5+ Air Terjun di Tretes (Pasuruan) Yang Bagus Untuk Dikunjungi!!

Beberapa air terjun di Tretes berikut ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi oleh para wisatawan, terutama para wisatawan yang sedang berencana berlibur ke Kabupaten Pasuruan dan sekitarnya.

Pasalnya, Tretes merupakan salah satu kawasan wisata pegunungan di Kabupaten Pasuruan, yang " cukup " dikenal dengan sejumlah tempat wisata alam berupa air terjun yang " sangat " indah dan cantik.

Dan beberapa air terjun yang " sangat " cantik tersebut sangat bagus untuk dikunjungi para wisatawan. Lantas, apa saja air terjun di Tretes (Pasuruan) yang bagus untuk dikunjungi tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Inilah Beberapa Air Terjun di Tretes (Pasuruan) Yang Bagus Untuk Dikunjungi


#1. Air Terjun Putuk Truno

Air Terjun di Tretes
Air Terjun Putuk Truno
Air terjun di Tretes (Pasuruan) yang bagus untuk dikunjungi pertama yaitu Air Terjun Putuk Truno. Lokasinya berada di kaki Gunung Welirang dan Gunung Arjuno dengan ketinggian mencapai kurang lebih 45 meter.

Konon katanya, nama air terjun ini diambil dari seseorang bernama " Joko Truno " yang bertapa di sekitar lokasi air terjun ini, hingga menjelma menjadi seekor ular, atau dalam bahasa warga setempat disebut " putuk ".

Lebih menariknya lagi, Air Terjun Putuk Truno ini termasuk salah satu air terjun yang mudah diakses di kawasan Tretes. Disamping itu, di sekitar lokasi air terjun juga terdapat beberapa spot yang instagramable.

Jika kamu penasaran dengan pesona Air Terjun Putuk Truno ini? Kamu bisa mengunjunginya di kawasan Tretes, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Biasanya, air terjun ini buka setiap hari, dari pukul 07:10 - 16:00.

BACA JUGA: Air Terjun Coban Canggu di Mojokerto (Lokasi, Tiket Masuk, Rute, Dan Fasilitas)

#2. Air Terjun Alap-Alap

Air terjun di Tretes (Pasuruan) yang bagus untuk dikunjungi wisatawan berikutnya yaitu Air Terjun Alap-Alap, yang juga berada di kaki Gunung Welirang dan Gunung Arjuno dengan ketinggian mencapai kurang lebih 40 meter.

Salah satu keunikan dari air terjun yang berada di Desa Pecalukan, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur ini, yaitu mempunyai 3 tingkatan aliran air terjun dengan debit air yang tidak terlalu besar.

Nama " Air Terjun Alap-Alap " tersendiri terinspirasi dari dalah satu jenis burung pemangsa bernama " Burung Alap-Alap ", yaitu salah satu jenis burung khas Indonesia yang masih satu kerabat dengan Elang Jawa (Nisaetus Bartelsi).

#3. Air Terjun Kakek Bodo

Air Terjun di Tretes
Air Terjun Kakek Bodo
Walaupun Air Terjun Kakek Bodo yang berada di lereng Gunung Welirang ini penuh dengan cerita misteri, namun pesonanya selalu sukses membuat para wisatawan tertarik berkunjung ke air terjun ini.

Kelebihan utama dari air terjun yang berada di Jalan Taman Wisata No.541, Desa Tretes, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan ini, yaitu suasana alamnya masih sangat asri dengan pohon-pohon yang hijau.

Disamping itu, di sekitar lokasi air terjun juga sudah tersedia beberapa fasilitas pendukung, mulai dari musholla, warung-warung kecil, tempat bermain anak, shelter, hingga kolam renang, dan lain sebagainya.

#4. Coban Kebo Glundung

Air Terjun di Tretes
Coban Kebo Glundung
Air terjun yang berada di Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan ini memang belum begitu populer jika dibandingkan dengan Air Terjun Putuk Truno, Air Terjun Alap-Alap, dan Air Terjun Kakek Bodo.

Pasalnya, Coban Kebo Glundung adalah salah satu tempat wisata alam baru berupa air terjun di kawasan Tretes. Walaupun begitu, keindahan Coban Kebo Glundung patut dipertimbangkan untuk dikunjungi.


#5. Air Terjun Tretes Pengajaran

Air Terjun di Tretes
Air Terjun Tretes Pengajaran
Air terjun di Tretes yang bagus untuk dikunjungi oleh para wisatawan terakhir yaitu Air Terjun Tretes Pengajaran. Air terjun setinggi kurang lebih 158 meter ini dikenal dengan panorama yang sangat indah.

Hanya saja, air terjun ini tidak berada di Kabupaten Pasuruan, melainkan berada di Desa Galengdowo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, namun masih berada di kawasan wisata Tretes.

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan mengenai sejumlah tempat wisata alam berupa air terjun di Tretes (Pasuruan) yang bagus untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Baca juga Air Terjun Sekar Langit di Magelang (Lokasi, Tiket Masuk, Rute, Fasilitas, dan Legenda).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel