14+ Tempat Wisata di Bangko (Jambi) Yang Bagus Untuk Dikunjungi!!

Tempat wisata di Bangko yang direkomendasikan berikut ini patut dipertimbangkan untuk dikunjungi wisatawan, terutama para wisatawan yang sekarang ini sedang menjelajahi Provinsi Jambi dan sekitarnya.

Seperti diketahui, Jambi terbagi menjadi 11 kabupaten, salah satunya adalah Kabupaten Merangin dengan ibukota Kota Bangko. Kota Bangko memang tidak mendapatkan perhatian khusus dimata para wisatawan.

Padahal, Kota Bangko ini memiliki sejuta keindahan yang sayang dilewatkan begitu saja. Lantas, dimana saja tempat wisata di Bangko (Jambi) yang bagus untuk dikunjungi tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Inilah Beberapa Tempat Wisata di Bangko (Jambi) Yang Bagus Untuk Dikunjungi


#1. Merangin Garden

Tempat wisata di Bangko (Jambi) yang bagus untuk dikunjungi pertama yaitu Merangin Garden. Sesuai dengan namanya, Merangin Garden adalah sebuah taman bunga dengan luas kurang lebih 6 hektar.

Lokasinya tidak begitu jauh dari pusat Kota Bangko, yaitu hanya sekitar 10 menit perjalanan mengunakan kendaraan untuk menuju ke Merangin Garden di Kelurahan Pematang Kandis, Kecamatan Bangko, Kabupaten Merangin, Jambi ini.

BACA JUGA: 15+ Tempat Wisata di Curup (Rejang Lebong) Yang Direkomendasikan Dikunjungi!!

#2. Jam Gento

Tempat Wisata di Bangko
Jam Gento
Tempat wisata di Bangko (Jambi) yang bagus untuk dikunjungi berikutnya yaitu Jam Gento. Jam Gento adalah sebuah menara jam yang berada di pusat ibukota Kabupaten Merangin, yakni Kota Bangko.

Menara jam yang lokasinya berada di Kelurahan Pasar Bangko, Kecamatan Bangko, Kabupaten Merangin, Jambi ini sangat ikonik sekali, dan sudah lama menjadi salah satu ikon bagi ibukota Kabupaten Merangin.

Dari puncak menara jam ini, para wisatawan bisa menikmati pemandangan Kota Bangko dari ketinggian. Disamping itu, di menara jam ini juga terdapat beberapa spot foto dengan berbagai sudut dan latarbelakang yang berbeda.

#3. Air Terjun Dukun Batuah

Tempat Wisata di Bangko
Air Terjun Dukun Batuah
Kabupaten Merangin di Provinsi Jambi juga mempunyai beberapa tempat wisata air terjun, yang juga bagus untuk dikunjungi oleh para wisatawan, salah satu di antaranya adalah Air Terjun Dukun Batuah.

Hanya saja, air terjun yang lokasinya berada di Desa Rantau Suli, Kecamatan Sungai Tenang, Kabupaten Merangin, Jambi ini memiliki cerita mistis, dan diyakini cukup angker oleh penduduk setempat.

Disamping itu, untuk menuju ke lokasi air terjunnya, juga membutuhkan " sedikit " perjuangan yang ekstra. Pasalnya, para wisatawan harus membelah hutan, dan berjalan kaki (trekking) melewati jalan setapak.

Walaupun begitu, karena keindahan yang ditawarkan oleh Air Terjun Dukun Batuah ini, sehingga tidak menyurutkan nyali para wisatawan untuk mengunjunginya, khususnya para wisatawan pecinta alam.

#4. Air Terjun Telun Perentak

Lokasi Air Terjun Telun Perentak berjarak kurang lebih 65 kilometer dari pusat Kota Bangko, atau lebih tepatnya lagi berada di Desa Bukit Perentak, Kecamatan Pangkalan Jambu, Kabupaten Merangin, Jambi.

Kurang lebih sama dengan Air Terjun Dukun Batuah, lokasi air terjun ini juga terletak di tengah-tengah hutan, dan membutuhkan " sedikit " perjuangan yang ekstra untuk mencapai lokasinya tersebut.

Walaupun begitu, berkat keunikan formasi batuan yang ada di Air Terjun Telun Perentak ini, membuat sejumlah wisatawan rela berjalan kaki dan membelah hutan untuk mengunjungi air terjun ini.

#5. Dam Betuk

Tempat Wisata di Bangko
Dam Betuk
Dam Betuk merupakan sebuah waduk atau bendungan di Desa Tambang Baru, Kecamatan Tabir Lintas, Kabupaten Merangin, Jambi, yang sekarang ini dialihfungsikan menjadi sebuah tempat wisata.

Awalnya, waduk atau bendungan ini dibangun untuk keperluan irigasi bagi ladang dan kebun karet di sekitarnya. Namun, karena panorama yang ditawarkannya cukup indah, sehingga banyak orang yang mengunjunginya.

Salah satu kegiatan paling seru yang bisa dilakukan oleh para wisatawan di tempat wisata ini, yaitu berkeliling untuk menikmati keindahan waduk atau bendungan ini dengan mengunakan sebuah perahu.

#6. Air Terjun Segerincing

Tempat Wisata di Bangko
Air Terjun Segerincing
Tempat wisata di Bangko (Jambi) yang bagus untuk dikunjungi oleh wisatawan selanjutnya yaitu Air Terjun Segerincing. Lokasinya berada di Desa Tuo, Kecamatan Lembah Masurai, Kabupaten Merangin, Jambi.

Sama halnya seperti Air Terjun Dukun Batuah, dan Air Terjun Telun Perentak, lokasi air terjun ini berada di tengah-tengah hutan, dan membutuhkan " sedikit " perjuangan untuk menuju ke lokasinya tersebut.

Walaupun begitu, air terjun dengan ketinggian sekitar 62 meter ini mempunyai pemandangan yang sangat menawan, sehingga banyak wisatawan yang rela berjalan kaki dan membelah hutan untuk mengunjungi air terjun ini.

#7. Danau Depati Empat

Kabupaten Merangin di Provinsi Jambi juga mempunyai beberapa danau eksotis, yang juga wajib dipertimbangkan untuk dikunjungi oleh para wisatawan, salah satu di antaranya adalah Danau Depati Empat.

Danau Depati Empat terletak di Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Namun, secara administratif, danau ini berada di Desa Rantau Kermas, Kecamatan Jangkat, Kabupaten Merangin, Jambi.

Berkat keindahan yang disuguhkannya, maka tidak heran jika ada sebagian para wisatawan yang menyebutkan bahwa Danau Depati Empat adalah salah satu surga tersembunyi di Kabupaten Merangin.

#8. Merangin Geopark

Merangin Geopark adalah sebuah situs warisan peninggalan jaman purba di Kabupaten Merangin. Lokasinya berada di Desa Tuo (Dusun Tuo), Kecamatan Lembah Masurai, Kabupaten Merangin, Jambi.

Situs ini memiliki berbagai koleksi fosil dari kayu, akar, hewan, dan beberapa jenis kerang, yang tersebar disepanjang Sungai Mengkarang, dan Sungai Batang Merangin. Dimana, fosil-fosil tersebut diperkirakan berusia kurang lebih 300 juta tahun.

Lebih menariknya lagi, bukan hanya fosil berusia ratusan tahun saja yang ditawarkan oleh tempat wisata ini, pemandangan alamnya yang masih asri juga memiliki daya tarik tersendiri di Merangin Geopark ini.

#9. Hesti's Garden

Tempat Wisata di Bangko
Hesti's Garden
Selain Merangin Garden, ada satu lagi taman bunga di Kabupaten Merangin, yang juga bagus untuk dikunjungi, yaitu Hesti's Garden. Desa Muara Manderas, Kecamatan Jangkat, Kabupaten Merangin, Jambi.

Sesuai dengan namanya, Hesti"s Garden adalah sebuah taman yang memiliki berbagai jenis bunga yang sudah ditata dengan rapi. Biasanya, taman bunga ini buka setiap hari, mulai dari pukul 07:00 hingga pukul 18:00.

#10. Grao Sakti

Tempat Wisata di Bangko
Grao Sakti
Tempat wisata di Bangko (Jambi) yang juga bagus untuk dikunjungi oleh wisatawan berikutnya yaitu Grao Sakti. Grao Sakti merupakan sebuah sumber air panas alami di Kabupaten Merangin.

Lokasinya berjarak kurang lebih 150 kilometer dari pusat Kota Bangko, atau lebih tepatnya lagi berada di tengah-tengah hutan di Desa Renah Kemumu, Kecamatan Jangkat, Kabupaten Merangin, Jambi.

Lebih uniknya lagi, konon katanya, air panas di tempat pemandian ini bisa menyembur keluar hingga beberapa meter jika didatangkan pawangnya.

#11. Danau Pauh

Tempat Wisata di Bangko
Danau Pauh
Selain Danau Depati Empat, ada satu lagi danau eksotis di Kabupaten Merangin, yang juga bagus untuk dikunjungi wisatawan, yaitu Danau Pauh. Lokasinya berada di Desa Pulau Tengah, Kecamatan Jangkat, Kabupaten Merangin, Jambi.

Danau Pauh dikelilingi oleh barisan pegunungan dengan pohon-pohon yang rindang, sehingga tidak heran jika panorama yang dihasilkan oleh danau ini sangat mempesona.

Lebih menariknya lagi, lokasi danau ini sangat mudah dijangkau oleh wisatawan, dan bisa diakses dengan mengunakan kendaraan, baik kendaraan roda dua (motor), maupun kendaraan roda empat (mobil).

#12. Goa Tiangko

Goa yang lokasinya berada di Dusun Tiangko Panjang, Desa Tiangko, Kecamatan Sungai Manau, Kabupaten Merangin, Jambi ini " sedikit " berbeda dengan goa-goa pada umumnya yang ada di dunia.

Dimana diketahui, didalam gua seluas kurang lebih 200 meter persegi, dan kedalaman sekitar 23 meter ini tidak berudara pengap seperti goa pada umumnya, didalam gua tersebut justru berudara segar, dan dingin.

#13. Air Terjun Telalang Jaya

Selain Air Terjun Dukun Batuah, Air Terjun Telun Perentak, dan Air Terjun Segerincing, ada satu lagi air terjun di Kabupaten Merangin, yang juga bagus untuk dikunjungi oleh wisatawan, yaitu Air Terjun Telalang Jaya.

Air Terjun Telalang Jaya sering juga disebut sebagai " Air Terjun Tujuh Bidadari ", karena air terjun ini mempunyai tujuh tingkatan, dimana setiap tingkatannya tersebut memiliki kolam alami yang bisa digunakan untuk mandi.

Jika kamu penasaran seperti apa Air Terjun Telalang Jaya atau Air Terjun Tujuh Bidadari ini? Kamu bisa langsung mengunjunginya di Desa Telentam, Kecamatan Tabir Barat, Kabupaten Merangin, Jambi.

#14. Bukit Tiung

Tempat wisata di Bangko (Jambi) yang bagus untuk dikunjungi oleh wisatawan terakhir yaitu Bukit Tiung. Lokasinya berada di Kelurahan Pasar Atas Bangko, Kecamatan Bangko, Kabupaten Merangin, Jambi.

Bukit Tiung adalah sebuah hutan kota yang berada di tengah-tengah pusat Kota Bangko. Hutan kota ini terdiri dari sebuah taman burung, kebun binatang mini, dan beberapa tempat duduk untuk bersantai.

Disamping itu, hutan kota ini berada di sebuah dataran tinggi, sehingga para wisatawan juga bisa melihat Jam Gento dari tempat ini. Biasanya, hutan kota ini buka setiap hari, dari pukul 07:30 hingga pukul 17:00.

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan tentang beberapa tempat wisata di Bangko (Jambi) yang bagus untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Baca juga ulasan mengenai rekomendasi tempat wisata di Muara Bungo (Jambi).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel