15+ Tempat Wisata di Jeneponto Yang Direkomendasikan Untuk Dikunjungi!!

Beberapa tempat wisata di Jeneponto yang direkomendasikan berikut ini sangat wajib untuk dikunjungi oleh wisatawan, terutama para wisatawan yang sedang berada di Provinsi Sulawesi Selatan.

Perlu diketahui, Jeneponto adalah salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, yang mempunyai tempat wisata yang cukup komplit.

Mulai dari danau, lembah, pantai, hingga air terjun, ada di kabupaten ini. Lantas, dimana saja tempat wisata di Jeneponto yang paling direkomendasikan untuk dikunjungi tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Inilah Beberapa Tempat Wisata di Jeneponto Yang Direkomendasikan Untuk Dikunjungi


#1. Danau Bulu Jaya

Tempat Wisata di Jeneponto
Danau Bulu Jaya
Tempat wisata di Jeneponto yang paling direkomendasikan untuk dikunjungi pertama yaitu Danau Bulu Jaya. Lokasinya berada di Desa Bulujaya, Kecamatan Bangkala Barat, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Daya tarik utama dari danau ini terletak pada airnya yang begitu bersih dan bening. Disamping itu, pemandangan alam disekitar danau juga siap memanjakan mata para wisatawan yang mengunjunginya.

BACA JUGA: 15+ Tempat Wisata di Bitung (Sulawesi Utara) Yang Menarik Dikunjungi!!

#2. Batu Siping

Tempat Wisata di Jeneponto
Batu Siping
Tempat wisata di Jeneponto yang paling direkomendasikan untuk dikunjungi berikutnya yaitu Batu Siping. Lokasinya berada di Desa Garassikang, Kecamatan Bangkala Barat, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Batu Siping merupakan sebuah formasi batuan yang sudah mengalami proses abrasi laut secara alami, sehingga menghasilkan formasi batuan yang " cukup " unik, dan banyak membuat penasaran para wisatawan.

Para wisatawan bisa menemukan sejumlah spot foto yang keren dan instagramable di tempat wisata ini. Sedangkan nama " Batu Siping " sendiri diambil dari bahasa makassar yang berarti " Batu Sempit ".

#3. Lembah Hijau Rumbia

Tempat Wisata di Jeneponto
Lembah Hijau Rumbia
Lembah Hijau Rumbia adalah sebuah tempat wisata di Jeneponto yang menawarkan kolam pemandian buatan sebagai objek wisata utamanya. Lokasinya berjarak sekitar 27 kilometer dari pusat ibukota Kabupaten Jeneponto.

Atau lebih tepatnya lagi berada di Desa Tompobulu, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan. Biasanya, Lembah Hijau Rumbia ini dibuka 24 jam setiap harinya.

Lokasinya sendiri berada di ketinggian kurang lebih 1.000 mdpl (meter diatas permukaan air laut), sehingga suasana di tempat wisata ini sangat sejuk, dan cocok dijadikan sebagai tempat untuk bersantai.

#4. Pantai Tamarunang

Kabupaten Jeneponto di Provinsi Sulawesi Selatan juga mempunyai sejumlah tempat wisata alam berupa pantai, yang juga rekomended untuk dikunjungi oleh wisatawan, salah satunya adalah Pantai Tamarunang.

Lokasinya berjarak kurang lebih 8 kilometer dari pusat ibukota Kabupaten Jeneponto, atau lebih tepatnya lagi berada di Desa Tamarunang, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Para wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan hamparan laut yang begitu luas, dan ombak yang " cukup " bersahabat di pantai ini. Dan waktu terbaik berkunjung ke pantai ini yaitu pada sore hari.

#5. Air Terjun Tuang Loe

Tempat Wisata di Jeneponto
Air Terjun Tuang Loe
Selain formasi batuan, danau, dan pantai, Kabupaten Jeneponto di Provinsi Sulawesi Selatan juga memiliki beberapa tempat wisata alam berupa air terjun, yang juga menarik dikunjungi, salah satunya adalah Air Terjun Tuang Loe.

Air Terjun Tuang Loe adalah salah satu air terjun di Kabupaten Jeneponto yang masih alami dan asri. Disamping itu, curah air di air terjun ini juga cukup besar, dan cocok dijadikan sebagai objek foto.

Lokasinya berada di Desa Datara, Kecamatan Bontoramba, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan. Namun harap berhati-hati ketika berwisata ke air terjun, karena batu cadas di air terjun ini agak curam.

#6. Pantai Biringkassi

Tempat wisata di Jeneponto yang paling direkomendasikan untuk dikunjungi wisatawan selanjutnya yaitu Pantai Biringkassi. Lokasinya berada di Jalan HV Worang, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Salah satu kelebihan dari pantai ini dibandingkan pantai lainnya di Jeneponto, yaitu para wisatawan bisa menikmati keindahan pantai dari sebuah jembatan panjang, yang cukup ikonik di tempat wisata ini.

#7. Pantai Birtaria Kassi

Pantai yang berada di Desa Tonro Kassi Barat, Kecamatan Tamalatea, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan ini juga menawarkan sesuatu yang berbeda daripada tempat wisata pantai pada umumnya.

Pasalnya, selain menawarkan sebuah pantai yang cukup menarik sebagai objek wisata utamanya, para wisatawan juga akan menemukan sebuah aliran air tawar yang mengalir dari bibir pantai di tempat wisata ini.

Bukan hanya itu saja, sejumlah fasilitas menarik juga ada di tempat wisata ini, seperti kolam renang, villa, masjid, toko souvenir, dan tempat olahraga seperti lapangan tenis, area jogging, dan lain sebagainya.

#8. Air Terjun Tama'lulua

Tempat Wisata di Jeneponto
Air Terjun Tama'lulua
Selain Air Terjun Tuang Loe, ada satu lagi tempat wisata alam berupa air terjun di Kabupaten Jeneponto, yang wajib dipertimbangkan untuk dikunjungi oleh wisatawan, yaitu Air Terjun Tama'lulua.

Hanya saja, untuk mencapai air terjun yang lokasinya berada di Desa Bontomanai, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan ini tidaklah mudah, dan membutuhkan tenaga yang ekstra.

Pasalnya, medan jalan yang harus dilewati untuk mencapai lokasi air terjun ini cukup terjal dan berbatu. Namun, semua lelah yang harus dilewati tersebut akan terbayar dengan keindahan Air Terjun Tama'lulua ini.

#9. Bukit Bossolo

Tempat Wisata di Jeneponto
Bukit Bossolo
Jika kamu ingin menikmati keindahan Air Terjun Tama'lulua dari kejauhan dan ketinggian? Cobalah mendaki Bukit Bossolo, yang masih berada di Desa Bontomanai, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Selain menyuguhkan Air Terjun Tama'lulua, para wisatawan juga akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang begitu indah dari bukit ini. Biasanya, tiket masuknya sebesar Rp 5.000/orang.

#10. Pantai Garassikang

Tempat wisata di Jeneponto yang juga direkomendasikan untuk dikunjungi wisatawan berikutnya yaitu Pantai Garassikang. Pantai Garassikang adalah salah satu pantai yang jarang terekspos di Kabupaten Jeneponto.

Namun, pantai yang berada di Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan ini mempunyai gugusan batuan-batuan yang sangat eksotis, dan sangat bagus dijadikan sebagai objek foto.

#11. Pulau Libukang

Tempat Wisata di Jeneponto
Pulau Libukang
Kabupaten Jeneponto di Provinsi Sulawesi Selatan juga mempunyai sebuah pulau eksotis dengan nilai-nilai sejarah di dalamnya, yang juga menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan, yaitu Pulau Libukang.

Ada beberapa objek wisata menarik yang bisa dikunjungi wisatawan di Pulau Likubang, mulai dari pantai berpasir putih, hingga Puang Hawang, yaitu sebuah pemakaman leluhur warga Pulau Libukang.

#12. Pantai Karsut

Pantai yang berada di Desa Kampala, Kecamatan Arungkeke, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan ini memberikan pelayanan yang " sedikit " berbeda dan tidak biasa kepada para pengunjungnya.

Pasalnya, para wisatawan diizinkan masuk ke dalam tempat wisata pantai dengan gratis, dan hanya akan dikenakan biaya jika para wisatawan tersebut mengunakan wahana-wahana yang ada didalam tempat wisata ini.

Sejumlah fasilitas pendukung yang bisa dinikmati oleh para wisatawan di pantai ini di antaranya adalah lapangan futsal, lapangan voli pantai, lapangan tenis pantai, restoran, penginapan, dan lain sebagainya.

#13. Taman Makam Kuno Raja-Raja Binamu

Kabupaten Jeneponto di Provinsi Sulawesi Selatan memang mempunyai daya tarik yang bervariasi, salah satunya adalah Taman Makam Kuno Raja-Raja Binamu, yang bisa membawa para wisatawan kembali ke masa lalu.

Sesuai dengan namanya, pemakaman kuno yang berada di Kecamatan Bontoramba, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan ini adalah sebuah komplek pemakaman kuno dari bangsawan kerajaan binamu.

#14. Tambak Garam Jeneponto

Tempat Wisata di Jeneponto
Tambak Garam Jeneponto
Tambak garam yang lokasinya berada di Desa Pallengu, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan ini juga bagus dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata edukasi di Kabupaten Jeneponto.

Pasalnya, tambak garam ini masih dikelola secara tradisional, baik untuk garam yang dikomsumsi, maupun garam untuk industri. Dalam pengolahannya, tambak garam ini tidak mengunakan bahan kimia yang merusak.

Disamping itu, lahan pembuatan garam di tempat ini juga dibuat berpetak-petak dan bertingkat, sehingga para wisatawan bisa lebih leluasa melihat bagaimana cara memproduksi garam secara tradisional.

#15. Pasar Kuda Tolo

Perlu diketahui, Kabupaten Jeneponto memang dikenal sebagai penghasil kuda sejak jaman dulu. Sehingga, tidak terlalu mengherankan jika ada beberapa tempat jual beli kuda di kabupaten ini, salah satunya adalah Pasar Kuda Tolo.

Pasar kuda yang berada di Desa Tolo, Kecamatan Kelara, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan ini merupakan salah satu pasar kuda terbesar di Sulawesi Selatan, dan para pembelinya biasanya datang dari berbagai daerah.

Harga kuda di pasar kuda ini yaitu antara Rp 7.000.000 hingga Rp 9.000.000/ekor, dan itu masih bisa ditawar. Biasanya, pasar kuda ini hanya buka pada hari minggu dan hari selasa, mulai pukul 06:00 hingga pukul 15:00.

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan tentang beberapa tempat wisata di Jeneponto yang paling direkomendasikan untuk dikunjungi wisatawan. Baca juga ulasan tentang sejumlah tempat wisata di Malino (Kabupaten Gowa).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel