10+ Tempat Wisata di Luwuk (Banggai - Sulawesi Tengah) Yang Menarik Dikunjungi!!


Tempat wisata di Luwuk yang direkomendasikan berikut ini sangat menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan yang sekarang ini sedang menghabiskan waktu liburannya di Provinsi Sulawesi Tengah dan sekitarnya.

Perlu diketahui, Luwuk adalah sebuah kota kecil yang menjadi pusat pemerintahan Kabupaten Banggai di Provinsi Sulawesi Tengah. Disamping itu, Kota Luwuk juga banyak menyimpan keindahan alam.

Mulau dari pulau kecil, bukti, pantai, dan lainnya ada di kota berjuluk " Kota Air " ini. Lantas, dimana saja tempat wisata di Luwuk (Banggai - Sulawesi Tengah) yang menarik dikunjungi tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Inilah Daftar Tempat Wisata di Luwuk (Banggai - Sulawesi Tengah) Yang Menarik Dikunjungi


#1. Pulau Dua Balantak

Tempat Wisata di Luwuk
Pulau Dua Balantak
Tempat wisata di Luwuk (Banggai - Sulawesi Tengah) yang menarik dikunjungi pertama yaitu Pulau Dua Balantak. secara administratif, pulau ini berada di Kecamatan Balantak, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.

Pulau Dua Balantak adalah salah satu pulau kecil terindah di Indonesia. Pasalnya, pulau kecil dengan bukit berrumput hijau ini memiliki landskap yang indah lewat pemandangan lautnya yang begitu tenang.

Ada beberapa kegiatan seru yang bisa dilakukan oleh para wisatawan di pulau ini, mulai dari kemping untuk menunggu matahari terbit, hingga snorkeling, atau diving di perairan disekitar pulau ini.

BACA JUGA: 15+ Tempat Wisata di Bitung (Sulawesi Utara) Yang Menarik Dikunjungi!!

#2. Pantai Kilo Lima

Tempat Wisata di Luwuk
Pantai Kilo Lima
Tempat wisata di Luwuk (Banggai - Sulawesi Tengah) yang menarik dikunjungi berikutnya yaitu Pantai Kilo Lima. Lokasinya tidak begitu jauh dari jalan poros di Kecamataan Luwuk Selatan, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.

Karena lokasi dan keindahan yang ditawarkannya, membuat pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik wisatawan yang hanya sekedar ingin bermain air maupun wisatawan yang ingin mengeksplore keindahan bawah lautnya.

Bukan hanya itu saja, para wisatawan juga bisa menemukan deretan kios disepanjang pantai yang menjual berbagai jenis jajanan dengan harga yang sangat terjangkau.

#3. Bukit Kasih Sayang

Tempat Wisata di Luwuk
Bukit Kasih Sayang
Jika kamu sedang mencari sebuah tempat bagus untuk menikmati pemandangan Kota Luwuk dari ketinggian? Maka, salah satu tempat yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi adalah Bukit Kasih Sayang.

Bukit Kasih Sayang adalah nama sebuah cafe di Bukit Keles. Sesuai dengan namanya, cafe ini mengusung konsep romantis dengan pemandangan Kota Luwuk dari ketinggian sebagai daya tarik utamanya.

Jika berkunjung pada siang hari, pemandangan Kota Luwuk dengan garis pantainya yang panjang bisa dinikmati dari tempat ini. Namun jika berkunjung pada malam hari, kelap-kelip lampu Kota Luwuk akan menghipnotis para wisatawan.

#4. Bukit Teletubbies

Tempat Wisata di Luwuk
Bukit Teletubbies
Lokasi Bukit Teletubbies ala Kota Luwuk di Kabupaten Banggai ini cukup dekat dari Bukit Keles, atau lebih tepatnya lagi berada di Desa Lumpoknyo, Kecamatan Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.

Sesuai dengan namanya, para wisatawan akan disuguhkan dengan hamparan bukit luas dengan rumput hijau di bukit ini. Disamping itu, di bukit ini juga banyak terdapat spot foto yang instagramable.

Sekedar informasi saja, keindahan Bukit Teletubbies di Luwuk ini kurang lebih sama dengan Bukit Teletubbies yang ada di Maros (Baca ulasannya: tempat wisata di Maros).

#5. Air Terjun Piala

Tempat Wisata di Luwuk
Air Terjun Piala
Kabupaten Banggai di Provinsi Sulawesi Tengah juga mempunyai beberapa tempat wisata alam beruapa air terjun, yang juga menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan, salah satunya adalah Air Terjun Piala.

Air terjun yang lokasinya berada di Desa Hanga-Hanga, Kecamatan Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah ini lumayan dekat dari pusat Kota Luwuk, yakni antara 15 - 20 menit perjalanan saja.

Salah satu keunikan dari air terjun ini terletak pada airnya yang berwarna agak kehijau-hijauan, Sehingga menciptakan sejumlah spot foto yang bagus dengan latarbelakang aliran Air Terjun Piala ini.

#6. Air Terjun Salodik

Tempat Wisata di Luwuk
Air Terjun Salodik
Tempat wisata di Luwuk (Banggai - Sulawesi Tengah) yang menarik dikunjungi selanjutnya yaitu Air Terjun Salodik. Lokasinya berada di lereng sebuah gunung dengan ketinggian antara 750 - 1.000 meter diatas permukaan air laut.

Lokasi air terjun ini berjarak " cukup " jauh dari pusat Kota Luwuk, yaitu kurang lebih 20 kilometer, atau lebih tepatnya lagi berada di Desa Salodik, Kecamatan Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.

Keunikan utama dari air terjun ini terletak pada formasi batuan yang menjadi landasan air terjunnya yang bertingkat-tingkat dengan air berwarna hijau agak keabu-abuan, sehingga menciptakan sebuah air terjun yang instagramable.

#7. Pemandian Alam Molino Tontuan

Kabupaten Banggai di Provinsi Sulawesi Tengah juga mempunyai sebuah tempat pemandian alami, yang juga wajib dipertimbangkan untuk dikunjungi oleh wisatawan, yaitu Pemandian Alam Molino Tontuan.

Tempat pemandian alami yang berada di Desa Tontuan, Kecamatan Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah ini memamfaatkan aliran air Sungai Uwe Molino, yang terkenal dengan kejernihannya.

Lebih menariknya lagi, Pemandian Alam Molino Tontuan adalah salah satu tempat wisata yang mudah dijangkau di Kabupaten Banggai. Dimana diketahui, lokasinya tidak begitu jauh dari pemukiman penduduk setempat.

#8. Pulau Tinalapu

Tempat Wisata di Luwuk
Pulau Tinalapu
Selain Pulau Dua Balantak, ada satu pulau cantik di Kabupaten Banggai, yang juga menarik untuk dikunjungi wisatawan, yaitu Pulau Tinalapu. Secara administratif, pulau ini berada di Kecamatan Pagimana, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.

Pulau Tinalapu menawarkan sebuah pantai berpasir putih, dan panorama laut lewat air lautnya yang begitu jernih. Dimana, para wisatawan bisa menikmati keindahan bawah laut langsung dari atas perahu.

#9. Air Terjun Ayus

Lokasi air terjun ini hanya berjarak kurang lebih 2 kilometer dari Air Terjun Piala, dan terletak di desa yang sama, yaitu di Desa Hanga-Hanga, Kecamatan Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.

Lokasi air terjun ini cukup tersembunyi dibalik sebuah bukit, dan untuk mencapainya harus bersungguh-sungguh. Pasalnya, medan jalan yang harus dilewati untuk mencapai lokasinya ini cukup curam.

Walaupun begitu, keindahan air terjun yang lebih dikenal oleh penduduk setempat dengan nama " Air Terjun Laumarang " ini cukup menjadi imbalan atas kesulitan-kesulitan yang harus dilewati untuk mencapainya.

#10. Teluk Lalong

Tempat Wisata di Luwuk
Teluk Lalong
Tempat wisata di Luwuk (Banggai - Sulawesi Tengah) yang juga menarik untuk dikunjungi wisatawan terakhir, yaitu Teluk Lalong. Lokasinya berada di Kelurahan Soho, Kecamatan Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.

Sebenarnya, Teluk Lalong adalah sebuah tempat berlabuhnya kapal-kapal dari berbagai daerah di Indonesia. Disamping itu, Teluk Lalong juga merupakan tempat nongkrong anak muda di Kota Luwuk.

Pasalnya, di tempat ini banyak terdapat kafe-kafe kecil yang tersusun rapi dipinggir jalan. Uniknya lagi, meja dan kursi milik kafe tersebut tidak berada di dalam kafe, melainkan berjejer rapi dipinggir teluk.

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan tentang beberapa tempat wisata di Luwuk (Banggai - Sulawesi Tengah) yang menarik dikunjungi wisatawan. Baca juga ulasan mengenai sejumlah tempat wisata di Jeneponto (Sulses).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel