Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

14+ Tempat Wisata di Meulaboh (Aceh) Yang Bagus Untuk Dikunjungi!!

Daftar tempat wisata di Meulaboh (Aceh) yang direkomendasikan berikut ini patut dipertimbangkan untuk dikunjungi oleh para wisatawan, yang sekarang ini sedang " stay " di Provinsi Aceh dan sekitarnya.

Pasalnya, sejumlah tempat wisatanya tersebut bagus-bagus, mulai dari tempat wisata alam hingga tempat wisata religi ada di kota yang menjadi ibukota bagi Kabupaten Aceh Barat di Provinsi Aceh ini.

Disamping itu, dibeberapa tempat wisatanya juga terdapat sejumlah spot yang sangat instagramable. Lantas, dimana saja tempat wisata di Meulaboh (Aceh) yang bagus untuk dikunjungi tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

14+ Tempat Wisata di Meulaboh (Aceh) Yang Bagus Untuk Dikunjungi

#1. Pantai Ujong Kareung

Tempat Wisata di Meulaboh
Pantai Ujong Kareung
Tempat wisata di Meulaboh (Aceh) yang bagus untuk dikunjungi pertama yaitu Pantai Ujong Kareung. Lokasinya berada di Desa Suwak Indrapuri, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Aceh.

Pada tahun 2004 silam, pantai ini pernah diluluhlantakan oleh gelombang Tsunami. Walaupun begitu, tidak mengurangi daya tariknya, hal ini terbukti dari banyaknya wisatawan yang masih suka menghabiskan waktu di pantai ini.

Nama " Pantai Ujong Kareung " sendiri berasal dari bahasa Aceh yang bermakna " Pantai Ujung Karang ". Namanya tersebut sesuai dengan lokasinya yang berada di ujung Kota Meulaboh, dan dipenuhi dengan batu karang.

BACA JUGA: 15+ Tempat Wisata di Langsa (Aceh) Yang Menarik Dikunjungi!!

#2. Pantai Lhok Bubon

Tempat Wisata di Meulaboh
Pantai Lhok Bubon
Tempat wisata di Meulaboh (Aceh) yang bagus untuk dikunjungi wisatawan berikutnya yaitu Pantai Lhok Bubon. Lokasinya berada di Desa Lhok Bubon, Kecamatan Samatiga, Kabupaten Aceh Barat, Aceh.

Pantai yang lokasinya berjarak sekitar 8 kilometer dari pusat Kota Meulaboh ini menawarkan sebuah pantai yang " cukup " eksotis dengan pasir putih bersih, dan air laut berwarna biru tosca yang begitu jernih.

Dan yang lebih penting lagi, pantai ini sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas pendukung, mulai dari tempat parkir kendaraan, kamar mandi, toilet, musholla, hingga tempat makan, dan lain sebagainya.

#3. Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh

Tempat Wisata di Meulaboh
Masjid Agung Baitul Makmur
Kota Meulaboh di Kabupaten Aceh Barat juga mempunyai sebuah masjid megah, yang bagus dijadikan sebagai tujuan wisata religi bagi wisatawan muslim, yaitu Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh.

Kemegahan masjid ini pasti bisa membuat siapa saja terkagum-kagum. Hal tersebut sangat wajar mengingat bahwa Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh adalah salah satu masjid terindah di Indonesia.

Jika kamu penasaran seperti apa kemegahan masjid ini? Kamu bisa melihatnya langsung di Jalan Imam Bonjol No.100, Desa Drien Rampak, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Aceh.

#4. Pantai Kasih

Banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan oleh para wisatawan ketika berkunjung ke Pantai Kasih di Jalan Sudirman, Desa Pasar Aceh, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Aceh ini.

Pasalnya, kawasan wisata yang satu ini tidak hanya menawarkan pantai sebagai objek wisatanya. Tapi juga menawarkan beberapa objek wisata sejarah peninggalan perang dunia kedua seperti benteng, meriam, dan lainnya.

Bukan hanya itu saja, disekitar kawasan wisata ini juga banyak terdapat warung makan yang menawarkan beragam makanan khas Aceh seperti mie kepiting, sate gurita, bakpia, dan lain sebagainya.

#5. Pantai Suak Ribee

Tempat Wisata di Meulaboh
Pantai Suak Ribee
Menghabiskan waktu liburan di Provinsi Aceh itu belum lengkap rasanya jika belum mencicipi kelezatan kopi khas aceh. Kopi khas aceh tersebut semakin nikmat apabila diminum dipinggir pantai yang indah.

Nah, sensasi seperti itulah yang " mungkin " akan kamu dapatkan jika berkunjung ke Pantai Suak Ribee di Jalan Sudirman, Desa Pasar Aceh, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Aceh ini.

Pasalnya, di sepanjang jalan menuju ke lokasi pantai ini, para wisatawan akan banyak menemukan warung dan cafe, yang menawarkan berbagai jenis kuliner khas aceh, salah satunya adalah kopi khas aceh.

#6. Tugu Kupiah Teuku Umar

Tempat Wisata di Meulaboh
Tugu Kupiah Teuku Umar
Tempat wisata di Meulaboh (Aceh) yang bagus untuk dikunjungi wisatawan selanjutnya yaitu Tugu Kupiah Teuku Umar. Tugu Kupiah Teuku Umar adalah sebuah tugu pahlawan untuk mengenang jasa-jasa Teuku Umar.

Lewat tugu pahlawan ini, para wisatawan bisa mengenal lebih dekat dengan salah satu pahlawan Indonesia ini. Pasalnya, di tugu pahlawan ini diceritakan tentang perjuangan Teuku Umar dalam memperjuangkan kemedekaan Indonesia.

Jika kamu penasaran dengan tugu pahlawan ini? Kamu bisa mengunjunginya langsung di Desa Meulaboh, Kecamatan Kuta Padang, Kabupaten Aceh Barat. Biasanya, tempat ini dibuka 24 jam setiap harinya.

#7. Danau Geunang Geudong

Kabupaten Aceh Barat di Provinsi Aceh juga mempunyai sebuah tempat wisata berupa danau eksotis, yang juga patut dipertimbangkan untuk dikunjungi oleh para wisatawan, yaitu Danau Geunang Geudong.

Danau yang berada di Desa Putim, Kecamatan Kaway XVI, Kabupaten Aceh Barat, Aceh ini dikatakan masih perawan, dan keberadaannya belum banyak diketahui oleh wisatawan, sehingga sepi dari pengunjung.

Padahal, pemandangan yang disuguhkan oleh danau ini lewat hamparan air yang sebagian permukaannya ditumbuhi oleh bunga-bunga cantik ini sangat eksotis.

#8. Makam Pahlawan Nasional Teuku Umar

Kamu ingin berwisata ziarah di Meulaboh sambil sambil mengenang salah satu pahlawan nasional dari Aceh? Silahkan kunjungi Makam Pahlawan Nasional Teuku Umar di Desa Mugo Rayeuk, Kecamatan Panton Reu, Kabupaten Aceh Barat, Aceh.

Makam Pahlawan Nasional Teuku Umar ini masuk ke dalam kawasan hutan lindung di Kabupaten Aceh Barat. Walaupun begitu, lokasinya sangat mudah dijangkau dan bisa dicapai dengan mengunakan kendaraan.

Lebih Menariknya lagi, para wisatawan juga bisa menemukan sebuah pohon besar yang selalu mengeluarkan air (walaupun pada musim kemarau) di komplek Makam Pahlawan Nasional Teuku Umar ini.

#9. Krueng Tutut

Dibandingkan dengan beberapa tempat wisata lainnya di Kabupaten Aceh Barat, Krueng Tutut merupakan tempat wisata yang lokasinya paling jauh dari pusat Kota Meulaboh, yaitu kurang lebih 60 kilometer.

Walaupun begitu, tempat wisata yang lokasinya berada di Desa Tanoh Mirah, Kecamatan Sungai Mas, Kabupaten Aceh Barat, Aceh ini menyuguhkan sebuah panorama yang benar-benar mempesona.

Hanya saja, tempat wisata yang satu ini belum terlalu dikenal luas dikalangan para wisatawan. Sehingga, tidak terlalu mengherankan jika tempat wisata ini belum banyak dikunjungi oleh wisatawan.

#10. Pantai Lhok Geudong

Tempat Wisata di Meulaboh
Pantai Lhok Geudong
Tempat wisata di Meulaboh (Aceh) yang juga bagus untuk dikunjungi wisatawan berikutnya yaitu Pantai Lhok Geudong. Lokasinya berada di Desa Indra Puri, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Aceh.

Pantai Lhok Geudong menghadap langsung ke Sumadra Hindia, hal inilah yang membuat suasana di pantai ini begitu menarik. Deretan pohon-pohon dipinggir pantainya juga ikut mempercantik pantai ini.

Bukan hanya itu saja, pada sore harinya suasana di pantai ini akan menjadi lebih berbeda lagi. Pasalnya, bibir pantai ini akan dipenuhi dengan perahu-perahu para nelayan yang pulang setelah melaut.

#11. Pantai Lanaga

Pantai yang berjarak sekitar 5 kilometer dari pusat Kota Meulaboh, atau lebih tepatnya berada di Desa Peunaga Rayeuk, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh ini adalah salah satu pantai terindah di Kabupaten Aceh Barat.

Disamping itu, kawasan wisata pantai ini juga mempunyai sejumlah fasilitas untuk olahraga air. Sehingga, tidak terlalu mengherankan apabila tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

#12. Lapangan Teuku Umar

Tempat wisata di Meulaboh (Aceh) yang bagus untuk dikunjungi terakhir yaitu Lapangan Teuku Umar. Lokasinya berada di Desa Suwak Indrapuri, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Aceh.

Selain difungsikan sebagai tempat pelaksanaan berbagai kegiatan pemerintahan Kota Meulaboh, lapangan ini juga sering dijadikan sebagai tempat untuk menyelenggarakan berbagai perlombaan seperti turnamen sepak bola, dan lainnya.

Lebih menariknya lagi, Lapangan Teuku Umar juga berdekatan dengan sejumlah cafe seperti Muara Cafe, Sunrise Cafe, dan lainnya, sehingga lapangan ini sangat difavoritkan sebagai tempat nongkrong di Kota Meulaboh.

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan sejumlah tempat wisata di Meulaboh (Aceh) yang bagus untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Sebelum beranjak pergi, baca juga ulasan mengenai beberapa tempat wisata di Bireuen (Aceh).