20+ Tempat Wisata di Maros (Sulawesi Selatan) Yang Direkomendasikan Dikunjungi!!

Tempat wisata di Maros yang direkomendasikan berikut ini sangat wajib dipertimbangkan untuk dikunjungi oleh wisatawan, khususnya para wisatawan yang sedang " stay " di Provinsi Sulawesi Selatan dan sekitarnya.

Seperti yang diketahui, Maros adalah salah satu daerah tingkat 2 (kabupaten) di Provinsi Sulawesi Selatan, yang dikenal mempunyai banyak sekali tempat menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan.

Mulai dari taman nasional hingga sejumlah tempat wisata alam ada di kabupaten ini. Lantas, dimana saja tempat wisata di Maros (Sulawesi Selatan) yang direkomendasikan dikunjungi tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Inilah Beberapa Tempat Wisata di Maros (Sulawesi Selatan) Yang Direkomendasikan Dikunjungi


#1. Taman Wisata Leang Leang

Tempat Wisata di Maros
Taman Wisata Leang Leang
Tempat wisata di Maros (Sulawesi Selatan) yang direkomendasikan dikunjungi pertama yaitu Taman Wisata Leang Leang. Taman Wisata Leang Leang adalah sebuah taman prasejarah di Kabupaten Maros.

Lokasinya berada didalam kawasan Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung (TN Babul), atau lebih tepatnya lagi berada di Desa Leang-Leang, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Para wisatawan bisa melihat lukisan di dinding batu seperti babi, telapak tangan, beberapa artefak, dan kulit kerang yang sudah terdeposit pada mulut goa di taman prasejarah ini. Biasanya, tempat ini buka setiap hari, dari pukul 08:00 hingga pukul 18:00.

BACA JUGA: 15+ Tempat Wisata di Jeneponto Yang Direkomendasikan Untuk Dikunjungi!!

#2. Rammang - Rammang

Tempat Wisata di Maros
Rammang - Rammang
Tempat wisata di Maros (Sulawesi Selatan) yang direkomendasikan dikunjungi berikutnya yaitu Rammang - Rammang. Lokasinya berada di Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Rammang - Rammang adalah sebuah tempat seluas kurang lebih 45.000 hektar di gugusan Pegunungan Karst Maros-Pangkep, yaitu sebuah pegunungan karst terluas ke-3 setelah di Vietnam, dan China.

Biasanya, pada pagi harinya, kawasan ini selalu diselimuti kabut yang tebal. Hal ini sesuai dengan namanya yang berasal dari bahasa makassar, yaitu " Rammang - Rammang ", yang berarti " Kabut " atau " Awan ".

#3. Sungai Pute

Tempat Wisata di Maros
Sungai Pute
Sungai Pute adalah sebuah sungai yang lokasinya berada di kawasan Rammang - Rammang di gugusan Pegunungan Karst Maros-Pangkep. Sungai Pute mengalir diantara pegunungan kapur tersebut.

Para wisatawan bisa mengelilingi kawasan Rammang - Rammang lewat sungai ini, dengan mengunakan sebuah perahu motor dengan kapasitas maksimal 4 orang, yang bisa disewa seharga Rp 200.000.

Selama perjalanan, para wisatawan akan disuguhkan dengan pohon mangrove dan pohon nipah di kanan dan kiri sungai. Selain itu, Sungai Pute juga termasuk sungai yang dangkal dengan arus yang tenang, sehingga cukup aman.

#4. Air Terjun Bantimurung

Kabupaten Maros di Provinsi Sulawesi Selatan juga mempunyai beberapa tempat wisata air terjun, yang menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan, salah satu di antaranya adalah Air Terjun Bantimurung.

Air Terjun Bantimurung adalah salah satu objek wisata yang sangat populer dikalangan wisatawan yang berasal dari Kabupaten Maros, dan Kota Makassar. Sehingga, tidak heran jika air terjun ini tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya.

Jika kamu penasaran dengan keindahan air terjun ini? Kamu bisa mengunjungi di Desa Kalabbirang, Kecamatan Bantimurung, Sulawesi Selatan. Biasanya, tempat wisata ini dibuka 24 jam setiap harinya.

#5. Air Terjun Lacolla

Tempat Wisata di Maros
Air Terjun Lacolla
Air Terjun Lacolla merupakan salah satu air terjun yang sangat unik sekali di Kabupaten Maros. Dikatakan " unik " karena air terjun ini terbagi menjadi dua lokasi yang tersusun dalam tujuh tingkatan.

Dimana, dari ketujuh tingkatan tersebut, empat tingkatan pertama adalah lokasi paling populer, dan sering digunakan sebagai tempat untuk foto selfie. Sedangkan tiga tingkatan lainnya berada cukup jauh dari empat tingkatan pertama.

Biasanya, tempat wisata air terjun ini dibuka 24 jam setiap harinya. Lokasinya berada di Dusun Malaka, Desa Cenrana Baru, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

#6. Air Terjun Taipa

Tempat Wisata di Maros
Air Terjun Taipa
Tempat wisata di Maros (Sulawesi Selatan) yang direkomendasikan dikunjungi selanjutnya yaitu Air Terjun Taipa. Lokasinya berada di Desa Taipa, Kecamatan Tompu Bulu, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Hanya saja, lokasi air terjun ini cukup tersembunyi, dan membutuhkan perjuangan yang " cukup " keras untuk mencapai lokasinya. Pasalnya, para wisatawan harus melewati medan jalan yang tidak mudah.

Namun, jika sudah sampai ke lokasi air terjunnya, semua perjuangan yang " cukup " keras untuk mencapai lokasi air terjun tersebut akan langsung terbayar dengan keeksotisan air terjun yang memiliki tujuh tingkatan ini.

#7. Air Terjun Merdeka

Tempat Wisata di Maros
Air Terjun Merdeka
Walaupun debit air di air terjun ini tidak begitu deras, dan ketinggian hanya sekitar 6 meter saja, namun panjangnya yang mencapai kurang lebih 15 meter, membuat air terjun ini mempunyai daya tarik tersendiri.

Disamping itu, tidak begitu jauh dari lokasi Air Terjun Merdeka, atau sering juga disebut dengan nama " Air Terjun Barettunge ", yaitu sekitar 200 meteran, terdapat juga sebuah tempat untuk berkemah (kemping).

Jika kamu penasaran dengan air terjun ini? Kamu bisa mengunjunginya di Desa Pucak, Kecamatan Tompu Bulu, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Biasanya, air terjun ini dibuka 24 jam setiap harinya.

#8. Helena Sky Bridge

Tempat Wisata di Maros
Helena Sky Bridge
Selain Taman Wisata Leang Leang, ada satu lagi objek wisata yang direkomendasikan untuk dikunjungi oleh para wisatawan di Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung, yaitu Helena Sky Bridge.

Helena Sky Bridge adalah salah satu wahana baru di Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung berupa sebuah jembatan tinggi, yang menawarkan pemandangan yang sangat instagramable dari ketinggian.

Secara administratif, jembatan instagramable ini berada di Desa Kalabbirang, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

#9. Bukit Kanari Cenrana

Kabupaten Maros di Provinsi Sulawesi Selatan juga mempunyai beberapa tempat wisata yang menawarkan sejumlah spot foto yang instagramable, salah satu di antaranya adalah Bukit Kanari Cenrana.

Bukit Kanari Cenrana menawarkan sejumlah gardu pandang bertemakan kekinian untuk berswafoto atau berfoto selfie seperti pintu langit, spot love, sayap burung, balai dengan bendera merah putih, dan lainnya.

Hanya saja, bukit yang berada di Desa Baji Pamai, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan ini sedikit terbuka. Sehingga, sangat disarankan membawa pelindung kepala seperti topi untuk mengurangi terpaan sinar matahari.

#10. Pantai Kuri Caddi

Tempat Wisata di Maros
Pantai Kuri Caddi
Tempat wisata di Maros (Sulawesi Selatan) yang juga direkomendasikan dikunjungi wisatawan berikutnya yaitu Pantai Kuri Caddi. Lokasinya berada di Desa Nisombalia, Kecamatan Marusu, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Pantai Kuri Caddi dikenal sebagai salah satu pantai yang mempunyai hamparan pasir putih berkilau di Indonesia. Sehingga, tidak terlalu mengherankan jika pantai ini sering dijadikan objek wisata pilihan untuk hunting foto.

Bukan hanya itu saja, Pantai Kuri Caddi juga merupakan salah satu tempat terbaik untuk menikmati matahari terbenam (sunset) di Kabupaten Maros.

#11. Air Panas Reatoa

Tempat wisata yang satu ini memang tidak sepopuler dengan beberapa tempat wisata lainnya di Kabupaten Maros. Namun, tempat wisata ini patut dipertimbangkan untuk disinggahi, khususnya bagi wisatawan yang suka dengan tempat wisata alam.

Air Panas Reatoa adalah sebuah tempat pemandian alami yang terpusat pada sebuah kolam buatan. Air di tempat pemandian ini bersumber dari gunung yang mengalir dari air terjun yang berada di atasnya.

Jika kamu penasaran dengan tempat pemandian alami ini? Kamu bisa mengunjungi Air Panas Reatoa di Desa Samaenre, Kecamatan Mallawa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

#12. Maros Waterpark

Kabupaten Maros di Provinsi Sulawesi Selatan juga mempunyai sebuah taman air (waterpark) yang juga direkomendasikan untuk dikunjungi oleh para wisatawan, khususnya bersama keluarga yaitu Maros Waterpark.

Taman air yang berada di Jalan Poros Maros - Soppeng, Desa Samangki, Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan ini memiliki sejumlah fasilitas untuk memanjakan para pengunjungnya.

Mulai dari kolam khusus untuk balita, anak-anak, dan orang dewasa, lengkap dengan sejumlah fasilitas seperti waterboom, slider, gazebo outbond, hingga beberapa gazebo ada di Maros Waterpark ini.

Disamping itu, di taman air ini juga tersedia Villa Suite, yaitu sejenis rumah sederhana yang bisa disewa untuk bersantai, atau menginap. Biasanya, taman air ini buka setiap hari, dari pukul 06:00 hingga pukul 18:00.

#13. Gunung Bulu Saukang

Tempat Wisata di Maros
Gunung Bulu Saukang
Gunung Bulu Saukang adalah sebuah gunung, yang menjadi simbol perbatasan antara Kota Makassar, Kabupaten Gowa, dan Kabupaten Maros di Sulawesi Selatan, yang ditandai dengan sebuah tugu.

Para wisatawan bisa menyaksikan kegagahan beberapa gunung lainnya di Sulawesi Selatan seperti Gunung Bawakaraeng, Gunung Lompobattang, dan Gunung Bulusaraung dari puncak Gunung Bulu Saukang ini.

Bukan hanya itu saja, dari puncak gunung yang berada di Desa Benteng Gajah, Kecamatan Tompo Bulu, Kebupaten Maros, Sulawesi Selatan ini juga bisa melihat lanskap Kota Makassar dengan bias lautan biru.

#14. Danau Kassi Kebo

Tempat wisata di Maros (Sulawesi Selatan) yang juga direkomendasikan untuk dikunjungi wisatawan selanjutnya yaitu Danau Kassi Kebo. Lokasinya juga masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung.

Atau secara administratif, danau dengan air berwarna biru kehijauan ini berada di Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Kalau dari Air Terjun Bantimurung hanya berjarak kurang lebih 800 meter saja.

Hanya saja, danau ini mempunyai pusaran air yang cukup kuat, dan konon kabarnya sudah memakan korban. Makanya, sepanjang jalan menuju ke danau ini terdapat beberapa papan peringatan tentang larangan untuk tidak mandi dan berenang di danau ini.

#15. Puncak Makkaroewa

Tempat Wisata di Maros
Puncak Makkaroewa
Perlu diketahui, Puncak Makkaroewa adalah sebuah tempat wisata baru di Kabupaten Maros, yang berhasil meraih peringkat ke-2 kategori daya tarik wisata dalam lomba " Dinas Pariwisata Sulawesi Selatan " pada tahun 2017 lalu.

Daya tarik utama dari Puncak Makkaroewa ini terletak pada pemandangan hijau hutan pinus, dan lembah yang indah dari atas ketinggian, lengkap dengan sejumlah spot foto yang kekinian dan instagramable.

Disamping itu, pada malam hari, para wisatawan juga bisa melihat kelap-kelip lampu Kota Makassar dari tempat wisata yang berada di Desa Labuaja, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan ini.

#16. Bukit Teletubbies

Tempat Wisata di Maros
Bukit Teletubbies
Tidak hanya Gunung Bromo di Jawa Timur yang memiliki bukit teletubbies, Kabupaten Maros di Provinsi Sulawesi Selatan juga mempunyai bukit hijau yang keindahannya mirip seperti bukit teletubbies.

Bukit yang lokasinya berada di Desa Bengo, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan ini menyajikan sebuah bukit dengan hamparan rerumputan hijau yang seolah-olah tidak berujung.

#17. Air Terjun Lengang

Tempat Wisata di Maros
Air Terjun Lengang
Air Terjun Lengang adalah sebuah air terjun di Kabupaten Maros, yang memiliki kolam renang (infinity pool) alami dibagian  atas tebingnya. Dari kolam renang alami tersebut, para wisatawan bisa menyaksikan pemandangan indah perbukitan di sekitarnya.

Bukan hanya itu saja, tebing-tebing yang menjadi tempat jatuhan air terjun setinggi kurang lebih 20 meter ini juga terlihat sangat eksotis, dan sangat serasi dengan pohon-pohon hijau yang ada di sekitarnya.

Hanya saja, lokasi air terjun yang berada di Dusun Bontomanai, Desa Laiya, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan ini sangat tersembunyi, dan lokasinya sangat susah untuk dijangkau.

#18. Air Terjun Bontosomba

Tempat Wisata di Maros
Air Terjun Bontosomba
ada satu lagi tempat wisata air terjun di Kabupaten Maros, yang juga direkomendasikan untuk dikunjungi wisatawan, yaitu Air Terjun Bontosomba, atau sering juga disebut dengan nama " Air Terjun Pung Bunga ".

Hanya saja, untuk mencapai lokasi air terjun ini membutuhkan " sedikit " perjuangan, dan tenaga yang ekstra. Apalagi pada musim penghujan, medan jalan yang harus dilewati oleh para wisatawan akan berlumpur.

Namun, keindahan air terjun yang berada di Desa Bontomanurung, Kecamatan Tompu Bulu, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan ini akan menjadi imbalan yang sepadan atas perjuangan yang harus dilewati tersebut.

#19. Bulu Tombolo

Tempat wisata di Maros (Sulawesi Selatan) yang direkomendasikan untuk dikunjungi wisatawan berikutnya yaitu Bulu Tombolo di Desa Pattiro, Kecamatan Camba, Kebupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Bulu Tombolo adalah salah satu tempat wisata baru di Kabupaten Maros, yang menawarkan pemandangan alam terbuka dari ketinggian. Beberapa spot foto foto dari bambu pun dibangun untuk menambah daya tarik tempat wisata ini.

#20. Bukit Tamangura

Tempat wisata di Maros (Sulawesi Selatan) yang direkomendasikan untuk dikunjungi terakhir yaitu Bukit Tamangura. Lokasinya berada di Dusun Samariga, Desa Baruga, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Para wisatawan bisa menyaksikan pemandangan indah formasi batuan karst, hamparan persawahan milik penduduk setempat, dan juga menunggu matahari terbenam (sunset) dari puncak Bukit Tamangura ini.

Daya tarik lainnya dari bukit ini, yaitu di puncak bukitnya terdapat sebuah batu berukuran " cukup " besar yang mirip seperti kerbau. Dimana, batu tersebut dipercaya oleh penduduk setempat sebagai jelmaan potongan kerbau.

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan mengenai sejumlah tempat wisata di Maros (Sulawesi Selatan) yang direkomendasikan dikunjungi. Sebelum pergi, baca juga ulasan tentang beberapa tempat wisata di Sinjai.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel