulit, dan bibir pantainya juga tidak terlalu luas, namun bukan berarti pantai ini tidak menarik untuk dikunjungi.

Disamping itu, pantai yang berada di Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah ini diapit oleh barisan tebing batu dengan beberapa ceruk kecil yang bisa dimamfaatkan sebagai tempat berteduh.

#5. Pantai Bopong

Pantai Terindah di Kebumen
Pantai Bopong
Pantai Bopong adalah salah satu pantai di Kebumen yang menawarkan keindahan yang tidak biasa. Karena di pantai ini terdapat sebuah laguna alami yang sangat indah sekali, dan sangat bagus dijadikan objek foto.

Sebenarnya, pantai yang berada di Desa Surorejan, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah ini cukup ramai dikunjungi setiap harinya. Hanya saja, tidak banyak wisatawan yang mengetahui keberadaan laguna alami tersebut.

#6. Pantai Karang Agung

Pantai Terindah di Kebumen
Pantai Karang Agung
Sesuai dengan namanya, Pantai Karang Agung mempunyai sebuah batu karang yang sangat ikonik. Dan batu karang tersebut sangat dikeramatkan oleh penduduk setempat. Hal ini jugalah yang membuat kawasan pantai ini terjaga dengan baik kelestariannya.

Walaupun mempunyai panorama yang cukup indah, namun pantai yang berada di Desa Argopeni, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah ini belum terlalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

#7. Pantai Lembupurwo

Pantai Terindah di Kebumen
Pantai Lembupurwo
Pantai yang berada di Desa Lembupurwo, Kecamatan Mirit, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah ini selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal, khususnya pada hari libur besar seperti Hari Raya Idul Fitri, dan lainnya.

Yang menarik di pantai ini yaitu gumuk pasirnya yang terlihat gagah dengan berpagar deretan pohon cemara laut. Sehingga Gumuk Pasir di Pantai Lembupurwo ini selalu menjadi tempat favorit para wisatawan di pantai ini.

#8. Pantai bocor

Pantai Bocor adalah salah satu pantai di Kebumen yang cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan, khususnya wisatawan lokal, baik itu di hari biasa maupun di akhir pekan (weekend) dan hari libur lainnya.

Pantai yang berada di Desa Bocor, Kecamatan Buluspesantren, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah ini menawarkan keindahan pantai yang tidak kalah indah dibandingkan beberapa pantai lainnya di Kebumen.

#9. Pantai Petanahan

Pantai Terindah di Kebumen
Pantai Petanahan
Pantai terindah di Kebumen (Jawa Tengah) yang lagi hits dikunjungi selanjutnya yaitu Pantai Petanahan. Lokasinya berada di Desa Karanggadung, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Para wisatawan bisa menikmati deburan ombak, dan sekaligus bisa menyaksikan hamparan laut yang seolah-olah tidak ada batasnya di pantai ini. Selain itu, para wisatawan juga bisa berjalan-jalan menyusuri pantai yang begitu luas.

Bukan hanya itu saja, para wisatawan juga bisa lebih menikmati pemandangan indah pantai ini dari pegunungan, yang lokasinya tidak begitu jauh dari Pantai Petanahan.

#10. Pantai Pasir

Konon katanya, pantai yang berada di Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah ini adalah salah satu pintu gerbang menuju ke Istana Nyi Roro Kidul, yaitu salah satu makhluk urban legenda di Indonesia.

Walaupun begitu, keindahan pantai ini tidak diragukan lagi, karena lokasinya berada di sebuah teluk kecil, yang disamping kanan dan kirinya adalah deretan pegunungan dan batu karang yang begitu eksotis.

#11. Pantai Watu Bale

Pantai Terindah di Kebumen
Pantai Watu Bale
Pantai Watu Bale adalah sebuah pantai di Kebumen, yang merupakan kaloborasi antara tempat wisata alam dan kreatifitas warga disekitarnya, yang menyulap sebuah tebing menjadi objek wisata yang menakjubkan.

Para wisatawan bisa menikmati pemandangan alam yang indah dari Pantai Watu Bale ini. Disamping itu, tempat wisata yang berada di Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah ini juga terdapat beberapa spot foto yang menarik.

#12. Pantai Pedalen

Pantai Terindah di Kebumen
Pantai Pedalen
Mungkin kebanyakan orang mengenal pantai yang lokasinya berada di Desa Agropeni, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah ini sebagai salah satu pantai nelayan di Kabupaten Kebumen.

Namun tidak ada salahnya menjadikan Pantai Pedalen sebagai salah satu tujuan wisata di Kebumen. Pasalnya, pemandangan pantai dengan para nelayannya memiliki daya tarik tersendiri dimata para wisatawan.

#13. Pantai Surumanis

Pantai Terindah di Kebumen
Pantai Surumanis
Pantai terindah di Kebumen (Jawa Tengah) yang juga wajib dipertimbangkan dikunjungi yaitu Pantai Surumanis. Lokasinya juga masih berada di Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Para wisatawan akan dihibur dengan ombak-ombak khas pantai selatan di Pantai Surumanis ini. Disamping itu, tebing batu yang membingkai pantai ini juga bagus dijadikan sebagai objek foto-fotomu.

#14. Pantai Pecaron

Ada satu lagi pantai yang menarik dikunjungi di Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah yaitu Pantai Pecaron. Pantai Pecaron ini cukup dekat dengan Pantai Surumanis, yaitu sekitar 1 km.

Jadi, setelah puas berkunjung ke Pantai Surumanis, para wisatawan bisa langsung mengunjung pantai ini. Hanya saja, akses jalan menuju ke pantai ini masih kurang bagus, para pengunjung diharuskan melewati bukit yang terjal.

#15. Pantai Suwuk

Pantai Terindah di Kebumen
Pantai Suwuk
Pantai yang berada di Desa Suwuk, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah ini tidak hanya menawarkan pantai saja sebagai objek wisata utamanya. Tapi juga terdapat sejumlah fasilitas seperti waterboom, dan kebun binatang mini.

Lebih menariknya lagi, banyak jalan alternatif yang bisa ditempuh untuk mencapai lokasi pantai ini. Misalnya, dari arah Kecamatan Gombong bisa ditempuh sekitar 45 menit dengan jarak kurang lebih 22 kilometer, dan lainnya.

#16. Pantai Ambal

Salah satu daya tarik utama dari pantai yang berada di Desa Ambalresmi, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah ini, yaitu kondisi di sekitarnya relatif lebih bersih dari sampah-sampah.

Sehingga, tidak terlalu mengherankan jika pantai ini tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya. Walaupun jumlah wisatawan yang berkunjung ke pantai ini belum sebanyak beberapa pantai lainnya di Kebumen.

#17. Pantai Wedi Putih

Nama pantai terindah di Kebumen yang terakhir ini mungkin masih terdengar asing ditelinga sebagian wisatawan. Hal ini wajar karena lokasinya berada di tengah hutan jati, dan keberadaannya belum banyak diketahui orang.

Untuk mencapai lokasi pantai yang secara administratif berada di Desa Argopeni, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah ini, para wisatawan harus menyusuri jalan setapak membelah hutan jati.

Lebih uniknya lagi, pantai ini mempunyai sebuah air terjun, dan batu barang yang berlubang (bolong) mirip seperti di Pantai Karang Bolong di Desa Karang Bolong, Kecamatan Buayan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan tentang beberapa tempat wisata pantai terindah di Kebumen (Jawa Tengah) yang lagi hits dikunjungi wisatawan. Baca juga ulasan tentang sejumlah tempat wisata di Gombong (Kebumen).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel