20+ Tempat Wisata di Kerinci (Jambi) Yang Wajib Dikunjungi!!

Tempat wisata di Kerinci berikut ini sangat wajib dipertimbangkan untuk segera dikunjungi oleh para wisatawan. Pasalnya, Kerinci merupakan salah satu kabupaten dari 9 kabupaten di Provinsi Jambi.

Dimana, nama " kerinci " berasal dari kata " kurinji ", yang dalam bahasa tamil berarti sebuah nama bunga yang tumbuh di Pegunungan India Selatan. Dari namanya saja sudah cukup menggambarkan keindahan alam yang ada di kabupaten ini.

Sehingga, tidak heran jia banyak wisatawan yang menjadikan Kabupaten Kerinci sebagai tujuan wisata. Lantas, dimana saja tempat wisata di Kerinci (Jambi) yang wajib dikunjungi tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Inilah Beberapa Tempat Wisata di Kerinci (Jambi) Yang Wajib Dikunjungi


#1. Air Terjun Telun Berasap

Tempat Wisata di Kerinci
Air Terjun Telun Berasap
Tempat wisata di Kerinci (Jambi) yang wajib dikunjungi wisatawan pertama yaitu Air Terjun Telun Berasap. Lokasinya berada di Desa Telun Berasap, Kecamatan Gunung Tujuh, Kabupaten Kerinci, Jambi.

Nama " Air Terjun Telun Berasap " tersendiri terinspirasi dari percikan-percikan air di air terjun setinggi kurang lebih 50 meter ini yang terlihat mirip sekali seperti kabut asap.

Dimana, dibawah sinar matahari, percikan-percikan air dari Air Terjun Telun Berasap ini akan memantulkan cahaya dengan warna-warna yang indah. Biasanya, air terjun ini buka setiap hari, dari pukul 08:00 hingga pukul 17:00.

BACA JUGA: 14+ Tempat Wisata di Muara Bungo (Jambi) Yang Direkomendasikan Dikunjungi!!

#2. Danau Gunung Tujuh

Tempat Wisata di Kerinci
Danau Gunung Tujuh
Tempat wisata di Kerinci (Jambi) yang wajib dikunjungi berikutnya yaitu Danau Gunung Tujuh. Danau Gunung Tujuh adalah salah satu danau tertinggi di Indonesia, yang berada di ketinggian 1.950 meter diatas permukaan air laut.

Sesuai dengan namanya, lokasi Danau Gunung Tujuh ini terletak di dalam kawasan Gunung Tujuh, atau lebih tepatnya lagi berada di Desa Pelompek, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi.

Disamping mempunyai panorama alam yang masih asri, dan menenangkan, jalur untuk menuju ke lokasi Danau Gunung Tujuh juga masih terbilang ringan jika dibandingkan dengan jalur pendakian Gunung Kerinci.

#3. Gunung Kerinci

Tempat Wisata di Kerinci
Gunung Kerinci
Gunung Kerinci di Provinsi Jambi ini sangat populer dikalangan para wisatawan, bukan hanya dikalangan para wisatawan di Jambi dan sekitarnya, tapi juga dikalangan para wisatawan di seluruh Indonesia.

Hal ini tidak terlalu mengherankan, karena gunung yang berada didalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat ini mempunyai bentang alam yang pasti bisa membuat siapa saja yang melihatnya langsung terkagum-kagum.

Disamping itu, para wisatawan juga bisa menikmati pemandangan indah dari Kota Jambi, Kota Padang, dan Kota Bengkulu, dari puncak gunung yang memiliki ketinggian sekitar 3.805 meter diatas permukaan air laut ini.

#4. Air Terjun Talang Kemulun

Tempat Wisata di Kerinci
Air Terjun Talang Kemulun
Air terjun yang juga masih berada di dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat ini sering disebut-sebut oleh sebagian para wisatawan sebagai salah satu surga tersembunyi yang ada di Indonesia

Pasalnya, Air Terjun Talang Kemulun memiliki bentuk aliran yang berundak-undak sebanyak 12 tingkatan, dan untuk menuju ke lokasinya harus menyusuri hutan dengan berjalan kaki selama kurang lebih 1 jam.

Walaupun begitu, disepanjang perjalanan menuju ke lokasi air terjun, para wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan perbukitan, ladang, sawah, dan hutan yang masih asri, sehingga perjalanan tidak akan terasa jauh.

#5. Danau Kaco

Tempat Wisata di Kerinci
Danau Kaco
Danau Kaca, atau lebih populer dikenal dengan nama " Danau Kaco " di Dusun Baru Lempur, Kecamatan Gunung Raya, Kabupaten Kerinci, Jambi adalah sebuah danau yang memiliki air yang sangat jernih.

Saking jernihnya, air di danau ini mampu memantulkan panorama alam yang ada di sekitarnya dengan sangat jelas. Hal ini jugalah yang menjadi inspirasi dalam pemberian nama " Danau Kaco " ini.

Katanya, danau berukuran sekitar 30x30 meter ini akan terlihat lebih indah pada malam hari. Dimana pada malam hari, pantulan cahaya bulan di danau terlihat sangat indah, khususnya cahaya bulan purnama.

#6. Perkebunan Teh Kayu Aro

Tempat Wisata di Kerinci
Perkebunan Teh Kayu Aro
Tempat wisata di Kerinci (Jambi) yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan selanjutnya yaitu Perkebunan Teh Kayu Aro. Perkebunan Teh Kayu Aro adalah salah satu perkebunan teh tertua di Indonesia.

Dimana diketahui sebelumnya, perkebunan teh yang mempunyai luas kurang lebih 3020 hektar ini sudah ada sejak jaman penjajahan belanda, atau lebih tepatnya lagi mulai dibuka pada tahun 1925 masehi.

Lokasi Perkebunan Teh Kayu Aro ini terletak di sebelah selatan kaki Gunung Kerinci, atau lebih tepatnya lagi berada di Desa Lindung Jaya, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi.

#7. Danau Kerinci

Selain Danau Gunung Tujuh, dan Danau Kaco, ada satu lagi tempat wisata alam berupa danau eksotis di Kabupaten Kerinci, yang juga wajib dipertimbangkan untuk dikunjungi oleh para wisatawan, yaitu Danau Kerinci.

Danau Kerinci adalah salah satu danau vulkanik di Kabupaten Kerinci. Lokasinya berada di kaki Gunung Raja, Kecamatan Gunung Kerinci, Kabupaten Kerinci, Jambi.

Ada beberapa kegiatan seru yang bisa dilakukan oleh para wisatawan di Danau Kerinci ini di antaranya adalah berenang, memancing, kemping, atau sekedar menikmati pemandangan danau yang begitu eksotis.

#8. Air Panas Semurup

Tempat Wisata di Kerinci
Air Panas Semurup
Kabupaten Kerinci di Provinsi Jambi juga mempunyai sebuah sumber air panas akibat aktivitas vulkanik, yang juga wajib dipertimbangkan untuk dikunjungi oleh para wisatawan, yaitu Air Panas Semerup.

Sumber air panas yang lokasinya berada di Desa Air Panas Baru, Kecamatan Air Hangat Timur, Kabupaten Kerinci, Jambi ini memiliki beberapa titik yang cukup hangat untuk digunakan sebagai tempat pemandian.

Hanya saja, para wisatawan harap berhati-hati, karena ada beberapa titik di sumber air panas ini yang mempunyai temperatur suhu yang sangat panas, sehingga berbahaya bagi manusia.

#9. Rawa Bento

Tempat Wisata di Kerinci
Rawa Bento
Rawa Bento merupakan sebuah lahan basah seluas kurang lebih 1.000 hektar diketinggian 1.333 meter diatas permukaan air laut, yang kemudian dijadikan sebagai tujuan wisata baru di Kabupaten Kerinci.

Pada awalnya, Rawa Bento adalah sebuah danau, namun akibat sedimentasi dari aliran sungai yang ada di sekitarnya. Sehingga, semakin lama danau ini semakin dangkal, dan berubah menjadi rawa-rawa.

Jika kamu penasaran dengan rawa yang banyak ditumbuhi oleh rumput bento ini? Kamu bisa langsung mengunjunginya di Desa Pauh Tinggi, Kecamatan Gunung Tujuh, Kabupaten Kerinci, Jambi.

#10. Kawasan Wisata Aroma Pecco

Tempat Wisata di Kerinci
Kawasan Wisata Aroma Pecco
Tempat wisata di Kerinci (Jambi) yang juga wajib dikunjungi oleh wisatawan berikutnya yaitu Kawasan Wisata Aroma Pecco. Lokasinya berada di Desa Bento, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi.

Tempat wisata yang masih berada didalam kawasan Perkebunan Teh Kayu Aro ini memiliki sebuah danau kecil. Dimana, danau kecil tersebut mempunyai pemandangan indah yang sangat sayang dilewatkan begitu saja.

#11. Air Terjun Pancuran Rayo

Tempat Wisata di Kerinci
Air Terjun Pancuran Rayo
Selain Air Terjun Telun Berasap, dan Air Terjun Talang Kemulun, ada satu lagi tempat wisata air terjun di Kabupaten Kerinci, yang juga menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan, yaitu Air Terjun Pancuran Rayo.

Hanya saja, air terjun dengan ketinggian kurang lebih 150 meter ini terletak di tengah-tengah rimbunnya hutan belantara di Dusun Baru Pulau Tengah, Kecamatan Keliling Danau, Kabupaten Kerinci, Jambi.

Disamping itu, nama air terjun ini juga belum tercantum di papan penunjuk jalan yang dibuat oleh Dinas Perhubungan. Sehingga, tidak heran jika belum banyak wisatawan yang mengetahui keberadaannya.

Walaupun begitu, air terjun yang masuk sebagai salah satu air terjun tertinggi di Indonesia ini memiliki keindahan yang tidak kalah dibandingkan beberapa tempat wisata air terjun lainnya di Kabupaten Kerinci.

#12. Family Garden

Kabupaten Kerinci di Provinsi Jambi juga mempunyai beberapa tempat wisata alam yang dikombinasikan dengan objek wisata kekinian yang disukai wisatawan muda, salah satunya adalah Family Garden.

Sesuai dengan namanya yang berarti " Kebun Keluarga ", tempat wisata yang lokasinya berada di Desa Jujun, Kecamatan Keliling Danau, Kabupaten Kerinci, Jambi ini seperti kebun yang ditata mirip taman.

#13. Pinus Kerinci

Berkat tampilan barunya, hutan pinus yang lokasinya berada di Jalan Cassiavera, Desa Sanggaran Agung, Kecamatan Danau Kerinci, Kabupaten Kerinci, Jambi ini sempat viral beberapa waktu yang lalu.

Ada beberapa objek wisata yang sangat menyita perhatian di hutan pinus ini, salah satunya adalah rumah pohon yang sangat instagramable. Biasanya, hutan pinus ini dibuka setiap hari, mulai dari pukul 07:00 hingga pukul 18:00.

#14. Goa Kasah

Tempat wisata di Kerinci (Jambi) yang juga wajib dipertimbangkan untuk dikunjungi wisatawan selanjutnya yaitu Goa Kasah. Goa Kasah merupakan habitat bagi kelelewar, dan beberapa jenis burung.

Goa eksotis yang ditemukan pertamakali pada tahun 1963 silam di Desa Renah Kasah, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi ini merupakan salah satu gua peninggalan dari jaman purbakala.

Dimana, di beberapa bagian dinding gua tersebut terdapat sejumlah ukiran yang berbentuk piramida, dan ukiran lainnya. Disamping itu, struktur gua yang berlorong-lorong juga sangat menarik untuk dijelajahi.

#15. Taman Bukit Tengah

Tempat Wisata di Kerinci
Taman Bukit Tengah
Setiap sudut di Taman Bukit Tengah, yang lokasinya berada di Desa Mukai Tinggi, Kecamatan Siulak, Kabupaten Kerinci, Jambi ini, mempunyai pemandangan alam yang " sangat " menggagumkan.

Mulai dari pemandangan Kota Sungai Penuh, hingga pemandangan Danau Kerinci bisa dinikmati dari kejauhan di Taman Bukit Tengah ini. Biasanya, taman ini buka setiap hari, dari pukul 08:00 hingga pukul 18:00.

#16. Pantai Pasir Panjang

Tempat Wisata di Kerinci
Pantai Pasir Panjang
Pantai Pasir Panjang merupakan sebuah pantai yang lokasinya berada di pinggiran Danau Kerinci, atau lebih tepatnya lagi berada di Desa Tanjung Tanah, Kecamatan Danau Kerinci, Kabupaten Kerinci, Jambi.

Tempat wisata alam yang satu ini masih terbilang baru di Kabupaten Kerinci, dan sampai sekarang kebanyakan para pengunjungnya hanya berasal dari masyarakat Kabupaten Kerinci, dan Kota Sungai Penuh.

Pantai berpasir putih ini mempunyai beberapa spot foto untuk berfoto selfie atau berswafoto dengan view yang " cukup " mempesona. Biasanya, pantai ini buka setiap hari, dari pukul 08:00 hingga pukul 18:00.

#17. Puncak Rindu

Selain Kawasan Wisata Aroma Pecco, ada satu lagi tempat wisata di kawasan Perkebunan Teh Kayu Aro, yang juga patut dipertimbangkan untuk segera dikunjungi oleh para wisatawan, yaitu Puncak Rindu.

Dari Puncak Rindu yang lokasinya berada di Desa Lindung Jaya, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi ini, para wisatawan bisa menikmati pemandangan Perkebunan Teh Kayu Aro dari ketinggian.

#18. Danau Lingkat

Tempat Wisata di Kerinci
Danau Lingkat
Tempat wisata di Kerinci (Jambi) yang juga wajib dipertimbangkan untuk dikunjungi berikutnya yaitu Danau Lingkat. Danau Lingkat adalah salah satu danau eksotis yang masih alami di Kabupaten Kerinci.

Danau seluas kurang lebih 12 hektar ini terletak dipinggiran hutan di Taman Nasional Kerinci Seblat, atau lebih tepatnya lagi berada di Desa Lempur Hilir, Kecamatan Gunung Raya, Kabupaten Kerinci, Jambi.

Salah satu kegiatan seru yang bisa dilakukan oleh para wisatawan di danau ini, yaitu mengelilingi danau dengan mengunakan sebuah rakit untuk menikmati panorama alam di sekitarnya yang masih alami.

#19. Taman Putri Tunggal

Taman Putri Tunggal di Desa Sekungkung, Kecamatan Depati VII, Kabupaten Kerinci, Jambi ini adalah salah satu tempat wisata baru, yang sedang hits dikalangan wisatawan, khususnya wisatawan muda.

Taman ini mengusung konsep outdoor dengan menawarkan sebuah taman yang dihiasi beraneka jenis bunga berwarna-warni, dan pemandangan alam yang " cukup " indah. Biasanya, taman ini buka setiap hari, dari pukul 08:00 hingga pukul 17:00.

#20. Air Terjun Sungai Medang

Tempat wisata di Kerinci (Jambi) yang menarik dikunjungi wisatawan terakhir, yaitu Air Terjun Sungai Medang. Lokasinya berada di Desa Sungai Medang, Kecamatan Air Hangat Timur, Kabupaten Kerinci, Jambi.

Lokasi air terjun ini berada di Perbukitan Sungai Medang, dan para wisatawan harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak dengan medan jalan yang " cukup " mudah untuk menuju ke lokasi air terjun ini.

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan tentang beberapa tempat wisata di Kerinci (Jambi) yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan. Sebelum pergi dari blog Pikniktoday.com, baca dulu ulasan mengenai sejumlah tempat wisata di Bangko.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel