20+ Tempat Wisata di Solok (Sumatera Barat) Yang Lagi Hits!!

Tempat wisata di Solok yang direkomendasikan berikut ini harus dipertimbangkan untuk segera dijelajahi oleh wisatawan, terutama para wisatawan yang saat ini sedang menghabiskan waktu liburannya di Provinsi Sumatera Barat.

Solok adalah salah satu kabupaten di Provinsi Sumatera Barat, yang lokasinya sangat strategis. Dimana diketahui, kabupaten ini berada di persimpangan jalan antara Provinsi Lampung, Sumatera Selatan, dan Jambi.

Sehingga, tidak heran jika sejumlah tempat wisata di kabupaten ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai daerah. Lantas, dimana saja tempat wisata di Solok (Sumatera Barat) yang lagi hits tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Inilah Beberapa Tempat Wisata di Solok (Sumatera Barat) Yang Lagi Hits Dikalangan Wisatawan


#1. Danau Singkarak

Tempat Wisata di Solok
Danau Singkarak
Tempat wisata di Solok (Sumatera Barat) yang lagi hits pertama yaitu Danau Singkarak. Danau Singkarak merupakan danau terbesar kedua di Pulau Sumatera setelah Danau Toba di Sumatera Utara.

Secara administratif, danau yang memiliki luas kurang lebih 107,8 kilometer persegi ini terletak di dua kabupaten sekaligus, yakni Kabupaten Solok, dan Kabupaten Tanah Datar di Provinsi Sumatera Barat.

Selain bisa menikmati landskap danau yang dikelilingi oleh perbukitan, para wisatawan juga bisa melakukan beberapa kegiatan seru lainnya seperti mengelilingi danau dengan perahu, camping, memancing, dan lain sebagainya.

BACA JUGA: 12+ Tempat Wisata di Dharmasraya (Sumbar) Yang Sedang Hits!!

#2. Danau Diatas dan Danau Dibawah

Tempat Wisata di Solok
Danau Diatas
Tempat wisata di Solok (Sumatera Barat) yang lagi hits berikutnya yaitu Danau Diatas, dan Danau Dibawah. Lokasi kedua danau ini hanya berjarak sekitar 300 meter saja, makanya sering juga disebut sebagai " Danau Kembar ".

Uniknya, penduduk setempat menyebut danau yang posisinya diatas dengan nama " Danau Dibawah ", sedangkan danau yang posisinya dibawah disebut dengan nama " Danau Diateh " atau " Danau Diatas ".

Jika kamu penasaran dengan keunikan dan keindahan yang disuguhkan oleh danau kembar ini? Kamu bisa mengunjunginya di Desa Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

#3. Puncak Gobah

Tempat Wisata di Solok
Puncak Gobah
Jika kamu sedang mencari tempat bagus untuk menikmati pemandangan Danau Singkarak dari ketinggian? Maka, salah satu tempat yang direkomendasikan untuk kamu kunjungi adalah Puncak Gobah.

Selain bisa menikmati pemandangan Danau Singkarak dari ketinggian, para wisatawan juga bisa menemukan beberapa objek wisata lainnya di tempat wisata ini seperti sebuah taman bunga, dan beberapa spot foto.

Biasanya, tempat wisata ini dibuka 24 jam setiap harinya. Lokasinya berada di Nagari Singkarak, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

#4. Air Terjun Sarasah Batimpo

Kabupaten Solok di Provinsi Sumatera Barat juga memiliki beberapa tempat wisata air terjun, yang juga menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan, salah satunya adalah Air Terjun Sarasah Batimpo.

Walaupun lokasinya berada di kawasan hutan, namun Air Terjun Sarasah Batimpo termasuk salah satu air terjun yang mudah dijangkau. Pasalnya, jaraknya hanya kurang lebih 7 kilometer dari pusat Kota Solok.

Sehingga, tidak terlalu mengherankan jika air terjun yang berada di Kelurahan Laing, Kecamatan Tanjung Harapan, Kota Solok, Sumatera Barat ini cukup terkenal dan sering dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

#5. Danau Talang

Tempat Wisata di Solok
Danau Talang
Selain Danau Singkarak, dan Danau Kembar (Danau Diatas, dan Danau Dibawah), ada satu lagi danau di Kabupaten Solok, yang juga cukup menarik untuk dikunjungi wisatawan, yaitu Danau Talang.

Danau Talang adalah sebuah danau vulkanik, yang terbentuk dari salah satu kawah Gunung Talang, yaitu salah satu gunung berapi setinggi kurang lebih 2.597 mdpl (meter diatas permukaan air laut di Kabupaten Solok.

Kurang lebih sama dengan Danau Singkarak, dan Danau Kembar, danau yang lokasinya berada di kaki Gunung Talang ini juga menawarkan sebuah pemandangan dengan panorama alam yang memukau.

#6. Wisata Laing Park

Tempat Wisata di Solok
Wisata Laing Park
Tempat wisata di Solok (Sumatera Barat) yang lagi hits dikunjungi wisatawan berikutnya yaitu Wisata Laing Park. Lokasinya berada di Kelurahan Laing, Kecamatan Tanjung Harapan, Kota Solok, Sumatera Barat.

Wisata Laing Park adalah salah satu tempat wisata baru, yang selalu ramai dikunjungi wisatawan, khususnya dari para wisatawan muda. Pasalnya, tempat wisata ini menawarkan sejumlah spot foto kekinian yang memang digemari oleh wisatawan muda.

Bukan hanya itu saja, tempat wisata ini juga menawarkan suasana yang nyaman dan udara yang sejuk khas pedesaan. Biasanya, tempat wisata dibuka setiap hari, mulai dari pukul 08:00 hingga pukul 18:00.

#7. Kebun Teh Alahan Panjang

Tempat Wisata di Solok
Kebun Teh Alahan Panjang
Kebun teh yang berada diatas ketinggian antara 1.400 - 1.600 mdpl (meter diatas permukaan air laut) ini tidak hanya populer dikalangan para wisatawan lokal saja, tapi juga sering dikunjungi oleh para wisatawan dari luar daerah.

Disamping bisa menikmati hamparan perkebunan teh yang sejuk dan cenderung dingin, para wisatawan juga bisa menikmati makanan lokal seperti Sate, Kolak Kundua, dan teh asli dari perkebunan ini.

Jika kamu penasaran dengan perkebunan teh ini? Kamu bisa mengunjunginya di Desa Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Biasanya, kebun teh ini dibuka 24 jam setiap harinya.

#8. Air Terjun Kapalo Banda Kapalo Koto Hilalang

Selain Air Terjun Sarasah Batimpo, ada satu lagi tempat wisata air terjun di Kabupaten Solok, yang juga menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan, yaitu Air Terjun Kapalo Banda Kapalo Koto Hilalang.

Hanya saja, lokasi air terjun yang berada di Nagari Koto Hilalang, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok, Sumatera Barat ini cukup tersembunyi didalam hutan, dan belum mempunyai satupun fasilitas pendukung.

Walaupun begitu, keindahan air terjun yang memiliki nama cukup panjang ini tidak perlu diragukan lagi. Hal ini sangat wajar, karena kondisi air terjun ini masih sangat alami dan jarang dikunjungi wisatawan.

#9. Pemandian Air Panas Bukik Gadang

Kabupaten Solok di Provinsi Sumatera Barat juga mempunyai sebuah tempat pemandian air panas, yang juga patut dipertimbangkan untuk dikunjungi oleh wisatawan, yaitu Pemandian Air Panas Bukik Gadang.

Lokasinya berada di Nagari Air Batumbuk, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, dengan tiket masuk sebesar Rp 5.000/orang pada siang hari, dan Rp 10.000/orang pada malam hari.

#10. Puncak Gagauan

Tempat Wisata di Solok
Puncak Gagauan
Tempat wisata di Solok (Sumatera Barat) yang juga sedang hits dikunjungi wisatawan berikutnya yaitu Puncak Gagauan. Lokasinya berada di Nagari Paninggahan, Kecamatan Junjung Sirih, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Puncak Gagauan adalah sebuah bukit batuan karang yang " cukup " ekstrim. Walaupun begitu, Puncak Gagauan merupakan salah satu spot pendakian terbaik yang dimiliki oleh Kabupaten Solok saat ini.

Para wisatawan bisa menyaksikan keindahan hamparan pohon-pohon hijau, dan Danau Singkarak dari puncak bukit ini. Biasanya, puncak bukit ini buka setiap hari kecuali hari jum'at, dari pukul 09:30 hingga pukul 17:30.

#11. Bukit Cambai

Tempat Wisata di Solok
Bukit Cambai
Jika kamu sedang mencari sebuah tempat terbaik untuk menikmati keindahan alam Kabupaten Solok? Maka, salah satu tempat yang sangat direkomendasikan untuk kamu kunjungi, adalah Bukit Cambai.

Pasalnya, para wisatawan bisa menyaksikan keindahan empat danau sekaligus, yakni Danau Singkarak, Danau Kembar (Danau Diatas, dan Danau Dibawah), dan Danau Talang dari puncak bukit ini

Bukan hanya itu saja, dari puncak bukit yang berada di Nagari Sungai Nanam, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat ini juga bisa menikmati keindahan Gunung Talang, Gunung Marapi, Gunung Singgalang, dan Gunung Kerinci.

#12. Puncak Happy

Tempat Wisata di Solok
Puncak Happy
Lokasi Puncak Happy, atau dikenal juga dengan nama " Puncak Guguak Sarai " atau " Puncak Happy Guguak Sarai " ini cukup terpencil, dan hanya bisa dicapai dengan mengunakan kendaraan roda dua.

Sehingga, tidak heran jika puncak bukit yang berada di Nagari Guguak Sarai, Kecamatan IX Koto Sungai Lasi, Kabupaten Solok, Sumatera Barat ini tidak semua masyarakat Kabupaten Solok mengetahuinya.

Walaupun lokasinya " sedikit " sulit untuk dicapai, namun panorama alam yang ditawarkan oleh puncak bukit ini tidak kalah indah dibandingkan dengan puncak bukit lainnya yang ada di Kabupaten Solok.

#13. Masjid Agung Al-Muhsinin

Tempat Wisata di Solok
Masjid Agung Al-Muhsinin
Kota Solok di Provinsi Sumatera Barat juga mempunyai sebuah masjid, yang bisa dijadikan sebagai tujuan wisata religi, khususnya untuk para wisatawan yang beragam Islam, yaitu Masjid Agung Al-Muhsinin.

Pasalnya, masjid yang berada di Jalan DT. Perpatih Nan Sabatang, Kelurahan Aro IV Korong, Kecamatan Lubuk Sikarah, Kota Solok, Sumatera Barat ini merupakan salah satu masjid termegah di Provinsi Sumatera Barat.

#14. Bukik Chi Nang Kiek

Tempat wisata di Solok (Sumatera Barat) yang juga lagi hits dikunjungi wisatawan selanjutnya yaitu Bukik Chi Nang Kiek. Lokasinya berada di Nagari Singkarak, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Kurang lebih sama dengan wisata bukit lainnya di Kabupaten Solok, Bukik Chi Nang Kiek juga menawarkan panorama perbukitan yang hijau, dan pemandangan indah Danau Singkarak.

Lebih menariknya lagi, di bukit ini sudah tersedia beberapa wahana menarik seperti rumah pohon, motor trail, tempat outbound, dan lainnya. Biasanya, tempat wisata ini buka setiap hari, dari pukul 09:00 hingga pukul 17:00.

#15. Masjid Tuo Kayu Jao

Tempat Wisata di Solok
Masjid Tuo Kayu Jao
Selain Masjid Agung Al-Muhsinin di Kota Solok, ada satu lagi masjid di Kabupaten Solok, yang bisa dijadikan sebagai tujuan wisata religi bagi wisatawan yang beragama Islam, yakni Masjid Tuo Kayu Jao.

Hanya saja, masjid yang berada di Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat ini tidak menawarkan kemegahan sebagai daya tarik utamanya, melainkan sejarahnya.

Seperti diketahui, Masjid Tuo Kayu Jao adalah salah satu masjid tertua di Provinsi Sumatera Barat. Dimana diketahui, masjid ini sudah berusia kurang lebih 5 abad, namun kondisinya masih bagus, dan masih digunakan sampai sekarang.

#16. Pulau Belibis

Tempat Wisata di Solok
Pulau Belibis
Pulau Belibis merupakan sebuah kawasan wisata seluas kurang lebih 4 hektar, yang dibangun oleh Pemerintah Kota Solok sebagai salah satu taman rekreasi bernuansa alam di Kota Solok dan sekitarnya.

Sebelum dibangun dan dikelola secara resmi oleh Pemerintah Kota Solok, kawasan ini hampir mati suri. Namun sekarang, Pulau Belibis sudah menjadi salah satu kawasan yang " cukup " layak untuk dikunjungi.

Kawasan wisata yang berada di Kelurahan Kampung Jawa, Kecamatan Tanjung Harapan, Kota Solok, Sumatera Barat ini didukung oleh beberapa objek wisata menarik seperti  Taman Pramuka dan Arena Pacuan Kuda, Ampang Kualo.

#17. Puncak Ahmad Sadin

Lokasi Puncak Ahmad Sadin berada tepat sebelum Puncak Gagauan. Jadi, jika kamu sedang berencana berkunjung ke Puncak Gagauan, maka tidak salahnya mampir dahulu ke Puncak Ahmad Sadin ini.

Disamping menawarkan panorama bukit yang hijau, tempat wisata ini juga menawarkan pemandangan indah Gunung Merapi, dan Gunung Singgalang yang sangat jelas dari Puncak Ahmad Sadin ini.

#18. Pemandian Aie Angek Bukik Kili

Selain Pemandian Air Panas Bukik Gadang, ada satu lagi tempat pemandian air panas di Kabupaten Solok, yang juga menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan, yaitu Pemandian Aie Angek Bukik Kili.

Menurut penduduk setempat, air di tempat pemandian air panas ini bersumber dari Gunung Talang, sehingga mengandung belerang (sulfur), yang dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Biasanya, tempat pemandian yang berada di Nagari Koto Baru, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok, Sumatera Barat ini buka 24 jam setiap harinya.

#19. Bukit Cinangkiak

Tempat Wisata di Solok
Bukit Cinangkiak
Tempat wisata di Solok (Sumatera Barat) yang lagi hits dikunjungi oleh wisatawan berikutnya yaitu Bukit Cinangkiak. Lokasinya berada di Nagari Singkarak, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Wisata bukit yang satu ini juga menawarkan pemandangan alam, dan Danau Singkarak, lengkap dengan beberapa spot foto yang keren. Disamping itu, sejumlah fasilitas pendukung seperti restoran, musholla, dan lainnya juga sudah tersedia di tempat wisata ini.

#20. Taman Kota Arosuka

Tempat wisata di Solok (Sumatera Barat) yang lagi hits dikunjungi wisatawan terakhir yaitu Taman Kota Arosuka. Lokasinya berada di Nagari Koto Gaek Guguak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Para wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah dengan penataan taman bunga yang rapi dan bersih di taman kota ini. Disamping itu, suhu udaranya juga sangat sejuk, sehingga tidak heran jika taman kota ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Lebih menariknya lagi, para wisatawan tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun untuk masuk ke taman kota ini, karena taman kota ini bisa dikunjungi secara gratis. Biasanya, taman kota ini dibuka 24 jam setiap harinya.

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan mengenai tentang beberapa tempat wisata di Solok (Sumatera Barat) yang lagi hits dikunjungi oleh wisatawan. Baca juga ulasan tentang sejumlah tempat wisata di Painan (Pesisir Selatan).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel