8+ Makanan Khas Bumiayu (Brebes) Yang Menarik Dicicipi!!

Makanan khas Bumiayu yang direkomendasikan berikut ini sangat menarik untuk dicicipi oleh wisatawan, khususnya para wisatawan yang sekarang ini sedang berlibur di Kabupaten Brebes (Jawa Tengah).

Perlu kalian ketahui, Bumi Ayu merupakan sebuah nama kecamatan di Kabupaten Brebes (Jawa Tengah), yang dikenal sebagai salah satu pusat aktivitas bagi masyarakat Kabupaten Brebes dibagian selatan.

Sejumlah makanan khas dari daerah inipun bisa ditemukan dengan mudah di kecamatan ini. Lantas, apa saja makanan khas Bumiayu (Brebes) yang menarik untuk dicicipi tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Inilah Beberapa Makanan Khas Bumiayu (Brebes) Yang Menarik Dicicipi


#1. Ketan Pencok

Makanan khas Bumiayu (Brebes) yang menarik dicicipi pertama yaitu Ketan Pencok. Ketan Pencok adalah salah satu olahan makanan berbahan dasar ketan, yang masih mempertahankan konsep tradisional.

Nasi ketan pada makanan khas yang satu ini hampir sama dengan olahan makanan ketan lainnya. Perbedaannya terletak pada butiran-butiran ketannya yang lebih halus dengan rasa pulen yang lembut.

Kabarnya, Ketan Pencok khas Kecamatan Bumiayu di Kabupaten Brebes ini sudah dikenal sejak tahun 1960-an. Lebih menariknya lagi, makanan khas ini bisa dibawa pulang untuk dijadikan oleh oleh.

BACA JUGA: 17+ Pantai Terindah di Kebumen (Jawa Tengah) Yang Lagi Hits!!

#2. Tegean

Rekomendasi makanan khas Bumiayu (Brebes) yang menarik untuk dicicipi selanjutnya yaitu Tegean. Bisa dikatakan, Tegean merupakan sayur asam khas masyarakat Bumiayu di Kabupaten Brebes.

Tegean adalah sebuah sup sayur berkuah bening, yang terlihat sangat sederhana sekali namun sangat menyegarkan dengan beragam sayuran-sayuran seperti bayam, kecambah, kedelai hitam, dan bumbu khusus.

#3. Mendoan 

Makanan Khas Bumiayu
Mendoan
Kecamatan Bumiayu di Kabupaten Brebes berbatasan dengan Kabupaten Banyumas, sehingga tidak heran jika Kecamatan Bumiayu dan Kabupaten Banyumas memiliki beberapa makanan khas yang sama, salah satunya yaitu Mendoan.

Mendoan adalah sebuah makanan sejenis gorengan yang dibuat dari tempe, yang diiris tipis-tipis kemudian digoreng dengan adonan tepung. Biasanya, makanan khas yang satu ini digoreng setengah matang.

Hal tersebut sangat sesuai dengan namanya yaitu " Mendoan " yang berarti " Setengah Matang ". Biasanya, gorengan tempe khas Bumiayu ini lebih nikmati dicocol dengan kecap manis dan ulekan cabe rawit.

#4. Dage

Dage adalah salah satu bahan pembuatan gorengan seperti tempe, dan tahu. Hanya saja, tempe dan tahu bisa ditemukan dengan mudah hampir di seluruh Indonesia, bahkan di luar negeri pun sudah ada tempe dan tahu.

Berbeda dengan bahan pembuat gorengan yang satu ini. Dimana katanya, Dage hanya bisa ditemukan di Kecamatan Bumiayu di Kabupaten Brebes. Dage terbagi menjadi dua jenis, yakni Dage Bal, dan Dage Mugas.

#5. Kraca

Makanan Khas Bumiayu
Kraca
Kraca adalah sebuah makanan berkuah yang dibuat dari bahan dasar keong sawah, atau terkadang juga disebut dengan nama " Tutut ", dengan bumbu-bumbu yang kuat bernuansa pedas dan menyegarkan.

Hanya saja, Kraca termasuk makanan yang sulit ditemukan sekarang ini. Bahan baku utamanya yaitu keong sawah yang tidak menentu menjadi salah satu alasan kenapa makanan ini menjadi " cukup " langka.

#6. Kerupuk Rambak Kulit Kerbau

Varian kerupuk di jaman sekarang sudah ada bermacam-macam, mulai dari kerupuk udang, kerupuk ikan laut, kerupuk ikan air tawar, kerupuk jengkol, hingga kerupuk sapi, dan beberapa jenis kerupuk lainnya.

Kecamatan Bumiayu di Kabupaten Brebes juga mempunyai sebuah kerupuk khas yang juga menarik untuk dicicipi, yaitu Kerupuk Rambak Kulit Kerbau, yang dibuat dari bahan dasar tepung tapioka, dan kulit kerbau.

#7. Themlek

Makanan khas Bumiayu (Brebes) yang juga menarik untuk dicicipi berikutnya yaitu Themlek. Themlek adalah sebuah makanan sejenis gorengan yang dibuat dari bahan dasar ampas tahu dan adonan tepung.

Kurang lebih sama dengan Kraca (Keong Kuah Pedas khas Bumiayu), makanan khas yang akan meninggalkan rasa " seret " di dalam tenggorokan ini juga semakin lama, semakin sulit untuk ditemukan.

#8. Getuk Goreng

Makanan Khas Bumiayu
Getuk Goreng
Makanan khas Bumiayu (Brebes) yang menarik untuk dicicipi terakhir yaitu Getuk Goreng. Getuk Goreng adalah salah satu jajanan manis dan gurih yang dibuat dari bahan dasar singkong dan gula kelapa.

Getuk Goreng ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang pedagang keliling pada tahun 1918 silam. Dimana pada waktu itu, getuk yang dijualnya tidak laku, sehingga dia harus memutar otak agar getuknya tersebut bisa dikomsumsi dan dijual lagi.

Kemudian, getuk yang tidak laku tersebut dia goreng dan dijual lagi. Ternyata getuk goreng tersebut lebih disukai pembeli. Sekarang, Getuk Goreng sangat mudah ditemukan di Kecamatan Bumiayu dan Kabupaten Banyumas.

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan tentang beberapa jenis makanan khas Bumiayu (Brebes) yang menarik untuk dicicipi. Baca juga ulasan mengenai sejumlah tempat wisata di Gombong (Kebumen).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel