15+ Tempat Wisata di Maumere (Flores - NTT) Yang Menarik Dikunjungi!!

Beberapa tempat wisata di Maumere yang direkomendasikan berikut ini wajib diketahui oleh para wisatawan, terutama para wisatawan yang saat ini sedang berencana menghabiskan waktu liburannya di Pulau Flores (NTT).

Seperti diketahui, Maumere adalah sebuah kota kecil di Pulau Flores, yang menjadi ibukota bagi Kabupaten Sikka di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Sejumlah tempat wisata menarik ada di Kota Maumere.

Mulai tempat wisata budaya seperti desa wisata, hingga tempat wisata alam seperti pantai, dan lain sebagainya. Lantas, dimana saja tempat wisata di Maumere (Flores - NTT) yang menarik dikunjungi tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Inilah Beberapa Tempat Wisata di Maumere (Flores - NTT) Yang Menarik Dikunjungi


#1. Bukit Nilo

Tempat Wisata di Maumere
Bukit Nilo
Rekomendasi tempat wisata di Maumere (Flores -NTT) yang menarik dikunjungi pertama yaitu Bukit Nilo. Bukit Nilo adalah salah satu tempat wisata religi bagi para wisatawan beragama kristen di Kota Maumere, dan sekitarnya.

Pasalnya, diatas puncak bukit ini terdapat sebuah patung ikonik setinggi 25 meter, yang dibangun pada tahun 2005 silam, yaitu Patung Bunda Maria.

Bukan hanya itu saja, para wisatawan juga akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah dari atas puncak bukit, yang berada di Desa Wuliwutik, Kecamatan Nita, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

#2. Teluk Maumere

Rekomendasi tempat wisata di Maumere (Flores - NTT) yang menarik dikunjungi berikutnya yaitu Teluk Maumere. Teluk Maumere adalah salah satu tempat snorkeling terbaik di Kota Maumere dan sekitarnya.

Pasalnya, kawasan teluk yang berada di Kecamatan Alok Timur, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur ini mempunyai sebuah taman laut lengkap dengan terumbu karang, dan biota laut yang begitu eksotis.

Bukan hanya itu saja, disekitar Teluk Maumere juga terdapat 19 pulau kecil yang juga menarik dikunjungi seperti Pulau Kojadoi, Pulau Kojagete, Pulau Sukun, Pulau Babi, Pulau Kambing, dan lainnya.

#3. Pulau Pangabatang

Tempat Wisata di Maumere
Pulau Pangabatang
Pulau Pangabatang merupakan salah satu pulau kecil dari 19 pulau yang berada di Teluk Maumere dan sekitarnya. Pulau ini menawarkan sensasi berlibur di sebuah pulau yang masih perawan dan alami.

Disamping itu, penduduk yang tinggal di Pulau Pangabatang belum terlalu banyak. Sehingga, para wisatawan yang berlibur ke pulau ini seperti seolah-olah sedang berlibur di pulau pribadi milik sendiri.

Bukan hanya itu saja, perairan di Pulau Pangatang juga merupakan salah satu spot diving (menyelam) terbaik di Kota Maumere dan sekitarnya.

#4. Pantai Waiara

Kabupaten Sikka di Provinsi Nusa Tenggara Timur juga mempunyai banyak sekali pantai cantik, yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi oleh para wisatawan, salah satunya adalah Pantai Waiara.

Lokasi Pantai Waiara hanya berjarak kurang lebih 11 kilometer dari pusat Kota Maumere, atau lebih tepatnya lagi berada di Desa Wai Ara, Kecamatan Kewapante, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

Selain dikenal memiliki pemandangan pantai yang begitu indah, Pantai Waiara juga dikenal mempunyai perairan dengan terumbu karang berwarna-warni, dan beragam jenis biota laut yang eksotis.

#5. Pantai Kajuwulu

Tempat Wisata di Maumere
Pantai Kajuwulu
Pantai Kajuwulu berjarak sekitar 24 kilometer dari pusat Kota Maumere, atau lebih tepatnya lagi berada di Jalan Raya Magepanda, Desa Magepanda, Kecamatan Sikka, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

Pantai ini menawarkan hamparan pasir putih, dan air laut yang jernih dengan gradasi warga agak kebiru-biruan. Selain itu, para wisatawan juga bisa melakukan beberapa kegiatan seru lainnya di pantai ini seperti berenang dan snorkeling.

Bukan hanya itu saja, para wisatawan juga bisa lebih menikmati pemandangan indah dari pantai dengan hamparan pasir putih ini dari atas sebuah puncak bukit, yang berada disekitar Pantai Kajuwulu.

#6. Pantai Koka

Tempat Wisata di Maumere
Pantai Koka
Rekomendasi tempat wisata di Maumere (Flores - NTT) yang menarik dikunjungi wisatawan selanjutnya yaitu Pantai Koka. Lokasinya berada di Desa Wolowiro, Kecamatan Paga, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

Pantai Koka adalah salah satu pantai tersembunyi, dan masih jarang dikunjungi para wisatawan di Kabupaten Sikka. Disamping itu, fasilitas pendukungnya juga belum " terlalu " memadai di pantai ini.

Walaupun begitu, keindahan pantai berpasir putih, laut biru dan bukit hijau yang ditawarkan sangat menggagumkan. Sehingga, pantai ini wajib dipertimbangkan untuk segera dikunjungi para wisatawan.

#7. Pantai Wairterang

Pantai yang lokasinya berjarak kurang lebih 28 kilometer dari pusat Kota Maumere ini tidak kalah mempesona jika dibandingkan dengan sejumlah pantai cantik lainnya di Kabupaten Sikka dan sekitarnya.

Disamping itu, pantai yang secara administratif berada di Desa Wairterang, Kecamatan Waigete, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur ini juga mempunyai beberapa spot snorkeling dan diving (menyelam).

Salah satu spot diving (menyelam) yang paling populer di perairan Pantai Wairterang, yaitu sebuah kapal milik jepang bekas peninggalan perang dunia kedua.

#8. Hutan Mangrove Magepanda

Tempat Wisata di Maumere
Hutan Mangrove Magepanda
Kabupaten Sikka di Provinsi Nusa Tenggara Timur juga mempunyai sebuah hutan mangrove, yang juga patut dipertimbangkan untuk dikunjungi oleh para wisatawan, yaitu Hutan Mangrove Magepanda.

Hutang mangrove dengan luas kurang lebih 70 hektar ini menawarkan pemandangan hutan mangrove yang hijau, suasana laut yang tenang, dan udara yang begitu menyejukan.

Jika kamu penasaran seperti apa keindahan Hutan Mangrove Magepanda ini? Kamu bisa mengunjunginya langsung di Desa Reroroja, Kecamatan Magepanda, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

#9. Replika Kota Betlehem

Tempat Wisata di Maumere
Replika Kota Betlehem
Apakah kamu tahu nama kota kelahiran yesus? Ya! Kota tersebut bernama " Kota Betlehem " di Palestina. Nah, jika kamu ingin mengetahui seperti apa bentuk kota tersebut tidak harus pergi ke Pelestina.

Cukup berkunjung ke Kabupaten Sikka, atau lebih tepatnya di Bukit Iligai, Desa Nelle Wutung, Kecamatan Nelle, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur. Pasalnya, di bukit tersebut dibangun replika Kota Betlehem.

#10. Desa Doka

Rekomendasi tempat wisata di Maumere (Flores -NTT) yang juga menarik dikunjungi wisatawan berikutnya yaitu sebuah perkampungan bernama Desa Doka di Kecamatan Bola, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

Desa Doka menjadi salah satu tujuan wisata dikarenakan di desa ini banyak terdapat pengrajin kain tenun khas Pulau Flores. Bahkan, hampir semua penduduk di desa ini memiliki keterampilan dalam menenun.

Lebih menariknya lagi, penduduk desa ini juga terkenal ramah kepada para wisatawan dan para tamu lainnya. Bahkan tidak jarang, para tamu yang datang ke desa ini disambut dengan tarian-tarian tradisional.

#11. Museum Bikon Blewut

Museum Bikon Blewut adalah satu-satunya museum yang bisa ditemukan di Kota Maumere. Lokasinya berada di Jalan Raya Maumere - Ende, Desa Nita, Kecamatan Nita, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

Museum ini banyak menyimpan hasil temuan-temuan seorang lulusan dari Belanda bernama Pastor Theodor Verhoeven seperti fosil manusia purba di Pulau Flores, alat tenun dari jaman purba, dan lain sebagainya.

Museum yang sudah dibangun sejak tahun 1973 silam ini tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya. Biasanya, museum ini dibuka setiap hari kecuali hari minggu, dari pukul 08:00 hingga pukul 13:30.

#12. Pantai Paga

Tempat Wisata di Maumere
Pantai Paga
Pantai yang berada di Kecamatan Paga, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur ini memang cukup jauh dari pusat Kota Maumere, yaitu sekitar 48 kilometer dan bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih 4 jam perjalanan.

Walaupun lokasinya cukup jauh, namun para wisatawan tidak akan dibuat kecewa dengan keindahan pantai yang ditawarkannya. Lebih menariknya lagi, para wisatawan juga bisa berwisata kuliner di pantai ini.

#13. Gereja Tua Sikka

Tempat Wisata di Maumere
Gereja Tua Sikka
Gereja Tua Sikka adalah salah satu ikon Kabupaten Sikka di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Berdasarkan catatannya, gereja ini dibangun pada masa penjajahan bangsa portugis, atau lebih tepatnya lagi pada tahun 1899 masehi.

Lokasi gereja tua ini berjarak kurang lebih 28 kilometer dari pusat Kota Maumere, atau lebih tepatnya lagi berada di Desa Sikka, Kecamatan Lela, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

Salah satu keunikan dari gereja yang didominasi dibangun dengan mengunakan kayu ini yaitu terdapat sebuah prasasti yang bertuliskan nama dari seorang pastor generasi pertama di Desa Sika.

#14. Gunung Egon

Tempat Wisata di Maumere
Gunung Egon
Walaupun aktivitas vulkaniknya terus meningkat, dan sering juga menimbulkan keresahan bagi penduduk setempat. Namun dalam kondisi normal, Gunung Egon adalah salah satu gunung favorit untuk didaki di Kabupaten Sikka.

Lokasi gunung ini lumayan jauh dari pusat ibukota Kabupaten Sikka, yaitu kurang lebih 30 kilometer atau secara administratif terletak di Kecamatan Waigiti, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

#15. Pantai Doreng

Rekomendasi tempat wisata di Maumere (Flores - NTT) yang menarik dikunjungi terakhir yaitu Pantai Doreng. Lokasinya berada di Desa Nen Bura, Kecamatan Doreng, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

Kurang lebih sama dengan pantai-pantai cantik yang ada di Kabupaten Sikka, dan sekitarnya, pantai ini juga menawarkan keindahan pantai dengan hamparan pasir putih, lengkap dengan pemandangan laut yang biru.

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan tentang rekomendasi tempat wisata di Maumere (Flores - NTT) yang menarik dikunjungi wisatawan. Baca juga ulasan tentang sejumlah tempat wisata di Manokwari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel