14+ Tempat Wisata di Bireuen (Aceh) Yang Menarik Untuk Dikunjungi!!

Beberapa tempat wisata di Bireuen (Aceh) berikut ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi para wisatawan, yang sekarang ini sedang berencana menghabiskan waktu liburannya di Provinsi Aceh.

Perlu kalian ketahui, Bireuen adalah salah satu kabupaten di Provinsi Aceh. Kabupaten dengan nama ibukota sama ini mempunyai sejumlah tempat wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi wisatawan.

Mulai dari pantai, hingga air terjun, dan beberapa tempat wisata lainnya ada di kabupaten ini. Lantas, apa saja tempat wisata di Bireuen (Aceh) yang menarik untuk dikunjungi tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Inilah Beberapa Tempat Wisata di Bireuen (Aceh) Yang Menarik Untuk Dikunjungi


#1. Pantai Kuala Jangka

Tempat Wisata di Bireuen
Pantai Kuala Jangka
Rekomendasi tempat wisata di Bireuen (Aceh) yang menarik untuk dikunjungi pertama yaitu Pantai Kuala Jangka. Lokasinya berada di Desa Jangka Mesjid, Kecamatan Jangka, Kabupaten Bireuen, Aceh.

Pantai Kuala Jangka adalah salah satu tempat nongkrong terbaik di Bireuen. Pasalnya, dengan bibir pantainya yang landai, dipadu dengan pohon-pohon pinus di sekitarnya, membuat suasana di pantai ini begitu menyejukan.

Selain itu, disepanjang bibir pantainya juga terdapat sejumlah pedagang yang menjual makanan dan minuman. Biasanya, pantai ini buka setiap hari, mulai dari pukul 08:00 hingga pukul 18:00 dengan tiket masuk sebesar Rp 5.000/orang.

BACA JUGA: 15+ Tempat Wisata di Langsa (Aceh) Yang Menarik Dikunjungi!!

#2. Air Terjun Piramida

Rekomendasi tempat wisata di Bireuen (Aceh) yang menarik untuk dikunjungi berikutnya yaitu Air Terjun Piramida. Lokasinya berada di Desa Alue, Kecamatan Samalanga, Kabupaten Bireuen, Aceh.

Dinamakan " Air Terjun Piramida ", karena formasi batuan-batuan disekitar air terjun ini berbentuk segitiga seperti piramida pada umumnya. Disamping itu, bentuknya juga miring, dan bertingkat-tingkat.

Lokasinya memang sedikit tersembunyi, dan para wisatawan harus melakukan trekking melewati hutan untuk menuju lokasinya. Namun, semua rintangan tersebut akan terbayar dengan keindahan air terjun setinggi 4 meter.

#3. Air Terjun Ceuraceu

Tempat Wisata di Bireuen
Air Terjun Ceuraceu
Salah satu keunikan dari Air Terjun Ceuraceu ini yaitu mempunyai tingkatan-tingkatan tertentu. Dimana, setiap tingkatannya tersebut bisa dijelajahi oleh para wisatawan dengan melewati batuan-batuan yang licin.

Jika kamu penasaran dengan keindahan Air Terjun Ceuraceu ini? Kamu bisa mengunjunginya langsung di Desa Samagadeng, Kecamatan Pandrah, Kabupaten Bireuen, Aceh.

#4. Pemandian Batee Iliek

Pemandian Batee Iliek adalah salah satu tempat pemandian alami di Kabupaten Bireuen. Lokasinya berada di Jalan Medan - Banda Aceh, Desa Batee Iliek, Kecamatan Samalanga, Kabupaten Bireuen, Aceh.

Tempat pemandian alami yang lokasinya tidak begitu jauh dari Air Terjun Samalanga ini terdiri dari sebuah aliran sungai, lengkap dengan batuan-batuan alami dengan berbagai ukuran, dan dikelilingi alam yang hijau.

Bukan hanya itu saja, disekitar tempat pemandian ini juga sudah terdapat banyak sekali para pedagang, yang menjual berbagai jenis makanan, dan minuman, sehingga tidak perlu takut kelaparan berkunjung ke tempat ini.

#5. Pantai Kuala Raja

Tempat Wisata di Bireuen
Pantai Kuala Raja
Lokasi Pantai Kuala Raja cukup dekat dari pusat Kota Bireuen, yaitu hanya berjarak kurang lebih 5 kilometer saja, atau lebih tepatnya berada di Desa Kuala Raja, Kecamatan Kuala, Kabupaten Bireuen, Aceh.

Disamping bisa menikmati pemandangan pantainya yang " cukup " indah, para wisatawan juga bisa menyewa perahu karet dan perahu biasa untuk menjelajahi laut di sekitar Pantai Kuala Raja yang elok.

Untuk fasilitas pendukung seperti toilet, musholla, dan lain sebagainya tersedia dengan baik. Bahkan, tempat parkir kendaraan lumayan luas. Dan yang paling penting, harga tiket masuknya cukup ramah dikantong.

#6. Pantai Peuneulet Baroh

Rekomendasi tempat wisata di Bireuen (Aceh) yang menarik untuk dikunjungi wisatawan selanjutnya yaitu Pantai Peuneulet Baroh. Lokasinya berada di Desa Pantai Peuneulet Baroh, Kecamatan Simpang Mamplam, Kabupaten Bireuen, Aceh.

Ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan oleh para wisatawan di pantai ini, mulai dari berjalan-jalan santai, bermain pasir, berjemur, berenang, bermain bola, hingga berswafoto, atau berfoto selfie, dan lain sebagainya.

Bukan hanya itu saja, Pantai Peuneulet Baroh juga merupakan salah satu tempat yang bagus untuk bermain selancar (surfing) di Kabupaten Bireuen. Pasalnya, ombak di pantai ini cukup besar, dan memacu adrenalin.

#7. Pantai Reuleung Manyang

Tempat Wisata di Bireuen
Pantai Reuleung Manyang
Pantai Reuleung Manyang memang belum begitu terekspos dikalangan para wisatawan. Namun, panorama yang ditawarkan oleh pantai ini cukup indah, sehingga patut dipertimbangkan untuk dikunjungi.

Pantai yang berada di Kecamatan Pandrah, Kabupaten Bireuen, Aceh ini mempunyai sebuah batu karang yang begitu eksotis. Batu karang inilah yang sering dijadikan sebagi objek foto di tempat wisata ini.

#8. Air Terjun Ie Rhop

Tempat Wisata di Bireuen
Air Terjun Ie Rhop
Selain Air Terjun Piramida, dan Air Terjun Ceuraceu, ada satu lagi tempat wisata alam berupa air terjun di Kabupaten Bireuen, yang juga wajib dipertimbangkan untuk dikunjungi, yaitu Air Terjun Ie Rhop.

Air terjun yang berada di Gampong Ie Rhop, Kecamatan Simpang Mamplam, Kabupaten Bireuen, Aceh ini terkenal memiliki 4 tingkatan. Makanya, air terjun ini terkadang disebut juga dengan nama " Air Terjun 4 Tingkat ".

#9. Wisata Pante Karya

Pante Karya adalah sebuah gampong di Kecamatan Peusangan Siblah Krueng, Kabupaten Bireuen, Aceh. Lokasinya tepat berada diantara perbatasan antara Kabupaten Bireuen dengan Kabupaten Bener Meriah.

Gampong Pante Karya ini mempunyai pemandangan alam yang " cukup " indah, terutama pada bagian sungai-sungainya, yang memiliki air yang begitu jernih, lengkap dengan batuan sungai yang eksotis.

Lebih menariknya lagi, tempat wisata ini masih jarang dikunjungi wisatawan, karena memang belum begitu dikenal dikalangan para wisatawan. Hanya saja, fasilitas pendukung di tempat wisata ini masih minim sekali.

#10. Wisata Air Krueng Simpo

Tempat Wisata di Bireuen
Krueng Simpo
Wisata Air Krueng Simpo berada tepat di pinggir badan Jalan Bireuen - Takengon, atau sekitar 18 kilometer dari pusat Kota Bireuen, atau lebih tepatnya lagi berada di Gampong Krueng Simpo, Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen, Aceh.

Kurang lebih dengan Gampong Pante Karya, Gampong Krueng Simpo juga menawarkan pemandangan alam yang cukup indah, terutama sungai-sungainya yang begitu jernih, lengkap dengan batuan sungai yang eksotis.

#11. Pantai Ujong Blang

Tempat Wisata di Bireuen
Pantai Ujong Blang
Rekomendasi tempat wisata di Bireuen (Aceh) yang juga menarik untuk dikunjungi wisatawan berikutnya yaitu Pantai Ujong Blang. Lokasinya hanya berjarak kurang lebih 4 kilometer dari pusat Kota Bireuen.

Atau lebih tepatnya lagi berada di Desa Ujong Blang, Kecamatan Kuala, Kabupaten Bireuen, Aceh. Biasanya, tempat wisata alam yang satu ini dibuka setiap hari, mulai dari pukul 06:30 hingga pukul 17:30.

#12. Cot Panglima

Rekomendasi tempat wisata di Bireuen (Aceh) yang menarik untuk dikunjungi terakhir yaitu Cot Panglima, atau Puncak Panglima. Lokasinya berada di Desa Suka Tani, Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen, Aceh.

Cot Panglima (Puncak Panglima) adalah sebuah puncak yang berada di 29 kilomter di Bireuen - Takengon. Biasanya, tempat ini sering dijadikan sebagai lokasi peristirahatan oleh para penguna jalan.

Para wisatawan atau para penguna jalan yang melewati kawasan ini akan disuguhkan dengan panorama alam yang indah dari Cot Panglima atau Puncak Panglima ini.

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan tentang rekomendasi tempat wisata di Bireuen (Aceh) yang menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan. Baca juga ulasan tentang beberapa tempat wisata di Lhokseumawe (Aceh).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel