10+ Tempat Wisata di Gombong (Kebumen) Yang Lagi Hits!!

Sejumlah tempat wisata di Gombong berikut ini sangat wajib dipertimbangkan untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Pasalnya, beberapa tempat wisata yang direkomendasikan ini lagi hits dikunjungi wisatawan di Kebumen.

Perlu kalian ketahui, Gombong merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Kebumen (Jawa Tengah). Dan sebagian tempat wisata di Kebumen tersebut berada di Kecamatan Gombong dan sekitarnya.

Mulai dari tempat wisata sejarah, hingga tempat wisata alam, ada di Kecamatan Gombong ini. Lantas, dimana saja tempat wisata di Gombong (Kebumen) yang lagi hits dikunjungi tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Inilah Beberapa Tempat Wisata di Gombong (Kebumen) Yang Lagi Hits


#1. Benteng Van Der Wijck

Tempat Wisata di Gombong
Benteng Van Der Wijck
Tempat wisata di Gombong (Kebumen) yang lagi hits dikunjungi pertama yaitu Benteng Van Der Wijck. Benteng Van Der Wijck merupakan salah satu benteng peninggalan kolonial belanda di Indonesia.

Salah satu keunikan dari benteng peninggalan kolonial belanda yang dibangun pada abad ke-18 ini terletak pada bentuk bangunannya yang berbentuk segi delapan (heksagonal) dengan ciri khas berwarna merah.

Jika kamu penasaran dengan Benteng Van Der Wijck ini? Kamu bisa mengunjungi di Desa Sidayu, Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Biasanya, benteng ini dibuka setiap hari, dari pukul 08:00 hingga pukul 16:00.

BACA JUGA: Air Terjun Sekar Langit di Magelang (Lokasi, Tiket Masuk, Rute, Fasilitas, dan Legenda)

#2. Rumah Martha Tilaar

Tempat wisata di Gombong (Kebumen) yang lagi hits dikunjungi berikutnya yaitu Rumah Martha Tilaar. Dulunya, Rumah Martha Tilaar merupakan tempat tinggal sang maestro kecantikan Indonesia, yaitu Martha Tilaar.

Tempat wisata ini akan memberikan wawasan luas tentang berbagai aspek penting dalam kehidupan dengan konsep empat Martha Tilaar Group, yakni Beauty Education, Green, Culture, dan Empowering Woman.

Biasanya, tempat wisata ini buka setiap hari, dari pukul 07:00 hingga pukul 17:00, dan lokasinya berada di Jalan Sempor Lama No.28, Desa Wonokriyo, Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

#3. Waduk Sempor

Tempat Wisata di Gombong
Waduk Sempor
Walaupun sebenarnya, tempat wisata yang satu ini tidak berada persis di Kecamatan Gombong, melainkan berada di Desa Sempor, kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah.

Namun dikarenakan lokasinya yang cukup dekat dari Kecamatan Gombong, yaitu hanya berjarak kurang lebih 7 kilometer saja, sehingga tempat wisata ini patut dipertimbangkan untuk dikunjungi para wisatawan.

Waduk Sempor adalah sebuah bendungan serbaguna yang difungsikan sebagai pembangkit tenaga listrik (PLTA), irigasi bagi persawahan di sekitarnya, dan objek wisata. Biasanya, waduk ini dibuka 24 jam setiap harinya.

#4. Pabrik Rokok Sintren

Tempat Wisata di Gombong
Pabrik Rokok Sintren
Kalau kamu adalah seorang perokok sejati! Maka kamu wajib mengunjungi pabrik rokok yang berada di Jalan St.Ganggodndang, Desa Wonokriyo, Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Pabrik Rokok Sintren ini diawali oleh sepasang suami istri bernama Agus Subianto (The Tjoan), dan Setiawati (Tjo Goe Nio), yang memproduksi rokok klembak menyan merk " Sintren ", " Bangjo ", dan " Togog ".

Kini, pabrik rokok masih dijalankan oleh 3 anak dari 9 anak keturunan dari Agus Subianto (The Tjoan), dan Setiawati (Tjo Goe Nio). Biasanya, pabrik rokok ini buka dari pukul 08:00 -04:00 setiap hari senin hingga hari jum'at.

#5. Klenteng Hok Tek Bio

Klenteng yang diketahui berdiri pada tahun 1950-an ini berada di pinggir Sungai Gombong dikawasan pecinan Kedungampel di Desa Wonokriyo, Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Salah satu keunikan dari klenteng ini, yaitu digunakan oleh tiga aliran agama sekaligus, yakni Kong Hu Chu, Tao dan Buddha. Makanya, Klenteng Hok Tek Bio dijuluki sebagai " Tempat Ibadah Tri Dharma ".

#6. Pantai Menganti

Tempat Wisata di Gombong
Pantai Menganti
Kurang lebih sama dengan Waduk Sempor, lokasi pantai ini tidak persis berada di Kecamatan Gombong. Melainkan berada di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Namun, karena lokasinya yang cukup dekat dari Kecamatan Gombong, yaitu hanya berjarak kurang lebih 30 kilometer. Sehingga, pantai ini wajib dipertimbangkan untuk dikunjungi oleh para wisatawan.

Disamping itu, keindahan yang ditawarkan oleh tempat wisata ini cukup komplit, mulai dari pantai berpasir putih, hingga kawasan perbukitan yang eksotis, dan beberapa objek wisata lainnya ada disini.

#7. Goa Jatijajar

Tempat Wisata di Gombong
Goa Jatijajar
Selain Waduk Sempor, dan Pantai Menganti, ada satu tempat wisata yang tidak persis berada di Kecamatan Gombong, namun lokasinya cukup dekat, sehingga patut dipertimbangkan untuk dikunjungi, yaitu Goa Jatijajar.

Secara administratif, Goa Jatijajar berada di Desa Jatijajar, KecamatanAyah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Kalau dari Kecamatan Gombong, goa ini hanya berjarak kurang lebih 21 kilometer saja.

Goa Jatijajar adalah sebuah goa kapur sepanjang 250 meter yang terbentuk secara alami selama ribuan tahun yang lalu. Konon katanya, goa ini merupakan salah satu tempat bertapa Raden Kamandaka.

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan tentang sejumlah tempat wisata di Gombong (Kebumen) yang lagi hits dikunjungi wisatawan. Baca juga ulasan tentang Tempat Pemandian Air Panas Bayanan di Sragen (Jawa Tengah).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel