11+ Tempat Wisata di Kutacane Yang Direkomendasikan Untuk Dikunjungi!!

Beberapa tempat wisata di Kutacane berikut ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi oleh wisatawan, terutama para wisatawan yang saat ini sedang " stay " dan ingin menghabiskan waktu liburannya di Aceh Tenggara dan sekitarnya.

Seperti diketahui, Kutacane adalah sebuah kota kecil, yang menjadi ibukota bagi Kabupaten Aceh Tenggara di Provinsi Aceh. Sejumlah tempat wisata menarik ada di kota berjuluk " Bumi Sepakat Segenap " ini.

Mulai dari taman nasional hingga tempat wisata alam, dan lain sebagainya. Lantas, dimana saja tempat wisata di Kutacane yang direkomendasikan untuk dikunjungi tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Inilah Beberapa Tempat Wisata di Kutacane Yang Direkomendasikan Untuk Dikunjungi


#1. Taman Nasional Gunung Leuser

Tempat Wisata di Kutacane
Taman Nasional Gunung Leuser
Tempat wisata di Kutacane yang direkomendasikan untuk dikunjungi pertama yaitu Taman Nasional Gunung Leuser. Secara administratif, taman nasional seluas sekitar 1.094.692 Hektar ini terletak di dua provinsi sekaligus, yakni Aceh, dan Sumatera Utara.

Provinsi Aceh yang terdeliniasi oleh Taman Nasional Gunung Leuser di antaranya adalah Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Aceh Singkil, Aceh Tenggara, Gayo Lues, dan Kabupaten Aceh Tamiang.

Taman Nasional Gunung Leuser meliputi ekosistem asli dari pantai hingga pegunungan, dan hutan tropis yang lebat, dengan tujuan untuk penelitian, ilmu pengetahuan, budidaya, pariwisata, dan lain sebagainya.

BACA JUGA: 20+ Tempat Wisata di Lhokseumawe (Aceh) Yang Menarik Dikunjungi!!

#2. Bukit Cinta

Tempat wisata di Kutacane yang direkomendasikan untuk dikunjungi berikutnya yaitu sebuah bukit bernama Bukit Lawe Sikap, atau lebih populer dikenal sebagai " Bukit Cinta " oleh sebagian wisatawan.

Dari puncak bukit yang berada di Jalan Bukit Cinta, Kecamatan Darul Hasanah, Kabupaten Aceh Tenggara, Aceh ini, para wisatawan bisa menikmati pemandangan indah Kota Kutacane dari ketinggian.

Bukan hanya Kota Kutacane saja, para wisatawan juga akan disuguhkan dengan sebuah pemandangan alam hijau lengkap dengan aliran Sungai Alas dari puncak Bukit Lawe Sikap, atau Bukit Cinta ini.

#3. Masjid Agung At-Taqwa

Tempat Wisata di Kutacane
Masjid Agung At-Taqwa
Kota Kutacane di Kabupaten Aceh Tenggara juga mempunyai sebuah masjid megah, yang bisa dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata religi bagi wisatawan muslim, yaitu Masjid Agung At-Taqwa.

Masjid yang lokasinya berada di Desa Pulo Sanggar, Kecamatan Babussalam, Kabupaten Aceh Tenggara, Aceh ini sangat ikonik sekali, dan sangat terlihat jelas ketika sudah memasuki Kota Kutacane.

Keindahan Masjid Agung At-Taqwa akan terlihat lebih memukau ketika hari sudah malam, karena pada malam hari, keempat menara masjid ini akan memancarkan cahaya lampu yang " begitu " eksotis.

#4. Ketambe

Tempat Wisata di Kutacane
Kawasan Wisata di Ketambe
Di Kecamatan Ketambe, Kabupaten Aceh Tenggara, Aceh terdapat sebuah hutan alami yang dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata di Kabupaten Aceh Tenggara, dan sekitarnya.

Ditempat wisata ini, para wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan pegunungan yang masih alami lengkap dengan beraneka jenis flora dan fauna khas Pulau Sumatera seperti Orang Utan, dan lainnya.

Hanya saja, lokasinya cukup jauh dari pusat Kota Kutacane, yakni sekitar 30 kilometer. Walaupun begitu, para wisatawan tidak perlu khawatir, karena disekitar tempat wisata ini sudah tersedia beberapa penginapan.

#5. Arung Jeram Sungai Alas

Tempat Wisata di Kutacane
Sungai Alas
Bisa dikatakan, Sungai Alas adalah surga bagi para pecinta olahraga arum jeram. Pasalnya, Sungai Alas merupakan salah satu dari tujuh sungai terbaik untuk olahraga arum jeram yang dimiliki oleh Indonesia.

Disamping memiliki arus yang cukup menantang andrenalin bagi para pecinta olahraga arum jeram, Sungai Alas juga mempunyai pemandangan alam yang begitu mempesona disepanjang aliran sungainya.

Sungai yang melintasi beberapa kabupaten (Aceh Tenggara, Gayo Lues, dan Aceh Selatan) di Provinsi Aceh ini bersumber dari Pegunungan Gunung Leuser di Taman Nasional Gunung Leuser, dan bermuara di Samudra Hindia.

#6. Pondok Aren Percantik Lawe Sikap

Tempat wisata di Kutacane yang direkomendasikan untuk dikunjungi wisatawan berikutnya yaitu Pondok Aren Percantik Lawe Sikap. Lokasinya berada di sebelah barat ibukota Kabupaten Aceh Tenggara.

Pondok Aren Percantik Lawe Sikap adalah deretan pondok di sebuah hutan aren, yang dibangun dengan tujuan untuk mengenalkan dan mempopulerkan gula aren sebagai salah satu komoditas andalan di Kabupaten Aceh Tenggara.

Para wisatawan bisa mencicipi kopi atau teh, yang diracik secara khusus mengunakan gula aren sebagai pemanisnya, sambil menikmati pemandangan alam di Pondok Aren Percantik Lawe Sikap ini.

#7. Air Terjun Lawe Dua

Kabupaten Aceh Tenggara di Provinsi Aceh juga mempunyai beberapa tempat wisata alam berupa air terjun, yang juga direkomendasikan untuk dikunjungi wisatawan, salah satunya adalah Air Terjun Lawe Dua.

Hanya saja, air terjun yang lokasinya berada di Desa Lawe dua, Kecamatan Bukit Tusam, Kabupaten Aceh Tenggara, Aceh ini belum dikelola dengan baik sebagai salah satu tujuan wisata di Kabupaten Aceh Tenggara.

Walaupun begitu, karena lokasinya yang mudah dijangkau, dan panorama yang ditawarkannya " cukup " mempesona, sehingga air terjun ini banyak dikunjungi wisatawan, khususnya para wisatawan lokal.

#8.  Air Terjun Gulo

Tempat Wisata di Kutacane
Air Terjun Gulo
Selain Air Terjun Lawe Dua, ada satu tempat wisata alam berupa air terjun di Kabupaten Aceh Tenggara, yang juga wajib dipertimbangkan untuk dikunjungi oleh para wisatawan, yaitu Air Terjun Gulo.

Air terjun yang berada di kaki Gunung Leuser, atau lebih tepatnya di Desa Gulo, Kecamatan Darul Hasanah, Kabupaten Aceh Tenggara, Aceh ini dijuluki sebagai salah satu " surga tersembunyi " di Kabupaten Aceh Tenggara.

#9. Lapangan Ahmad Yani

Walaupun Kota Kutacane tidak mempunyai sebuah alun-alun seperti beberapa kota lainnya di Indonesia, namun kota ini memiliki sebuah tempat yang difungsikan sebagai ruang terbuka untuk publik, yaitu Lapangan Ahmad Yani.

Lapangan yang berada tepat disamping Masjid Agung At-Taqwa ini adalah salah satu tempat rekreasi favorit masyarakat Kota Kutacane dan sekitarnya. Biasanya, lapangan ini ramai dikunjungi dari sore hari hingga malam hari.

#10. Pemandian Lawe Ger-Ger 

Tempat wisata di Kutacane yang juga direkomendasikan untuk dikunjungi wisatawan berikutnya yaitu Pemandian Lawe Ger-Ger. Lokasinya berada di Desa Jongar, Kecamatan Ketambe, Aceh Tenggara, Aceh.

Pemandian Lawe Ger-Ger adalah sebuah tempat pemandian air panas. Dulunya, kawasan wisata ini sangat kumuh, namun sekarang kawasan wisata ini sudah ditata dengan rapi, dan dikelola dengan baik.

#11. Pantai timur

Para wisatawan yang pertama kali berkunjung ke tempat wisata ini tanpa mengunakan jasa pemandu, pasti akan langsung kebingungan. Pasalnya, Pantai Timur adalah sebuah objek wisata bernama pantai tanpa pantai.

Kawasan wisata ini tidak terlalu jelas asal usulnya sampai akhirnya disebut sebagai " Pantai Timur ". Padahal, dikawasan wisata ini tidak ada laut maupun pasir, melainkan hanya sebuah bendungan irigasi yang dijadikan objek wisata.

Jika kamu penasaran dengan kawasan wisata bernama pantai tapi tidak memiliki pantai ini? Kamu bisa mengunjunginya di Desa Lawe Kinge, Kecamatan Lawe Bulan, Kabupaten Aceh Tenggara, Aceh.

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan tentang beberapa tempat wisata di Kutacane yang direkomendasikan untuk dikunjungi oleh wisatawan. Baca juga ulasan mengenai sejumlah tempat wisata di Meulaboh (Aceh Barat).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel