16+ Tempat Wisata di Kalianda (Lampung Selatan) Yang Menarik Dikunjungi!!

Tempat wisata di Kalianda dan sekitarnya berikut ini sangat wajib dipertimbangkan untuk dikunjungi oleh wisatawan, khususnya para wisatawan yang saat ini sedang jalan-jalan di Kabupaten Lampung Selatan.

Perlu diketahui, Kalianda adalah ibukota bagi Kabupaten Lampung Selatan di Provinsi Lampung, yang cukup dikenal dengan sejumlah tempat wisata alamnya, terutama tempat wisata alam berupa pantai.

Disamping itu, Kota Kalianda juga memiliki beberapa tempat wisata lainnya selain pantai. Lantas, dimana saja tempat wisata di Kalianda (Lampung Selatan) yang menarik dikunjungi tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Inilah Beberapa Tempat Wisata di Kalianda (Lampung Selatan) Yang Menarik Dikunjungi


#1. Grand Elty Krakatoa Resort

Tempat wisata di Kalianda
Grand Elty Krakatoa Resort
Tempat wisata di Kalianda (Lampung Selatan) yang menarik dikunjungi pertama yaitu Grand Elty Krakatoa Resort. Lokasinya berada di Desa Merak Belantung, Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan, Lampung.

Grand Elty Krakatoa Resort adalah sebuah pantai sekaligus tempat menginap yang sudah dikelola secara profesional oleh sebuah perusahaan. Selain itu, tempat ini juga masih satu jalur dengan beberapa pantai cantik lainnya di Kalianda.

Hanya saja, untuk piknik dan berenang di pantai, tempat ini kurang direkomendasikan. Namun, untuk mendapatkan sebuah tempat menginap dengan view yang bagus, maka Grand Elty Krakatoa Resort adalah salah satu pilihan terbaik.

BACA JUGA: 15+ Tempat Wisata di Pringsewu (Lampung) Yang Menarik Dikunjungi!!

#2. Pantai Bagoes

Tempat Wisata di Kalianda
Pantai Bagoes
Tempat wisata di Kalianda (Lampung Selatan) yang menarik dikunjungi berikutnya yaitu Pantai Bagoes. Pantai Bagoes adalah salah satu pantai cantik yang berada salur jalur dengan Grand Elty Krakatoa Resort.

Disamping itu, pantai yang juga berada di Desa Merak Belantung, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung ini sangat mudah dijangkau, karena lokasinya tidak begitu jauh dari Jalan Lintas Sumatera.

Sesuai dengan namanya, pantai berpasir putih ini memang bagus untuk dikunjungi. Hanya saja, fasilitas pendukungnya belum selengkap seperti beberapa pantai lainnya di Kabupaten Lampung Selatan.

#3. Pantai Embe

Tempat Wisata di Kalianda
Pantai Embe
Pantai Merak Belantung, atau lebih populer dikenal dengan nama " Pantai Embe " merupakan salah satu objek wisata pantai yang masih satu jalur dengan Pantai Bagoes, dan Grand Elty Krakatoa Resort.

Pemandangan dan suasana di pantai ini mirip seperti Pantai Bagoes, karena kedua pantai ini memang masih berada di kawasan yang sama, yakni di Desa Merak Belantung, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung.

Mungkin perbedaannya terletak pada fasilitas pendukungnya. Dimana diketahui, fasilitas pendukung di Pantai Embe ini lebih lengkap jika dibandingkan dengan fasilitas pendukung yang ada di Pantai Bagoes.

#4. Pantai Indah Krakatoa

Di Desa Merak Belantung, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung memang terkenal dengan sejumlah tempat wisata pantainya, salah satu di antaranya adalah Pantai Indah Krakatoa.

Secara umum, pemandangan dan suasana di Pantai Indah Krakatoa ini kurang lebih sama dengan pantai lainnya di Desa Merak Belantung seperti Pantai Bagoes, dan Pantai Merak Belantung (Pantai Embe).

#5. Masjid Kubah Intan

Kota Kalianda di Kabupaten Lampung Selatan juga mempunyai sebuah masjid megah, yang bisa dijadikan sebagai tujuan wisata religi bagi para wisatawan yang beragama Islam, yaitu Masjid Kubah Intan.

Nama " Masjid Kubah Intan " sendiri terinspirasi dari bentuk kubahnya yang unik, dan " sedikit " berbeda dengan kubah masjid pada umumnya di Indonesia, yaitu berbentuk intan berwarna biru cerah.

Masjid yang lokasinya berada di Desa Way Urang, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung ini akan terlihat lebih menggagumkan pada malam hari dengan bantuan pencahayaan yang indah.

#6. Pantai Ketang

Tempat Wisata di Kalianda
Pantai Ketang
Tempat wisata di Kalianda (Lampung Selatan) yang menarik dikunjungi selanjutnya yaitu Pantai Ketang. Lokasinya berada di Desa Way Urang, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung.

Pantai Ketang terkenal dengan formasi batuan karangnya yang " begitu " eksotis. Bahkan katanya, sudah banyak pasangan yang melakukan pengambilan foto prewedding di batu karang di Pantai Ketang ini.

Lebih menariknya lagi, Pantai Ketang dibuka 24 jam setiap harinya, dan para wisatawan bisa mengunjunginya tanpa biaya tiket masuk alias gratis.

#7. Pantai Marina

Tempat Wisata di Kalianda
Pantai Marina
Dulunya, pantai yang lokasinya juga berada di Desa Merak Belantung, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung ini adalah salah satu tujuan wisata favorit di Kota Kalianda dan sekitarnya.

Namun, seiring berjalan waktu, dan banyaknya bermunculan objek wisata baru di Kota Kalianda dan sekitarnya. Sehingga, tempat wisata pantai yang satu ini kurang diminati, dan menjadi sebuah pantai yang sepi pengunjung.

Walaupun begitu, panorama yang ditawarkan oleh pantai ini lewat pasirnya yang berwarna putih bersih dan batuan karang disampingnya, tidak kalah eksotis dengan beberapa pantai lainnya di Kalianda.

#8. Pantai Tapak Kera

Tempat Wisata di Kalianda
Pantai Tapak Kera
Ada satu lagi tempat wisata pantai yang juga menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan di Desa Merak Belantung, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung, yaitu Pantai Tapak Kera.

Hanya saja, lokasi pantai ini cukup sulit untuk dijangkau. Walaupun begitu, panorama pantai dengan batuan karang dan air berwarna biru akan menjadi imbalan yang sepadan dengan kesulitan yang harus dilewati untuk menuju lokasi pantai ini.

Penamaan " Pantai Tapak Kera " sendiri oleh masyarakat setempat terinspirasi dari kondisi lingkungan disekitar pantai, yang sekarang ini menjadi tempat habitat bagi sekumpulan kera untuk hidup.

#9. Dermaga Bom

Tempat Wisata di Kalianda
Dermaga Bom
Pada awalnya, Dermaga Bom difungsikan sebagai pusat pelelangan ikan saja di Kota Kalianda. Namun dalam perkembangannya, dermaga ini juga difungsikan sebagai salah satu pusat kuliner di Kota Kalianda.

Disamping itu, dermaga yang berada di Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung ini juga memiliki beberapa spot yang bagus, sehingga banyak anak muda disana yang menjadinya sebagai tempat nongkrong.

#10. Pantai Laguna

Tempat Wisata di Kalianda
Pantai Laguna
Tempat wisata di Kalianda (Lampung Selatan) yang juga menarik dikunjungi berikutnya yaitu Pantai Laguna. Lokasinya berada di Desa Way Urang, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung.

Pantai Laguna terkenal dengan hamparan pasirnya yang berwarna putih bersih dengan tekstur lembut, dan panorama yang cantik. Sehingga, tidak heran jika pantai ini selalu direkomendasikan untuk dikunjungi di Kalianda.

Disamping itu, pantai ini berada didalam Komplek Alau Alau Boutique Resort Hotel. Sehingga, tersedia sejumlah tempat menginap disekitar Pantai Laguna bagi para wisatawan yang ingin menghabiskan malam di tempat ini.

#11. Pemandian Air Panas Way Belerang

Kota Kalianda di Kabupaten Lampung Selatan juga mempunyai sebuah tempat pemandian air panas, yang juga " sangat " menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan, yaitu Pemandian Air Panas Way Belerang.

Lokasinya hanya berjarak sekitar 4 kilometer dari pusat Kota Kalianda, atau lebih tepatnya berada di Desa Bumi Agung, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung, dan bisa dicapai dengan berbagai jenis kendaraan bermotor.

#12. Pantai Kedu

Tempat Wisata di Kalianda
Pantai Kedu
Dulunya, Pantai Kedu adalah sebuah pantai yang banyak dipenuhi dengan sampah. Karena dulunya, pantai ini dijadikan sebagai salah satu tempat pembuangan sampah di Kalianda oleh penduduk setempat.

Namun sekarang, pantai yang lokasinya berada di Desa Way Urang, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung ini sudah dibersihkan dari sampah-sampah tersebut, dan dikatakan mirip dengan Pantai  Parangtritis di Yogyakarta.

Ada beberapa kegiatan seru yang bisa dilakukan oleh para wisatawan di pantai ini di antaranya adalah berjalan-jalan santai di bibir pantai sambil berfoto selfie atau berswafoto, bermain bola, berenang, dan lain sebagainya.

#13. Pantai Sapenan

Tempat wisata di Kalianda (Lampung Selatan) yang juga menarik dikunjungi selanjutnya yaitu Pantai Sapenan. Lokasinya berada di Desa Merak Belatung, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung.

Nama " Pantai Sapenan " yang dikenal mempunyai hamparan pasir putih ini katanya berasal dari bahasa lampung yang berarti " mumpung ". Kata " mumpung " disini bermakna positif seperti menikmati, mensyukuri, dan mengagumi.

Kurang lebih sama dengan sejumlah tempat wisata pantai lainnya yang ada di Desa Merak Belatung, Pantai Sapenan juga termasuk salah satu tempat wisata pantai yang " cukup " mudah dijangkau.

#14. Teluk Nipah

Tempat Wisata di Kalianda
Teluk Nipah
Tempat wisata di Kalianda (Lampung Selatan) yang menarik untuk dikunjungi terakhir yaitu Teluk Nipah. Lokasinya berada di Desa Bulok, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung.

Panorama pantai yang masih asri dengan sejumlah formasi batuan yang " sedikit " menjorok ke laut adalah pemandangan akan akan didapatkan oleh para wisatawan ketika berkunjung ke Teluk Nipah ini.

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan tentang beberapa tempat wisata di Kalianda (Lampung Selatan) yang menarik dikunjungi wisatawan. Baca juga ulasan mengenai sejumlah tempat wisata di Muara Enim (Sumsel).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel