16+ Tempat Wisata di Bontang (Kalimantan Timur) Yang Menarik Dikunjungi!!

Beberapa tempat wisata di Bontang yang direkomendasikan berikut ini sangat wajib dipertimbangkan untuk dikunjungi oleh wisatawan yang saat ini sedang menghabiskan waktu liburannya di Provinsi Kalimantan Timur.

Pasalnya, selain dikenal sebagai salah satu " Kota Industri " di Pulau Kalimantan, Kota Bontang di Provinsi Kalimantan Timur juga dikenal dengan sejumlah tempat wisatanya yang menarik untuk dikunjungi.

Mulai dari tempat wisata alam seperti pantai, teluk, pulau, hingga taman nasional. Lantas, dimana saja tempat wisata di Bontang (Kalimantan Timur) yang menarik dikunjungi tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Inilah Beberapa Tempat Wisata di Bontang (Kalimantan Timur) Yang Menarik Dikunjungi


#1. Pulau Beras Basah

Tempat Wisata di Bontang
Pulau Beras Basah
Tempat wisata di Bontang (Kalimantan Timur) yang menarik dikunjungi pertama yaitu Pulau Beras Basah. Secara administratif, pulau ini berada di Kelurahan Bontang Lestari, Kecamatan Bontang Selatan, Kota Bontang, Kalimantan Timur.

Panorama pulau ini sangat terkenal dikalangan para wisatawan, baik wisatawan domestik mapun wisatawan asing. Bahkan, Pulau Beras Basah disebut-sebut sebagai salah satu surganya di Kota Bontang.

Dinamakan " Pulau Beras Basah ", karena pada jaman dulu ada sebuah kapal bermuatan beras dari Pulau Sulawesi yang berlabuh di pulau ini. Kemudian beras-beras tersebut diturunkan dan menjadi basah terkena ombak.

BACA JUGA: 10+ Tempat Wisata di Sangatta (Kutai Timur - Kalimantan Timur)

#2. Taman Nasional Kutai (TNK)

Tempat wisata di Bontang (Kalimantan Timur) yang menarik dikunjungi berikutnya yaitu Taman Nasional Kutai, yang sebagian besar wilayahnya berada di Kabupaten Kutai Timur, dan Kota Bontang.

Taman nasional seluas kurang lebih 200.000 hektar ini sangat kaya akan flora dan fauna khas Pulau Kalimantan, khususnya hewan sejenis primata seperti orang utan, kera ekor panjang, bekantan, kukang, dan lainnya.

Disamping sebagai tempat wisata, Taman Nasional Kutai juga sering dijadikan sebagai tempat berkemah atau kemping, tempat penelitian, dan pendidikan alam bagi siswa sekolah di Kalimantan Timur.

#3. Bontang Mangrove Park

Tempat Wisata di Bontang
Bontang Mangrove Park
Bontang Mangrove Park merupakan bagian dari Taman Nasional Kutai (TNK), atau secara administratif berada di Kelurahan Bontang Baru, Kecamatan Bontang Utara, Kota Bontang, Kalimantan Timur.

Bontang Mangrove Park menyediakan sebuah jalan setapak sepanjang 1,3 kilometer, dan sebuah menara pandang untuk menikmati hutan bakau lengkap dengan keanekaragaman hayati khas Kalimantan Timur.

Bukan hanya itu saja, Bontang Mangrove Park juga sangat bagus dijadikan sebagai tempat untuk menikmati matahari terbenam (sunset) di Kota Bontang.

#4. Pantai Marina

Tempat Wisata di Bontang
Pantai Marina
Pantai yang lokasinya berada di Desa Satimpo, Kecamatan Bontang Selatan, Kota Bontang, Kalimantan Timur ini berfungsi sebagai pelabuhan untuk bongkar muat kapal tangker milik PT. Badak NGL.

Pada awalnya, pantai berpasir putih bersih ini hanya dikhususkan sebagai tempat wisata bagi karyawan perusahaan dan keluarganya saja. Namun seiring berjalannya waktu, pantai ini dibuka untuk umum.

Disamping itu, sejumlah fasilitas seperti area bermain, perahu untuk olahraga sailing, dan lainnya ada di pantai ini. Biasanya, tempat wisata ini dibuka 24 jam setiap harinya dengan tiket masuk sebesar Rp 10.000/orang.

#5. Bontang Kuala

Bontang Kuala adalah sebuah desa nelayan di Kecamatan Bontang Utara, Kota Bontang, Kalimantan Timur, yang menjadi titik keberangkatan untuk menyeberang ke Pulau Segajah, dan Pulau Beras Basah.

Daya tarik utama dari Desa Bontang Kuala yaitu posisinya terapung diatas air laut. Disamping itu, desa nelayan ini juga sudah ditata dengan rapi, bersih, dan tersedia beberapa tempat nongkrong yang asyik.

Selain rapi dan bersih, desa terapung juga dikenal mempunyai beberapa makanan khas bontang, yang didominasi oleh makanan seafood, yang dimasak dari ikan-ikan segar hasil dari tambak milik warga setempat.

#6. Pulau Segajah

Tempat Wisata di Bontang
Pulau Segajah
Pulau kecil yang berada di Kelurahan Bontang Kuala, Kecamatan Bontang Utara, Kota Bontang, Kalimantan Timur ini sangat dianjurkan dikunjungi pertama kali ketika berenacana menjelajahi beberapa tempat wisata di Bontang.

Pasalnya, pulau dengan luas kurang lebih 2 hektar ini hanya muncul pada siang hari atau pada saat air laut sedang surut. Menjelang sore hari, atau pada saat air laut sedang pasang, maka pulau ini akan menghilang (tenggelam).

Disamping itu, lokasi Pulau Segajah juga berdekatan dengan Pulau Beras Basah. Sehingga, para wisatawan bisa langsung mengunjungi Pulau Beras Basah setelah mereka puas menjelajahi Pulau Segajah.

#7. Lembah Permai Adventure Park

Lembah Permai Adventure Park adalah salah satu restoran di Bontang. Hanya saja, restoran yang berada di Desa Belimbing, Kecamatan Bontang Barat, Kota Bontang, Kalimantan Timur ini bukanlah restoran biasanya.

Pasalnya, beberapa komunitas lokal sering menyelenggarakan gathering di tempat ini. Disamping itu, beberapa fasilitas seperti kolam renang, telaga buatan, kolam ikan koi, wahana outbound, dan lainnya ada disini.

Sehingga, tidak terlalu mengherankan apabila Lembah Permai Adventure Park selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan muda, khususnya pada akhir pekan (weekend) dan beberapa hari libur lainnya.

#8. Taman Wisata Graha Mangrove

Tempat Wisata di Bontang
Taman Wisata Graha Mangrove
Sebagian besar wilayah Kota Bontang dikelilingi oleh hutan bakau, sehingga tidak heran jika terdapat beberapa tempat wisata yang menawarkan hutan bakau sebagai daya tarik utamanya seperti Taman Wisata Graha Mangrove ini.

Selain menyuguhkan hutan bakau sebagai daya tariknya, tempat wisata ini menyediakan beberapa peralatan untuk aktivitas air seperti banana boat, speed boat, jet sky, perahu dayung, dan lain sebagainya.

Bukan hanya itu saja, para wisata juga bisa makan siang atau makan malam di tempat ini. Karena sudah tersedia kurang lebih 60 pondok untuk bersantap bersama keluarga di Taman Wisata Graha Mangrove ini.

Jika kamu penasaran dengan tempat wisata ini? Kamu bisa mengunjungi di Kelurahan Gunung Elai, Kecamatan Bontang Utara, Kota Bontang, Kalimantan Timur. Biasanya, tempat wisata ini buka setiap hari, dari pukul 09:00 hingga pukul 21:00.

#9. Cafe Singapore

Tempat Wisata di Bontang
Cafe Singapore
Kota Bontang di Provinsi Kalimantan Timur juga mempunyai sebuah cafe, yang menarik untuk dikunjungi, yaitu Cafe Singapore. Lokasinya berada di Desa Tanjung Laut Indah, Kecamatan Bontang Selatan, Kota Bontang, Kalimantan Timur.

Cafe Singapore sangat populer dikalangan masyarakat Kota Bontang dan sekitarnya. Pasalnya, di kafe ini terdapat replika Patung Merlion, yaitu sebuah patung singa yang menjadi salah satu ikon Negara Singapore.

Disamping itu, tempatnya juga cukup luas, dan pemandangan matahari terbenam (sunset) dari kafe ini juga " cukup " indah. Biasanya, kafe ini buka setiap hari, mulai dari pukul 04:00 hingga pukul 22:00.

#10. Pulau Gusung

Tempat Wisata di Bontang
Pulau Gusung
Tempat wisata di Bontang (Kalimantan Timur) yang juga menarik untuk dikunjungi berikutnya yaitu Pulau Gusung. Pulau ini berada di utara Kota Bontang, dan bisa dikunjungi dengan mengunakan speed boat.

Pulau yang memiliki pantai dengan pasir putih ini bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif jika para wisatawan sudah bosan dengan wisata pantai terkenal seperti Pantai Marina, Pulau Beras Basah, dan Pulau Segajah.

Sekeder informasi, Pulau Gusung adalah salah satu pulau berpenghuni di Kota Bontang. Berdasarkan catatannya, pulau ini dihuni kurang lebih 300 kepala keluarga, dimana sebagian penduduknya berprofesi sebagai nelayan tradisional.

#11. Desa Selangan dan Tihi-Tihi

Selain Bontang Kuala, ada satu lagi desa nelayan di Kota Bontang, yang juga menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan, yaitu Desa Selangan dan Tihi-Tihi. Lokasinya berada di tengah-tengah Selat Makassar.

Kurang lebih sama dengan Bontang Kuala, Desa Selangan dan Tihi-Tihi juga merupakan sebuah desa nelayan yang terapung diatas air laut. Dimana, hampir semua penduduknya berprofesi sebagai nelayan yang membudidayakan rumput laut.

Hebatnya lagi, rumput laut dari desa nelayan ini dipasarkan ke beberapa kota besar Indonesia seperti Kota Surabaya, dan Kota Jakarta. Bahkan, rumput laut dari desa nelayan ini sampai di ekspor ke Negara Jepang.

#12. Taman Cibodas

Tempat wisata yang berada di Desa Belimbing, Kecamatan Bontang Barat, Kota Bontang, Kalimantan Timur ini masuk ke dalam kawasan milik PT. Pupuk Kaltim, dan dikelola oleh perusahaan tersebut.

Dengan fasilitas yang " cukup " lengkap dan suasana yang sejuk, membuat tempat wisata ini tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya, khususnya pada akhir pekan (weekend) dan pada hari libur lainnya.

Beberapa fasilitas menarik yang tersedia di Taman Cibodas ini di antaranya adalah tempat bermain anak-anak, tempat duduk yang bisa diputar, panggung tempat makan keluarga, sejumlah hewan, dan beberapa patung.

#13. Taman Tanjung Laut

Selain Taman Cibodas, ada satu lagi tempat wisata yang menawarkan ruang terbuka hijau di Kota Bontang, yaitu Taman Tanjung Laut. Lokasinya berada di Kelurahan Tanjung Laut, Kecamatan Bontang Selatan, Kota Bontang, Kalimantan Timur.

Dengan sejumlah fasilitas menarik yang ditawarkannya, dan suasana yang nyaman untuk bersantai, membuat tempat wisata yang satu ini selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat Kota Bontang dan sekitarnya.

#14. Alam Sejati 77

Tempat Wisata di Bontang
Alam Sejati 77
Tempat wisata di Bontang (Kalimantan Timur) yang juga cukup menarik untuk dikunjungi selanjutnya yaitu Alam Sejati 77. Alam Sejati 77 adalah sebuah tempat wisata yang menawarkan pemandangan perbukitan yang indah.

Disamping itu, tempat wisata yang berada di Kelurahan Bontang Lestari, Kecamatan Bontang Selatan, Kota Bontang, Kalimantan Timur ini merupakan tempat wisata favorit para wisatawan muda di Kota Bontang.

Pasalnya, di tempat wisata ini terdapat sejumlah spot foto yang kekinian dan instagramable seperti gardu pandang yang membentuk tulisan " I Love U ", gardu pandang dengan bunga melengkung, dan lain sebagainya.

#15. Kenari Waterpark

Tempat Wisata di Bontang
Kenari Waterpark
Kota Bontang di Provinsi Kalimantan Timur juga mempunyai sebuah taman air (waterpark) yang juga patut dipertimbangkan untuk dikunjungi oleh para wisatawan bersama keluarga, yaitu Kenari Waterpark.

Beberapa fasilitas yang bisa dinikmati oleh para wisatawan di tempat wisata ini di antaranya adalah sebuah kolam renang bergaya eropa, beberapa kursi kafe bergaya klasik modern, dan lain sebagainya.

Lokasinya berada di Kelurahan Api-Api, Kecamatan Bontang Utara, Kota Bontang, Kalimantan Timur. Biasanya, taman air ini buka setiap hari, dari pukul 09:00 - 21:00 untuk hari senin hingga jum'at, dan 08:00 - 21:00 untuk hari sabtu dan minggu.

#16. IDO Niaga

Tempat wisata di Bontang (Kalimantan Timur) yang menarik dikunjungi terakhir yaitu IDO Niaga. IDO Niaga adalah sebuah komplek kecil yang menampung para pengrajin kerajinan tangan khas Kalimantan Timur.

Walaupun lokasinya tidak begitu besar, dan para pedagangnya masih sedikit, namun kepuasan para wisatawan untuk menikmati berbagai produk kreatif hasil kerajinan tangan khas Kalimantan Timur cukup terpuaskan.

Pasalnya, para wisatawan bisa menemukan berbagai produk unik di tempat ini, mulai dari ukiran kayu, bahan-bahan mote berwarna-warni, tas wanita, hingga kain meteran khas Pulau Kalimantan ada disini.

Intinya, telusuri isi dari setiap toko secara pelan-pelan, niscaya pasti menemukan sesuatu yang menarik. Dan jangan sungkan juga menawarkan di tempat ini, karena para penjual di IDO Niaga ini dikenal ramah dan sopan.

Lokasinya berada di Kelurahan Berbas Pantai, Kecamatan Bontang Selatan, Kota Bontang, Kalimantan Timur. Biasanya, komplek ini buka setiap hari, mulai dari pukul 09:00 hingga pukul 21:00.

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan mengenai beberapa tempat wisata di Bontang (Kalimantan Timur) yang menarik dikunjungi para wisatawan. Baca juga ulasan tentang sejumlah tempat wisata di Tenggarong (Kutai Kartanegara).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel