15+ Tempat Wisata di Sinjai Yang Rekomended Untuk Dikunjungi!!

Beberapa tempat wisata di Sinjai berikut ini patut dipertimbangkan untuk segera dikunjungi oleh para wisatawan, terutama para wisatawan yang sekarang ini sedang " stay " di Provinsi Sulawesi Selatan.

Perlu diketahui, Sinjai adalah salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, yang memiliki beberapa tempat wisata yang tidak kalah menarik daripada tempat wisata di kabupaten lainnya di Provinsi Sulawesi Selatan.

Mulai dari tempat wisata kekinian hingga tempat wisata alam ada di kabupaten yang dijuluki " Bumi Panrita Kitta " ini. Lantas, apa saja tempat wisata di Sinjai yang rekomended untuk dikunjungi tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Inilah Beberapa Tempat Wisata di Sinjai Yang Rekomended Untuk Dikunjungi


#1. Pulau Sembilan

Tempat Wisata di Sinjai
Pulau Sembilan
Tempat wisata di Sinjai yang rekomended untuk dikunjungi pertama yaitu Pulau Sembilan. Secara administratif, pulau ini berada didalam wilayah Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan.

Dinamakan " Pulau Sembilan " karena kawasan wisata ini terdiri dari sembilan pulau, yakni Pulau Kambuno, Burunglo’e, Kodingere, Batanglampe, Katindoang, Liang-Liang, Kanalo I, Kanalo II, dan Lare-rea.

Kesembilan pulau tersebut mempunyai pantai berpasir putih bersih dengan ombak yang tidak begitu besar, sehingga cocok dijadikan sebagai tempat olahraga air seperti berenang, menyelam, dan lain sebagainya.

BACA JUGA: 15+ Tempat Wisata di Jeneponto Yang Direkomendasikan Untuk Dikunjungi!!

#2. Hutan Mangrove Tongke-Tongke

Tempat Wisata di Sinjai
Hutan Mangrove Tongke-Tongke
Tempat wisata di Sinjai yang rekomended untuk dikunjungi wisatawan berikutnya yaitu Hutan Mangrove Tongke-Tongke. Hutan Mangrove Tongke-Tongke adalah sebuah hutan bakau seluas kurang lebih 786 hektar.

Hutan Mangrove Tongke-Tongke sangat kaya akan vegetasi alam. Bahkan, oleh beberapa ilmuan yang pernah melakukan penelitian di hutan bakau ini menjulukinya sebagai " Laboratorium Bakau Sulawesi Selatan ".

Jika kamu penasaran dengan hutan bakau ini? Kamu bisa mengunjungi di Desa Tongke-Tongke, Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. Biasanya, hutan bakau ini buka setiap hari, dari pukul 08:00 hingga pukul 17:45.

#3. Pantai Ujung Kupang

Kurang lebih sama dengan pantai-pantai di Pulau Sembilan, pantai yang berada di Desa Sanjai, Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan ini juga menawarkan sebuah pantai dengan hamparan pasir putih.

Disamping itu, lokasinya bersebelahan langsung dengan gugusan Pulau Sembilan, dan Hutan Mangrove Tongke-Tongke. Sehingga, para wisatawan bisa langsung mengunjungi kedua tempat wisata tersebut setelah puas menjelajahi pantai ini.

Lebih menariknya lagi, setiap tahunnya selalu diselenggarakan lomba perahu tradisional, dan kegiatan budaya bernama " Ma'rimpa Salo ", yaitu sebuah kegiatan ritual yang bermakna syukuran atas hasil panen, baik hasil panen bumi maupun laut.

#4. Air Terjun Lembang Saukang

Tempat Wisata di Sinjai
Air Terjun Lembang Saukang
Kabupaten Sinjai di Provinsi Sulawesi Selatan juga memiliki beberapa tempat wisata air terjun, yang juga rekomended untuk dikunjungi oleh wisatawan, salah satunya adalah Air Terjun Lembang Saukang.

Air terjun yang lokasinya berada di Desa Sukamaju, Kecamatan Tellu Limpoe, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan ini memiliki bentuk yang " cukup " unik. Dikatakan " unik " karena, air terjun mengalir di batuan yang bertingkat-tingkat.

Hal inilah yang membuat air terjun ini sering disebut sebagai " Air Terjun Tujuh Tingkat ". Hanya saja, setelah bencana banjir pada tahun 2006 silam, struktur batuannya mengalami perubahan, dan hanya tersisa 3 tingkatan saja.

#5. Taman Batupake Gojeng

Tempat Wisata di Sinjai
Taman Batupake Gojeng
Pada masa penjajahan jepang, Taman Batupake Gojeng digunakan sebagai salah satu markas pertahanan pasukan jepang untuk mengintai kapal laut, dan pesawat milik pasukan sekutu di Kabupaten Sinjai.

Sekarang, tempat yang berada di Desa Biringere, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan ini difungsikan sebagai salah satu tempat wisata budaya dan sejarah di Kabupaten Sinjai.

Di Taman Batupake Gojeng ini, para wisatawan bisa menemukan sebuah kuburan batu, dan beberapa jenis benda cagar alam budaya seperti fosil kayu, peti mati, dan keramik yang diperkirakan berasal dari Jaman Dinasty Ming.

#6. Benteng Balangnipa

Tempat Wisata di Sinjai
Benteng Balangnipa
Tempat wisata di Sinjai yang rekomended untuk dikunjungi oleh wisatawan selanjutnya yaitu
Benteng Balangnipa. Benteng Balangnipa adalah sebuah bangunan yang dibangun pada abad ke-15 oleh Kerajaan Tellulimpoe.

Setelah tidak lama selesai dibangun, bangunan ini berhasil direbut oleh belanda. Selama berada ditangan belanda, bangunan ini mengalami beberapa kali renovasi, sehingga terselip gaya arsitektur khas eropa.

Jika kamu penasaran dengan bangunan ini? Kamu bisa mengunjunginya di Jalan Sungai Tangka, Desa Balangnipa, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan.

#7. Bamboo Village

Kabupaten Sinjai di Provinsi Sulawesi Selatan juga mempunyai sejumlah tempat wisata kekinian, yang juga sangat rekomended untuk dikunjungi oleh wisatawan, salah satunya adalah Bamboo Village.

Tempat wisata yang lokasinya berada di Kelurahan Alehanuae, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan ini memiliki beberapa spot foto instagramable, yang terbuat dari bahan bambu.

#8. Bukit Vandiam

Jika kamu ingin melihat pemandangan indah deretan Pulau Sembilan dari kejauhan? Maka kunjungilah Bukit Vandiam di Desa Sanjai, Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan.

Disamping itu, di bukit ini juga terdapat sejumlah spot foto yang kekinian dan instagramable, mulai dari dudukan cinta, panah cinta, ayunan, hingga beberapa gazebo, dan lainnya. Lebih asiknya lagi, tempat wisata ini bisa dikunjungi secara gratis.

#9. Bukit Pelangi

Tempat Wisata di Sinjai
Bukit Pelangi
Selain Bamboo Village, dan Bukit Vandiam, ada satu lagi tempat wisata kekinian di Kabupaten Sinjai, yang juga menarik untuk dikunjungi wisatawan, yaitu Bukit Pelangi. Biasanya, tempat wisata ini buka setiap hari, dari pukul 08:00 hingga pukul 23:00.

Tempat wisata yang berada di Desa Biringere, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan ini menawarkan beberapa spot foto yang instagramable dengan latarbelakang ibukota Kabupaten Sinjai dan Pulau Sembilan dari kejauhan.

#10. Pantai Karampuang

Selain di Pulau Sembilan, dan Pantai Ujung Kupang, ada satu lagi tempat wisata pantai di Kabupaten Sinjai, yang juga patut dipertimbangkan untuk dikunjungi oleh para wisatawan, yaitu Pantai Karampuang.

Hanya saja, pantai yang berada di Desa Pattongko, Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan ini belum memiliki fasilitas yang memandai. Walaupun begitu, panorama yang ditawarkan pantai ini cukup eksotis.

#11. Air Terjun Barania

Tempat Wisata di Sinjai
Air Terjun Barania
Tempat wisata di Sinjai, yang juga rekomended untuk dikunjungi berikutnya yaitu Air Terjun Barania. Lokasinya berada di Desa Barania, Kecamatan Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan.

Hanya saja, para wisatawan harus melakukan perjalanan yang cukup melelahkan untuk menuju ke lokasi air terjun ini. Namun, semua itu akan terbayar dengan pemandangan yang ditawarkan oleh air terjun setinggi kurang lebih 60 meter ini.

#12. Air Terjun Barambang

Tempat Wisata di Sinjai
Air Terjun Barambang
Air terjun yang berada diantara dua desa, yakni Desa Batu Belerang, dan Desa Barambang di Kecamatan Sinjai Borong, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan ini dijuluki juga sebagai " Air Terjun Kembar ".

Hal ini dikarenakan, di tempat wisata ini terdapat dua buah air terjun dengan ketinggian masing-masin sekitar 20 meter. Dimana diketahui, kedua air terjun tersebut hanya berjarak kurang lebih 50 meter saja.

#13. Rumah Adat Karampuang

Karampuang adalah nama sebuah kampung adat di Desa Tompo Bulu, Kecamatan Bulupoddo, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. Di kampung ini beberapa rumah adat yang dinamakan " Rumah Adat Karampuang ".

Dinamakan " Rumah Adat Karampuang " karena dulunya rumah-rumah tersebut dipercaya oleh penduduk setempat sebagai tempat pertemuan para bangsawan Suku Makassar (Karaeng), dan Suku Bugis (Puang).

Konon katanya, tidak sembarangan orang diizinkan masuk ke kampung yang masih memegang teguh nilai-nilai budaya lokal ini, dan harus dilakukan sebuah ritual khusus sebelum orang dari luar diperbolehkan masuk ke kampung adat ini.

#14. TPI Lappa

Ketika pergi berwisata, biasanya para wisatawan tidak hanya penasaran dengan sejumlah tempat wisata di daerah tersebut, tapi juga penasaran dengan beberapa hal yang berbau kuliner, seperti TPI Lappa.

TPI Lappa merupakan sebuah tempat pelelangan ikan segar hasil tangkapan para nelayan di Kabupaten Sinjai. Disamping itu, terdapat juga beberapa rumah makan disekitar tempat pelelangan ikan tersebut.

Lebih menariknya lagi, para wisatawan yang ingin merasakan sensasi makan ikan hasil tangkapan langsung bisa membelinya dari para nelayan, dan minta dimasakan oleh para koki di beberapa rumah makan disekitar TPI Lappa tersebut.

#15. Bendungan PLTA Manipi

Tempat wisata di Sinjai, yang rekomended untuk dikunjungi terakhir yaitu Bendungan PLTA Manipi. Lokasinya berada di Desa Bonto Salama, Kecamatan Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan.

Lokasinya berbatasan langsung dengan Malino di Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, sehingga tidak heran jika kawasan ini mempunyai pemandangan yang cukup eksotis.

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan tentang beberapa tempat wisata di Sinjai, yang rekomended untuk dikunjungi oleh wisatawan. Baca juga ulasan mengenai sejumlah tempat wisata di Malino (Kabupaten Gowa - Sulawesi Selatan).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel