14+ Tempat Wisata di Sipirok (Tapanuli Selatan) Yang Menarik Dikunjungi!!

Beberapa tempat wisata di Sipirok (Tapanuli Selatan) yang direkomendasikan berikut ini sangat menarik untuk dikunjungi wisatawan, khususnya para wisatawan yang sekarang ini sedang berada di Provinsi Sumatera Utara.

Seperti diketahui, Sipirok adalah ibukota Kabupaten Tapanuli Selatan di Provinsi Sumatera Utara, yang dikenal memiliki sejumlah tempat wisata, yang pasti menarik untuk segera dikunjungi oleh wisatawan.

Mulai dari tempat wisata alam hingga tempat wisata dengan spot foto yang instagramable ada di Kota Sipirok dan sekitarnya. Lantas, dimana saja tempat wisata di Sipirok (Tapanuli Selatan) yang menarik dikunjungi tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Inilah Beberapa Tempat Wisata di Sipirok (Tapanuli Selatan) Yang Menarik Dikunjungi


#1. Danau Siais

Tempat wisata di Sipirok (Tapanuli Selatan) yang menarik dikunjungi pertama yaitu Danau Siais. Danau Siais adalah danau terbesar kedua di Sumatera Utara setelah Danau Toba dengan luas sekitar 4,5 hektar.

Danau yang lokasinya berada di Desa Rianiate, Kecamatan Angkola Barat, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara ini memiliki pemandangan danau yang begitu memukau dengan pohon-pohon hijau di sekitarnya.

BACA JUGA: 10+ Tempat Wisata di Sibolangit (Deli Serdang) Yang Sedang Hits!!

#2. Wisata Air Parsariran

Tempat Wisata di Sipirok
Wisata Air Parsariran
Tempat wisata di Sipirok (Tapanuli Selatan) yang menarik dikunjungi wisatawan berikutnya yaitu Wisata Air Parsariran. Wisata Air Parsariran adalah sebuah tempat pemandian alami yang memamfaatkan aliran sungai.

Tempat pemandian alami ini selalu ramai dikunjungi wisatawan setiap harinya. Pasalnya, lokasinya berada di pinggir Jalan Lintas Barat Sumatera, yaitu antara Kota Padang Sidempuan dengan Kota Sibolga.

Atau secara administratif, tempat pemandian alami ini berada di Desa Hapesong Baru, Kecamatan Batang Toru, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Biasanya, tempat wisata ini buka setiap hari, dari pukul 08:00 hingga pukul 18:00.

#3. Aek Sijorni

Tempat Wisata di Sipirok
Aek Sijorni
Kabupaten Tapanuli Selatan di Provinsi Sumatera Utara juga mempunyai beberapa tempat wisata alam berupa air terjun yang menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan, salah satunya adalah Aek Sijorni.

Keunikan dari air terjun yang lokasinya berada di Desa Aek Libung, Kecamatan Sayur Matinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara ini yaitu berbentuk berundak-undak dengan tinggi sekitar 10 meter.

Lebih menariknya lagi, ketika musim kemarau, air di air terjun ini tidak pernah surut sedikitpun. Disamping itu, sejumlah fasilitas seperti kolam renang, tempat menginap, dan lainnya ada disekitar lokasi air terjun.

#4. Bukit Tor Simago-mago

Kalau kamu sedang mencari spot untuk menikmati keindahan Kota Sipirok dari kejauhan dan ketinggian? Maka, salah satu tempat yang direkomendasikan untuk dikunjungi adalah Bukit Tor Simago-mago.

Bukan hanya itu saja, sejumlah fasilitas pendukung seperti berbagai jenis wahana permainan anak, tempat menginap, dan beberapa ekor kuda sudah disediakan di Bukit Tor Simago-mago.

Jika kamu penasaran dengan Bukit Tor Simago-mago ini? Kamu bisa mengunjunginya di Desa Huta Raja, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Biasanya, bukit ini dibuka 24 jam setiap harinya.

#5. Gunung Sibual-buali

Bagi para wisatawan yang hobi mendaki gunung, pasti tergiur ingin menjelajahi Gunung Sibual-buali, yaitu salah satu gunung stratovolcano (gunung berapi kerucut/gunung berapi komposit) di Sumatera Utara.

Pasalnya, gunung yang lokasinya berada paling selatan di Bukit Barisan Sumatera Utara ini terdapat banyak hal menarik yang bisa dinikmati oleh para wisatawan pada saat pendakian.

Dimana diketahui, di gunung dengan tinggi kurang lebih 1.819 mdpl (meter diatas permukaan air laut) ini memiliki berbagai jenis flora dan fauna, dan sebagian di antaranya adalah flora dan fauna endemik gunung ini.

#6. Air Terjun Silima-lima

Tempat Wisata di Sipirok
Air Terjun Silima-lima
Tempat wisata di Sipirok (Tapanuli Selatan) yang menarik dikunjungi wisatawan selanjutnya yaitu Air Terjun Silima-lima. Lokasinya berada di Desa Maju Mambe, Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

Hanya saja, untuk mencapai lokasi air terjun ini tidaklah mudah dan dibutuhkan tenaga ekstra. Pasalnya, para wisatawan harus trekking sejauh 2 kilometer dengan turunan dan tanjakan yang pasti melelahkan.

Namun, semua lelah dalam mencapai lokasi air terjun ini akan terbayar lunas dengan keindahan air terjun setinggi kurang lebih 80 meter ini. Disamping itu, panorama hijau di sekitarnya juga cukup eksotis.

#7. Pemandian Air Panas Aek Nabara

Tempat Wisata di Sipirok
Pemandian Air Panas Aek Nabara
Kabupaten Tapanuli Selatan di Provinsi Sumatera Utara juga mempunyai sebuah tempat pemandian air panas, yang juga wajib dipertimbangkan untuk dikunjungi, yaitu Pemandian Air Panas Aek Nabara.

Walaupun tempat ini belum dikelola secara profesional, namun tempat pemandian air panas yang berada di Desa Aek Nabara, Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara ini tidak pernah sepi pengunjung.

Sebagian para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini bertujuan untuk terapi dan pengobatan. Pasalnya, air di tempat pemandian air panas ini dipercaya bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit.

#8. Air Terjun Sisundung Parsalakan

Air Terjun Sisundung Parsalakan adalah salah satu air terjun yang mudah dijangkau di Kabupaten Tapanuli Selatan. Karena, lokasi air terjun ini hanya berjarak kurang lebih 500 meter saja dari tempat parkir kendaraan.

Salah satu keunikan dari air terjun yang secara administratif berada di Desa Sisundung, Kecamatan Angkola Barat, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara ini yaitu mempunyai dua air terjun sekaligus.

Dimana, kedua air terjun tersebut jatuh ke kolam yang sama. Sehingga, membentuk sebuah kolam alami, yang cukup aman digunakan sebagai tempat bermain air, mandi, berenang, dan lain sebagainya.

#9. Air terjun Aek Malakkut

Memang membutuhkan perjuangan yang tidak mudah untuk mencapai lokasi Air terjun Aek Malakkut di Desa Marancar Gondang, Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara ini.

Pasalnya, para wisatawan harus membelah hutan dan trekking (berjalan kaki) selama kurang lebih 2 jam untuk mencapai lokasi air terjun yang masih alami dan masih jarang dikunjungi oleh para wisatawan.

Namun, perjuangan yang tidak mudah tersebut akan terbayar dengan pesona Air terjun Aek Malakkut, yang dihiasi oleh sebuah dinding batu berdiri tegak lengkap dengan tanaman hijau merambat.

#10. Aek Sabaon

Tempat Wisata di Sipirok
Aek Sabaon
Tempat wisata di Sipirok (Tapanuli Selatan) yang juga menarik dikunjungi oleh wisatawan berikutnya yaitu Aek Sabaon. Lokasinya berada di Desa Aek Sabaon, Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

Banyak para wisatawan yang mengatakan bahwa tempat wisata ini mirip seperti pedesaan-pedesaan di Swiss. Hal ini dikarenakan tempat ini dikelilingi oleh gugusan pegunungan yang tinggi, dan pohon-pohon yang hijau.

Bukan hanya itu saja, bangunan-bangunan di tempat wisata ini seperti tempat penginapan dan bangunan lainnya juga menyerupai rumah-rumah yang ada di pedesaan-pedesaan di negara Benua Eropa.

#11. Danau Marsabut

Selain Danau Siais, ada satu lagi objek wisata alam berupa danau di Kabupaten Tapanuli Selatan, yang juga patut dipertimbangkan untuk segera dikunjungi oleh para wisatawan, yaitu Danau Marsabut.

Danau yang lokasinya berada di Desa Bunga Bondar, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara ini menawarkan suasana danau yang nyaman, dan suhu udara yang begitu sejuk.

#12. Benteng Huraba

Kabupaten Tapanuli Selatan di Provinsi Sumatera Utara juga memiliki sebuah bukti peninggalan sejarah bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaannya dari tangan para penjajah, yaitu Benteng Huraba.

Tempat wisata sejarah yang berada di Desa Benteng Huraba, Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatra Utara ini terdiri dari sebuah benteng lengkap dengan meriam, dan alat-alat lainnya.

#13. Air Terjun Sisoma

Tempat Wisata di Sipirok
Air Terjun Sisoma
Ada satu lagi air terjun di Kabupaten Tapanuli, yang juga menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan, yaitu Air Terjun Sisoma. Lokasinya berada di Desa Simaninggir, Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

Karena lokasi air terjun ini berada di tengah hutan, sehingga untuk mencapainya harus trekking (jalan kaki) sejauh kurang lebih 2 kilometer. Namun, keindahan yang ditawarkan oleh air terjun ini menebus semua lelah yang sudah dilewati tersebut.

#14. Pantai Muara Upu

Tempat wisata di Sipirok (Tapanuli Selatan) yang menarik dikunjungi wisatawan terakhir, yaitu Pantai Muara Upu. Lokasinya berada di Desa Muara Upu, Kecamatan Muara Batang Toru, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

Pantai yang kadang juga disebut dengan nama " Pantai Barat Muara Batangtoru " ini mempunyai hamparan pasir berwarna putih agak kecokelat-cokelatan dengan pohon-pohon asri di sekitarnya. Biasanya, pantai ini dibuka 24 jam setiap harinya.

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan tentang beberapa tempat wisata di Sipirok (Tapanuli Selatan) yang menarik dikunjungi oleh wisatawan. Baca juga ulasan tentang sejumlah tempat wisata di Sibolga (Sumatera Utara).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel