15+ Tempat Wisata di Muara Enim Yang Menarik Untuk Dikunjungi!!

Tempat wisata di Muara Enim yang direkomendasikan oleh blog Pikniktoday.com berikut ini sangat menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan, terutama para wisatawan di Provinsi Sumatera Selatan dan sekitarnya.

Pasalnya, Muara Enim merupakan salah satu kabupaten dari 13 kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan, yang dikenal mempunyai sejumlah tempat menarik.

Dimana, sejumlah tempat menarik di Kabupaten Muara Enim tersebut bisa dijadikan sebagai tujuan wisata. Lantas, dimana saja tempat wisata di Muara Enim yang menarik untuk dikunjungi tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Inilah Beberapa Tempat Wisata di Muara Enim Yang Menarik Untuk Dikunjungi


#1. Air Terjun Bedegung

Tempat Wisata di Muara Enim
Air Terjun Bedegung
Tempat wisata di Muara Enim yang menarik untuk dikunjungi pertama yaitu Air Terjun Bedegung. Air terjun yang dikenal juga sebagai " Air Terjun Curup Tenang " ini sudah sangat terkenal sejak jaman dulu.

Lokasinya berjarak kurang lebih 60 kilometer dari pusat ibukota Kabupaten Muara Enim, atau lebih tepatnya lagi berada di Desa Bedegung, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan.

Walaupun lokasinya " cukup " jauh dari pusat Kota Muara Enim, namun air terjun setinggi 99 meter ini termasuk salah satu air terjun yang mudah dijangkau, baik dengan mengunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

BACA JUGA: 12+ Tempat Wisata di Pasir Pengaraian (Rokan Hulu) Yang Menarik Dikunjungi

#2. Air Terjun Lemutu

Tempat Wisata di Muara Enim
Air Terjun Lemutu
Tempat wisata di Muara Enim yang menarik untuk dikunjungi berikutnya yaitu Air Terjun Lemutu. Lokasinya berada di Desa Tanjung Bulan, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan.

Hanya saja, untuk menuju ke lokasi air terjun yang memiliki 3 tingkatan ini dibutuhkan sebuah perjuangan. Pasalnya, akses jalan menuju ke lokasi air terjun belum bisa dilewati oleh kendaraan roda empat (mobil).

Pilihan satu-satunya adalah mengunakan sepeda motor tipe trail, atau bisa juga berjalan kaki selama kurang lebih 2 jam dengan melewati beberapa perkebunan milik warga setempat, beberapa tanjakan, dan turunan.

#3. Air Terjun Napal Carik

Walaupun tidak setinggi seperti Air Terjun Bedegung, dan Air Terjun Lemutu, namun Air Terjun Napal Carik merupakan salah satu air terjun eksotis yang dimiliki oleh Kabupaten Muara Enim saat ini.

Air Terjun Napal Carik memiliki 2 tingkatan dengan ketinggian yang berbeda-beda. Dimana, ditingkat pertama ketinggiannya mencapai sekitar 2 meter, dan ditingkat kedua ketinggiannya mencapai sekitar 10 meter.

Jika kamu penasaran dengan keeksotisan Air Terjun Napal Carik ini? Kamu bisa langsung mengunjunginya di Desa Muara Emil, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan.

#4. Tanjung Enim Zoo and Jogging Track

Tempat Wisata di Muara Enim
Tanjung Enim Zoo and Jogging Track
Tanjung Enim Zoo and Jogging Track adalah salah satu tempat wisata baru di Kabupaten Muara Enim. Lokasinya berada di Kelurahan Tanjung Enim, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan.

Sesuai dengan namanya, di Tanjung Enim Zoo and Jogging Track tersedia sebuah kebun binatang mini, yang hampir semua hewannya didominasi oleh jenis hewan unggas, burung, dan beberapa jenis hewan lainnya.

Bukan hanya itu saja, tempat wisata ini juga menyediakan jogging track untuk berolahraga. Lebih menariknya lagi, suasana di Tanjung Enim Zoo and Jogging Track sangat adem dengan pohon-pohon besar, dan rindang disekitarnya.

#5. Taman Love Bukit Asam Tanjung Enim

Kalau kamu pergi jalan-jalan ke Tanjung Enim Zoo and Jogging Track, kamu juga wajib mempertimbangkan untuk mengunjungi Taman Love Bukit Asam Tanjung Enim ini.

Pasalnya, lokasi kedua tempat wisata tersebut saling berdekatan, dan berada di tempat yang sama, yaitu di Kelurahan Tanjung Enim, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan.

Para wisatawan bisa menjadikan tempat wisata ini sebagai salah satu lokasi untuk berfoto seperti foto selfie, dan berswafoto, karena di Taman Love Bukit Asam Tanjung Enim terdapat beberapa spot foto yang bagus.

#6. Curup Selingsing

Tempat Wisata di Muara Enim
Curup Selingsing
Tempat wisata di Muara Enim yang menarik untuk dikunjungi selanjutnya yaitu Curup Selingsing. Lokasinya berjarak kurang lebih 40 kilometer dari pusat Kota Muara Enim, dan bisa dicapai dengan waktu sekitar 1 jam perjalanan mengunakan kendaraan.

Hanya saja, Air terjun dengan ketinggian kurang lebih 15 meter ini terletak di tengah-tengah hutan di Desa Tanjung Agung, Kecamatan Tanjung Agung. Agung, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan.

Sehingga, untuk menuju ke lokasi air terjun ini dibutuhkan sedikit perjuangan, karena para wisatawan diharuskan melewati beberapa perkebunan milik warga setempat dengan medan jalan yang cukup sulit.

Walaupun begitu, keindahan air terjun yang dijuluki sebagai " Niagara Kecil dari Muara Enim " ini akan menjadi imbalan yang sepadan dengan kesulitan-kesulitan yang harus dilewati oleh para wisatawan.

#7. Taman Adipura Muara Enim

Tempat Wisata di Muara Enim
Taman Adipura Muara Enim
Kalau tempat wisata yang satu ini sangat mudah sekali untuk dijangkau. Karena Taman Adipura Muara Enim terletak di jantung Kota Muara Enim, atau lebih tepatnya lagi berada di depan GOR Pancasila Muara Enim.

Para wisatawan bisa menikmati tarian air mancur yang mengikuti sebuah alunan musik di Taman Adipura Muara Enim ini. Bukan hanya itu saja, di taman ini juga sudah tersedia beberapa fasilitas lainnya seperti tempat bermain anak, dan lainnya.

#8. Danau Deduhuk

Tempat Wisata di Muara Enim
Danau Deduhuk
Kabupaten Muara Enim di Provinsi Sumatera Selatan juga mempunyai beberapa danau eksotis, yang juga cukup menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan, salah satu di antaranya adalah Danau Deduhuk.

Danau eksotis yang lokasinya berada di Desa Segamit, Kecamatan Semendo Darat Ulu, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan ini merupakan salah satu danau yang baru ditemukan di Pulau Sumatera.

Sehingga, danau dengan luas kurang lebih 90 hektar ini masih sangat alami, karena belum banyak wisatawan yang mengeksplornya.

#9. Curup Napal Lintang

Kurang lebih sama dengan sejumlah air terjun pada umumnya, air terjun yang berada di Desa Lubuk Nipis, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan ini juga tersembunyi didalam hutan.

Kalau dari pusat Kota Muara Enim jaraknya kurang lebih 40 kilometer, dan membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan untuk menuju ke Desa Lubuk Nipis. Dan dari Desa Lubuk Nipis ke lokasi air terjun membutuhkan waktu sekitar 30 menit perjalanan.

Karena air terjun ini tergolong tempat wisata baru di Kabupaten Muara Enim, dan belum banyak diketahui oleh para wisatawan. Sehingga, panorama yang ditawarkan oleh Curup Napal Lintang ini masih begitu alami, dan asri.

#10. Curup Bali

Tempat wisata di Muara Enim yang juga menarik untuk dikunjungi wisatawan selanjutnya Curup Bali. Lokasinya berada di Desa Lebak Budi, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan.

Air terjun setinggi kurang lebih 20 meter ini juga belum banyak diketahui oleh para wisatawan. Sehingga, panorama di air terjun dengan hamparan batu-batu besar di dasarnya ini masih begitu alami.

Sama halnya dengan beberapa air terjun diatas, lokasi air terjun ini juga cukup sulit untuk dijangkau, karena medan jalan yang harus dilewati cukup sulit, dan membutuhkan stamina yang fit untuk menikmati keindahan Curup Bali ini.

#11. Sumber Air Panas Gemuhak

Wilayah Kabupaten Muara Enim di Provinsi Sumatera Selatan mempunyai potensi geothermal (energi panas bumi), sehingga tidak heran terdapat sumber air panas seperti Sumber Air Panas Gemuhak.

Lokasinya berjarak kurang lebih 90 kilometer dari pusat ibukota Kabupaten Muara Enim, atau lebih tepatnya lagi berada di Desa Penindaian, Kecamatan Semende Darat Ulu, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan.

Sumber air panas ini sangat mudah dicapai, karena lokasinya berada di pinggir jalan, dimana sebagian jalannya sudah beraspal, dan berdekatan dengan pintu masuk pembangkit listrik tenaga panas bumi milik PT. Pertamina Gheotermal Energy.

#12. Bukit Kendi

Tempat Wisata di Muara Enim
Bukit Kendi
Kabupaten Muara Enim di Provinsi Sumatera Selatan juga mempunyai sebuah tempat wisata alam berupa bukit, yang juga wajib dipertimbangkan untuk dikunjungi oleh para wisatawan, yaitu Bukit Kendi.

Hanya saja, untuk mencapai puncak di Bukit Kendi ini cukup berat. Pasalnya, para wisatawan diharuskan berjalan kaki setidaknya membutuhkan waktu sekitar 45 menit dengan medan jalan yang cukup terjal.

Walaupun begitu, pemandangan sebuah danau berbentuk hati atau " I Love You " dan panorama hijau di sekitarnya cukup menjadi imbalan atas kesulitan-kesulitan yang harus dilewati oleh para wisatawan.

Dinamakan " Bukit Kendi " karena bukit yang lokasinya berada di Desa Darmo, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan ini mempunyai bentuk yang mirip sekali seperti kendi.

#13. Lubuk Putih

Jika kamu ingin menikmati sebuah aliran sungai dengan tebing-tebing tinggi yang menjulang di Kabupaten Muara Enim? Maka, tempat yang paling direkomendasikan untuk dikunjungi adalah Lubuk Putih.

Lubuk Putih yang lokasinya berada di Desa Seleman, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan ini termasuk salah satu tempat wisata yang mudah dijangkau di Kabupaten Muara Enim.

Disamping itu, panorama yang ditawarkannya juga " cukup " instagramable. Sehingga, tidak terlalu mengherankan jika tempat wisata yang satu ini selalu menjadi pilihan wisatawan untuk dikunjungi di Kabupaten Muara Enim.

#14. Masjid Al Baniah

Kabupaten Muara Enim di Provinsi Sumatera Selatan juga mempunyai sebuah masjid unik, yang bisa dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata religi, khususnya untuk wisatawan muslim yaitu Masjid Al Baniah.

Salah satu keunikan dari masjid yang lokasinya berada di Kelurahan Ujan Mas Lama, Kecamatan Ujan Mas, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan ini terletak pada lima kubahnya yang berwarna-warni.

#15. Candi Bumi Ayu

Tempat wisata di Muara Enim yang menarik untuk dikunjungi wisatawan terakhir, yaitu Candi Bumi Ayu. Candi Bumi Ayu merupakan sebuah komplek candi satu-satunya yang ada di Provinsi Sumatera Selatan.

Komplek candi yang lokasinya berada di Desa Bumi Ayu, Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan ini terdiri dari 11 buah candi, dan 4 buah candi yang baru saja dipugar.

Dimana, hampir semua candi di tempat ini dibangun mengunakan batu batu. Selain itu, komplek candi peninggalan agama hindu ini juga mempunyai beberapa arca seperti Arca Siwa Mahaguru, Arca Argastya, dan lainnya.

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan tentang beberapa tempat wisata di Muara Enim yang menarik untuk dikunjungi wisatawan. Sebelum pergi, baca juga ulasan mengenai sejumlah tempat wisata di Baturaja (Sumsel).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel