11+ Tempat Wisata di Sidikalang (Dairi) Yang Rekomended Dikunjungi!!

Beberapa tempat wisata di Sidikalang (Dairi) berikut ini sangat rekomended untuk dikunjungi oleh para wisatawan, khususnya wisatawan yang sekarang ini sedang " stay " di Provinsi Sumatera Utara dan sekitarnya.

Perlu diketahui, Sidikalang adalah sebuah kota yang menjadi ibukota bagi Kabupaten Dairi di Provinsi Sumatera Utara. Kota Sidikalang dikenal sebagai salah satu penghasil jenis kopi terbaik di Indonesia.

Selain itu, Kota Sidikalang juga dikenal memiliki sejumlah tempat wisata yang rekomended untuk dikunjungi. Lantas, dimana saja tempat wisata di Sidikalang (Dairi) yang rekomended dikunjungi tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Inilah Beberapa Tempat Wisata di Sidikadang (Dairi) Yang Rekomended Dikunjungi


#1. Danau Sicike-cike

Tempat Wisata di Sidikalang
Danau Sicike-cike
Tempat wisata di Sidikalang (Dairi) yang paling rekomended untuk dikunjungi oleh wisatawaan pertama yaitu Danau Sicike-cike. Lokasinya berada di Kecamatan Sitinjo, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

Danau Sicike-cike merupakan salah satu bagian dari Taman Wisata Alam (TWA) Sicike-cike, yang terdiri dari tiga danau. Dimana, ketiga danau tersebut saling berdekatan antara satu dengan yang lainnya.

Beberapa kegiatan seru yang bisa dilakukan oleh para wisatawan di tempat wisata ini di antaranya adalah beberapa kegiatan lintas alam seperti berkemah, atau hanya sekedar mencari spot foto yang bagus.

BACA JUGA: 15+ Tempat Wisata di Serdang Bedagai Yang Seru Untuk Dikunjungi!!

#2. Air Terjun Lae Pendaroh

Tempat Wisata di Sidikalang
Air Terjun Lae Pendaroh
Tempat wisata di Sidikalang (Dairi) yang rekomended untuk dikunjungi oleh wisatawan berikutnya yaitu Air Terjun Lae Pendaroh. Lokasinya berada di Desa Sitinjo I, Kecamatan Sitinjo, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

Air Terjun Lae Pendaroh adalah salah satu tempat wisata alam yang mudah dijangkau di Kabupaten Dairi. Pasalnya, lokasi air terjun ini berada tepat di pinggir jalan lintas provinsi yang menghubungkan Kota Sidikang dan Kota Berastagi.

Dinamakan " Air Terjun Lae Pendaroh " yang berarti " Air Terjun Berdarah " karena air di air terjun ini terkadang berubah warna menjadi merah seperti darah, khususnya ketika musim-musim penghujan.

#3. Pemandian Lau Timah

Tempat Wisata di Sidikalang
Pemandian Lau Timah
Tempat pemandian yang satu ini sedikit berbeda dengan tempat pemandian pada umumnya yang memiliki air bersuhu hangat, atau panas. Tempat pemandian ini justru memiliki air yang bersuhu dingin.

Walaupun bersuhu dingin, namun air yang berasal dari celah-celah batuan di tempat pemandian ini banyak mengandung belerang (sulfur), sehingga menghasilkan air yang berwarna eksotis, yaitu biru terang.

Disamping itu, tempat pemandian yang berada di Desa Lau Baleng, yaitu salah satu desa diperbatasan antara Kabupaten Dairi, dan Kabupaten Karo ini memiliki air yang dipercaya bisa menyembuhkan beberapa jenis penyakit seperti penyakit kulit, dan asam urat.

#4. Tao Silalahi

Tempat Wisata di Sidikalang
Tao Silalahi
Tao Silalahi di Kecamatan Silahi Sabungan, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara ini dikenal sebagai salah satu tempat untuk menikmati pemandangan indah Danau Toba, yaitu danau terbesar di Indonesia.

Disamping bisa melihat keindahan Danau Toba, para wisatawan juga bisa melakukan sejumlah kegiatan asik lainnya, mulai dari berenang, hingga mengelilingi danau dengan perahu, dan lain sebagainya.

#5. Bukit Siadtaratas

Tempat Wisata di Sidikalang
Bukit Siadtaratas
Bukit yang lokasinya berada di Desa Paropo, Kecamatan Silahi Sabungan, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara ini juga dikenal sebagai salah satu tempat terbaik untuk menikmati pemandangan indah Danau Toba.

Pasalnya, posisi bukit ini persis menghadap ke Danau Toba. Disamping itu, para wisatawan juga bisa menyaksikan landskap pemukiman warga Desa Silalahi, yang terkenal dengan Tugu Silalahi dari kejauhan.

#6. Puncak Sidiangkat

Tempat Wisata di Sidikalang
Puncak Sidiangkat
Tempat wisata di Sidikalang (Dairi) yang paling rekomended untuk dikunjungi oleh wisatawan selanjutnya Puncak Sidiangkat, atau sering juga disebut dengan nama " Puncak Nantampuk Mas ".

Puncak Sidiangkat (Puncak Nantampuk Mas) adalah salah satu tempat wisata kekinian di Kabupaten Dairi, yang menawarkan sejumlah spot foto yang instagramable seperti sarang burung, dan lain sebagainya.

Lokasinya hanya berjarak kurang lebih 8 kilometer dari pusat ibukota Kabupaten Dairi, atau lebih tepatnya lagi berada di Kelurahan Sidiangkat, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

#7. Hutan Lae Pondom

Hutan Lae Pondom adalah sebuah hutan wisata di Kabupaten Dairi, yang masih alami dan asri dengan sejumlah fasilitas seperti beberapa bangku, tempat beristirahat, toilet, dan fasilitas pendukung lainnya.

Lokasi hutan wisata ini berada di perbatasan antara Kabupaten Dairi dengan Kabupaten Karo, atau lebih tepatnya lagi berada di wilayah Kecamatan Sumbul, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

#8. Air Terjun Lau Baski

Selain Air Terjun Lae Pendaroh, ada satu lagi tempat wisata alam berupa air terjun di Kabupaten Dairi, yang juga wajib dipertimbangkan untuk dikunjungi oleh wisatawan, yaitu Air Terjun Lau Baski.

Hanya saja, untuk mencapai lokasi air terjun yang berada di Desa Parongil, kecamatan Siempat Nempu Hilir, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara ini tidaklah mudah, dan membutuhkan tenaga yang ekstra.

Pasalnya, air terjun ini berada di tengah-tengah hutan Bukit Barisan. Namun, semua usaha untuk mencapai lokasi air terjun tersebut akan terbayar dengan keindahan air terjun setinggi kurang lebih 13 meter ini

#9. Tigalingga

Khusus untuk para wisatawan yang suka menyantap buah durian, wajib hukumnya mencicipi buah durian khas Kabupaten Dairi, yang berasal dari Tigalingga, yaitu salah satu kecamatan di Kabupaten Dairi.

Kelebihan buah durian ini terletak pada dagingnya yang tebal, dan bijinya yang kecil. Biasanya, produksi buah durian khas Kabupaten Dairi ini berlangsung dari awal bulan Desember hingga pertengahan bulan Januari.

#10. Taman Wisata Iman

Tempat Wisata di Sidikalang
Taman Wisata Iman
Tempat wisata di Sidikalang (Dairi) yang juga rekomended untuk dikunjungi wisatawan berikutnya yaitu Taman Wisata Iman. Lokasinya berada di Desa Sitinjo I, Kecamatan Sitinjo, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

Sesuai dengan namanya, Taman Wisata Iman atau sering juga disingkat menjadi " TWI " adalah sebuah tempat wisata yang bersifat religius di Kabupaten Dairi.

Daya tarik utama dari taman ini terletak pada lima tempat ibadah, yang lokasinya saling berdekatan untuk masing-masing agama di Indonesia. Hal ini mengambarkan simbol toleransi warga Kabupaten Dairi.

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan tentang beberapa tempat wisata di Sidikalang (Dairi) yang sangat rekomended dikunjungi wisatawan. Baca juga ulasan mengenai sejumlah tempat wisata di Sipirok (Tapanuli Selatan).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel